iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Cal Crutchlow (LCR Honda Team) dapatkan kesempatan khusus dalam Event Honda Racing Thanks Day. Pengalaman berharga dibawa Pulang Cal setelah mengendarai Motor Honda NSR 500. Dan doi mengakui cukup terkejut cak. Nah…apa kata Cal setelah jajal motor legendaris tersebut ? berikut testimonya….

Acara tahunan yang digelar pada sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang oleh Pihak HRC yakni Honda Racing Thanks Day selalu menyita banyak perhatian publik yang berdomisili di Negeri Sakura tersebut pakdee. Acara bertabur bintang yang dihadiri beberapa rider dan driver Honda dari berbagai ajang di dunia berbaur menjadi satu dalam gelaran termegah HRC tersebut.

Tak terkecuali Duo LCR Honda, Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami. Namun kali ini perwakilan dari kelas MotoGP yang ambil bagian dalam track hanya Cal Crutchlow lantaran Nakagami masih dalam tahap recovery cedera bahu pasca jalani Operasi beberapa pekan lalu. Nakagami hanya meramaikan Acara dengan bertindak sebagai Komentator. Sedangkan Duo Repsol Honda tidak bisa hadir lantaran padatnya Jadwal yang ada. Marc Marquez pulang ke kampung halamannya, Cervera Spanyol guna merayakan Gelar juara dunia bersama Sang adik, Alex Marquez (Estrella Galicia 0,0 Marc Vds Team).

” Eddie Lawson NSR500….”

Sementara itu wakil dari kelas Moto2 adalah rekan satu tim Dimas Ekky, Somkiat Chantra (Idemitsu Honda Team Asia). Pemuda Asal Thailand tersebut mendapat kesempatan menjajal Honda RC213V milik Takaaki Nakagami lengkap dengan balutan Livery Idemitsu, ia jalani beberapa memutari sirkuit Motegi.

Dan yang menarik adalah Cal Crutchlow yang mendapatkan kesempatan langka yaitu mengendarai Honda 2 tak, NSR 500 milik sang juara dunia tahun 1989, Eddie Lawson. Sejauh ini rider aktif yang pernah menggeber NSR 500 hanyalah Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) pada tahun 2000 – 2001 Silam.

Cal Crutchlow menceritakan awal mulanya sebelum menggeber NSR 500 Hingga kesannya ketika berada di Track.

” Cal diatas NSR500….”

Ketika mereka (HRC) mengatakan kepadaku jika aku akan mengendarai NSR 500, awalnya aku agak takut, karena ini adalah motor yang sama sekali berbeda dari yang pernah ku kendarai dalam hidupku.” Ujar Crutchlow. Dan setelah jajal, apa yang membuat doi terkejut ??

“Pada akhirnya, itu bukan motor yang sangat cepat jika dibandingkan dengan motor MotoGP saat ini, tentu saja. Tetapi tenaga yang di hasilkannya luar biasa membuatku kaget. Rasanya seperti mengendarai motor listrik yang secara langsung memberikan semua horse powernya.” tutup cal…

Crutchlow menambahkan bahwa ia merasa nyaman dengan Motor NSR 500. Namun ia alami kesulitan karena Harus menggunakan kopling secara manual di setiap perpindahan gigi….

Hal ini cukup wajar mengingat dengan teknologi yang terus berkembang, kini MotoGP hanya menggunakan kopling disaat start dan selebihnya para rider tidak perlu menggunakan Kopling lagi setelahnya. Teknologi tersebut pada era Modern pertama kali diterapkan Honda yaitu Seamless Shift Gearbox atau yang biasa kita kenal dengan SSG….

“Dalam artian lain, ini memiliki karakter motor seperti motocross 2-tak. Tetapi yang membuatku takjub adalah mengendarai motor itu rasanya benar-benar nyaman. Tapi hal yang paling sulit bagiku adalah melakukan perpindahan gigi tanpa elektronik. Aku tidak lagi terbiasa menggunakan kopling dan aku harus menggunakan empat jari pada tuas kopling. alih-alih hanya satu (terbiasa dengan satu jari). Itu adalah pengalaman khusus bagiku.” Tutup Cal Crutchlow. So..NSR500 ?? top speed mungkin dbawah RC213V. Tapi ledakan tenaganya memang binal cak ternyata…juozzzz ! (Cc for iwb)

Advertisements

36 COMMENTS

      • Ah gak juga…itu Kevin Schwantz pernah beberapa kali ngalahin rider2 NSR dia ga pernahngeklaim raja 2 tak tuh.

    • Marc masih Inguzan…H udah punya banyak kemenangan dg motor2 sulitnya πŸ˜‚
      Itu adalah jawaban, bahwa..motor sulit tetap akan punya rider yang mampu mengatasinya..dan yang Utama adalah : ????
      Yap efbeyex benar…yang utama adalah ,motor sulit selalu menambah dan menambah lagi dan lagi jumlah Kemenangannya πŸ˜‚πŸ‘

      Owya. lek…nsr ini mirip2 Adv150 Jambakannya πŸ˜‚ wuzzzzz …ediaaannn..
      Buanterrr Reeeeekkkj …

  1. Wahai iyem… bacalah biar tau kalau nsr500 itu lbh nyaman ketimbang rcv,.. jadi jangan banggaΒ²kan terus era nya rossi pake nsr lbh sulit…

  2. cak iwan, jauh dr sblm honda pake SSG di rc 212v bukannya honda + dan yg lain udh pake quick shifter up & down (+auto blipper),

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here