iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…edian tenan hari ini. Baru saja IWB nyampe rumah dari menjenguk teman sakit, dilalah ngintip berita jebule sudah cukup banyak upate dari ajang EICMA 2019. Setelah Yamaha dan Honda kini Aprilia menyusul dengan produk paling fresh yakni Aprilia RS660. Yup…Supersport yang siap tantang eksistensi R6 dan ZX6R. Penasaran seperti apa senjata Aprilia ? intip detil fotonya dibawah ini…

Hari ini pabrikan Italia Aprilia resmi meluncurkan produk terbarunya di kelas setengah liter yakni Aprilia RS 660 2020. Produk yang sebelumnya sudah nongol di beberapa event dalam bentuk model konsep officially dirilis oleh Aprilia dengan segudang fitur yang disandang. Jika kita melihat dari spesifikasi memang motor yang konon untuk menantang eksistensi Kawasaki Ninja ZX-6R ataupun Yamaha R6 tersebut terkesan inferior. Alasannya satu sebab konfigurasi mesin yang disandang bukan Inline 4 seperti para Rival….

Aprilia pede menggunakan mesin Twin paralel 660 cc. Tapi jangan salah Kendati mesin hanya 2 silinder, Aprilia RS 660 2020 mampu memuntahkan tenaga hingga 100 horsepower. Hal ini tidak lepas dari konstruksi engine yang menggunakan desain 270° crankpin serta basis pengembangan dari mesin RSV4 Superbike. Yup…power tentu tidak main-main untuk ukuran mesin 600cc karena Aprilia banyak menggunakan DNA dari kakaknya. Dan…jika dikalkulasi bobot motor ini terbaik soal power to weight ratio. Yup…. dengan mesin tersebut ternyata Aprilia RS 660 hanya memiliki berat sekitar 168 kg atau setara dengan mesin 250 cc versi Mas Production. Kuwi dapur pacu, piye soal desain ?

iklan iwb

Secara umum basis desain tidak banyak berubah dari versi konsep awal. Aprilia RS 660 dijejali swing arm model asimetris di mana bagian kanan melengkung seperti banana sedang sebelah kiri lurus. Desain tersebut mengingatkan kita pada Kawasaki Ninja ZX25R yang sudah diperkenalkan Kawasaki di ajang Tokyo Motor Show 2019. Kemudian posisi hugger juga unik. Tidak seperti motor Jepang yang cenderung di atas swing arm akan tetapi untuk Aprilia RS 660 desain tersebut melebar hingga nempel keluar dari swing arm sebelah kiri….

Untuk perangkat rem mengandalkan merk Brembo depan belakang dengan piringan cakram dual disk berukuran 320mm. Sementara lampu penerangan juga sudah dijejali model LED lengkap dengan DRL yang ditarik secara horizontal dan vertikal di bagian tengah headlamp. Desain knalpot juga tidak full ke atas namun Aprilia RS 660 menggendong silencer pendek yang biasa disebut sebagai midship muffler. Keren cak…mantapp sih desainnya. Semua semakin lengkap karena Aprilia juga menjejali speedometer display 5 inci layar TFT yang memiliki kerapatan pixel sangat baik termasuk konektivitas multimedia. Cadazzz kiieee…

Last….. Aprilia RS 660 sudah dibekali perangkat elektronik canggih seperti traction control, APRC, IMU, anti wheelie, cornering ABS, quick shifter (up/down), cruise control bahkan power mode. Sejauh ini Aprilia belum mengumumkan harga yang dipasang untuk produk ini nantinya. Nyusul cak. Btw…prediksi sementara motor ini bakal mulai dipasarkan di awal tahun depan. Nah…. Seperti apa Aprilia RS 660 versi 2020? Intip saja sosoknya dibawah ini…cakep ora pakdeee? (Iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

33 COMMENTS

  1. keren cak, buat posisi middle weight beginner class di amrik, karena 400cc ada ninja 400 dan ktm 390 di atasnya kemungkinan di isi ini yg 660 parallel twin dan mt 07 dan juga ninja 650, ktm 790 jga sbnrnya masuk tp harganya agak tinggi.

  2. Entah cm gw aja atau yg lain jg punya pikiran yg sama. Desain motor aprilia entah knp gak ada bagus2nya. Sebagai pabrikan dengan cita rasa italia bisa gw bilang secara desain, aprilia jauh gak ada apa2nya jika dibanding ducati dan mv agusta. Sporty kagak, elegan juga kagak, asli maksa banget desainnya kalok diliat. Jauh lbh enak dilihat desain2 everlastingnya ducati sm mv agusta

  3. Headlamp terlalu besar, terlalu lebar, terlalu belo, terlalu dominan. Coba dibikin lebih tipis, tirus dengan aksen alis mata orang yg marah. Proporsi bodywork dan detail udah ok banget sih.

    Satu mata kecil di tengah itu jelek, tidak akan dan tidak pernah berhasil, dajjal bermata 3? Klingon eyes? What? Why?

  4. Likk.. Saya kok gak nemu lampu sein depan ya? Apa jadi satu dengan DRL doi lampu depannya?
    Trus betulkah swingarm nyantol ke mesin bukan ke chassis (khas motor eropa) seperti nampak di foto dari sisi kanan?

  5. Dilihat dari posisi jok belakang yg ga ekstrim dan stang yg agak naik kok kaya2ne ini pentantang kelas sport touring 650 cak?bukan kelas sportbike 600cc yg bisa lari kenceng,mungkin Aprilia nyasar pasarnya CBR650 Kawasaki Ninja 650 sama MT07

  6. monmap nih monmap, saya harian cuman pake beat..
    itu kalo jok belakang kayak gitu itungannya single seater apa masih bisa buat boncengan.?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here