iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..tertegun cak, IWB sampai mengerutkan alis saat membaca berbagai komen dan analisa perihal hasil balap Motogp Australia kemarin. Hasil buruk sekaligus bagus buat Yamaha karena kendati gagal juara performa Vinales yang dominan dari awal hingga akhir menjadi pertanda kebangkitan pabrikan garputala. Sulitnya Marc nyalip dan hanya attacking pada last lap seakan memberikan gambaran betapa superiornya Yamaha M1 di Phillips Island. Namun opini tersebut berubah setelah pengamat sekaligus jurnalis senior Motogp David Emmet memberikan komentarnya atas jalannya balapan. Menurut doi, dari pengamatan video onboard Marc selama 10 lap terakhir ternyata disinyalir Marc sengaja permainkan Vinales dengan menahan gas…..whatttttt ???

Marc terlihat kesulitan untuk menyalip Vinales dari awal hingga akhir dibalap Phillip Island. Doi berusaha overtake dilintasan lurus namun setelah itu Marc seperti kalah braking karena Vinales melakukan late braking dengan sangat baik. Marquez melakukan itu berkali-kali namun gagal. Dari sini IWB sebenarnya sudah cukup heran mengingat reaksi RCV213V juga masih sangat tenang. Goncangan saat masuk tikungan lebih minim dibandingkan Vinales tanda Marc nggak ngoyo. Dan dilalah masuk last lap, barulah Marc bikin kejutan karena dengan sangat mudah doi overtake Vinales dilintasan lurus….

Setelah itu doi mulai ngepush dan memaksa Vinales sekuat tenaga mengikuti RC213V. Vinales tidak sadar bahwa tindakannya tersebut melebihi limit kemampuan motor. Dan hasil akhir bisa ditebak…Marc juara. Sedang Vinales, sebenarnya doi hanya perlu kontrol untuk juara dua dan tidak usah bernafsu juara pertama karena disinyalir Marc memang sedang mempermainkan Vinales. Ahhhhh…..mosokkk ?? kemeruhhh kiiiii. Sotoy benerrr euyyy. Yeeeesss…jika IWB yang mengatakan dan beropini seperti diatas boleh saja sampeyan bantah. Apalagi IWB juga nonton dari TV jadi berpotensi memberikan analisa mentah. Namun jika yang mengatakan dan beropini adalah sosok jurnalis profesional dari Motomatters yakni David Emmet yang berada dilokasi….jelas opini ini bukanlah tanpa alasan…

iklan iwb

Menurut Emmet, Marc sejak awal tidak membuka gas secara penuh setiap lintasan lurus ataupun masuk tikungan. Marc seperti hanya menjaga ritme dan mempermainkan Vinales agar terus ngepush. Opini ini datang ketika doi mengamati video onboard Marc selama 10 lap kebelakang…..mendengarkan dan mengamati raungan RPM. Bisa dipastikan Marc tidak membuka gas tunggangannya secara penuh. Berikut opini doi yang dilontarkan via Twitter…

” Juga, patut diperhatikan saat melihat video onboard Marquez selama 10 lap terakhir. Bandingkan raungan mesinnya ketika dia mengejar Vi?ales, atau ketika dia menyalipnya, kalian akan mendengar teriakan mesin yang sengaja tidak dibiarkan keluar (tahan gas)

Yamaha butuh tambahan horse power

-David Emmet- “

Yup…Marquez sengaja permainkan Vinales di Australia cak, jiannn ngeri kalau bener. Ngerihhh karena Marquez ternyata berada dalam level berbeda. Kombinasi Marc-Honda jelas bukan hal bagus bagi tontonan Motogp karena dominasi yang begitu luar biasa. Bahkan ditahun ini Ducati yang galak dimusim 2018 lalu tidak berdaya menghadapi ketangguhan Marc. Sementara Yamaha walau mengalami kemajuan ternyata belum cukup untuk menghentikan Marc…

Last….tidak bisa dipungkiri engine inline 4 masih cukup lemah untuk menghadapi karakter V4 yang lebih meledak. HP ini terlihat saat adu kecepatan dilintasan lurus. Keputusan menambah horse power juga tidak mudah sebab salah mengatur balancing justru motor akan sulit dikendalikan. “ Kesulitan Yamaha untuk menambah horse power adalah mempertahankan kehalusan power delivery. Jika itu mudah mereka akan melakukan hal itu sejak dulu…” tutup David Emmet. Nah…apakah sampeyan percaya dengan analisa David Emmet bahwa Marc menahan gas saat menghadapi Vinales diPhillips Island ? monggo berikan opininya cak, ora usah cakar-cakaran lho yo…santai wae..gazzzzzz….(iwb)

137 COMMENTS

      • Kek 110 yang wuzzssss vees 125
        Kek pcx menghajar nemex
        Kek Adv mematahkan gigi ngorox .
        Wuzzzzzz..buanterrrrr Reeeek ?

  1. Nahan gas sih kayaknya iyaa, soalnya kemarin waktu zarqo crash nabrak ban belakang marq itu juga kayaknya marq sengaja nahan gas. Keliatan dari brakingnya yang sengaja lebih awal.

    • @atha
      Untungnya apa? Emang jarwo saingan berat marc di klasemen championship? Yang ada malah motor marc ancur ditabrak jarwo, marc gagal lanjut balap. Fby kok dungunya tiada tara ya?

    • Jgn gtu, Kang… M1 tu motor kentjang loh! ??
      Cm yg bw ja yg medioker, syg Y udh lupa mental juara & g pny niat pulangin Lorenzo… Akhir’e yo ngunu iku d voor Marq 1 Gigi ??

  2. Saya percaya cuma knapa klo dah taw superior gak ksi hiburan saling salip. Nunggu akhir lap terus,atau ngacir ddpn terus itu typikal krg bagus. Biar penonton makin senang. Sy rasa yamaha py ahli ecu 2 org, yamaha bs ringankan bandul lagi biar power up next musim. Ayolah yamaha masak dipermainkan gini neh.

    • Masalahnya ada di durability ban bro, ban michelin sekarang ga bisa diajak maen maen kayak jaman B dulu, mm93 kenapa sengaja tahan tahan untuk tidak nyalip mv12 ya karena ban, kalo nyalip sebelum last lap yang terjadi akan dogfight yang itu bikin ban cepet habis

    • Kaga level lah lawan yamaha…sekali geber 1kecamatan ketinggalan motor .kenapa yamaha lemot semua

    • Ga liat kmrm marc udah mundur mayan jauh? Lawan nya aja yg kebangetan malah pada mundur semua,cm vina yang tetep ngotot kedepan..
      Berharap ada aksi saling salip cm dari satu pembalap? Bodoh namanya..
      Kl marc nyalip trs mundur lagi,salip lagi mundur lagi,salip lagi,.. bukan tontonan menarik yg di dapat,yg ada marc di tuduh ngrendahin pembalap lain,ngenyek lah,songonglah dan bakal banyak lagi serangan? lainnya jika marc melakukan itu, cz apapun yg MM lakukan akan di anggap salah…

      • Terakhir kali marc salip2an pas di sepang 2015 akhirnya malah kena tendangan maut,,

        Masa mau di ulangi?

      • @Udin petot

        Ente lupa philip island 2015..rossi dan ianone menuduh marquez sedang bermain main..dan lihat di sepang setelahnya…

        Kenapa marq overtake Dovi, rins, quartararo dan vinales selalu dilap akhir… Kenapa marq ga ngacir kaya stoner, lorenzo atau pedrosa jika motornya superior…kenapa rossi bisa begitu banyak fans?.. Entertain disini berbicara.. Jika kamu mau menjadi legend yg dicintai, jadilah sperti rossi… Itu yg dilakukan marq sekarang

      • Udin petot,gak juga kalau saling salip” an justru bagus.malah nyalipnya last lap kyk ke fabio jg itu yg ngrendahin pembalap lain. Aplgi aksi ke JL,CC,,petruci,bahkan ke Mv kmrin.It’s not respect at all. Dah mirip ABM kan.

    • Kalo pengen hiburan..nonton aja sirkus…motogp habisin dana milyaran dolar…kalo cuma buat hiburan penonton..ya eman2 lah…???

    • ente cocoknya pecinta balap bebek pasar senggol aja.. cmn bisa grasak grusuk, salip, pepet, tancep, ini balap profesional.. butuh strategi.. selain hemat ban, jg marc butuh hemat bbm.. ga mau kejadian 2x kmren setelah masuk garis finish.. langsung mogok kehabisan bensin..

  3. Yang dilakukan Marc dengan mengalahkan lawan di lap terakhir adalah bukan sekedar memenangkan balapan, tapi yang utama; membunuh mental lawan.

    • Ada lagi alasan utamanya, si vinales kan otomaatis sering bgt late braking tuhh, seolah2 marc gk dikasi celah sekaligus nutup racing line nya dia. Tp tanpa disadari pula itu bikin kompon ban motor mwk12 jadi cepet abis dari yg seharusnya. Ini juga bagian dr strategi lho.. so last lap pas marc nyalip seenggaknya dia gk perlu effort lebih lebih buat hadang racing line vinales yg lbh bagus dis ektor tertentu (sektor 3 apa 2 ya kalo g salah yg sarat dgn superioritas M1 nikung). Yaa gak salah jg sih dan terbukti berhasil bikin vinales keder buat ngejar marc.. satu hal yg gk dipikir atau lebih tepatnya “sekarang atau tidak sama sekali”, jadi dia push dan push terus lalu coba overtake di tikungan S eehhh malah oleng boss.. salah satunya pasti krn kompon ban yg udah abis tuh.. balik lg kan ke strategi awal nahan gas yg terbukti ampuh mengecoh lawas push di pertengahan race.. briliant marc93
      Selamat

  4. sudah terlihat cak, beberapa lap terakhir marc cuma uji detak jantung vina dengan dijejeri aja waktu lintasan lurus.

  5. Wes inyongg Kandanii kohh !! gerr Marquez kuwe etok etok tok alias pura pura , marquez ger wes miying miying guni gawa motore jelas full gas Marguez aja maning nang tikungan ger miying bngt kuwe tanda ne nge Gasss bngt wuzzzzz …Ngalamatttt wess sembalap lainn Kepontall Pontall ..jajal arep Kepriwee sembalap lain ..

  6. Hi Mas Iwan,

    Melihat race 2019 yang masih di dominasi marc – honda merupakan suguhan yg hampir sama dari setiap race dan pemenangnya sudah bisa ditebak. Seakan tidak perlu lagi bertanya gmn ducati akan menjadi pemenang dan gmn yamaha dengan squad nya. Winner always marc n honda. Sama dengan WSBK yang di dominasi Rea Kawasaki. Boring dan tidak menarik untuk diikutin karena winner sudah jelas.

    • Dulu waktu VR46 mendominasi, tidak ada tuh kata boring, yg ada senang senang aja, makin banyak fans yang suka, hingga kini dia jadi icon motogp karena dominasinya kala itu.

      • Karen vr46 bisa mengemas tontonan jadi enak, dia sangat cepat tp TDK perlu terlalu menonjol..itulah membuat tontonan jd enak

      • Yup, makanya marq nahan gas.. Nyerang dilap akhir.. Kalo dia mau ngacir touring di awal…dia akan hanya menjadi legend biasa seperti stoner, lorenzo atau pedrosa..

    • marc vs dovi, marc vs rins, marc vs quartaro itu marc kalah tikungan terakhir lho… apanya boring, malah bikin jantungan ampe finis… makanya klo nonton gp tu jgn diliat tu idolanya doank bru ga masuk barisan depan lgsung dimatiin tvnya hahahaha

    • Yg bkin boring krn g ad aksi hiburan saling salip,ad yg blg krn karakter ban lah. Klo mrasa bisa kuat jgn salip hanya last lap atau ngacir touring. Maka fans akan bisa kyk fansnya rossi. Btw sy bkn fans rossi ya.

    • Mea
      Bukannya dulu marc93 juga demikian.. Agresif di sircuit (karena karakter moor). Dan disana mulai banyak yg mengidolakan mm93 dgn aksinya yg “this is race”.. Tapi banyak juga yg menganggap itu berbahaya dan justru di serang dgn berbagai opini di microphon.. Baik dari pembalap (46) maupun fansnya..
      Lalu.. Apa yg dilakukan mm93 sekarang..??
      Dominasi penuh di setiap race.. Dan apa yg terjadi..?? Ternyata malah dianggap membosankan.. Ini sudah di pikirkan oleh mm93 sebelumnya.. Dan apa yg di lakukan mm93 sekarang adalah untuk membungkam perkataan2 yg dulu menyiyirinya..

      Balapan itu di sircuit.. Bukan di microphone..

      Jadi jika ada yg merasa membosankan atas prestasi mm93.. Maka bisa di simpulkan bahwa mereka adalah fans dari idolanya yg tak lagi pernah juara.

      This mm93 era.. Maka ayuk bangun dan nikmati balapannya.

      • Tul bro ? gua jadi kangen Marc yang sebenarnya… Tapi ,jika yang lain mau balapan ‘ itu yg harus sept ini ‘ dan Marc mengikuti karena gak mau memperpanjang masalah..ya mau gimana lagi .bagi gua tontonan motogp selalu menarik ?

  7. Udah ketauan dari awal motor marquez lebih kenceng dari motor vinales, vinales nya aja yg nafsu bin dodol..
    Udh tau marquez itu ga sekedar kenceng tp jg licik..

  8. Ngeri liat foto yang di tampilkan, sangat sakiiiiiiiiiiiiitttttttt sekaliiiiiiiiiii bagi FBY yang melihatnya,
    Siapa sih yang ngambil fotonya, sungguh tega….
    Selamat meratapi kekalahan baik rider maupun M1 nya
    Marc benar benar minpi buruk bagi Yamaha.

  9. Setuju lek, emang bener mm permainkan mv. Secara matematik hondaxn mm di Australia nagus bgt. Msh inget gp th 2015, yg mana race sngt ketat Dan mm tau2 bisa menang salip lorenzo hanya kurang sentegah lapt terahir. Sampe rossi jg bilang mereka dipermainkan mm.
    Ya krn para lawanya lambat jd dipermainkan

  10. Jadi semuanya cuman jadi bahan mainnannya Marc93 yee. Honda dari dulu memang susah di kalahin.

  11. Jurdun mah bebas… ?? yg bilang motogp sudah tidak menarik silahkan ganti casing biar idup bisa tenang, gak sakit ati mulu… ??

  12. Membosankan kalau tontonannya monoton seperti ini. Kedepannya rating Motogp bisa anjlok jika ada pembalap yang terlalu dominan.

    • Never…
      Motogp tetap menarik.. G nonton waktu di thailand kmrin..?? Gmn gemuruh penonton d sana.. ?? Itu salah satu tanda bahwa motogp tambah menarik..
      Hanya fans tertentu saja yg menganggapnya boring karena sakit hati..
      Maka ayuk bangun.. Ini eranya mm93..

    • Motogp seru bgitu bilang boring dan ga ada salip-salipan …

      Hellooow …
      Ga nonton apa cuma baca brita gosip doang …

      Kalo lihat di lap lap awal kan gonta ganti tu yg di depan …. Tetap seru sampai akhir

      Dan memang yg terkencang lah yg akan di depan
      Slain motor dan bakat … Diperlukan kecerdasan … Tp yg minus bilang itu licik

      stelah 46 mundur teratur … langsung di bilang boring … Ya kalo ga suka mati in aja tv nya ga perlu di rusakin dong wkwkwk ….

      46 tu kalo fair di 2015 balapanlah dgn fair bukannya marah2 karena mrasa di permainkan dan kalah … (Katanya salip salipan … Ya harus fair dong kalo kalah)

      Dah gitu aja ….
      Motogp tetap seru tanpa 46

    • Rating mogp turun
      Klw turun knapa 2017 ga ada thailand
      2018 ketambahan thailand toral race setahun jadi 19
      Dan tahun 2020 jadi 20 seri ketambahan gp finlandia..
      Mbok kowe nek mangan ki jo lali nganggo garam beriodium

  13. setuju dg opini diatas..sangat klihatan bila markes sekedar bermain main di lap awal..markes tidak tampil ngotot beda skali dg vinales yg mati2an ngepush.

    • Arep kepiye meneh… Lawan rossi rossi nya di belakang, fabio ndlosor.. Dovi dibelakang juga.. Yo wes di poor aja dulu mvk ..

    • Marc itu bagsi Kanvaz Rem beat…memain mainkan beberapa pabrikan dg ribuan karyawannya ,cukup dg kanvaz rem beat ?

  14. Mungkin karena marc pernah dipermainkan oleh rins di silverstone sehingga dia “marah”, dan sekarang dia balas mempermainkan. But its all about strategy. Pembalab terkencang belum tentu menang.

    • Kalo kasus di silverstone memang dia harus di depan rins, kalo di belakang rins dia bakal kesusahan ngimbangin speed corner suzuki, apes aja tikungan terkahir ban belakang sedikit slide jadi kesalip rins

  15. bukannya udah kebiasaan itu sejak 2015….motor yg lebih kencang dengan rider bagus punya kelebihan menentukan jalannya balapan ….. mau dia yg juara sendiri atau mencegah rider lain juara…..

  16. MM dgn superioritas nya dapat bikin entertainment seolah-olah kalah tapi nanti jd menang. Fans senang, pabrikan lain yg ngedumel

  17. Kalo Marc ngacir duluan ninggalin jauh MV ntar dibilang MotoGP membosankan. Mungkin MM mau memberikan sedikit hiburan buat penikmat MotoGP…

    • Motogp hrs saling adu kenceng dan strategi,klo menang gantian emang arisan.wkwkwk.
      Mekanik dan insinyur pabrikan lain ngapain kerjanya.

  18. 110%percaya, ga usah jauh Jauh, waktu Rossi lead sebenarnya sudah kelihatan kalo 93 nyantai….namun sangat jelas terlihat ketika v12 lead 93 langsung nyalip semuanya…sejak 12 ngacir kalo mau 93 sudah bisa ngacir duluan..mmgkin niat 93 mau buat tontonan menarik..Dan semua tau Honda dan 93 paket terbaik tahun ini..mosok sih di Philips island Honda kalah..malu dunk

  19. Kasihan valeban dan valentino rossi… Gara2 ini bocah rossi hanya jadi penggembira kejuaraan (badut motogp)

    Sungguh kasihan valeban yg mengharapkan nostalgia seperti sepuluh tahun lalu!

  20. Analis mas ement tepat sekali cak, den mas markisa emang cuma happy2 aja tuh, doi brp kali ditikung dovi sama rins di Last lap, pengen bales doang die…

  21. Saya yakin emng marc menahan gas. Terlihat motor marc ketika keluar lintasan lurus dan masuk di tikungan keluar tikungan lagi. Sangat benar benar stabil. Itu mempertandakan jika motor honda marq belum di geber secara maximal. Terlihay di lap terkhir yamaha vinales tak mampu mengejar honda marcq. Krn limit dri yamaha. Membut terjadinya sebuah turbolensi terhadap motor vinales. Akibatnya terjadi ketidak stabilan saat bermanufur ketika maukeluar dan mau memasuki tikungan. Sehingga vinales jatuh.

  22. 100% percaya kalau Marc nahan gas sampai lap terakhir,
    tapi kayanya bukan untuk mempermainkan Vinales, melainkan untuk menghemat ban dan bensin.

    • Mencegah yg di belakang mendekat jg jika yg di dpn slg salip. Mslhnya posisi 3 dst ga bs ngejar alias kejauhan shg Mark nyante aja memanfaafka slipstream tiap lurus pdhl secara power jg udh unggul. Ini mslh taktik. Yamaha hrs bljr jg dr bbrp x Fabio diasapi di lap terakhr krn kalah speed terutama di akhr2 krn ban udh hbs dipake ngepush.

  23. Kandanii gerr Marquezz wes miying miying gawa motore iku tandane wess mulai nyerangg turr betott gass fulll …laaaa wong wingii mbalapppp baee clingukk meng mburiii jallll sembalapp lainn ana sing kaya kuwe oraa
    Konsistensine Marc yg membuat ia jurdun dan gass polll
    Wess areppp kepriwee sembalap lainn …kecuali Marcc crase alias tiba twrus baru bisa di lawannn

  24. Kelaukan mm93 sekarang ini mirip banget sama vr46 waktu muda.. songong dan tengil2nya cuma di omongan masih parahan vr46. mm93 from fan to opponent

  25. Weaknesses Power hampered of all time.. solusi nya M1 ganti mesin NMax nih..
    Rossi susah susah nyalip di tikungan dengan mudahnya diovertake di lintasan lurus

  26. Mark pengecut,berani nya lastlap…cb diakhir sisa 2lap dia berani ambil alih posisi vinales,bakal rame last fightnya…tapi karna ga berani, n takut disambit dicorner ya last lap aja beraninya..

    • Jelaskan pada saya alasan mengapa seorang rider yg bisa ngunci gelar jurdun sementara 4 balapan msh tersisa kau sebut pengecut anak muda?
      Kau bercermin saja dulu gosok gigimu lalu kembali lah minum ASI ibumu sbelum kau pamerkan lebih jauh isi otakmu yg dun9u itu

  27. MM93 memang cerdas….yamaha pelan2 di goreng….gak heran kalo fans berat yamaha pd frustrasi….VR46 udah kadaluwarsa udah hrs pensiun 2 thn yl

Comments are closed.