iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….motor Cina akhir-akhir ini memang sering menjadi perbincangan. Bukan karena spesifikasi mesin yang memang rata-rata termasuk standar namun desain mereka nyolok akibat sentuhan yang memang ganteng tenan. Setelah sebelumnya kita bahas CFMoto 250, yang terbaru kini nongol motor Tiongkok lain berlabel KD150-U yang sukses bikin geger dunia maya. Bukannya apa cak…desainnya ganteng tenan euy !!!

Namanya adalah KD150-U yang juga memiliki nama lain sebagai Kiden 150. Dirilis oleh pabrikan Cina Shengshi dan Qidian yang menjadi anak perusahaan Guangdong Daye Motorcycle. Namun kedua anak perusahaan tersebut berbeda tugas dimana Qiadian-lah yang lebih fokus pada desain sedang Shengshi condong soal pemasaran. Bingung to…wiss ora usah bingung, buat pengetahuan wae cak…

Secara looks sampeyan akan melihat permainan shape yang sangat agresif. Dari depan, samping dan belakang begitu sporty. Desainer berusaha menonjolkan tiap lekuk body secara teliti. Intip saja betapa seremnya tiap sentuhan yang dilakukan. Bahkan shape pelknya saja ngeri bener kayak motor prototype. Street fighter bike ini jug menggunakan material galvanis untuk tanki bahan bakar….woww berani beda cak. Kinden 150 dibekali lampu full LED Projie (headlamp), stoplamp LED hingga winker. Kinden 150 juga sudah dijejali speedometer modern full digital dengan shape segitiga. Posisi bar RPM disebelah kiri dan bar fuel bensin di sebelah kanan..

iklan iwb

Lalu ditengah speed ditunjukkan dengan angka cukup besar. Kerennya satuan jarak bisa dirubah antara kilometer dan mile. Disebelahnya nongol indikator aki, gear indikator, odometer, suhu engine dan odometer. Yang menjadi nilai plus lagi Kinden 150 2020 sudah dijejali kunci Keyless sehingga aman dari maling plus rem ABS dual channel Bosch. Mantapp tenan. Belum lagi suspensi USD, hazzard, dual USB charging interface, riding mode dan fitur kelas atas lain yang membuat motor ini kurang ajar jadi pusat perhatian dikelasnya. Btw gimana soal mesin ??

Nggak memalukan cak walau tidak istimewa pula. Kinden 150 memang bukan motor baru namun lebih sebagai produk facelift. Tapi yang menjadi nilai plus mesin Kinden 150 2020 konon disebut sudah memenuhi emisi gas buang Euro 4. Mengusung mesin murni 148.8cc Water cooled, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga [email protected] dan torsi [email protected] Secara power ini artinya Kinden 150 bisa bejaban melawan Vixion (bukan R) ataupun CB150R. Bedanya mesin Kinden 150 sudah dibekali fitur assist slipper clutch, irit yang luar biasa (dari klaim 100km hanya membutuhkan bensin 1.8liter) yang ditopang kapasitas tanki 12 liter. Wihhh jarang mampir pom bensin cak, mantapppp….

Semua yang IWB sodorkan belum termasuk detil komponen seperti swing arm yang menggunakan material semi aluminium diecast sehingga ringan dan kuat. Shape lengan ayun juga diracik sedemikian rupa sehingga membuatnya moge look. IMHO desain coakan-coakan berbentuk segitiga mengingatkan kita pada KTM Duke series. Bedanya untuk Kinden 150 dibentuk melengkung kebawah sehingga terkesan seperti banana look. Bahkan pabrikan juga loyal memberikan hand guard tempa alias aluminum alloy forged. Bukan plastik sehingga keamanan tangan biker terjaga. Kurang ajae emang ki motor…uapikkkk…

Last….Shengshi dan Qidian menjual Kinden 150 versi 2020 diangka 13,800 Yuan. Jika kita konversi kerupiah jatuhnya adalah 27,6 jutaan. Miring jebule pakde. Apalagi tidak seperti motor Tiongkok lain, finishing dan built quality Kinden 150 sangat baik. Mulai dari pengelasan (welding) hingga painting terbilang istimiwirrrrr. Nah….penasaran sosok Kinden 150 motor Tiongkok yang sukses jadi pusat perhatian para biker Cina bahkan dunia ? intip beberapa fotonya dibawah ini……desainernya kurang ajar !!! setuju ora cak :mrgreen: …..(iwb)

 

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

66 COMMENTS

  1. Jadi ingat Yanana euy.. Gegara ‘Desain’ yg g jelas (Padahal mesin sich ok) jdi ajur penjualanxa.. Is is is.. Kasihan..

  2. itu mesin dibuat homemade ya cak?,
    dari kualitas bahan dan tampilan kaya ga meyakinkan gtu,
    tp oke sih secara desain nih Sabre Modifan,

  3. Klo pabrikan Jepun ga hati2 bisa dilibas sama pabrikan tiongkok nih. Kasus siomay di hape lah. Yang masih sangsi coba lihat cfmoto dah ngaspal di eropa yg standarnya tinggi bgt.

  4. Basis desain Xaber.. Footstep Megapro, headlamp CB SF.. Disini sama2 produk almarhum. Tapi ya selera desain disana koyo ngono kang

  5. Ni sepertinya motor campuran kawasaki z125 dan yamaha xaber.

    Mesin bagus tu tapi yg masih tanda pertanyaan kuat berapa lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here