iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Jaman terus bergeser pakde. Teknologi sudah semakin maju sebuah masa yang tidak pernah terbayangkan oleh IWB sebelumnya. Lha piye pakdeee…jaman nom-noman alias muda IWB dulu kita hanya ditemani telephone rumah yang tidak semua orang punya. Buat telp pacaranpun kita hanya mengandalkan telp koin 100 rupiah yang super cepet habisnya. Dan sekarang, jangankan telp….video call lihat muka mau diujung dunia manapun bisa. Nah…pertanyannya, apakah semua kecanggihan tersebut berbanding lurus dengan sistem perpanjangan SIM ditanah air khususnya Perpanjangan SIM beda KTP dan kota ??

Buanyakkk ketidak tahuan kita perihal sistem tersebut cak. Selama ini kita harus datang atau mudik untuk memperpanjang SIM jika KTP yang kita pegang masih berdomisili dikampung halaman. Sistem yang jelas melelahkan dan bikin sampeyan males. Pastiiinyaaa. Lha piye…kalau kita merantau ke Papua contohnya sedang kampung di Garut, mosok kudu pulang dulu ke Jawa Barat kalau pengen perpanjang SIM. Biayane piroooo kuwiii ? wis kantong jebol belum lagi ribet ngurusi cuti. Iya kalau boz kita fleksibel. Jika nggak kadang sampai dlosor-dlosor minta ijin juga belum tentu dikasih permitt, iyo ora. makanya nggak heran cukup banyak yang bertanya ke IWB….

Dengan sistem komputer yang makin maju serta perbaikan terus menerus, apakah bisa Perpanjangan SIM beda KTP dan kota ?? jika tidak berarti artikel selesai disini. Tapi kalau bisa….tentu kita penasaran, syaratnya apa dan seperti apa prosedurnya? Jawabannya bisa !!!

iklan iwb

Yup…sampeyan memperpanjang Surat Ijin Mengemudi (SIM) walau KTP domisili tidak sama dengan alamat kota yang ditinggalin sekarang. Tapi ada syaratnya yakni….sampeyan harus memiliki e-KTP. Catat cak…iso tapi kudu wis duwe e-KTP. Lek ora duwe yo wis bubar wae soale ora iso. Konfirmasi ini dilemparkan Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar via Kompas. “Bisa asalkan memiliki kartu identitas dan SIM belum habis masa berlakunya, karena sudah online…” serunya. Menurut informasinya kita bisa memanfaatkan SIM keliling yang sistemnya sudah terintegrasi secara nasional. Adapun syarat yang perlu kita bawa adalah….

” Layanan perpanjangan SIM keliling yang efisien dan cepat, sangat efektif cak !”

1. Kartu identitas (e-KTP atau paspor) asli dan fotocopy.
2. Membawa SIM asli yang masih berlaku, paling tidak tersisa satu minggu lagi.
3. Surat keterangan sehat jasmani. Jika tidak, bisa dilakukan pengecekan langsung dengan biaya sekitar Rp 25.000
4. Biaya administrasi perpanjangan SIM, yaitu Rp 75.000 untuk SIM C dan Rp 80.000 untuk SIM A. Siapkan juga kocek sebesar Rp 30.000 jika ingin menambah asuransi kecelakaan untuk 5 tahun.

Nah…jadi intinya bisa cak. Karena sistem yang dimiliki petugas sekarang online dan terintegrasi dengan sistem Samsat seluruh Indonesia. Gampangnya sampeyan cari saja layanan SIM keliling biar lebih simpel. Wiss dari sini clear toooo….(iwb)

iklan iwb
Previous articleHari ini 200 penunggang Honda CBR serbu Sentul, adu geber cak !!!
Next articleYamaha All new NMax 155 2020 sudah dimiliki orang Cinere ??
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!