iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….dlongop bin mlongo IWB saat melihat beberapa fakta menarik setelah menjadi saksi mata langsung biker negeri matahari terbit. Para penonton yang berbondong-bondong datang ke Motegi Jepang benar-benar beda dengan tanah air. Hampir 95 % mereka semua nunggang moge. Bayangin wae, lady biker disana aja naik Ducati Panigale V4. Dan satu hal yang paling IWB tercengang adalah helm atau riding suit yang ditaruh santai tanpa pengaman. Bahkan helm Premium disana hanya dicantolin atau ditaruh diatas jok tanpa pengaman. Wihhhh !!!

Kesiplinan orang Jepang nggak usah diragukan, benar-benar luar biasa. Justru kalau sampeyan nyleneh dianggap aneh. Budaya malu kalau sampeyan katrok sangat kuat disana. Konfirmasi ini IWB dapatkan dari salah satu sahabat yang sudah tinggal di Jepang selama 18 tahun. ” Disini sampeyan nerobos lampu merah malahdianggap aneh dan tidak biasa. Atau sampeyan buang sampah sembarangan semua mata akan melihat kita. Jadi memang kultur disiplinnya nggak ada duanya. Mau nggak mau kita ngikuti karena sudah menjadi budaya…” seru cak Mahmudi Fukumoto…

Budaya ini pun ternyata diterapkan dalam semua tindakan sehari-hari seperti akan nonton Motogp misalnya. Di Motegi IWB dibuat terperangah karena semua motor yang datang rela antri dijalur kiri disaat jalur kanan kosong melompong tanpa ada kendaraan lewat satupun. Mereka nggak mau menerobos walaupun antrinya panjang ampun jaran kepang tenan. Weleh-weleh, kalau ditanah air mana perduli pakde. Langsung sruntulan cak pasti. Dan dari sekian pemandangan juga karakter bikernya. Kendati nunggang moge 600-1400cc, tidak satupun IWB temukan mereka bleyer-bleyer gas. Semua santai tanpa over acting. Sangat mencengangkan. Hanya kuwi ? ora pakdeee..

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Saat IWB membuat video bedah moge yang ada di sirkuit Jepang, semua riding gear kelas kakap hanya ditaruh santai tanpa pengaman. Mereka bebas seperti tanpa beban. Bayangin wae cak…helm Arai, jaket Taichi, Kushitani dan masih banyak lagi lainnya yang tidak bisa IWB sebutkan satu persatu. Apakah di Jepang Arai murah ? nggak juga. Banderol disana juga tetap mahal karena hanya beda 1 jutaan dari tanah air. So…harga Arai dari 5 hingga 12 jutaan. Ngono wae aman lho. Disini ? jangankan helm harga segitu. Helm gratisan pabrikan saja bisa raib kalau ditaruh di motor. Dari sini IWB merasa sedih cak. Makanya pakai helm bagus ditanah air ki rada nyiksa kalau kita berkunjung kesuatu lokasi soale helm harus ditenteng-tenteng (khususnya motorsport yang tanpa bagasi). Disana ? aman jaya melegenda….

Sedang untuk motornya semua merk ada dan 95% moge. Dan aneh-aneh cak variannya seringkali IWB wae rada bingung karena jadul-jadul. Motor yang hanya bisa kita lihat dari wallpaper kini didepan mata kepala sendiri. Segerrrr. Sedangkan motor kecil IWB hanya menemukan Honda Monkey, Honda PCX, Honda Forza, Suzuki Brugman 200, Yamaha X-Max dan NMax. Selebihnya…moge kelas kalap semua yang bisa sampeyan intip secara lengkap dalam video yang sudah IWB lampirkan dibawah. Dari sekian motor IWB sih paling ngilu dengan sport 2Tak legendaris macam NSR250 atau Suzuki RGV250. Kondisi motor-motor tersebut sangat baik dan mulus. IWB salut dengan para owner yang merawat dengan baik. ” Tiap tahun pembayaran pajak motor memang dicek kondisinya. Jika nggak bagus atau tidak sesuai standart yang dipatok, bisa saja ditolak..” seru Cak Mahmudi. Weeihhhhhh pantessss..

Last…kultur dan budaya mungkin beda. Namun tidak ada salahnya hal baik kita contoh seperti membuang sampah contohnya. Ketika orang Jepang malu membuang sampah sembarangan IWB justru geram karena seringkali melihat biker atau driver ditanah air main lempar sampah plastik dijalanan saat kendaraan masih melaju. Yang kedua antri.  Dengan tertib mengantri, maka semua lebih rapi dan tertata plus cepat. Lha disini ? emak-emaknya aja malah ngajari jelek cak. Contohnya IWB pernah berantem gara-gara emak-emak nyerobot antrian di mini market hanya karena alasan “buru-buru” . Emaknya wae begitu, gimana buah hatinya nggak ngikutin. So…salut buat biker Jepang. Sebagai gambaran motor apa saja yang disana? berikut Vlog lengkap yang bisa sampeyan intip…mogenya keren-kerennnnn euy !!! (iwb)

Vlog

Foto-foto

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!