iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….video menarik Marquez bersaudara saling kuntit pada tes Valencia sering terlihat. Secara bergantian kedua Marquez bersaudara ini berganti posisi walau mereka berusaha menutupi senormal mungkin. Namun mata jeli pasti paham…ada misi disana cak. Sebagai pembalap terbaik Motogp yang dilahirkan dan ditempa langsung bersama Honda, Marc Marquez paham betul bagaimana mengoptimalkan mesin Honda. Inikah yang ingin ditularkan Marc kepada saudaranya ?

Siapa yang meragukan kepiwaian Marc geber RC213V. Motor binal yang dikembangkan sesuai masukan dan kehendak sang juara dunia ini memang tidak mudah dikendalikan semua rider. Karakternya unik dan memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki motor lain yakni kestabilan braking. Namun bagi pembalap selain Marc, RC213V juga sulit dikendalikan sebab motor ini tidak bisa diperlakukan halus. Nunggang RC harus beringas rada pecicilan. Hal ini sesuai dengan karakter mesin V4 yang lebih meledak dibanding inline 4. Masalahnya…tidak semua pembalap mampu mencari berapa limit maksimal sang kuda besi…

Sulit pakde. Salah dikit maka rider akan kehilangan traksi depan. Makanya jangan heran banyak pembalap Honda berjatuhan di Valencia. Mulai dari Cal hingga Johann Zarco. Sedang Marc ? doi sepertinya paham betul batas kemampuan RC213V. Ibarat angka 100%, doi mampu menekan limit hingga 99 %. Jedok gadok…tapi nggak nggak berbahaya. Sedang lainnya…konsistensi limit ini tidak beraturan. Kadang hanya 85….95….dan lepas dari angka 100% yang berarti crash. Itulah istimewanya Marc diatas Honda RC. Mengerti betul setiap jengkal nafas RPM dari ledakan mesin, gerak suspensi hingga traksi ban. Terukur, akurat dan konsisten. Mungkin itulah yang saat ini sedang coba dishare Marc pada saudaranya…

iklan iwb

Yup….Alex Marquez adalah rookie di Motogp. Proses belajar dari mesin inline 3 765cc ganti ke mesin V4 yang beringas jelas nggak mudah. Dari ledakan tenaga mesin Moto2 yang berada dikisaran 125HP tiba-tiba megang motor dengan tenaga diatas 250HP. Gileee cak kuwi. Sebagai saudara yang tidak mau saudaranya menanggung malu pasti Marc berusaha keras agar Alex berkembang. Kita tidak tahu apa yang dibicarakan keduanya didalam paddock. Namun jelas dari cuplikan video Motogp aksi kuntit keduanya memberikan gambaran gamblang bahwa keduanya memiliki misi. Apa itu ? Marc menjadi mentor Alex !!

Intip saja secara detil pergerakan keduanya. Marc mengamati riding style Alex, menganalisa dan kemudian gantian Marc yang kedepan seakan menyuruh saudaranya untuk memperhatikan dirinya. Walaupun berusaha dibuat sesamar mungkin, mata pengalaman pasti paham betul akan hal itu. Marc memberikan contoh titik braking yang benar, kemudian cara mengambil tikungan menggunakan RC213V. Sebab dari sektor ini saja sudah beda banget antara RC213V vs Kalex Moto2 yang menggunakan mesin Triumph. Gaya menurunkan kaki saat entry corner juga menjadi ciri yang diikuti Alex. Dan petunjuk “sang guru” sejauh ini cukup sukses sebab lap time Alex terus improve walau doi masih nangkring diposisi 20 pada tes kedua Valencia. Mantap Marc, ilmu kanuragan akhirnya ditularin ke saudaranya…..(iwb)

iklan iwb
Previous articleHasil lengkap Tes 2 Valencia : Honda sibuk jajal motor 2020 dan fairing baru, Yamaha raja testing !!
Next articleEdian pabrikan mobil Tiongkok Wuling terus merangsek, masuk 8 besar !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!