iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..lemes cak, IWB sampai pontang panting demi upgrade server karena pengunjung membludak dan traffic server mentok gara-gara new produk Yamaha. Lha piye ora ambrol cak, Blog Iwanbanaran.com dikunjungi 1,300 visitor perdetik dari biasanya 300-400/detik (data traffic analityc). Jadi ada peningkatan nyaris 200 persen sehingga IWB terpaksa meminta back up server untuk kembali memperkuat warung agar tidak ambrol dan koneksi jauh lebih cepat. Wisss merogoh kocek dalam ora po-po demi sampeyan ki :mrgreen: . Nah….untuk memuaskan rasa penasaran sampeyan, IWB kali ini sudah menyiapkan mega gallery new NMax 155. Dan dari produk ini IWB bisa simpulkan bahwa Yamaha cerdas !!! lho koq isooo…?

Akhirnya Yamaha new Nmax 155 meluncur setelah hampir dua tahun lamanya kita menunggu karena motor tersebut terus diulur peluncurannya. Hingga bentuk desain asli kita ketahui dari gambar paten dan juga spyshot yang sukses IWB sodorkan kesampeyan. Nah…puncaknya hari ini secara langsung Yamaha meluncurkan produk andalannya tersebut. Sosok maxi skuter yang menjadi tulang punggung penjualan Yamaha ditanah air karena jika tidak, niscaya market pabrikan garputala tidak akan sebesar sekarang….

Nah..siapa menyangka selama rentang tahun tersebut, Yamaha ternyata paham betul untuk mengoptimalkan gacoannya dengan sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang harus dipersiapkan dengan matang karena semua berhubungan dengan software yang tidak sederhana. Bagaimana mereka melakukan beberapa pengembangan aplikasi yang tentunya melewati tahap-tahap yang tidak mudah. Melakukan sinkronisasi antara motor dengan aplikasi handphone android yang pastinya dibutuhkan otak atau software ECU canggih serta trial berbulan-bulan. Menghindari bug yang akan membuat sistem gagal adalah kondisi yang lazim untuk software aplikasi. Puncaknya..lahirlah Yamaha new nmax 155 yang bisa kita bilang menjadi standar baru untuk skutik 150 cc di tanah air….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Yamaha NMax 155 berusaha digeber secara maksimal lewat teknologi yang mencengangkan. Mungkin bukan yang pertama sebab beberapa produsen Taiwan sudah melakukan hal tersebut. Namun untuk pabrikan Jepang, sinkronisasi koneksi aplikasi handphone ke motor bisa dibilang sebagai “first mover” di kelas matic 150cc. Mungkin itulah yang membuat peluncuran motor ini terus mundur. Proses melelahkan yang juga fokus untuk mengembangkan hardware motor itu sendiri. Nggak heran Yamaha Nmax 155 terkesan lebih lambat dari prediksi. Alasannya jelas mereka tidak mau nanggung meluncurkan produk tandingan melawan Honda yang notabene merupakan raksasa di segmen ini….

Segmen panas yang semakin lama semakin berat akibat eksistensi Honda yang terus membombardir secara konsisten. Diferensiasi sangat diperlukan supaya konsumen tetap setia dan menganggap bahwa Maxi scooter adalah milik Yamaha. Tahap pertama selesai mereka juga harus melakukan beberapa langkah revisi produk. Berkonsentrasi pada fitur yang sudah terlalu ketinggalan dengan para lawan, lahirlah standar baru skutik 150 cc lewat Yamaha new nmax 155 versi 2020. Beberapa fitur tersebut diwujudkan melalui Teknologi Comunication Control Unit (CCU)** yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth. Soal ini IWB harus berikan dua jempol buat Yamaha…juozzz gandozzz tenan !!!

Keunggulan utama dari teknologi CCU ini adalah :

1. Parking Location
Aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone)
2. Phone & Message Notification
Memberikan notifikasi*** di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan/email masuk ke smartphone.
3. Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery)
Membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance.
4. Fuel Consumption
Membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara.
5. Malfunction Notification
Memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

Tidak hanya itu, All New Nmax 155 hadir dengan Total New Engine 155cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi Blue Core & VVA diklaim mampu menjaga mesin 155 cc tetap efisien bahan bakar dan tenaga serta torsi maksimum di setiap putaran mesin. All New Nmax 155 juga sudah dilengkapi dengan Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien pada saat motor sedang berhenti. Serta didukung Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan….

Selain itu mesin baru All New Nmax 155 memiliki desain baru air cleaner box yang besar, desain new cylinder head dengan katup intake yang besar, serta desain ruang bakar (combustion chamber) yang compact dan menggunakan piston YZF-R15. Desain body All New Nmax 155 juga dirancang dengan desain rangka baru yang berkontribusi meningkatkan kualitas dan kenyamanan berkendara. Hal ini pun mengoptimalisasi fungsi suspensi depan dan belakang. Chassis yang didesain rigid menghasilkan comfortable riding dan maneuverability yang lebih baik. All New NMAX 155 semakin lengkap dengan Traction Control System** (TCS) yang menjadikannya motor pertama di kelas matik 150cc – 155cc yang memiliki fitur tersebut. Traction Control System adalah sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi….

Ya…. cukup revolusioner cak, khususnya koneksi handphone yang bisa berkomunikasi dengan motor dan TCS. Gebrakan ini juga membuat bengong sebab ternyata aplikasi yang dibuat juga bukan kacangan. Hampir semua hal bisa dilakukan oleh aplikasi yang dikembangkan secara khusus oleh Yamaha untuk New NMax. Langkah kedua adalah facelift yang tidak mau terlalu frontal. Mereka tahu desain yang sudah eksis banyak disukai oleh para biker tanah air. Terbukti Market Share yang terus terjaga dengan cukup konsisten. Turun-naik adalah hal biasa namun ketika penjualan tetap pada Range yang wajar… jelas adalah sebuah prestasi tersendiri untuk produk yang tidak bisa dianggap muda…

Perubahan yang tidak terlalu signifikan dan hanya menyentuh pada beberapa detil seperti headlamp stop lamp ataupun area kompartemen IWB anggap sebagai Langkah Cerdas. Kenapa? Karena tidak ada jaminan ketika produk dirombak secara total akan diterima pasar dengan baik. Bukti nyata yang tidak bisa dibantah adalah Yamaha New Vixion ataupun X-Ride. So…feeling pribadi, Yamaha nmax 155 versi 2020 seharusnya tetap disukai para biker tanah air walau mungkin mereka harus beradaptasi dengan beberapa perubahan bentuk khususnya stop lamp yang mengadopsi model dual keen. Kalau menurut IWB sih lebih keren pakde….

Last…. mesin Yamaha nmax tetap mengandalkan kubikasi 155 cc SOHC 4 katup yang mampu memuntahkan tenaga sekitar 11,1 KW dengan torsi 14,4 nm. Memiliki bobot sekitar 127 kg motor ini dibekali ban 110 depan dan 130 belakang ring 13inch. Produk baru tersedia dengan berbagai warna yang memberi kesan premium, termasuk edisi MAXI Signature yang menonjolkan warna hitam matte beraksen emas. All New Nmax 155 Connected/ABS terdiri dari warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White. Sedangkan All New Nmax 155 Standard warna Matte Black, Matte Blue, Glossy White, Matte Red. New Nmax sendiri dirilis dalam dua tipe yakni non ABS (belum keyless masih shutter key) dan ABS (sudah keyless). Sayang banderol resmi masih nunggu cak. Nah…. Seperti apa sosok Yamaha nmax 155 versi 2020 Facelift? Intip saja spesifikasi serta gambarnya berikut ini….piyee cakkk….ambrol celengan oraaa? (Iwb)

Spesifikasi Yamaha new NMax 155 2020
Mesin
Tipe MesinLiquid cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah/Posisi SilinderSingle Cylinder
Kapasitas Mesin155cc
Diameter x Langkah58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi10,5 : 1
Daya Maksimum11.1 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum14.4 Nm / 6000 rpm
Sistem StarterElectric Starter
Sistem PelumasanBasah
Kapasitas Oli MesinTotal – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
Sistem Bahan BakarFI (Fuel Injection)
Tipe KoplingKering, Centrifugal Automatic
Tipe TransmisiV-belt Automatic
Dimensi
P x L x T1.955mm x 740mm x 1.115mm
Jarak sumbu roda1.350mm
Jarak terendah ke tanah135mm
Tinggi tempat duduk765 mm
Berat isi127 kg
Kapasitas tangki bensin6,6 L
Rangka
Tipe RangkaUnderbone
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangUnit Swing
Ban Depan110/70 – 13 M/C 48P
Ban Belakang130/70 – 13 M/C 63P
Rem DepanSingle Disc Brake
Rem BelakangSingle Disc Brake
Kelistrikan
Sistem pengapianTCI
BatteryYTZ7V
Tipe BusiNGK/CPR8EA-9
iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!