iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Manager Repsol Honda Team, Alberto Puig lontarkan pernyataan keras akan kritikan banyak pihak terkait dugaan yang mengatakan bahwa motor Honda bukanlah Motor yang Friendly. Menarik iki cakkk karena Puig langsung menyuguhkan fakta yang telah terjadi di Honda selama hampir dua dekade ini. Yup…bos Honda Motogp bantah RC213V adalah motor yang sulit ditunggangi. Mereka sodorkan data berikut ini !!

Dominansi Marc Marquez (Repsol Honda Team) musim ini bisa dikatakan hampir sempurna cakkk. The Baby Alien sukses jalani musim terbaiknya selama mengaspal di Kelas MotoGP dengan meraih 18 Podium dari total 19 Grand Prix. Jika diperinci Marc Marquez telah mengemas 12 Kemenangan serta menempati podium kedua sebanyak 6 kali, ia hanya satu kali saja gagal menuntaskan race dan seperti yang sudah sampeyan ketahui, justru di sirkuit Favoritnya, Marc dlosorrr dikala ia sudah ngacirrr jauh.

Terlepas dari catatan diatas maka bisa disimpulkan jika kombinasi antara Marc Marquez dan Honda benar-benar klop. Bahkan rider Honda lainnya sangat kesulitan untuk berjuang dibarisan depan, katakanlah Rekan Marquez yang memilih pensiun pasca race Valencia. Jorge Lorenzo sendiri telah merasakan betapa sulitnya beradaptasi dengan Honda RC213V, iapun hanya mampu meraih posisi terbaik sebelas dalam 15 seri yang ia jalani musim ini. Juga Cal Crutchlow (LCR Honda Team) yang memiliki spec Motor sama layaknya pabrikan, Cal yang sudah memiliki banyak pengalaman diatas RC213V selama lima tahunpun masih keteteran pakdee. Namun ia adalah rider Honda kedua setelah Marquez yang mampu persembahkan tiga podium musim ini.

Uraian diatas sedikit menunjukkan bahwa Honda tidak se-Friendly pabrikan lainnya. Bahkan Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan Cal Crutchlow mengungkapkan langsung jika Honda adalah motor yang cukup sulit untuk dikendarai. Sangat terlihat jelas bahwa Hanya Marc Marquez yang bisa tampil garang bersama Honda. Apakah ini menunjukkan gambaran bahwa Honda hanya dikhususkan untuk Marquez dan imbasnya adalah rider Honda lainnya malah kesulitan untuk menjinakkan RC213V?

Alberto Puig selaku manager Tim, menjawab tuduhan banyak pihak yang menyebut bahwa Honda adalah motor yang sulit untuk dikendarai dengan menyajikan fakta bahwa Honda telah memenangkan gelar juara dunia sebanyak 10 kali dengan 4 rider yang berbeda, seperti kutipan dari Corsedimoto.

Aku pikir itu bukan fakta. Itu hanya sebuah opini, Selama 18 tahun terakhir Honda telah memenangkan gelar juara dunia sebanyak sepuluh kali dengan empat pembalap yang berbeda. Sedangkan Yamaha dengan dua pembalap dan Ducati dengan satu pembalap. Berdasarkan fakta-fakta ini, dapat dikatakan bahwa Honda adalah motor paling sederhana di Kejuaraan Dunia MotoGP.” Ujar Puig….

Puig juga menambahkan jika ia tidak peduli dengan para tim rival yang kebanyakan mengkritik Honda dengan segala macam opini mereka.

“Aku tidak tahu apa kata tim lainnya, kami tidak terlalu peduli. Performa tim secara keseluruhan tidak hanya bergantung pada motor atau pembalap, tetapi pada keseluruhan struktur. Setiap tim telah membuat jalannya sendiri dan harus berusaha memanfaatkannya sebaik mungkin. Dan Honda telah memenangkan banyak gelar dengan beberapa pembalap termasuk Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, Marc Marquez. Jadi kupikir itu (tuduhan Honda motor yang sulit untuk dikendarai) hanyalah sebuah ide, bukan fakta…” Tutup Puig.

Last…dengan data diatas dan fakta diatas tidak bisa di pungkiri bahwa Honda mampu mengoleksi juara dunia dengan beberapa pembalap berbeda tanda motor mereka bersahabat untuk siapapun. Sementara Yamaha hanya diisi dua rider dalam 2 dekade yakni Rossi dan Lorenzo. Cukup sulit memang untuk disimpulkan cakkk, namun yang jelas Alberto Puig tahu betul situasi Honda selama belasan tahun terakhir. So menurut sampeyan piye ? Setuju dengan penjelasan Alberto Puig atau masih bersikukuh dengan pandangan jika Honda tidak seramah pabrikan lainnya? monggo berikan opini sampeyan…..(Cc for iwb)

Advertisements

60 COMMENTS

    • Truzzz…tolak ukur mudah Sulit itu darimana ? karakter motor beda..disain sasis beda ..tingkat beringasnya beda2 ? tolak ukur yang paling tepat itu apa????
      Mudah..mudah nya motor itu karena apa ??
      Sulit…sulitnya motor itu karena apa??
      ..buktinya..kita udah lihat beberapa kali Marc dg tingkat kemiringan yg ekstrim dengan 1 tangannya melambai lambai ke penonton ?
      Atau yang kasus sebaliknya…motor mudah , ada yang berpengalaman lebih dari 20 tahun dimotogp Primer..dengan motor yang disebut mudah..dia dapat apa????? ? Super sekali lowgh pengalamannya…20 tahun lebih, mudahnya dimana? Toh masih moncer si Fq20 tow? Yang baru di kelas primer ?

      Jawabannya dah tau kan??
      H itu bukan motor sulit…tapi yang gak mau mengakui kenangan H denga ikhlas penuh SpORtifitaslah yang SULIT ?

  1. friendly bukan dilihat dari berapa orang yg pernah juara diatas tunggangannya, tetapi berapa orang yg bisa kompetitif didepan

    saat pengembangan motor dipegang stoner atau awal marquez di motogp berapa pembalap honda yg bisa kompetitif di depan? sedangkan saat ini pengembangan motor oleh marquez berapa pembalap honda yg kompetitif?

    • Jangan hanya melihat saat masa kini..tapi lihat juga masa2 sebelumnya..dimana pedrosa juga bisa selalu ada di 5 besar..dimana dovi dulu juga sangat kompetitif dg H nya ..bradle dll ?
      Kalau hanya melihat zaman Marc..ya beda pake bingit… Marc itu Alien, jangankan lawan ..temennya pun dia tinggalin habis2an ?
      Ambil poinnya saja…jika itu motor sulit kok bisa punya banyak gelar juara daripada motor yang mudah ?
      Nah..kesimpulannya bener kaga? Yang SULIT itu menerima KENYATAAN ?

      • liat komentar saya yg kedua
        terganntung pengembangan oleh siapa? dan itu biasanya dulu (dulu lho ya) oleh pembalap utama di pabrikan dengan dibantu pembalap kedua dan satelit hanya mesin bekas tahun sebelumnya

        sejak era pengembangan oleh marquez, berapa pembalap honda di depan?

        kalo saya salah, namanya juga wong awam
        ???

  2. Kalo menurutku ada 2 teori yang pertama team pabrikan membuat motor yang sesuai dengan keinginan pembalap yang ke dua team pabrikan membuat motor kemudian silahkan pembalap sendiri yang ber adaptasi dengan motor tersebut mungkin menurut saya ikut teori yang ke dua

  3. Motor Honda rc213v 2019-sekarang adl motor yg Tak mudah dikendarai. Karakter ini mirip dg motor Ducati desmosedici gp07 era Casey stoner sampai desmosedici gp13 yg dimana hny pembalap bertalenta khusus yg bisa menjinakkan kuda besi tsb. Contoh stoner mengendarai Ducati desmosedici gp07 tu cm stoner yg bisa menjinakkan kuda besi tsb. Serupa jg dg Marc Marquez dg Honda rc213v 2019 cm Marc Marquez yg bisa menjinakkan Honda rc213v 2019. Rider lain tampak keluhkan betapa Tak mudahny mengendarai Honda rc213v 2019. Jadi boleh dibilang Honda rc213v 2019 punya karakter motor mirip dengan Ducati desmosedici gp07 (era stoner) sampai Ducati desmosedici gp 13. Hanya rider dg Gaya balap spt Marc Marquez yg bisa kendarai Honda rc213v 2019-sekarang.

  4. Pengalaman 18 tahun bisa ngelahirin 4 juara dunia, tentunya punya strategi tersendiri kenapa bikin motor gila macam rcv dan NSR. Lha yg selama itu cuman bisa produksi 2 jurdun ato malah cuman satu biji doang, trus berkoar menilai rcv, Jane iso opo to ?

  5. Back to konfigurasi mesin nya itu sendiri v4 atau inline 4. Rider motogp sudah terbiasa di manja dengan mesin inline 4 yang delivery power nya smooth dan mudah dikendalikan begitu tes mesin v4 pada ngoceh ??

  6. Yang JELAS dan MESTI kie Pabrikan lain ter ketarr ketirrr dgn kehebatan HONDA RCV nya , , hawatir tidak kebagian JUara Dunia .. lawong pembalapnya Minta apa baen di turutin ..contoh wae Lorenzo minta update ini cling turutin itu clingg turuti ya tinggal sembalapnya beradaptasi dgn motor nya wlpun pensiun , HONDA bebas pabrikan SULTAN lo jual motornya gue beli sekalian pabriknya honda di lawan hora iso coyyyy…

  7. Setuju Cak …
    Naik Motor itu Harus Tau Soul nya Motor walaupun kata orang Motor itu Gak enak lah Celeng Lah kalo sudah bisa merasakan feel dan soul nya maka enjoy aja kita makek nya ….

  8. Memang sulit menerima kenyataan bahwa honda plus MM digjaya..sulit buat hater macam fby dan turunannya…sulit buat fhy dan fbr buat berpkir poaitif dan logika..

    • Biar clear & opini jadi Fakta,satusatunya cara paling valid membuktikan omongan Puig adalah coba puig sendiri yg turun jadi rider ganti marc,trus suruh ngomong lagi kira2 gmn

    • At ridwan
      Puig lu suruh mbalap, ? Boleh. Gausa banyak2. Cukup 7 lap.
      Skalian si santi hernand takeo yoko dan alzamora. Skaligus luccio cechineli
      Duc duc turunin daligna ciabati tardozi dan domenicali
      Yahaha turunin lin jarvis sama uccio saluci
      Suzie turunin davide brivio

      Gw berani masang stnk Brio RS gw dan bertaruh ke alberto puig yg bakal menang.

  9. Tujuan opini mereka hanya satu caak… agar Marques panas dan pindah dari Honda…. itu aja tujuan mereka. Kalo marq pindah ane setujunya ke KTM… bukan ke yamahoooo

  10. Motor celeng…. Sampai kapan MM bertahan dg motor celeng? Apa lagi kemarin sudah cedera bahu juga, jika Marques cedera lagi yg smaa dipastikan bernasib sperti lorenzo…. Wkwkwk

  11. Baca dari komen2 diatas bisa disimpulkan,,Berarti sah ya MM93 ternyata memang punya talenta khusus,buktinya bisa naklukin motor yg paling sulit.
    Trus buat apa dia katanya mesti pindah ke merk lain??? Buat buktiin apa???Yg ada nnti pake tangan satu dia balapan

  12. Mungkin faktor pengembangan sekarang dibantu marquez jadi sulit dikendarai rider lain dari pabrikan lain. Kalau dari yg saya lihat dari dulu honda selalu develop motor dibantu rider core nya, rider kedua selalu menyesuaikan. Jadi kasus lorenzo kalau dia jadi tider core honda mungkin lorenzo bisa kompetitif. Malah saya concern ke Yamaha, kenapa rider yg pindah dari Yamaha selalu melempem di pabrilan lain. Apakah jadinya Honda sulit dikendarai & Yamaha sulit ditinggalkan rider? Dan bau-bau nya Suzuki juga punya karakter duo Jepang tsb. Apakah memang pabrikan Jepang seperti ini karakter nya? Soalnya beda dengan Ducati

  13. RC13V itu motor spesial, hanya orang2 spesial yang mampu menakhulaknya.
    mm itu peka bisa merasakan limit motor tsb, dan mengakali cara berkendara yg cepat dengan kekurangan yg ada di motor V. jd faktor utama memang pembalap yg bagus.

  14. Sebenarnya kalo mau komparasi pabrikan, bisa dilihat sih di motogp.com, kan ada recap championship setiap musim. Bisa dibilang bukan cara yang efektif sih kalo mau dilihat secara cocoklogi, tapi setidaknya bisa tahu setiap musim pabrikan mana yang bisa masuk 10 besar & pembalap mana yang ada di barisan depan.

  15. Mungkin lebih tepatnya setelah MM ke honda,klo sebelumnya kan bbrp pembalap misal rossi,stoner jg pernah dihonda. Fakta 5th blakngan ini dgn mesin v4 pembalap lainnya g bs kompetitif kyk MM.

  16. Udah jelas disini marc itu alienn, motor paling liar musim ini ya honda, gw salut sama nyali+garis tangan tu alien, brani bet hard breking pake kaki wkwowkwowko

  17. Motor Moto gp mah ampir sama semua paling banter selisih 0.1-0.2 detik. yang beda ntuuu ridernya wkwkwk italian mature disuru balapan wkwkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here