iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…Jepang adalah negara yang identik dengan “mahal”. Semua serba mahal baik penginapan, makanan hingga transportasi. Namun disisi lain ternyata negara ini juga sukses membuat IWB termehek-mehek saat melihat banderol motor besar disana. Lha piye cak….setelah mengintip harga moge di Jepang, banderolnya sukses bikin kita nyaris pingsan. Lhoo emange nyapoooooo ????

Tidak bisa kita ingkari Jepang adalah negara yang cukup mahal untuk kehidupan sehari-hari. Baik dari sisi makanan tempat tinggal ataupun transportasi kecuali kereta api. Dan sebagai produsen otomotif terbesar di dunia negara ini memiliki regulasi yang sangat ketat terhadap pajak kendaraan roda dua ataupun roda empat. Ketat karena setiap tahun para pengendara atau pemilik kendaraan harus melewati serangkaian pengecekan jika ingin membayar pajak. Motor kudu dalam posisi Prima sehingga cukup banyak warga Jepang yang lebih memilih kereta api karena dianggap murah dan lebih simpel…

Walaupun menjadi negara yang terkenal mahal namun ternyata tidak untuk harga motor besar atau moge. Bahkan jarak bandrol yang dipasang antara motor 125cc hingga 1400cc tidak terlalu jauh. Intip saja Suzuki GSX S750 yang dijual oleh Suzuki hanya di kisaran ¥ 768,000. Motor 750 cc 4 silinder tersebut jika dikonversi ke rupiah harganya hanya berkisar 98 jutaan. Padahal motor ini walaupun cukup jarang di pasaran namun di Indonesia tembus di angka 270 jutaan baru. Tidak hanya itu bahkan Suzuki GSX R1000 terbaru di Jepang hanya dijual ¥ 1.4 jutaan…

iklan iwb
iklan iwb

Jika dikonversi ke rupiah maka jatuhnya 179 jutaan. Ediannnn murahhh tenan pakdeee. Padahal di Indonesia dengan bandrol ini sampeyan hanya akan mendapatkan motor 600 cc dua silinder. Dan jika ingin meminang mesin 600 cc 4 silinder setidaknya sampeyan harus merogoh kocek minimal 270 jutaan. Itu paling murah. Di Jepang hanya dengan uang 179 jutaan Sampeyan sudah bisa membawa mesin superbike 1000cc 4 silinder baru Gress dari dealer. Duhhhhh…… bikin pingsan beneran harganya rekkk !! cicak bin kadal kutu kupret dlosor njengking mlumah murep tenannnn….

Tapi jangan gembira dulu sebab yang menarik harga murah tersebut tidak kita temukan pada motor kecil di Jepang. Contohnya Suzuki GSXS 125 ABS yang dijual di Kisaran ¥ 304.000. Jika kita kalkulasi ke rupiah jatuhnya adalah 38 jutaan. Begitu juga dengan Suzuki GSX R125 yang dijual oleh Suzuki di angka ¥ 338.000. Jika kita konversi ke Rupiah maka jatuhnya adalah 43 jutaan. Bandingkan dengan harga di tanah air untuk Suzuki GSX R150 yang hanya 30 jutaan. Mahallll jomplang tenan rekkkk…

Last.. itulah gambaran harga moge di Jepang yang benar-benar membikin iri. Dengan minimnya pajak motor besar di negeri matahari terbit membuat jarak harga antara motor kecil dan besar tidak terpaut jauh. Kondisi ini jauh berbeda dengan tanah air dimana kita harus mengeluarkan uang cukup banyak jika ingin meminang moge karena harga motor bisa naik hingga 125% dari harga asli. Btw…. harga dealer Suzuki di atas hanyalah salah satu contoh real sebab hampir semua pabrikan memang membandrol dengan pola harga yang sama di Jepang. Nah…. untuk mendapatkan Gambaran seperti apa dealer Suzuki di Tokyo Jepang dan harga-harga motor moge di sana? Monggo intip video review Vlog IWB di bawah ini….edian murahhh euy ! (Iwb)

Video review dealer

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

44 COMMENTS

  1. Cak cb125r kpn di gowo neng Indo?, ojk seng exmo cak seng 125r ae soale modele luwih apik cak timbang exmo. Suwooon Cakkkkk.
    SALAM JUOSSSS GANDOSSSSS………………………

  2. Disini pajak nya tidak masuk akal cakk, muahall polll, dengan tidak diimbangi kualitas jalan yg baek.. wajar banyak yg milih beli nopaper, wong pajaknya gilaa mahalnya

  3. Sekarang kita semua tau kan, kenapa diluar negeri lebih banyak moge daripada mocil, karena hampir setiap negara diluar sana, harga mocil mahal, harga moge murah.

    • Tergantunh yang diberitakan yang mana bro ? kakau yg diulas moge..ya moge berasa banyak..kalau yg diulas mocil..ya mocil juga bejibun ?

    • Betuuull..gua dah senang dg 250Rr gua ?
      120 jt di japan itu ya murah bagi Yen itu sendiri…karena dikonversi k rupiah makanya mahal ?
      Orang jepang beli gituan mah cuma sebulan dua bulan gaji ,namin mereka lebih prioritaskan dg biaya hidup yg juga tinggi ?

  4. Disini banderrol motor duitnya ke pajak semua , giliran sini rajin bayar pajak , jalanan yang saya lewati tiap hari penuh lubang dan gundukan walaupun sudah aspal , plus sempit jalannya sehingga harus adu nyali dengan yang berlawanan arah kalau pas lg kepepet waktu …. Eaaaallaaahhh ko ngunu mennn kebangtennnn….

  5. Nggak kebayang klo harga itu diterapkan di indonesia Cak.., bisa rame jalanan kita bersliweran, moge jadi kendara’an sejuta umat..??.

  6. Jangan kabarin enaknya aja lek. Yg terdengar cuma kabar kalau mocilnya malah mahal di sana.

    Semua negara ada +- nya, ada yg di sini murah, ada yg di sini mahal. Sebaliknya jga gitu di sana.

    Warga Indonesia mah dibandingin yg enakenaknya aja sama luar negeri kan koplak

    • Koplak teunan kowe richardGn…
      Wong lg bahas moge kok disuruh bahas semuanya, lah emang iki warungmu???
      Biasakan membaca dan memahami.

      GONDHESSS TEUNANNNN KOWE RICHARDGN

    • betul sekali. di sana variabel asuransi (minimal US dan UK), sangat besar. Bahkan dimasukkan ke dalam kelas2 tertentu. dan jadi pertimbangan beli kendaraan bermotor baru dan bekas juga.

  7. Kebalikannya lek, cc besar masih diproduksi didlm negeri tp yg cc kecil udh gk diproduksi lg di pabrik dlm negeri tp impor dr negara lain

  8. Disana motor Murah. tp pajak tahunan nya mahal Juga. dan Paling Mahal Adalah Biaya Bikin SiM bisa Seharga Motornya.. disana buat Lolos Dan dpt Surat Izin Mengemudi bsa smpe Puluhan Juta.. Makanya Semurah apapun Motor disana, Orng Malas Beli krna ga bisa make Karena ga punya SIM dan Karena BKIN SIM MAHAL SEHARGA MOTORNYA.

  9. Gaji Rata” Minimum Jepang terendahnya adalah 790 yen/jam..
    790 Yen itu 100.880 an Rupiah

    anggap 1 hari max kerja 8 jam
    Perminggunya 5 hari Kerja
    1 bulan = 20 hari x 8 jam x Rp 100.000
    =16 Juta /Bulan !

    harga Tol Rata” mulai dari 130Ribu Rupiah
    Biaya Parkir Di Jepang Rata” Rp 36.000,- per 30 menit !!!
    parkir di Kota Besar/ Tokyo Di parkir Gedung Minimal 2juta rupiah !!

    Setiap Berkendara di Jepang Harus Punya Asuransi ! Jika kedapatan ketilang, maka di denda mulai dr 57.000 Yen paling Murah !!!
    Setelah motor baru mencapai 3 tahun,setelahnya Wajib Inspeksi dan Dana Lagi !

    Bensin disana RP.17.***,- per Liter !!

    Jadi kalau Ada yg masih Demo dan Goblok”in Pemerintah Indonesia, kalian Lah yg bodoh.. Udah Di kasih Murah Masih Aja Protes.. Motor disana Murah, tp biaya Parkir, bensin, tol, dll 50x lebih Mahal dripda di Indonesia.

    Berapa biaya bikin Surat Izin Mengemudi (SIM) di Jepang?

    “Biayanya sekitar 350.000 Yen atau sekitar Rp 40 juta

    Nah, jauh kalau dibandingkan dengan biaya membuat SIM di Indonesia

    Untuk mendapatkan SIM di Jepang pun tidak mudah.

    “Perlu 4 kali ujian teori dan 4 kali ujian praktik, makanya orang Jepang sangat bangga bila mendapatkan SIM,”

    Selain sebagai syarat untuk mengemudikan mobil/motor. SIM juga dibutuhkan untuk membeli mobil/Motor.

    masih Mau bilang Murah disana? Buktinya Orang Jepang jarang Punya Motor/Mobil disana,.. krna apa? Transportasi Umum jauh lebih Murah, biaya Parkir kendaraan,bensin, inspeksi dll disana Gila Gilaan.. Buat Apa Punya Motor kalau ga bsa Parkir krna kemahalan???

  10. saya sepakat di Indonesia mahal. perilaku berkendaranya belum beradab. CC kecil maupun besar, masih amat sangat banyak yang tidak tau sopan santun apalagi KESADARAN KESELAMATAN BERKENDARA.

    Tunggu sampai HDI (human development index) kita bagus, karakter bangsa kembali ke sopan santun , peraturan ditegakkan, baru dah bisa tu moge2 pajak kecil.

  11. Orang Jepun tuh mainnya transportasi umum, aman,nyaman,murah tinggal duduk gak mikirin apa2 ??
    Gak perlu turang touring ?? sudah ada Shinkansen yang siap mengantar kemana pun ??

  12. Beli murah …. pas pajak + asuransi + kir + maintanance + operasional …….ngitung ko pas beli bekas ? Moh biaya mghancurin n pretelin jg di hitung dong …..orang anggep buang istri siri dlm bentuk mtr moge …pd geletak di garasi mending jual murah atau mutilisasi ….dunia itu luas ya …blm dipakai ngk sepanjang tahun ……disini beda jauh mocil busa touring dr ujung ke ujung nusantara asal kuat badan n dikit modal ….lumpur tetangga ngk pernah keliatan ya rumputnya doang dr lube lg

  13. Moge di Jepang itu dikasi speed limit kan ya?, Ato enggak. Kalo ga salah dulu pernah baca meski moge sekalipun ga bisa ngeluarin tenaga maximalnya.

  14. Tapi ada biaya lain yang harus dibayar.
    Contoh wajibnya 3 hal: pajak, shaken, sim motor.
    Tiga hal ini wajib dipenuhi kalo motor diatas 250 cc.
    Pajak per tahun kurang tau berapa, tapi bisa diatas 2 juta rupiah.
    Shaken (kalo ga salah terjemah): semacam inspeksi 2 tahun sekali yang wajib dipenuhi motor berkubikasi 250 cc keatas. Biayanya berkisar 6 juta keatas. (Kalo mobil rata2 10 juta)
    Sedangkan untuk biaya ambil sim motor dibagi dua, kubikasi 250 cc ke bawah dan ke atas. Saya kurang tau juga tapi katanya untuk 250 cc ke bawah antara 5 juta rupiah. 250 cc keatas biasanya ambil sim mobil dahulu baru motor. Dan sim mobil biasanya 25 – 30 juta rupiah.
    Maaf kalo infonya kurang jelas, ini saya dengar dari temen Jepang pas ngobrol2 santai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here