iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk……tahukah sampeyan ban adalah karet bundar ?? (haiyahh artikel model opo ikiii ? :mrgreen: ) . Sejak dulu pasti demikian dan semua sudah tahu itu. Tanpa karet bundar dijamin sampeyan tidak bakal bisa nunggang motor. Sampeyan bayangin aja kalau ban diganti menjadi kotak pasti iso jenggot sariawan tenan cak. Itulah kenapa ban merupakan komponen vital dalam sebuah kendaraan. Komponen yang ternyata jika diotak-atik, sumbangsih terhadap kinerja engine jadi lebih maksimal. Nggak heran lewat pengembangan, Ban ini diklaim bisa menghemat BBM, ah mosokkkk ????

Traksi adalah nomer satu, yess kuwi betul pakde. Namun Kebutuhan akan kendaraan bermotor yang ramah lingkungan dan hemat energi sudah menjadi satu hal yang tidak bisa kita hindari lagi. Termasuk ban yang merupakan salah satu komponen dalam kendaraan bermotor, juga harus bisa berkontribusi untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Nahhh….bagian ini menarik, koq iso ban bikin hemat BBM? apa kuncinya dan ban apa yang menawarkan kelebihan bisa menghemat BBM ?

Ternyata ban FDR cak. Lewat pengembangan bertahun-tahun, konon FDR sukses menciptakan racikan kompon khusus yang diberi nama eco smart tire (EST) yang berhasil menghasilkan ban dengan hambatan gelinding rendah sehingga bisa membuat motor hemat bahan bakar minyak. Terus pertanyaannya….” Apakah penghematan BBM ini sama untuk semua motor?” …..

iklan iwb

Bisa dongggg….selama bisa menggunakan FDR aman. Kecuali sampeyan nunggang traktor, lupakan cak. Tapi tentu hasilnya bervariasi karena ada banyak hal yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar, seperti gaya mengemudi, kondisi motor dan kondisi jalan. Misalnya, sampeyan nunggang motor pecicilan sabet kiri kanan….hanya keajaiban yang membuat motor sampeyan irit. Atau melewati jalan yang macet sudah tentu akan lebih boros BBM dibanding pengendara motor yang melewati jalan yang lancar. Pertanyaannya lagi…apakah gelinding rendah akan membuat traksi berkurang alias licin ??

Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa ban EST tetap memiliki daya cengkram yang baik. FDR mengetes langsung menggunakan motor untuk membandingkan jarak pengereman antara ban regular dan ban EST. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa ban EST memiliki daya cengkeram yang baik, dimana jarak pengereman 2% lebih pendek dibanding ban regular. HHmm…menarik tenan ki. Koq bisa ya, mengapa ban EST memiliki hambatan gelinding rendah tapi tetap memiliki daya cengekeram yang baik saat pengereman? dari sini IWB harus milin kumis berkali-kali. Opo jawabannya jal…..

Jadi gini pakde….hambatan gelinding dan pengereman adalah dua hal yang berbeda. Hambatan gelinding itu dilihat saat ban bergerak sementara untuk pengereman, ban yang tadinya bergerak dibuat berhenti dan mencengekram permukaan jalan. Racikan teknologi material ban EST dirancang untuk tetap memiliki daya cengkeram yang baik. Oalahh ngono to. Kayaknya dari komponnya neh. Terus…apakah klaim hemat BBM sudah teruji ??

Tentu saja sudah cak. Ban EST sudah melalui beberapa pengujian baik internal maupun eksternal dan terbukti bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Salah satu pengujian eksternal yang dilakukan adalah dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Pengujian tersebut menggunakan metode pengujian full to full. Hasilnya, ban FDR dengan teknologi EST bisa menghemat bahan bakar hingga 7,1%. “Apa yang dimaksud dengan pengujian full to full?” …

Pengujian full to full itu membandingkan konsumsi BBM motor yang menggunakan ban regular dan ban EST. Tangki BBM diisi penuh lalu motor dijalankan dan kecepatan yang sama. Kemudian dilihat berapa banyak BBM yang berkurang antara ban regular dan ban EST. Wisss mulai kena racun ki asli, celengan obah-obah mulai tersedot. Yang tadinya mata ngantuk mulai makin melek. Dan pertanyaan lanjutanpun timbul….” Teknologi EST ini ada di ban FDR apa saja?”…

FDR sudah mengeluarkan dua ban harian yang bisa menghemat bahan bakar, yaitu Facio EST dan Sport XR Evo EST. Facio EST tersedia dalam ukuran 80/90-14 TL &90/90-14 TL dan Sport XR Evo tersedia dalam ukuran 80/80-14 TL dan 90/80-14 TL. So..sampeyan sudah bisa membeli kedua ban tersebut di toko-toko dan bengkel. Waaaahhhh……sayang buat motorsport belum ada kieee. Masih matic cak rata-rata. Beruntunglah buat sampeyan pengguna matic. Semoga saja dimasa depan lahir juga untuk motorsport, iyo ora cak….

Last….pengembangan konsep eco product ini sudah dimulai dari 2012. FDR bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dalam lomba irit bahan bakar se-Asia, Shell Eco-Marathon. Sejak saat itu FDR selalu mendukung tim-tim Indonesia yang berlaga di kompetisi tersebut bahkan tahun ini tim Indonesia yang menggunakan ban prototype FDR bisa lanjut bersaing di tingkat internasional, yaitu Driver’s World Championship. Tidak hanya itu, sejak 2016 FDR mendukung Kontes Mobil Hemat Energi yang merupakan kejuaraan nasional antar perguruan tinggi se-Indonesia. Dari kompetisi tersebut, FDR sudah memperkenalkan dua ban prototype hemat energy. Seperti apa ban yang kita maksud? intip beberapa fotonya dibawah ini…..gazzz wissss (iwb)

iklan iwb
Previous articleSttttt Yamaha ada training new model cak, apa gerangan ?
Next articleSapu Bersih Podium U12, ART Yogyakarta Siap Sambut Final Motorprix
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!