iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cak…rasa duka masih menyelimuti merah putih dan dunia atas meninggalnya Afridza Munandar. Pembalap yang digembleng AHRT ini dipanggil yang maha kuasa pada usia yang sangat belia serta talenta pada puncaknya. Mungkin umur adalah urusan sang khalik dan jika sudah berkehendak tidak ada satupun manusia mampu menolaknya. Tapi diluar urusan takdir, tentu kita penasaran sebenarnya apa yang terjadi pada Afridza Munandar ? kenapa jatuh pada posisi low side bisa membuat pembalap merah putih harus kehilangan nyawa ? untuk menjawab pertanyaan tersebut IWB coba mengamati kejadian. Dan inilah video rekaman detik-detik Afridza Munandar crash. Disinyalir ditabrak dari belakang ?

Video rekaman detik-detik sebelum Afridza Munandar terlampir menunjukkan posisi Afridza Munandar saat itu masih nangkring diposisi ke enam. Rider merah putih memang sedang membidik 27 angka guna mengejar ketertinggalannya untuk meraih juara dunia Idemitsu ATC 2019. Sebuah balap bergengsi yang selalu dipantau oleh para pengamat Motogp karena event ini digelar nempel dengan event balap Motogp. Dan ATC juga sukses melahirkan pembalap-pembalap tangguh yang bepotensi ditarik keajang Motogp. Kembali soal kronologi crash…

iklan iwb iklan iwb

Belum ada satupun media resmi menggambarkan detik-detik kejadian secara lengkap. Bahkan Motogp.com juga hanya ucapan belasungkawa. So…IWB coba menggali sendiri karena penasaran kenapa crash bisa begitu fatal. Inilah video yang bisa IWB share kesampeyan semua….

Monggo perhatikan dari rekaman diatas, Afridza Munandar (4) nangkring diposisi enam sebelum rider Jepang Matsuyama ambil alih jelang masuk T10. So…posisi Afridza Munandar turun ke tujuh sebelum akhirnya entah kenapa Afridza seperti ngepush atau sebaliknya Matsuyama yang lambat. Dan disinilah bencana tidak bisa dihindari. Masuk ke T10… Afridza Munandar melaju kencang dan benturan antara doi serta Matsuyama (nomer 11) terjadi. Posisi jatuh pembalap merah putih terlihat hanya low side dan masuk racing line sebelum kamera berpindah tidak lagi menyorot Afridza. Dan tiba-tiba dikabarkan kondisi rider merah putih cedera cukup parah so balapan dihentikan (red flag). Hanya beberapa menit kemudian pengumuman dikeluarkan bahwa Afridza telah meninggal dunia. Pertanyaannya diluar urusan takdir, kenapa crash low side bisa membuat rider kehilangan nyawa? Judulnya tidak mungkin !!!!

Pasti ada faktor lain yang membuat cedera ekstrim pada tubuh. Akhirnya berbekal bantuan dari para followers, bisa kita analisa Afridza ditabrak dari belakang. Yup….dugaan ini diperkuat dari beberapa foto dan video saat kejadian yang dishare ke IWB (suwun cak Yudi). Kondisi motor Afridza bagian depan ternyata remuk. fairing depan dan windshield Honda NSF250 bolong tanda benturan yang terjadi sangat hebat. Sementara motor yang diduga menabrak Afridza (nomer 22) juga tidak kalah serem. Ban depan dan suspensi mleyot. Dari rekaman kedua terlampir dibawah, cedera yang dialami Afridza kuat kemungkinan diarea kepala atau leher. Terlihat dari dipasangnya “Neck Traction Brace” yang berarti terjadi cedera parah dileher atau kepala. Padahal seperti yang kita semua tahu kepala Afridza tidak terbentur aspal sama sekali saat crash dan karena doi masih berusaha memegangi motornya. Intip video IG story ketika tim medis membawa ke helikopter termasuk nafas bantuan Oksigen dibawah ini…

Afridza meninggal karena ditabrak dari belakang tentu menambah sederetan tragedi balap dunia yang kehilangan para rider terbaik akibat ditubruk oleh pembalap lain. Intip saja Marco Simonceli yang juga harus mengakhiri jalan dan cita-citanya disaat sedang pada posisi puncak. Marco meninggal juga dihantam rider dibelakangnya (melibatkan Edward dan Rossi) di Sepang Malaysia. Termasuk Pembalap muda berbakat Jepang Shoya Tomizawa. Tomizawa dihantam dua motor sekaligus yakni Alex de Angelis dan Scot Redding ketika crash di Misano. Tomizawa dinyatakan meninggal tanpa bisa tertolong lagi….

Last….balap roda dua memang olah raga yang sangat berbahaya. Kendati perangkat keamanan sudah diracik seaman mungkin, namun semua alat tersebut seperti tidak berguna ketika tubuh ditabrak pembalap lain. So…seharusnya Dorna perlu memikirkan dan melakukan terobosan fokus pada masalah ini. Tiga pembalap terbaik meninggal pada kondisi puncak dengan cara yang sama, nggak bagus cak. Perlu kajian khusus untuk mencegah hal yang sama tidak terulang lagi dimasa depan. Btw semua memang berupa analisa mengingat tidak ada rekaman sahih sebagai bukti akurasi. Tapi dengan hanya melihat secara teliti semua data yang IWB sodorkan diatas, IMHO sudah cukup akurat. So…apapun itu kembali IWB mengajak sampeyan untuk mengirimkan Al Fatihah buat pahlawan kita Afridza Munandar. Selamat jalan teman, doa kami akan selalu menyertaimu, Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un….(iwb)

Detik-detik kejadian crash Afridza Munandar 

 

Advertisements

23 COMMENTS

    • Turut berduka cita bagi keluarga yang ditinggalakan dan semoga arwah alm. husnul hotimah…
      Mungkin perlu diciptakan pelontar khusus semacam di kokpit pesawat jet militer yg bisa membawa terbang pembalap ketika crash / terjatuh sehingga bisa meminimalisir resiko balap roda 2

      • Kalau diterapkan dimotor..itu sama kayak mercon cabe rawit bro… Bisa mantul2 ke tanah , karena low side highside yang seharusnya cidera ringan atau sedang..dg adanya pelontar malah bisa bikin tulang Patah Seribu . .. pelontar itu bisa dan ada karena posisinya diudara , punya space luas secara vertikal.

  1. Apakah penonton sebanyak itu tidak ada yg lihat?
    Kalau mengandalkan kamera, kan tidak sepenuhnya selalu ke tkp.
    Mungkin ada komen saksi di ig atau fb.

  2. Kalau dari pengakuan dari salah satu penonton dari malaysia di kolom komentar katanya setelah terjatuh memang ditabrak dari belakang, lebih tepatnya motor rider yang di belakang menabrak motor Munandar lalu motornya terpental dan jatuh mengenai munandar.

  3. kalau berita luar infonya tabrakan dengan Shinji Ogu, tapi tidak jelas kronologisnya gimana. sepertinya memang seperti kejadian Simoncelli.

  4. Gw penasaran sama full videonya. Soalnya itu jatuhnya Aman sekali. Tpi kenapa bisa sampai meninggal…. Gw turut berduka cita

  5. Video full ga akn di tampilkan bg broo
    karna terlallu mengerikan… klo video amatir dr penonton emag ada.. Alm di tabrak dari belakng oleh si Ogu..

  6. sepertinya mirip alm. Simoncelli. lowside terus ketabrak rider dibelakangnya di area tubuh yg vital (leher/kepala). Perkara di wearpack memang sudah ada airbagnya tapi sepertinya cuma ada di kelas premier. selain itu ya kalau kalaupun ada airbag juga tapi area kenanya leher memang kurang terlindungi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here