iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…….mengejutkan cak. Prediksi kita Ducati akan membuang mesin legendaris Twin L nya dijawab oleh Ducati dengan gebrakan mengejutkan dengan meluncurkan Ducati Panigale V2. So…praktis dengan kelahirannya tersebut kini Ducati memiliki dua varian panigale yakni V2 dan V4. Dan yang mengejutkan, desainnya kembar dengan V4 cak. Wwwowww….

Ducati resmi memperkenalkan generasi terbaru Panigale V2 dengan perombakan desain yang sangat mirip Panigale V4. Sampeyan perhatikan saja dari depan, samping hingga belakang bak Pinang dibelah dua. Bahasa desain yang begitu identik seakan menegaskan eksistensi Panigale menjadi satu-satunya superbiker yang memiliki dua opsi mesin berdesain sama. Mulai dari headlamp, stoplamp hingga keputusan menggunakan swing arm model single. Mungkin kalau kita tidak melihat stiker di sisi samping body bertuliskan Panigale V2, sekilas kita akan sangat sulit membedakan Apakah motor ini V2 atau V4 ?…..

Itu urusan design. Namun jika kita membahas perkara dapurpacu tentu saja kedua motor memiliki perbedaan yang sangat signifikan terutama konfigurasi mesin. Berbeda dengan V4 maka untuk Panigale V2 dibekali mesin berkapasitas mesin 955 cc V-Twin yang mampu memuntahkan tenaga hingga 155 horsepower dan torsi 76 LBS. Bedakan tenaga Memang jauh berbeda dibandingkan dengan versi 4 silinder yang berada di Kisaran 200 HP. Namun dari torsi bisa kita lihat bahwa motor ini lebih Superior…..

iklan iwb

Betul cak, siapa bilang mesin Twin cylinder Sudah usang. Konfigurasi yang lebih ringkas serta ledakan torsi yang lebih beringas sejak bawah dibandingkan dengan empat silinder menjadi kekuatan tersendiri yang tidak serta merta bisa dilupakan oleh Ducati. Apalagi konfigurasi mesin ini juga membuat bobot Ducati panigale V2 sangat ringan. Bayangin wae…bobot hanya 153 kg….jiann ugal-ugalan cak. Kemudian untuk urusan elektronik pada generasi terbaru Ducati juga tidak main-main. Intip saja display speedometer yang sudah dibekali dengan TFT display. Termasuk kehadiran IMU assisted traction control (DTC EVO 2), wheelie control serta cornering ABS….

Tidak lupa full quick shifter up and down alias bisa ngurangi dan masukin gigi. Bahkan pada generasi Panigale V2 ini Ducati juga membekali engine brake control system. Nah… untuk traction control yang disebut sebagai EVO 2 ini Ducati menambahkan akurasi kalibrasi supaya motor tidak kehilangan traksi pada saat ban belakang selip. Menurut Ducati, TC EVO 2 terbaru lebih baik 25% untuk mempertahankan kinerja ban pada saat di geber di kecepatan tinggi khususnya dalam menghadapi hard braking ataupun akselerasi keluar tikungan. Lebih tidak menguras ban serta meningkatkan manajemen ban pada kondisi yang selalu optimal. Sangarrr !

Last….. kehadiran all new Panigale V2 akan membuat Ducati semakin disegani dalam persaingan superbike produksi massal dunia. Sejauh ini belum ada konfirmasi berapa Ducati akan menjual generasi Panigale V2. Namun kabarnya motor ini terbuka dipasang di Kisaran ? 17,990 atau sekitar 282 jutaan. Nah…. Seperti apa sosok Panigale dengan mesin Twin silinder? Intip Mega galerynya dibawah ini…piyeeee mirip bangetttt V4 toooo. Seksi tenan euy desainnyaaaaa……………(iwb)

 

31 COMMENTS

  1. R15v3 mirip cbr series jga..aneh.. harusnya kayak R1.. apakah karna kegantengan yg kelewatan yaa…

    • Ga juga bro…. kalau cbr itu mirip cb gelatik yg dikasih fairing… krna memang basis cbr adalah cb gelatik 100cc 2 klep

      • YAMEHONG R1 desain cari aman. terlalu mainstream. di SBK jg gk menang2 kalah mulu sm ZX. padahal turunan Ngem1. crossplane crnkshft pula

  2. Desain overal cukup bejaban lawan R1 / R1M, tapi masih keren R1 / R1M yang mirip ikan Hiu Martil, terbukti R1 / R1M paling laris di eropa

    • YAMEHONG R1 desain cari aman. terlalu mainstream. di SBK jg gk menang2 kalah mulu sm ZX. padahal turunan Ngem1. crossplane crnkshft pula

  3. Haduhhh gantenggg makkkk ga kuatt…
    Tapi tetep panigale 1199/1299 masih the best secara desain ???

  4. Sialan kau Honda.
    Di saat Ducati masih mau pke mesin V-Twin buat superbike-nya, kau malah mengubur mesin RC51 seolah2 itu tidak berharga lagi, dan malah pke mesin inline-4 ala CBR1000RR :V

Comments are closed.