iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Mantan rival Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) yang dulu pernah garang pada masanya bersiap cetak rekor baru. Yupss…Max Biaggi akan berkolaborasi bersama Voxan untuk menciptakan rekor baru berupa memecahkan rekor Top Speed menggunakan Motor Listrik Merk Voxan….

Meski jarang tersorot media dan lebih memilih berperan dibalik layar, banyak yang tidak tahu jika saat ini Max Biaggi masih aktif dikejuaraan dunia. Selain bertahan menjadi Duta besar Aprilia, Tahun 2019 juga menandai proyek baru yang telah ia tetapkan dengan menggandeng tim Sudmetal Schedl GP untuk bersaing di kelas Moto3, Biaggi berhasil merayu sang manager Schedl, Peter Oettl guna membentuk tim dengan nama baru yaitu Sterilgarda Max Racing Team (KTM).

Proyek tersebut bisa dikatakan sangat baik mengingat dengan Rider tunggal Aron Canet, Max Racing Team langsung mengejutkan banyak pihak karena mampu mengacak acak barisan depan. Tidak hanya itu pakdee Aron Canet sukses raih tujuh Podium dan tiga diantaranya berakhir dengan kemenangan yang membuatnya masuk sebagai salah satu rider favorit dalam perebutan gelar juara dunia musim ini, tapi keapesan yang menghampiri Canet dalam beberapa seri terakhir maka gelar resmi direbut Lorenzo Dalla Porta (Leopard Racing Team). Dengan demikian Max Racing team kini mengalihkan fokusnya untuk menyelesaikan musim diposisi Runner Up walaupun tidak mudah karena Margin poin dengan dua rider dibelakangnya cukup ketat.

Oke cakkk, kembali lagi ketopik awal. Mungkin sebagian dari sampeyan sedikit asing dengan Voxan, Perusahaan asal Perancis ini adalah hasil kolaborasi yang telah terjalin sejak 2 Juni 2010 dimana kala itu Venturi Automobiles yang sangat identik dengan inovasi dan teknologi resmi akuisisi Voxan guna bergabung dengan segala macam proyek yang akan berlangsung untuk kedepannya.

Disisi lain, Musim ini Venturi sendiri telah menggandeng tim Monegasque di kejuaraan Formula E dan mereka menggunakan “powertrain” yang dikembangkan oleh Mercedes-AMG yang langsung diaplikasikan ke trek oleh dua drivernya Felipe Massa + Edoardo Mortara.

Hal itu menandai jika Venturi-Voxan dibawah kepemimpinan Gildo Pallanca Pastor, telah menunjukkan bagaimana mereka berhasil menyikapi segala tantangan yang hadir dalam bidang teknologi yang terus berkembang pesat dan juga menjadikannya sebagai salah satu pelopor dalam bidang mobilitas listrik.

Sementara itu pada Acara EICMA beberapa hari yang lalu, Voxan mengumumkan bahwa mereka sedang mempersiapkan motor listrik bernama Wattman yang akan dibawa ke track untuk memecahkan Rekor TOP Speed dengan Max Biaggi, kabarnya Voxan Wattman bisa menembus TOP Speed hingga lebih 330 km/h. Dan angka itulah yang akan dipatahkan Max Biaggi. Sedangkan Rekor TOP Speed saat ini, untuk motor listrik dibawah berat 300 Kg adalah 327,608 km/h yang dicetak oleh Jim Hoogerhyde dengan Lightning SB220 pada tahun 2013.

Event ini rencananya akan berlangsung di dataran tinggi Bolivia, Uyuni Salt Flat pada tanggal 4 hingga 8 Juli 2020 Dengan support langsung dari Michelin selaku pamasok Ban untuk Voxan. Max Biaggi sendiri sudah tidak asing lagi dengan Motor Listrik, sebelumnya ia juga pernah mencatatkan rekor TOP Speed sebesar 168 km/h dikawasan Nardo, Italia pada tahun 1994 silam dengan membesut Motor listrik Violent-Violet hasil rancangan Fabio Fazi.

“Aku sangat tertarik dengan tantangan ini, mengendarai motor dengan berat sekitar 300 kg, dengan 367 horse power untuk mencapai TOP Speed lebih dari 330 km/h. Dilengkapi dengan ban yang dapat menjamin kecepatan maksimal hingga 400 km/h.” Ujar Biaggi..

“Sekarang kami dalam tahap rincian untuk tes ergonomi dan keselamatan. Tantangan ini menguras fisik karena kami akan berada diketinggian 3.600 meter diatas permukaan laut, dihamparan salt dengan luas 10 kilometer persegi tanpa referensi apa pun. Aku melihat antusiasme yang besar dalam proyek ini, aku sangat bersemangat dan percaya diri. Tujuannya adalah untuk memberi Patron Gildo rekor baru yang akan menjadi bagian dari teknologi Monegasque.” Tutup Biaggi..

Last…Upaya ini bukanlah hal baru bagi Venturi-Voxan, karena pada tanggal 24 Agustus 2010 mereka menetapkan rekor TOP Speed menggunakan Mobil Listrik VBB-3 dengan kecepatan rata rata 495 km/h di Utah, Bonneville…(Cc for iwb)

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here