iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….siapa menyangka memperpanjang SIM sekarang makin mudah dan simpel. Selain dibuat mudah, sistem komputer yang sudah terkoneksi juga membantu sistem yang terintegrasi dan terpadu. Kondisi ini membuat kita bisa memperpanjang SIM dimanapun sampeyan berada. Pengalaman langsung cak Thalita yang mengirim surel ke IWB menjadi penegas bahwa pelayanan polisi sekarang makin keren soal ini. Emang seperti apa pengalamannya ? monggo intip surel detilnya berikut…

Share pengalaman ya om, saya sekalian update data soalnya. Saya baru aja perpajang di Mall Detos (Depok town square) tanggal 6 kemaren. Buka mulai dari jam 10.00 WIB sampe selesai tempatnya enak, adem karena didalem Mall disediakan tempat duduk dan air minum gelasan (gratis) ada banyak majalah yang bisa di baca2 sambil nunggu…

Syarat2nya cuman 3 dokumen berikut :
– 2 buah fotokopi KTP (karena saya perpanjang 2 SIM)
– SIM Asli yang masih berlaku
– Surat keterangan sehat
*sebaiknya KTP asli di bawa, suka ditanya.

iklan iwb
iklan iwb

SIM saya A dan C di keluarkan oleh Polres Depok, sedangkan alamat di e-KTP sudah pindah ke DKI. Langsung aja ga di tanya macem2 asal masih 1 NIK dengan KTP lama. Tipsnya biar cepet adalah sudah bawa surat keterangan sehat bikinnya bisa di puskesmas atau di klinik mana aja dekat rumah karena kalo bikin on the spot ngantrinya lumayan biayanya kemaren untuk sim A dan C : 205rb….

Polisi menunjukkan kartu Smart SIM (Surat Izin Mengemudi) di Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) dan gerai SIM di Kabupaten Bekasi, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019). Kartu Smart SIM berfungsi sebagai alat pembayaran e-tilang, jalan tol dan transportasi umum dengan saldo maksimal Rp 2 juta . ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/hp.

Bayar langsung ke loket BRI sekalian ambil formulir, Oo iya saya ga dapat rinciannya pokoknya bayar segitu. Surat sehat dari puskesmas : 10rb….parkir detos 2 jam : 4rb…..opsional 2 x 10rb untuk pasang antigores di SIM. Ooh iya SIMnya sudah yang elektronik dan langsung saya ke bank untuk di jadikan eMoney. Banknya bebas asal BUMN, saya prefer ke Man**** karena punyanya rekening man****. Proses perpanjang SIM dari saya dateng sampe selesai ga sampe 1 jam. Keren banget dah layanan pak Polisi sekarang jos….” seru cak Thalita..

Dari penuturan diatas bisa kita pastikan SIM terbaru ternyata sudah model elektronik. So…mungkin SIM model baru ini pelan-pelan akan menggantikan posisi SIM lama yang sekarang kita pegang cak. Nah…..makin simpel dan yang jelas menurut cak Thalita pelayanan polisi sekarang makin keren. Soal ini IWB setuju karena pernah kena tilang dan bisa langsung IWB bayar via mobile banking diempat. Berharap sistem elektronik dan digitalisasi terpadu benar-benar disebar keseluruh pelosok tanah air agar makin simpel, cepat dan yang jelas menghindari praktek oknum tak bertanggung jawab. Juozz wissss…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

21 COMMENTS

    • halo om Seno,
      ga nyangka euy malah dibikin jadi artikel sama cak IWB

      jadi gini ceritanya,
      saya pindah domisili sekitar tahun 2016
      otomatis KTP saya sudah ganti dari Depok ke Jakarta

      pas proses perpanjang SIM, datanya harus di Update sesuai alamat KTP
      sudah saya tanyakan, jika masih satu Polda maka prosesnya bisa dimana aja
      Depok dan DKI masih sama2 Polda Metro Jaya, jadi bebas mau urus di Depok atau DKI
      kalo ga salah sejabodetabek juga masih Polda Metro Jaya (CMIIW ya)
      *mohon di catat, ini kalau casenya beda data antara SIM dengan KTP ya

      nah beda kasus dengan kaka saya, yang waktu itu juga memperpanjang SIM
      KTP dan SIMnya tidak ada perubahan data tapi alamatnya daerah (Trenggalek – Jawa Timur)
      ya langsung bisa perpanjang juga di lokasi yang sama (mol Detos)
      karena sudah online, jadi ga perlu harus pulang kampung hanya untuk perpanjang SIM
      yang penting syarat utamanya adalah sudah e-KTP

      Tambahan :
      – SIM eletektronik yang masu di jadikan e-money harus di daftarkan dulu ke Bank
      – SIM Eletronik yang sudah di jadikan e-money bisa digunakan untuk transaksi toll, parkir, bayar minimarket dll.
      – Cara check saldo, topup dan transaksi sama dengan e-money biasanya.

      sekian update dari saya
      Salam.

  1. Saya baru kmaren perpanjang SIM..
    Manteb tenan pelayanannya ..saya dr tangsel
    Perpanjang d SIM keliling DEPOK..maju terus polri dahhhh..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here