iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….hari ini jari IWB rasanya keriting tenan karena digempur banyak informasi dari para follower dan pabrikan. Lha piye cak…kelar garap artikel NMax 155 facelift, IWB langsung lanjut mencoba untuk membedah trail terbaru Yamaha yakni WR155R. Nah seperti apa sosok dan speknya? intip fotonya sekilas dibawah ini….

Yamaha motor Indonesia secara resmi meluncurkan produk terbarunya yakni WR155R. Motor yang sudah IWB bocorkan di artikel lama tersebut diluncurkan oleh Yamaha berbarengan dengan kelahiran new nmax 155 facelift serta Yamaha XSR155. Mirip dengan model retronya, basis mesin yang digendong oleh WR 155 juga memiliki spesifikasi yang bisa dikatakan identik. Mesin ini Sudah dibekali VVA yang merupakan andalan Yamaha….

Jika kita mengamati spesifikasi maka sampeyan bakal menemukan power mesin yang digendong sedikit turun dibandingkan R15 ataupun Vixion R yakni mencapai 16,7 PS. Mungkin ngejar akselerasi cak. Sementara torsi sendiri bermain di kisaran 14,3 nm di 6500 RPM. Artinya kita tidak butuh raungan mesin tinggi untuk mendapatkan torsi sebesar 14,3 Newton per meter. Sementara sasis atau frame dipastikan menggunakan semi double Cradle frame. Rangka ini merupakan frame baru yang dikembangkan secara khusus menyesuaikan dudukan atau mounting engine 155 cc VVA yang sudah eksis…..

iklan iwb

Tidak hanya itu, Yamaha juga membekali velg atau Rim material aluminium yang diklaim ringan serta rigid. WR 155 juga sudah dibekali lampu hazard sebagai emergency lamp. Ukuran tangki bahan bakar termasuk lumayan yakni mencapai 8,1 liter. Sementara itu untuk urusan pengereman pabrikan garputala mempercayakan kaliper 2 piston depan serta single piston belakang. Disk brake sudah menganut model kembang yang diklaim lebih mudah melepas panas. Terus gimana soal bobot? nahh ini yang penting….

Jika kita mengamati spesifikasi sampeyan akan menemukan bobot motor ini ternyata tidak ringan. Yamaha WR155 R memiliki berat 134 kg (curb weight). Dibandingkan dengan kompetitor bobot ini jelas jauh lebih berat. Contohnya Honda. Seperti yang kita tahu Honda CRF 150 memiliki berat 122 kg. Begitu juga dengan Kawasaki KLX 150 yang hanya memiliki bobot 116 kg….

” Spek CRF150L…….”

Semua yang IWB sebutkan sama-sama Curb Weight.?Praktis Yamaha WR 155 R saat ini menjadi motor trail yang paling powerfull sekaligus juga paling berat dari sisi bobot. Power to weight ratio sih tetap aman cak. Tapi soal kelincahan dan handling biasanya berpengaruh. Dari pengalaman pribadi semakin berat motor maka juga semakin sulit untuk menaklukkan jalanan berlumpur. Soal ini perlu kita tes langsung….

Last…. Yamaha WR 155 R sudah mengadopsi suspensi monoshock model monocross. Sementara untuk suspensi depan Yamaha percaya diri dengan model teleskopik. Kendati demikian ukuran shockbrakernya cukup gede yakni 41mm dengan panjang 899,1mm. Kemudian untuk lampu-lampu WR155 masih mengandalkan model bohlam biasa baik dari headlamp, lampu sein ataupun stop Lamp. Motor ini juga sudah dibekali dengan sistem pendingin radiator untuk memastikan kondisi mesin tetap stabil pada berbagai kondisi. Yamaha menjual W155R dengan dua warna yakni biru dan hitam di angka 36,9 juta on the road Jakarta. Berikut gambaran beberapa foto sang kuda besi….piye juozz ora cakkk ? (iwb)

Spesifikasi WR155R

Dimensi body : 2145mm x 840mm x 1200mm
JARAK SUMBU RODA (Wheelbase) 1430mm
JARAK TERENDAH KE TANAH (Ground clearance) 245mm
TINGGI TEMPAT DUDUK (Seat height) 888mm
BERAT ISI (Curb weight) 134 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN (Fuel tank capacity) 8,1 L
MESIN (Engine)
TIPE MESIN (Engine type) Liquid cooled 4-Strokes, SOHC
DIAMETER X LANGKAH (Bore x stroke) 58,0 x 58,7 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI (Compression Ratio) 11,6 : 1
VOLUME SILINDER (Cylinder Volume) 155,09 cc
DAYA MAKSIMUM (Maximum power) 12,3 KW/10.000 rpm
TORSI MAKSIMUM (Maximum torque) 14,3 Nm/ 6500 rpm
SISTEM STARTER (Starting system) Electric
SISTEM PELUMASAN (Lubrication system) Basah
KAPASITAS OLI MESIN (Engine oil quantity) Total: 1,1 L ; Berkala: 0,85 L ; Ganti filter oli: 0,95 L
SISTEM BAHAN BAKAR (Fuel system) Fuel Injection
TIPE KOPLING (Clutch type) Wet Type Multi-plate
TIPE TRANSMISI (Transmission type) Manual
POLA PENGOPERASIAN TRANSMISI 1-N-2-3-4-5-6
RANGKA (Frame)
TIPE RANGKA (Frame type) Semi Double Cradle
SUSPENSI DEPAN (Front suspension) Telescopic 41mm
SUSPENSI BELAKANG (Rear suspension) Monoshock
BAN DEPAN (Front wheel) 2,75-21 45P
BAN BELAKANG (Rear wheel) 4,10-18 59P
REM DEPAN (Front brake) 240mm Wave disc
REM BELAKANG (Rear brake) 220mm Wave disc
KELISTRIKAN (Electrical)
SISTEM PENGAPIAN (Ignition system) TCI/Transistor
TIPE BATTERY (Batttery type) YTZ4V
TIPE BUSI (Spark plug type) MR8E9

122 COMMENTS

  1. Pada spesifikasi tertulis seat height 810 mm apa bener? ,ban masih ring 17 pdhal 18 /21 tangki 10,4 l yg bener 8,1 liter, berat 133 kg yg bener berapa? Sepertinya itu spek wr 155 supermoto deh.Datanya tanya ke yamaha Cak…pengin tau berat aslinya piro?

  2. ini data lek iwb gak salah kan ya ?

    diketikan tangki 8.1 liter, di sebelah jga gitu. masuk di tabel jadinya 10 literan. di tabel jga spek bannya 17inch

    power jga segitu, di sebelah rada beda speknya

    di tabel ga sengaja kesalin speknya wr155 apa gimana cak ?

    nanya beneran ini

    • sumbernya si cak beda cak. powernya aja dikurangain sama dia cak, dari 19.3 ps jadi 16.7 ps. hebat banget cak

      • Ada yg mimpi power 19ps.. kenyataannya cuma 16ps ???
        Paling berat lagi???
        Bangun cuk berangkat sekolah jangan bolos Mulu ????

      • ngonda2klep crf cuma 12,91 Ps cak.. Verza 13,2 PS

        gimana ya ngonda2klep ini merasa jumawa,, mentok 13PS cak. 13PS, 13PS 13PS, hidup 13PS, semangat 13PS, salam 13PS

    • WR (kisaran 16 PS-19 PS) kalo tenaga jelas jauh diatas CRF(12,91 PS). atau Verza (13,2 PS) CRF power kalah sama verza

      gimana kalo CRF ini suruh menyaingi Verza, sama2 2 klep pendingin angin sawah. sama 13PS 13PS 13PS, ingat cuma 13PS. wkwkwkwk

  3. Percayalah.. untuk trabas jangka panjang tak akan sebandel CRF/KLX…. Karna saya uda pernah nyoba mesin 155vva nya vixion R… Baru dibawa bentar aja kipas raidiator uda nyala dan brasa di kaki. Mungkin karna kompresinya yang lebih tinggi dari mesin vixion 150 Tanpa VVA, apalagi jika radiator uda keturup lumpur/pasir kotoran…. Mesin turunan verza/meggy FI walopun uda dipake lama (panas) entah kenapa tetap konsisten tarikannya… Dan satu lagi saya ragu VVA nya akan efektif buat trabas karna user motor seperti ini pindah gear dalam jangka pendek, tak akan digeber RPM tinggi kayak R15 VVA

      • Maaf ya saya pakai mesin turunan verza 2 klep sejak jaman NMP 2010… Dan saya tau betul tu mesin walo power kalah ama vixy di jamannya tp durability enak, 5 tahun belum pernah turun mesin, belum pernah ganti kampas kopling dan jeroan lain, dan tak ada masalah overheat. Saya tak pernah merasa tertipu karna saya juga pernah beli vixion R setelah itu.. tpi apa? Saya gak biasa dengan getaran merin vixy R apalagi tangki nya model kondom bikim paha getar parah, trus mesin dibawa bentar uda panas dikaki, saya perhatiin desain yamaha minim dumper2 karet di bagian rangka ke tangki/body lainnya. malah getaran nya lebih alus NVA yg pernah saya pinjem ke temen, kailan tenaga awalnya mantap tp setelah VVA aktif kok loyo menuju high RPM, mungkin karna tinggi + BB saya 185CM + 100KG. Giliran pake CB malaj gampamg raih redline ? topspeed sama aja, tp feel mesinnya lebih alus CB150…

        Saya bukan famsboy yang “ditipu” hon hon… Buktinya saya beli Vixy R walo akhirnya saya jual setelah 4 bulan ?

    • Lah mx king saya tak ajak keliling daerah timur bali dari jimbaran-gianyar-karangasem-kintamani-ubud-denpasar-jimbaran kipas gk ada bunyi sama mesin anget mendekati panas, aman aman aja tuh, dibawa turing jimbaran gilimanuk PP gk ada kendala, motor dah 4 tahun lebih

    • Itukan yg kamu pakai motor rombakan, bukan motor desain pabrik..jangan disamakan..seting ECU, gear ratio jelas beda dengan mesin vixie….

    • paklik q ya punya Yamaha Alfa tahun 80 an akhir, bertahun2 gak ganti oli, apalagi service rutin, apalagi turun mesin…. Krjanya berat pulak angkut2 gabah, beras, angkut barang2 semen, dll… (toko material). Baik Honda, Yamaha, Suzuki, bagus mesin nya, tergantung selera, type, & pemakainya….

  4. setelah artikel ini ane baca, inilah beberapa poin yg ane lihat

    kelebihannya :
    – power terbesar dikelasnya
    – mesin teknologi VVA (assist and slipper clutch ga yaa???)
    – slim shape

    kekurangannya :
    – bobot terberat di kelasnya
    – suspensi depan belum upside down
    – lampu depan, belakang dan sein belum LED

    Keunikannya : silencer kenalpot disebelah kiri ?

  5. hobi trabas pasti tau mana yang enak dipakai, mutlak ringan bobotnya, mesin sederhana,karburator, jadi gangguan mesin mudah diatasi bila rusak dihutan.Tidak pakai radiator takut bocor tertusuk ranting.

  6. Skian lama nunggu trail biru, berharap seganteng YZ 125, Ah tp ksan pertama liat fto ini kog rempi gitu ya, sisi kanan area mesin semrawut, trus rangka entah knp ga ada kesan kokoh, sisi kanan kopong krn knalpot plus disk dpan di sbelah kiri, jdi klo lagi diem distandart samping diliat dri kanan kurang enak..
    Trus nglirik ke tutup rantai, duhhh knp kya jemuran mleyot gitu. Sori ini cm uneg2 dan baru liat foto.

  7. Kalo soal radiator, kalo liat gambar kyknya dah ada pelindungnya deh. Plus ketutup spakbor juga.
    Soal shock, ga usd tp ternyata gede. Lebih panjang dr byson lagi. Kayaknya bakal mantep kalo penampakan langsung. Kalo di foto memang cungkring lebih langsing juga. Dg wide absorber harusnya lebih empuk.
    Saya lebih suka gagahnya crf sih, keliatan guede, tp curiga segede itu kok lebih ringan.
    Mungkin drpd nunggu bekasnya crf pilih bekasnya wr155 aja.
    Bayangin buat sumo, pake harian di aspal pake 6 speed naik turun pegunungan terasa yahud bgt ga kawatir lemot…
    Sambil siapin celengan.
    Huehuehuehue

    • Apalagi soal sasis ada pelindung bawahnya dua pipa. Khas trail. Lebih melindungi. Kali aja ada mantan yg guling2 di bawah kalo injek itu kan ga kena mesin. Wkwkwkwkwk

    • Motogp gede tp kok ringan? Yg bikin CRF ringan karna masi air cooled, gak pake modul VVA, tangki lebih kecil dikit

    • Kalo dari harga crf34juta wr 37juta. Beda 3 juta buat beli paketan boreup tenaga bisa lebih gede plus udah upside down

      • @Hvf
        Paket boreup apaan 3jt bos???
        Paket alakadarnya??? ??
        Sama USD apaan yg dapat 3 juta sama paketan boreup, USD Limbah SE aja udh diatas 10…
        Ngomong kok gak asal aja…
        Kalo gak tau mending anda mingkem aja lah… ?

      • @Hvf
        full upgrade pake paketan BRT aja udh 6jt lebih boss… (Itu Buat KLX)
        Pake USD YZ aja udh 6jtan juga…
        Gini nih kalo orang gak tau apa2, tp asal nyinyir aja…
        ???

  8. Tampilan lebih keren dari kompetitor, cuman yg bikin nggak sedap dipandang fork depan minus USD dan arm belakang tahu sumedang.

  9. kayanya beratnya karena beda framenya, kalo dibandingin sama crf bag. depan crf lebih gede pipanya tapi hanya 1 bagian aja, kalau WR ini ada 2. (kemungkinan) hehe.
    untuk mesin, CRF seperti nyomot punya GL series / meggy yg mantep tarikan bawahnya, jelas mesin lebih bandel drpd yamaha yg memang powerful tapi ketahanannya kurang. beda sama mesin old vixion.

  10. Hmmm 133 Kg, kok sama dengan KLX230 kalau bobot segitu padahal secara design dan visual terlihat lebih ringkas mesin WR155. Mungkin setelahnya dari Yamaha akan mengeluarkan arm versi Alumunium seperti . disaudaranya R15 atau MT15. karena di temen-temen KLX230 pun berganti arm menggunakan KLX230R untuk mereduksi bobot. Overall designnya cakep, tinggal tunggu accecories resmi untuk reduksi bobot dan menaikan tenaga, atau macam Norifumi, BRT, SND, AHRS, Daytona, Scarlet dll akan melengkapi performance partnya.
    kayaknya gak akan lama nih nongol di channel Youtube untuk lihat review di medan Trabas.
    makin lengkap pilihan, makin banyak euy, tinggal Suzuki nya nih masih kebanyakan tidur lelap. kebanyakan dosis obat tidurnya.

  11. Sebentar, di brosur kan ditulis berat isi 134kg, Brarti berat kosong 134-8.1= 125.9kg
    Sedangkan
    crf berat kosong 122kg
    KLX berat kosong 117kg

      • Maaf tadi belum ngopi , hehe
        masa jenis bensin 0.9, kalo bensin 1
        Jadi kalo dikonversi 8.1liter bensin = 7.29kg
        Di brosur CRF150L + KLX 150BF menggunakan curb weight atau berat kosong, sedangkan di WR155 yang ditampilkan berat isi,
        Kalo berdasarkan rumus Brarti berat kosong WR155 skitar 134-7.29kg=126.71kg

        Memang masih lebih berat WR155 drpada KLX dan CRF..

        Tp untuk komparasi sebaiknya sama2 berat kosong / berat isi biar berimbang.. maturnuwun

    • Jangan macem2 sama si cak, cak. Dia mana paham berat kosong dan isi ? si cak taunya 12.3 kw = 16.7 ps ?

  12. Cak IWB..sebagai bloger lawas mestine sampeyan mudeng cara penulisan web Yamaha dan Honda. Yamaha biasanya nulis curb weight kui termasuk cairan, bensin, oli dll nek Honda bedo cak curb weight tidak termasuk cairan, bensin, oli dll. Coba diteliti maneh kang..

    • Wkwkwkwk….ngakak komennya hasyemmm wkwkwk

      Ada didunia ini model orang kayak sampeyan bodohi orang banyak. Lanjutkan pakdeee wkwkwk :mrgreen:

      Note : Semua pabrikan akan menggunakan Dry weight bukan curb weight untuk berat kosong. Ini sudah standart internasional tidak memandang merk

      • Fby dan sales Yamaha sudah pasti dungu cak, sudah hukum alam nya begitu, mau bagaimana lagi,bg mereka Yamaha itu paling bagus…

      • Apakah dengan tambahan radiator (bersama coolantnya) WR memilik bobot yang sangat berat? Faktanya WR memiliki berat basah 134 kg, sementara CRF 130 kg (berat kosong 122 kg ditambah bensin 7.9 liter dan oli mesin) dan KLX 126.9 kg.

        Artinya memang lebih berat beberapa kg, tapi tidak signifikan.

        Kui cakk..ane copy mentah2 dari blog nya om Leo. Monggo dikomentari nek wani. Masalah teknis,mohon mangap cak ane lebih prefer percoyo om Leo

  13. Wow. .ambroll celengan cak. .sadisss. .
    Gua ga bs brkata ap2. .cm 1 juooss gandos.
    Mesin perja harus upgrade nih. .
    Hehe

  14. yamah kebiasaan lampu sein “jaman purba” itu lagi yang dipake di motor baru,,,,
    sayang banget pake teleskopik, padahal tenaga dan tknologi paling mantep di kelasnya…..

    • @Stella
      Sini kamu main ke riau, mulai dari KLX sampe CRF, itu sein dicopotin, gak guna. Emang dihutan siapa yg mau belok pake sein… ??
      Dan silahkan tanya sama anak2 terabas. Shock USD bawaan sering bocor, malah lebih bagus shock tele bawaan. Lain cerita kalo pake shock USD limbah SE…
      Anda kalo gak tau mending diem aja di pojokan…

      ???

      • Gak cuma di Riau aja sih. Anak trabas seluruh dunia juga kalo main trabas lampu seinnya auto dicopot. Malah ada yg nyopot headlamp (diganti lampu sorot aftermarket)

      • Jangankan di Riau, di seluruh dunia kalo motor trail dipake trabas seinnya auto dicopot. Malah banyak kok yg headlampnya dicopot juga

  15. Latah Gabakal laku kalo model mesinya kaya begito orang cenderung lihat tampilan mesin . sama bae dari vix old byson se abreg r15 sampe vva nya tepok jidat gan …

    • Skrng orang lihat crf .sama lihat Verza pa iya brow.cbr ,cb150 ,Sonic ,Supra GTR ,itu kn juga SMS satu basis mesin .apa yg cuma satu mesin dipakai byk motor

  16. Ini c tahap pertama n 3 bulan lgi versi upside-down n arm banana R15 nampol d trail ini.

    4 klep n radiator, hajar laine heheh

  17. 155cc 4 klep, radiator, 6 percepatan, knalpot kiri, 8,1 fuel tank, woooow.. emejing..
    tapi ada satu hal yg saya ragukan dr motor ini, yaitu rangkanya (untuk kepentingan off-road pastinya)
    kalo untuk kepentingan on-road sy masih yakin, krna msih banyak motor on-road yg pake, bahkan, KTM MotoGP sj msih pake model ini (ya, ini bergantung pada material dan konstruksinya jg sih) walaupun ada kasus patah las, mungkin krna pemakain terlalu ekstrim. tp bagaimana dengan motor ini yg memang diciptakan untuk kepentingan ekstrim alias off-road ?
    kalo soal suspensi depan, sy rasa masih cukup bagus walaupun perlu di test saat trabas. dan secara penampilan kurang sangar.

Comments are closed.