iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak….menjadi moment luar biasa ketika sampeyan bisa ngobrol bareng dengan pejabat tinggi sebuah pabrikan secara santai tidak terikat aturan baku atau protokoler karena kita anggap seperti teman biasa. Sharing atau diskusi berbagai kondisi salah satunya adalah kemungkinan dimasukkannya skutik keren Suzuki Swift 125 yang pernah IWB bahas di artikel sebelumnya. Siapa menyangka Suzuki sebenarnya tertarik untuk membawa motor ini ke tanah air. Namun ada satu kendala yang tidak mudah untuk dilewati. Apa itu?

Jika sampeyan melihat beberapa postingan IWB sebulan yang lalu pasti tahu sosok Suzuki Swish 125 yang digunakan oleh Alex Rins serta Joan Mir di ajang MotoGP Motegi. Menjadi motor paddock yang digunakan oleh pembalap MotoGP siapa menyangka sosok Aslinya memang ganteng. Ban gambot serta desain padat termasuk headlamp yang lebih agresif dibandingkan dengan beberapa skutik Suzuki lain membuat para blogger di lokasi cukup penasaran, apakah Suzuki Indonesia tertarik untuk membawa motor ini ke tanah air?Apakah ada kemungkinan memproduksi secara lokal atau justru ada opsi lain?

Bertemu dengan pejabat tinggi PT SIS yakni Mr. Mimuro, ternyata Suzuki sebenarnya memang tertarik untuk membawa sang skutik ke Indonesia. Namun tidak mudah karena kemungkinan besar motor hanya bisa didatangkan secara CBU bukan produksi lokal. Sebab cukup besar investasi yang harus mereka keluarkan jika melokalkan dan kondisi ini tentu membuat Suzuki pusat berpikir dua kali untuk melakukannya. Kenapa ? Karena ketika investasi sudah digelontorkan maka ada kalkulasi target minimal balik modal dan kondisi ini sangat berat. Siapa yang bisa menjamin produk akan laris?

iklan iwb
iklan iwb

Oleh karena itu opsi yang paling realistis dan logis adalah mendatangkan secara impor. Langkah ini pun bukannya tanpa kendala sebab Suzuki harus menanggung beban pajak yang sangat besar. Sudah rahasia umum produk CBU jauh lebih mahal dibandingkan dengan rakitan lokal. Sebagai informasi Suzuki Swish 125 di Jepang dijual di kisaran 40 jutaan. Terus berapa banderol Suzuki harus menjual skutik ini di tanah air? Jika pun bisa ditekan di angka 20 jutaan, apakah kehadiran skutik ini bisa bejaban melawan Vario ataupun Aerox? Dari sini IWB mulai garuk-garuk kepala….

Hasyemmm…. jebule menjadi pabrikan tidak mudah sebab banyak kalkulasi yang mereka harus diperhitungkan. Pertimbangan yang sangat panjang sehingga pada akhirnya IWB baru melek betapa rumitnya posisi pabrikan dalam menelurkan sebuah produk. ” Gambaran tersebut belum Termasuk homologasi yang harus kita urus. Karena di Indonesia harus ada plat nomor depan sementara Suzuki swish 125 yang kita pasarkan semuanya tidak memiliki dudukan plat nomer depan. Dan kita tidak serta merta dengan mudah memasang dudukan plat nomor tanpa proses homologasi. Harus melewati tahap trial untuk memastikan dudukan plat nomor tersebut aman….” seru Mimuro…

Last…. hasil percakapan memberikan kesimpulan posisi sulit yang lepas dari kalkulasi kita sebagai biker. Beda posisi ketika pabrikan besar tersebut menguasai market besar dan dana berlimpah seperti Honda-Yamaha. Hingga pada akhirnya kita pun hanya bisa berharap ada dukungan penuh dari SMC supaya Suzuki Indonesia bisa segera memiliki Maxi Scooter ataupun melakukan facelift lebih cepat dari biasanya. Sebab tidak bisa dipungkiri produk-produk suzuki memang masih menjadi favorit soal kualitas. Material dan mesin yang bandel menjadi kelebihan yang bisa di dipertahankan Suzuki sejak dulu hingga sekarang. Hanya desain, jaringan dan yang terakhir lambatnya facelift produk. Semoga saja cak…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

61 COMMENTS

  1. yg ini saya pass dulu designnya ga masuk bwt saya …. lek
    mending skywave di produksi lagi … dgn sedikit sentuhan kekinian sprti lampu2 led dll ….

    • Motor jepang memang yg paling oke apapun mereknya, daripada motor eropa gampang overheat, menurutku motor jepang dijual terlalu murah disini, karena kualitasnya bagus sekali, aku pernah boncengan ke bali pake motor sport honda, ga sengaja menghajar lubang besar sampe hampir jatuh saat kecepatan tinggi, aku cek ban suspensi gapapa sama sekali, mengagumkan.

    • mungkin juga sama kasus nya dengan brugman 180 .vstrom250 .gsx r250 gixxer250/150 sampai mandek blom ada launching butuh kalkulasi balik modal yg jauh lebih besar target minimal secra biaya produksi lokal lebih mahal dari matic swish 125

    • Ket jaman lawas mek tertarik, antusias, dan bahasa2 kalbu lainnya. tapi tindakan nyata tidak ada alias omong kosong. mending Kawasaki. sama2 ms cuma 3 persenan, tapi cepat tanggap akan pasar.

      la ini dari 4 tahun lalu wacana upside down untuk GSX kaga kelar2, bandingkan dengan ZX25R. kaga butuh setahun dari wacana, langsung brojol. keliatan bedanya.

  2. Mending gak usah. Jelek. Tahu sendiri kan konsumen Indonesia pasti yliht tampang dulu.
    Mesinnya aja pake buat address biar 125cc gitu.
    Daripada susah2 mending skywave tuh jadiin injeksi.
    Kasih dah varian 125 dan 150. Body biarin gitu aja, kasih facelift dikit sama lampu depan led. Cukup riset mesin doang biar g terlalu lama brojol nya.

    Kendala dana? Gabung astra sono wkwkwkwkwk

  3. Boyong matic entry-level non radiator aja sampai bingung
    apalagi bikin matic radiator seperti sixteen 125/150.
    Ayolah suzuki…

    • Apanya yg gimana pak ?

      intinya mereka butuh dukungan penuh dari SMC (Sendalswallow Maniac Community) untuk memborong produk sendal jepit sebanyak2nya pak,

  4. Makanya itu fbs jgn cuma komen terjamenn jas jes jos doank ama produk suzuki beli kaga…

    Soalnya mayoritas gw liat mo di sosmed ato media mana banyak bgt komen suzuki terjamen , jas jes jos, tp punya ato beli motornya aja kaga

    • karena mayoritas jas jes jos. terjameeeen. itu hanya untuk kalangan tertentu. dan jumlahnya kalau anda perhatikan ngga sampe 5% dari populasi keseluruhan masyarakat. dan memang bener kualitas terjamen.

      komunitas emak2, bapak2 kolot dan generasi muda yg sudah terkontaminasi dengan pandangan orang tuanya (buta merek) itu lebih banyak sekitar 95%. rata2 prioritas mereka beli motor itu harus (HARGA JUALNYA TINGGI). ya susah lah.

      anda bikin motor yang harus ada (HARGA JUAL TINGGI), kaga bakal bisa WKWKWK
      designer & engineer paling hebat sejagat raya ya angkat tangan.

  5. Pendek kaya mBeat tapi gemuk kaya Kymco (nggak sesuai selera mayoritas indo). Keren kalo buat tampil beda, tapi kurang laris kayaknya kalo dijual di indo.

    Semoga suzuki mengeluarkan produk pelopor yang bisa sukses kaya bebek 2-tak satria ke depannya.

  6. bagus cak.. swish 125 buntet tapi kekar, ga kaya hondul body barongsai, pala hydrocefalus, body obesitas, sekok cedera, daleman gredeg, dan fbh pun koar2 walaupun begitu kita tetap one heart padalah one hurt nyiahahahaaa

  7. Ada Jalan tengah, pakai basis next/address, tinggal lipstick/cover plastiknya saja disesuaikan designya apa susahnya. kan mesin next sdh oke. iu kalau suzuki mau.

  8. Klo cc 125 mending jangan kang.. Skalian 150 atau lebih krn di indo suzuki blm puny produk flagship .. Itu perlu banget imho

  9. cukup gemes jg liat perkembangan matik suzuki di indonesia,2 merek tetangganya sudah saling baku hantam dengan teknologi,feature dan desain,untuk dpat sejajar dgn 2 tetangganya itu,suzuki harus melompat jauh dari produk yg sudah exis sekarang.
    Saya tidak habis fikir,kenapa suzuki tidak mereborn sky wave 125 untuk midle matiknya.
    Dan mungkin sky wave 180 nya untuk medium high level,dan di buat diferensiasi desain untuk menantang Sh 150 i.
    Spertinya suzuki harus bekerja extra keras untuk mempertahankan existansi matiknya di indonesia,

  10. Ni keliatan si juki udah kaga niat buat jualan di indo si, imho. Soalnya udah berapa taun cuma koar koar doang. Kalo kasarannya jualan ya harus berani, kalo cuma naik turunin isu. Menurut w itu malah bikin pabrikan keliatan cuma main main tanpa ada tindak lanjut serius. Udah jengah makan isu dari juki.

  11. Plan kedepan sis hanya akan jualan motor dgn base mesin addres dan gsx series saja. Jangan berharap mesin baru yg advance dgn fitur yg out of the box. Tahun depan bakal seperti kaoskaki jualan cbu buat moge. Itu uda kebijakan dari Pusat. Jangan tanya kenapa ya??

  12. Kalo ane pribadi sih lebih seneng Suzuki brojolin Suzuki Katana GSX150 dengan mesin Satria FU lama berbasis Suzuki Katana GSX250S yang 4 silinder DOHC 16 valve juga berpendingin udara + oil cooler.

    Buat nemenin Kawasaki WR 175 sama Yamaha XSR 155. Mayan tuh hehe.

  13. Sepertinya bukan cuma Suzuki Swift 125,, tp hmpir semua produk global suzuki yg belum ada di Indo, bakalan buanyak pertimbangannya, smpe akhirnya mereka g jalan”.. Jalan ditempat sama produk yg sudah mengaspal di Indo..

  14. KENDALANYA PETINGGINYA KOLOT PEMIKIRANNYA , TAKUT AMBIL RESIKO, KARENA MENTAL RENDAH CONTOHNYA BANDIT 150

    PEMIKIRAN IRIT PELIT ALA ORANG KOLOT

    • #Blog ..bukan pemikiran kolot,,kalo suzuki sekelas H ,mngkin masih berani krna udah punya brand image..kalo suzuki? mereka masih berjudi..sekelas H atau Y aja masih bisa blunder.

      • @kunyit Lha masalahnya sering banget juki “php” masyarakat dengan isu isu motor baru yang beredar. Dan itu buat image juki jadi pabrikan omdo, imho.

  15. harusnya susuki niru yamaha dan kawak ,,bikin gebrakan ya walau gak tau laku apa nggk,,yang walau pada akhirnya laris ada yg ikutin bikin type yang sama..atau ngikut segmen yg kompetitor laris,sperti maxi skutik lah yg udah jelas pasarnya.

  16. Sym kymco jg banyak model kyl swish gini di taiwan dan fitur lengkap. Kenapa pabrikan jepang rata2 gk kyk kymco atau sym dalam fitur motornya full led,charger hp bagasi muat helm fullface atau half face knp seperti itu kang mazzz @iwanbanaran padahal klo liat skutik 125cc sym atau kymco walau mungil ban 10inc tp fitur lengkap bgt. Coba aja liat sym Vega yang klo kata gue sih cakep bgtu pula skutik sym / kymco lainnya. Dan jg isi bensinnya udah di bagian depan jg. Di indonesia rata2 tangkinya di bawah jok untuk skutik 125cc nya

  17. Suzuki harus harus bikin bengkel resmi yg banyak supaya ada jaminan konsumen untuk beli produk ketersedian suku cadang apalagi kalau terjangkau, dulu thn 96 jaman bengkel dadan nugraha pembalap suzuki selalu penuh,…masa masa rg sama tornado 110 berjaya?

  18. pakde, kalo kasih masukan ksna kira2 gmn?
    gunakan aja mesin address namun , body baru, tambahi fitur keyless, lampu LED, ganti ban besar. sdh itu aja. design yg garang… 🙂

  19. model macem modenas ngene lek. cocok e ng malaysia/india koyone. nex II udah lumayan…lanjutane ojo sampe kliru neh. matic macem vespa opo kepiye ngunu kek…main sing imut+compact utowo maxi skalian

  20. Mending Nex dikasih fitur bagasi, standar samping cut engine, brake lock, dan stater mesin senyap. Dah itu aja ga usah bawa yg aneh2 dan ujung2nya ga laku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here