iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..tertegun cak, IWB sampai mengerutkan alis saat membaca berbagai komen dan analisa perihal hasil balap Motogp Australia kemarin. Hasil buruk sekaligus bagus buat Yamaha karena kendati gagal juara performa Vinales yang dominan dari awal hingga akhir menjadi pertanda kebangkitan pabrikan garputala. Sulitnya Marc nyalip dan hanya attacking pada last lap seakan memberikan gambaran betapa superiornya Yamaha M1 di Phillips Island. Namun opini tersebut berubah setelah pengamat sekaligus jurnalis senior Motogp David Emmet memberikan komentarnya atas jalannya balapan. Menurut doi, dari pengamatan video onboard Marc selama 10 lap terakhir ternyata disinyalir Marc sengaja permainkan Vinales dengan menahan gas…..whatttttt ???

Marc terlihat kesulitan untuk menyalip Vinales dari awal hingga akhir dibalap Phillip Island. Doi berusaha overtake dilintasan lurus namun setelah itu Marc seperti kalah braking karena Vinales melakukan late braking dengan sangat baik. Marquez melakukan itu berkali-kali namun gagal. Dari sini IWB sebenarnya sudah cukup heran mengingat reaksi RCV213V juga masih sangat tenang. Goncangan saat masuk tikungan lebih minim dibandingkan Vinales tanda Marc nggak ngoyo. Dan dilalah masuk last lap, barulah Marc bikin kejutan karena dengan sangat mudah doi overtake Vinales dilintasan lurus….

Setelah itu doi mulai ngepush dan memaksa Vinales sekuat tenaga mengikuti RC213V. Vinales tidak sadar bahwa tindakannya tersebut melebihi limit kemampuan motor. Dan hasil akhir bisa ditebak…Marc juara. Sedang Vinales, sebenarnya doi hanya perlu kontrol untuk juara dua dan tidak usah bernafsu juara pertama karena disinyalir Marc memang sedang mempermainkan Vinales. Ahhhhh…..mosokkk ?? kemeruhhh kiiiii. Sotoy benerrr euyyy. Yeeeesss…jika IWB yang mengatakan dan beropini seperti diatas boleh saja sampeyan bantah. Apalagi IWB juga nonton dari TV jadi berpotensi memberikan analisa mentah. Namun jika yang mengatakan dan beropini adalah sosok jurnalis profesional dari Motomatters yakni David Emmet yang berada dilokasi….jelas opini ini bukanlah tanpa alasan…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Menurut Emmet, Marc sejak awal tidak membuka gas secara penuh setiap lintasan lurus ataupun masuk tikungan. Marc seperti hanya menjaga ritme dan mempermainkan Vinales agar terus ngepush. Opini ini datang ketika doi mengamati video onboard Marc selama 10 lap kebelakang…..mendengarkan dan mengamati raungan RPM. Bisa dipastikan Marc tidak membuka gas tunggangannya secara penuh. Berikut opini doi yang dilontarkan via Twitter…

” Juga, patut diperhatikan saat melihat video onboard Marquez selama 10 lap terakhir. Bandingkan raungan mesinnya ketika dia mengejar Viñales, atau ketika dia menyalipnya, kalian akan mendengar teriakan mesin yang sengaja tidak dibiarkan keluar (tahan gas)

Yamaha butuh tambahan horse power

-David Emmet- “

Yup…Marquez sengaja permainkan Vinales di Australia cak, jiannn ngeri kalau bener. Ngerihhh karena Marquez ternyata berada dalam level berbeda. Kombinasi Marc-Honda jelas bukan hal bagus bagi tontonan Motogp karena dominasi yang begitu luar biasa. Bahkan ditahun ini Ducati yang galak dimusim 2018 lalu tidak berdaya menghadapi ketangguhan Marc. Sementara Yamaha walau mengalami kemajuan ternyata belum cukup untuk menghentikan Marc…

Last….tidak bisa dipungkiri engine inline 4 masih cukup lemah untuk menghadapi karakter V4 yang lebih meledak. HP ini terlihat saat adu kecepatan dilintasan lurus. Keputusan menambah horse power juga tidak mudah sebab salah mengatur balancing justru motor akan sulit dikendalikan. “ Kesulitan Yamaha untuk menambah horse power adalah mempertahankan kehalusan power delivery. Jika itu mudah mereka akan melakukan hal itu sejak dulu…” tutup David Emmet. Nah…apakah sampeyan percaya dengan analisa David Emmet bahwa Marc menahan gas saat menghadapi Vinales diPhillips Island ? monggo berikan opininya cak, ora usah cakar-cakaran lho yo…santai wae..gazzzzzz….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!