iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Kiprah Alex Marquez (Repsol Honda Team) pasca menjalani test pra musim selama 4 Hari terus alami kemajuan secara perlahan. Meski masih terbilang cukup jauh namun ia mampu beradaptasi dengan baik di atas Honda RC213V….

Datang dengan bekal yang cukup kuat sebagai Juara Dunia Moto2 musim 2019, Alex Marquez mendapat kesempatan luar biasa dari HRC yaitu menggantikan Posisi Jorge Lorenzo yang memilih pensiun lebih awal, yupss pakdee tidak ada salahnya jika HRC menduetkan Duo Marquez untuk berada di tim terkuat saat ini yakni Repsol Honda.

Debut Alex Marquez sendiri pada test yang berlangsung di sirkuit Valencia, Spanyol tidaklah melejit pesat seperti yang diharapkan banyak pihak. Hari pertama ia lalui lumayan berat karna harus membuang banyak waktunya pasca dlosorr pada jam awal Test. Alex merampungkan test diposisi buncit alias 23 dengan catatan waktu 1 Menit 32.873 Detik, terpaut +02.710 Detik dari Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Sementara hari kedua ia mampu improve sedikit lebih baik dan menyelesaikan test diposisi 20 dengan mencatatkan waktu 1 Menit 32.235 Detik, terpaut +02.386 dari Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP).

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Kemudian pada test kedua yang berlangsung di sirkuit Jerez, Spanyol. Alex berhasil tampil lebih ‘better’ lagi dan merampungkan test di posisi 17 dengan catatan waktu 1 Menit 39.413 Detik, terpaut +02.282 detik dari Maverick Vinales. Dan puncaknya adalah hari kedua dimana Alex improve lagi dengan catatan waktu 1 Menit 39.224 Detik, terpaut +1.404 dari Sang kakak yang menutup hari kedua diposisi pertama.

Meski motor Honda memiliki reputasi sebagai motor yang sangat menguras fisik dan secara bobot sedikit lebih berat dibandingkan pabrikan lain tetapi Alex Marquez mengatakan jika ia cepat merasa nyaman dengan RC213V versi 2019 yang ia tunggangi.

“Itu Lebih baik daripada yang kuarapkan, terutama dalam posisi diatas Motor, Honda adalah motor kecil (secara fisik) tapi sekarang aku sudah merasa nyaman. Masih ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan untuk menjadi sedikit lebih nyaman, tetapi itu sangat bagus.”

“Motor sulit atau mudah? Aku harus lebih dekat lagi dan aku perlu menemukan lebih banyak ‘limit’ untuk mengatakan apakah RC213V adalah motor yang mudah atau sulit. Saat ini aku merasa nyaman secara keseluruhan, semuanya baik jadi aku harus terus seperti ini, terus meningkatkan dan menemukan limit untuk mengetahui apa yang kubutuhkan untuk meningkatkan lebih banyak.” Ujar Alex..

Manager Repsol Honda Team, Alberto Puigpun buka suara terkait kesan pertamanya setelah melihat debut dari Alex Marquez..

“Ia tidak super cepat, tapi setidaknya ia telah membuat kemajuan konstan untuk memahami motornya, kulikir Alex tidak ingin terlalu banyak menekan untuk menghindari crash. Ia mendengarkan (Saran dari segenap crew) dan ia memiliki banyak minat untuk belajar. Itulah yang kami harapkan.” Tukas Puig..

Pun begitu dengan Marc Marquez, yang sempat membuntuti adiknya pada hari kedua Test Valencia. Menurut sang kakak, Alex mengendarai Honda RC213V tidak terlalu buruk dan dari sudut pandang Marc. Alex masih berjuang pada titik tersulit pada motor yaitu bagian akhir dari pengereman.

Ia (Alex) berkendara tidak begitu buruk, Saat ini ia berjuang pada titik yang paling sulit pada motor Honda, itu adalah bagian terakhir dari pengereman. Dimana pada titik itu, aku crash berkali-kali, Cal Crutchlow juga crash berkali-kali, ini adalah titik paling kritis. Tetapi tentu saja, itu membutuhkan (banyak) waktu.” Tutup Marc Marquez..

Last…Dengan Bergabungnya Alex Marquez di Repsol Honda Team maka ini adalah kali pertama dalam Sejarah MotoGP dua Kakak beradik berada dalam satu tim yang sama dengan status Rider Reguler. Sebelumnya hal semacam ini pernah terjadi pada tahun 2007 dimana Kenny Roberts Jr dan Kurtis Robert berada dalam satu tim namun hanya berlangsung selama dua seri saja yaitu di Mugello dan Catalunya….(Cc for iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!