iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak…..pasar memang kejam. Ketika produk gagal menarik simpati atau celengan para biker, tidak ada pilihan lain bagi pabrikan kecuali menghentikan produksi ketimbang membebani plant. Itulah yang saat ini terjadi dengan street fighter tulen Yamaha Xabre (dibaca saiber). Tidak survive ditambah kehadiran saudaranya MT15, dipastikan akhirnya Yamaha akan suntik mati Xabre 150. Woalahhhh….

Usaha tidak selalu berhasil. Kendati cocok dinegara lain ternyata belum tentu juga disukai didalam negeri. Nasib Xabre 150 contohnya. Menggunakan nama M-Slaz di Thailand, penjualan street fighter ini cukup terseok-seok ditanah air. Dari beberapa pemandangan dijalanan populasi sang kuda besi memang cukup kecil cak. Seret tenan kayaknya. Feeling sulitnya Xabre dan umur yang tidak lagi panjang teraba dari keputusan Yamaha mendatangkan MT15…

Yup…dua motor disegmen dan kapasitas yang sama, awalnya rada membingungkan. Opo ora tumpah tindih ? Sebelumnya YIMM memberikan informasi bahwa mereka akan menjual beriringan alias tidak akan menyuntik mati Xabre150. Namun kondisi dilapangan memaksa mereka melakukannya. Dan analisa ini mulai terbukti. Seperti dilansir CNN, Yamaha dipastikan akan suntik mati Xabre 150 setelah semua stok resmi terjual. Konfirmasi ini dilayangkan Manager Public Relation YIMM Antonius Widiantoro yang memastikan penjualan Xabre bakal berhenti setelah semua stok unit habis terjual…..

iklan iwb

” Kalau pun masih ada sekarang ya itu stok lama. Kami lebih fokus ke MT-15. Ya alasannya karena permintaan dan produk terus berkembang. Keinginan konsumen juga berkembang. MT-15 dengan fitur dan teknologi baru orang akan ke sana..” serunya via CNN. Yup…usai sudah Yamaha Xabre cak. Dengan kepastian tersebut maka produksi Xabre 150 dihentikan setelah motor ini mengaspal ditanah air sekitar tahun 2016. Keputusan suntik mati produk memang hal biasa sebab tidak semua produk bisa diterima pasar. Dan jika itu terjadi, jalan terbaik adalah menghentikan produksi agar menekan biaya produksi serta fokus pada produk lain. Yamaha sendiri mengakui tidak selamanya mereka berhasil membuka trandsetter…

“Tak semua usaha untuk menjadi trendsetter berhasil. Nouvo justru dicari saat kami sudah memutuskan untuk tak memproduksi. Kami belajar dari case ini, dan ciptakan tren motor sport yang dicari orang,” ujar Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ( YIMM) Dyonisius Beti via kompas. Dari catatan raport penjualan Xabre memang hanya njengat diawal rilis. Januari 2016 sukses terjual 4000-an namun terus melorot signifikan. Bahkan akhir tahun 2016 Xabre hanya terjual ratusan….

Last….dengan stopnya produksi XABRE150, Yamaha dipastikan akan fokus pada MT15. Dengan kepastian tersebut maka mesin SOHC 4 katup non VVA sudah mulai ditinggalkan YIMM untuk segmen sport. Kecuali Vixion versi standart yang saat ini juga cukup sulit keadaannya. Nggak heran Yamaha fokus total pada segmen skutik Maxi untuk menopang penjualannya. Tren sport yang terus menurun kini coba di cover dengan kehadiran varian baru yakni XSR155 dan WR155R. Semoga saja berhasil. So…..Yamaha Xabre 150? fix disuntik mati cak….selamat tinggal saiber (iwb)

Advertisements

120 COMMENTS

      • Xableng yang cuma menjadi pemain cadangan bayangan…sekarang didaur Ulang menjadi bagian dari M-angkrak T-otal Series ,dan masih menjadi Pemain cadangan bayangan ? Usd emas Kw ruoanya tak mampu mengeluarkannya dari Gudang ,padahal..efbeye sudah bekerja dengan keras dg Permainan Kanebo Kamocheng ditangan.
        Mesin ini kahir..hanya buat melanyai diteras deaeler..hingga oada waktunya dijembalikan ke Habitatnya untuk ‘ MELANTAI ‘ diGudang ?

      • Pigson cuma kejual 3 biji dalam 3 bulan, Xableng kejual 5 biji dalam 3 bulan.. sekarang, si Reject15 juga sudah diSalip si GsxR.
        Kontrassss…
        Lirix tetangga..cub 60 jt..rebel 500 ratusan juta..mampu terjual ratusan unit ?
        Crf pun terlalu moncer jualannya dibandingkan dg mesin2 cc ooset Ngemoz ini.
        Saran dari gua hanya 1 buat efbeye..jangan samoe putus hubungan dg Vendir Kanebo serta Kamocheng..karena tugas berat kalian takkan Pernah usai ?

    • bukannya xabre memang proyek mercusuar/ proyek siap rugi dari yamaha ya, suntik mati gak ngagetin
      xabre kan memang buffer/ survey pasar untuk new vixion buat mengetahui minat pasar terhadap facelift vixion setelah NVA
      yg rugi justru new vixion, sudah dibuatin proyek rugi xabre, tetap aja desainnya & penjualannya gagal

      mt15 pun sebenarnya juga sama kayak xabre umurnya gak panjang, pasar yg kelihatannya sama seperti menyasar segmen minor fighter (dimana kue nya sangat kecil sekali) dilihat dari desain headlamp, masih lebih diterima headlamp xabre untuk umum. andai saja headlampnya mirip mt07 atau mt09

      tp yah namanya yimm gak menguasai pasar indo, jadi gak punya bargaining untuk menentukan desain yg disukai pasar indo, mirip kasus new byson

    • Ini yimm gmn siih gak punya team survey apa memang gak ada sama sekali…., kok tiap kali keluarin produk”nya mayoritas gak sesuai selera masyarakat sini banget…!!!, kayanya nyensusnya di indi dijualnya di indo inimah…….

      • Y dg efbeyex nya memang diOeruntukkan buat nebas Semak belukar..jika nanti udah terbuka jalan…maka H bertepux tangan..dan jika nanti jalan tsb Rame, maka H langsung menguasai Kaplingan tsb ?
        Jangan salahkan Kasta..Peruntukkannya memang buat demikian..diPEKERJAKAN ?

      • Masih mending Yamaha cok, Pangsa Pasar Mereka 20% dan mereka berani mencoba hal baru yang kadang jadi pionir. Yang kasian Suzuki(Pangsa pasar 5%), mesin mampu bersaing dengan kawasaki tapi TOP Management-nya gak mau dengerin apa kata Team Survey…

    • ganti MT15, fhb sakit hati ngga punya motor kaya gini… adanya motor mesin kandang Dogi. DOHC 2klep yg di kentutin SOHC4klep.

      • Xableng kagak pernah dijabani H..Mangkrak Total pun belun niat dijabani ,tapi….
        Efbeyex harus cek berkala gigi mesin perajah ,karena yg bakal di daur Ulang antri ?

  1. Mungkin karena ada xsr dan wr yg bakal bkin produksi diplant yo cak. Baiknya memang gtu model dibaruin yg lama hentikan saja.

  2. Wk wk wk, padahal FB nya awal launching pede banget laris manis, karena sanggar dan USD,

    Tapi akhirnya, nasinya terkubur bareng Fino dan Mio j, serta kawan kawanya.

  3. Kami segenap pengguna sendal swallow mengucapkan selamat tinggal, eeh…maksudnya selamat jalan saiber,

    Semoga segenap onderdilmu bisa beristirahat dengan tenang

      • Menyusul itu harus disesuaikan juga dg sumbangsihnya ? berapa lama dan udah menghasilkan tabungan berapa , baru deh kemudian selesai .
        Kalau yg kk gini kan ,lahir…diem..dilirix sekian biji..gak lama pun usai ?
        Ngelewati o koma 100 dari bunga bank kanvaz rem beat saja masih jauh tow? ?

      • GTR udah agak banyak gan, gw termasuk owner GTR.. tetangga gw juga baru ambil yg facelift.. dijalanan udah pada seliweran.. mau ikut comunity juga ada

    • wkwkwk menyusul ngonda2klep..

      udahlah beha2klep gangerti rasanya VVA… mereka udah seneng ngonda2klep pendingin angin sawah.. wekekek salam NGONDA2KLEP

      • 2 klep yang sanggup menjabani 4 klep cc opset pluz bandul benalu PeaPea ?
        Apalagi gimmick kencang yang bakal dijual Y ? Owya sekaranga ada tcs di nemexnya..bisa bikin kencang lagi tuh kata beyex ?

  4. si saber motor kemarin sore udah mampus, bentar lagi giliran emte… ??
    adv tetep larissss manissss…. wusssss… ??

    • Adv makin kek laler dijalanan 2 klep doang, tapi sangat gampang buat menyaksikan getar Spakboard cc opset PeaPea ?
      Terbukti ??
      Tapi ngeri sama nemex yg baru bro ,dg mesin daur Ulangnya..plus android 200 ribu, bisa nambah kecepatan 20 kmh
      Wwkjwjwwjjww

  5. Lho, waktu rilis d Thai, banyak kolom komentar mau jas jes jos sama produk ini? Kok gak laku? Kok gagal?

    Berarti komentator belom tentu ada duitnya ya?

    Riset pasarnya mending langsung komunitas, blogger, yg owner bbrp motor, jangan sosmed, jas jes jos aja, beli nggak

  6. Xabre itu bukan Product gagal, melainkan hanya nama nya aja yg salah, coba yamaha dulul menamainya MT-15 di thailan aja namanya MT-15, klo spt ini kan jadi pemahaman org product gagal disuntik mati. Xabre itu sama aja MT-15 dan sekarang karn sudah ada generasi yg baru maka sudah wajarlah versi lama tidak diproduksi lagi, sama ky macam vario lama distop produksi dan ganti vario baru, begitu juga Nmax yang baru, sudah pasti Nmax lama gk bakal di produksi lagi.

  7. ternyata sosok VR46 sebagai brand ambassador Xabre ketika launching tak bisa menarik celengan para jas jes jos…yup beda dengan VR46 jaman keemasan,duet dengan Komeng di iklan Jupiter Z bisa membuat JupieZ kala itu melambung tinggi

  8. Loh kirain udah berhenti sejak MT15 brojol? Ya gak bakalan ada yg beli lah krn produk lama. Ibarat avanza lawas di jual barengan yg baru, pasti pilih yg baru dong.

  9. Motor impian dulu cak..tapi karena racun dan kompor kang iwan…..jadi kepencut sama baby r6..alias r15 v3……hahhahahahahhaah

    Tetep disayang kan..cak.. Motor cantik

  10. Iya gue akuin ini xabre desain nya jelek terutama headlamp sama jok boncengan yg banter.pertama Kali keluar dulu gue udah Tau gak laku nih motor.tapi kalau Yamaha XSR155 Dan NMAX 2020 ini baru keren.dan bisa laris penjualannya.kita buktikan bersama.YAMAHA TOUCHING YOUR HEART.
    .

    • Kebiasaan Y hadir 1 untux membhunuh saudara lainnya…
      Mana yang akan laku dan yg akan kembali tewas ?
      Mari kita buktikan ?

    • Bukan Lekwebenya yg gak Allout, tapi produxnya yang hasil Daur Ulang semua ? gimana bisa hype coba.
      Liat nmex..dibeli trus d bawa jalan gak da yg bikin pangling, kecuali fitur android 200 ribu yang harus diplototin dulu ?
      Liat XStra Reject..sekilas kek motor modif kebanyakan ? dan liat Si WiRo…kk pigson dijadiin trail ,pipa Pagar telekopix 36 jt ???? Pffffft

  11. Ya habis mau gimana lagi? Apa yg mau diharapkan? Dari Panglima besar fby hingga jajaran terendahnya, semua sudah berdaster?

  12. Konsumen Indonesia kurang suka sm produk global yg lsg dibawa utk pasar dlm negeri, contoh:
    Honda: spacy, megapro monoshock, supra helm in
    Yamaha: byson injeksi, scorpio model terakhir, xabre dan mgkn jg MT15
    Suzuki: address, gsx series

  13. Ga menyesal miliki Xabre kece .. buat saya riding paling nyaman ya hanya motor ini..ga cape, lincah dan responsif..never say goodbye to you My Xabre kece..bentar lagi tak bawain saudara baru XSR155 ..

  14. Dari Awal release udah gak tertarik, jok nggak bersahabat buat boncengers. Gak heran kalo Xabre Wafat. Btw, nih Website Nge-bug apa gimana ya ?? kok tiap klik Post Comment malah diarahin ke Website Hondal ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here