iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….video menarik Marquez bersaudara saling kuntit pada tes Valencia sering terlihat. Secara bergantian kedua Marquez bersaudara ini berganti posisi walau mereka berusaha menutupi senormal mungkin. Namun mata jeli pasti paham…ada misi disana cak. Sebagai pembalap terbaik Motogp yang dilahirkan dan ditempa langsung bersama Honda, Marc Marquez paham betul bagaimana mengoptimalkan mesin Honda. Inikah yang ingin ditularkan Marc kepada saudaranya ?

Siapa yang meragukan kepiwaian Marc geber RC213V. Motor binal yang dikembangkan sesuai masukan dan kehendak sang juara dunia ini memang tidak mudah dikendalikan semua rider. Karakternya unik dan memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki motor lain yakni kestabilan braking. Namun bagi pembalap selain Marc, RC213V juga sulit dikendalikan sebab motor ini tidak bisa diperlakukan halus. Nunggang RC harus beringas rada pecicilan. Hal ini sesuai dengan karakter mesin V4 yang lebih meledak dibanding inline 4. Masalahnya…tidak semua pembalap mampu mencari berapa limit maksimal sang kuda besi…

Sulit pakde. Salah dikit maka rider akan kehilangan traksi depan. Makanya jangan heran banyak pembalap Honda berjatuhan di Valencia. Mulai dari Cal hingga Johann Zarco. Sedang Marc ? doi sepertinya paham betul batas kemampuan RC213V. Ibarat angka 100%, doi mampu menekan limit hingga 99 %. Jedok gadok…tapi nggak nggak berbahaya. Sedang lainnya…konsistensi limit ini tidak beraturan. Kadang hanya 85….95….dan lepas dari angka 100% yang berarti crash. Itulah istimewanya Marc diatas Honda RC. Mengerti betul setiap jengkal nafas RPM dari ledakan mesin, gerak suspensi hingga traksi ban. Terukur, akurat dan konsisten. Mungkin itulah yang saat ini sedang coba dishare Marc pada saudaranya…

iklan iwb

Yup….Alex Marquez adalah rookie di Motogp. Proses belajar dari mesin inline 3 765cc ganti ke mesin V4 yang beringas jelas nggak mudah. Dari ledakan tenaga mesin Moto2 yang berada dikisaran 125HP tiba-tiba megang motor dengan tenaga diatas 250HP. Gileee cak kuwi. Sebagai saudara yang tidak mau saudaranya menanggung malu pasti Marc berusaha keras agar Alex berkembang. Kita tidak tahu apa yang dibicarakan keduanya didalam paddock. Namun jelas dari cuplikan video Motogp aksi kuntit keduanya memberikan gambaran gamblang bahwa keduanya memiliki misi. Apa itu ? Marc menjadi mentor Alex !!

Intip saja secara detil pergerakan keduanya. Marc mengamati riding style Alex, menganalisa dan kemudian gantian Marc yang kedepan seakan menyuruh saudaranya untuk memperhatikan dirinya. Walaupun berusaha dibuat sesamar mungkin, mata pengalaman pasti paham betul akan hal itu. Marc memberikan contoh titik braking yang benar, kemudian cara mengambil tikungan menggunakan RC213V. Sebab dari sektor ini saja sudah beda banget antara RC213V vs Kalex Moto2 yang menggunakan mesin Triumph. Gaya menurunkan kaki saat entry corner juga menjadi ciri yang diikuti Alex. Dan petunjuk “sang guru” sejauh ini cukup sukses sebab lap time Alex terus improve walau doi masih nangkring diposisi 20 pada tes kedua Valencia. Mantap Marc, ilmu kanuragan akhirnya ditularin ke saudaranya…..(iwb)

47 COMMENTS

  1. Terharu melihat 2 bersaudara saling mengisis dan menerima di track yg sama dan di kelas yg sama pula.. ???

      • Bener bro, karena balapan itu adalah ‘ kesenangan ‘ bagi Marc..maka rasa itulah yg utama untuk ditularkan ke Alex ?
        Sinyal bahaya nih buat pabrikan lain

    • Atau bisa juga ini strategi ? mind war yg ditularkan Marc ke Alex…terlihat kaku dan belum meyakinkan…eh taunya nanti ediaaaaan. ?

  2. Jos top markotop cak semoga si adek bisa belajar cepat bersama sang kakak,neng ketoke si kakak ke bakat alam cak sedangkan si adek karena tekun belajar dua2 nya tak acungin jempol.moment keluarga dan persaudaraan yang kuat,bapaknya juga jos dalam mendidik karakter kedua anaknya

  3. Mimpi apa ortu melihat anak2nya berlaga di balap motor terbaik dunia, pakai merk motor terbaik dunia, di tim terbaik dunia, dengan status pembalap terbaik dunia (juara di masing2 kategori)?…fby cuma bisa elus dada…yg dibanggai motor ternyaman di dunia dan pebalap terfavorit di dunia..wkwkwkwkwk

    • Plus balapan dg brand terlarissss didunia yang disokong oleh fansss terbanyak didunia ? dengan bunga bank kanvaz rem beat yang meluber luber…sebelah sibuk jagain mesin yang tak kunjung bisa dikeluarkan dri Gudang ?

    • Tes rider Y ???
      Pffffffftttt…kerjaan aoaan tuh, duitnya oun tak ada…kalau d terima, bisa diRapel melulu honornya kek si Alan..darmo..mentega…Yoga..efbeyex cs yang terkekang dalam gudang ?

  4. setelah di mentorin oleh marc, alex mesti cari riding style sendiri untuk klop dengan rcv213. terlihat saat melibas tikungan posisi badan marc agak menggantung di motor, nah kalau alex ikutan model menggantung juga sepertinya bakalan ndlosor itu rcv213 karena body alex lebih besar dan berat ketimbang marc.

    yang penting titik2 krusial saat narik rem dan lepas gas rcv213 untuk masuk dan keluar tikungan sudah diberikan clue-nya sama marc.

  5. Kalau diperhatikan alex masih takut..ketika masuk tikungan terlihat alex braking terlebih dahulu dibanding marc..padahal posisi marc didepan tetapi malah braking belakangan

Comments are closed.