iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..artikel ini IWB garap gara-gara tergelitik dengan opini yang secara pribadi cukup mengerikan. Opini yang berpotensi membuat kita kebingungan karena ada dua pendapat yang saat ini berkembang yakni….bumi itu bulat dan satunya datar. Yup….dua opini yang saling berseberangan. Awalnya IWB pikir semua hanya guyonan. Namun ternyata tidak cak, ada juga yang kekeuh dengan opininya bahwa Bumi adalah datar dan itu serius. Welehhh….Koq masih ada yang percaya bumi datar, tepuk bathuk cakkkk !

Entah dari mana awal opini bumi datar muncul. Yang jelas cukup banyak dan membuat IWB garuk-garuk alis. Opini juga meyakini bahwa edukasi yang diberikan kalau bumi ini bulat lewat gambar dan video hanyalah rekayasa digital. Jadi selama ini baik film ataupun foto-foto bumi yang diambil dari angkasa hanyalah rekayasa digital. IWB tidak akan mencampur adukkan dari sisi agama dan Biarlah kita berbicara dari sisi sains. Walaupun sebenarnya banyak penafsiran ayat suci yang menegaskan bahwa bumi itu bulat tapi kalangan ini tetap kekeuh dengan memberikan argumen-argumennya bahwa bumi datar. Lak yo heran cakkk…

Dari kecil hingga dewasa kita sudah mendapatkan konfirmasi bahwa bumi adalah bulat. Sistem tata surya kita juga dikelilingi planet yang bentuknya bulat. Bahkan bulatnya bumi ini sebenarnya sudah terjawab kalau sampeyan memperhatikan detik-detik gerhana bulan. Bentuk sabit bulan yang secara teori terbentuk akibat tertutup bumi tersebut tidak serta merta membuat kalangan bumi datar percaya bahwa bumi itu bulat. Yang menarik cak…. tidak hanya di Indonesia bahkan di luar negeri pun demikian…..

iklan iwb

Ada juga beberapa kalangan yang percaya bahwa bumi itu datar tergambar dari sebuah berita yang dirilis oleh viva. Seorang astronot muslim asal Malaysia yakni Sheikh Muszaphar Sukhor sampai harus melemparkan sumpah atas nama Allah bahwa bumi itu bulat saat dilihat dari angkasa. Berikut jawaban doi via Instagram…

View this post on Instagram

Pic – To all flat Earthers out there … I get thousands of DM’s on my Social Media asking me about the shape of the Earth and some even have the guts asking me to swear in the name of Allah . I thought I have made it clear on my previous postings showing pics I took from Space and my statements . And no matter how much I explain to them , I can never convince them … They are always sticking to their non-factual based evidence which I find appalling . On this Barakah Friday I’d like to make a point to these groups as what I have seen and known . “ Dengan nama Allah saya bersumpah bahawa Bumi berbentuk sfera seperi mana dilihat oleh saya di Angkasa “ I hope that clears the air … Salam Jumaat Everyone . Love As Always . PS – “ It’s harder to convince or debate with the uneducated compared to the intellectuals because they don’t understand the basic of knowledge “

A post shared by Dr Sheikh Muszaphar Shukor (@drsheikhmuszaphar) on

Untuk semua yang percaya bumi datar di luar sana …

Saya mendapatkan ribuan DM di Media Sosial saya bertanya tentang bentuk Bumi dan beberapa bahkan meminta saya untuk bersumpah atas nama Allah. Saya pikir saya telah menjelaskan pada postingan saya sebelumnya yang menunjukkan foto yang saya ambil dari angkasa dan pernyataan saya.

Herannya tidak peduli seberapa banyak saya menjelaskan kepada mereka, tapi saya tidak pernah bisa meyakinkan mereka. Mereka selalu berpegang pada bukti non-faktual yang menurut saya mengerikan. Pada hari Jumat Barakah ini saya ingin menunjukkan kepada kelompok-kelompok ini apa yang telah saya lihat dan ketahui.

“Dengan nama Allah saya bersumpah bahawa Bumi berbentuk sfera seperi mana yang dilihat oleh saya di Angkasa“

Saya harap itu membuatnya jelas. Salam Jumaat Semuanya. Cintai Seperti Biasa.

PS – “Lebih sulit untuk meyakinkan atau berdebat dengan yang tidak berpendidikan dibandingkan dengan para intelektual karena mereka tidak memahami dasar pengetahuan

Nahh…kuwi wis gamblang. Tapi IWB tidak akan berpatokan dari sana. Namun IWB hanya ingin share pengalaman pribadi saat terbang internasional dimana saat ketinggian pesawat diatas 36 ribu kaki sudah mulai terlihat lengkungan bumi. Lengkungan yang jelas memperlihatkan bahwa bumi itu bulat. Nggak ada rekayasa atau ngarang, mata kepala sendiri melihat bahwa bumi bulat termonitor dari sana cak. So….masih percaya bumi datar ? asli cak, alis IWB sampai meranggas kebanyakan digaruk saking herannya, koq iso yaaaa :mrgreen: . Tapi IWB yakin 100000 %, walau diyakinkan sampe jumpalitan gulung koming dlosor ora karu-karuan, kalangan tersebut pasti tetap ngeyel dengan opininya. Lek wis ngono jur kepriyeee? jarno waeeeee cak, koq gelemen mumet. Toh IWB hanya pengen nulis artikel ini karena gemes wae. Nah kalau sampeyan masuk golongan mana neh, percoyo bumi bunder opo gepenggg ?? :mrgreen: ……..(iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

122 COMMENTS

      • ga beda jauh sma dharmo, jimoo, jono, dll
        mau disodorkan data berjibun data mereka tetap ngeyel dgn kebodohannya.
        lebih enak berdebat dgn kaum intelektual daripada orang bodoh yg ngeyel.

    • Yg pasti sih bumi itu berkintur, ada dataran tinggi ada juga dataran rendah, mau bulet atau datar kalau ibadah kita masih mencla mencle sih gak gak guna juga ini hidup, apa lagi cuma mikirin bumi itu bulet atau datar, kaya gk ada kerjaan lain yg lebih berfaedah aja.

    • Siapa berani bilang bumi datar? Bumi itu bulat, kami sudah bangun pangkalan ojek di galaxy bima sakti dan sudah buka mendirikan kios2 utk menjual produk bumi seperti NASA, yang berkhasiat membersihkan racun di tubuh serta mengobati berbagai macam penyakit, tersedia di kota2 seluruh indonesia, pesan sekarang juga.

    • Membantah flat earth ga perlu pake kitab cak,,
      Kalo kita keliling lewat khatulistiwa. Itu 3 kali lipat lebih lama dibanding keliling lewat pinggir pantai antartika

      Kalo kita berkendara dari antartika ke kutub utara bablas terus pasti muter balik ke antartika lagi

      Teori flat earth ga bakal bisa menjelaskan kenapa bisa begitu

      Mau pake model flat earth kayak gimana pun ga akan bisa cocok dengan cukup 2 fakta itu

    • Yap bener Lek….kalau yg udah biasa naik pesawat dah biasa juga melihat bagaimana matahari itu bisa ngumpet dibalik lengkungan ( lingkar ) bumi.
      Jika bumi itu datar ..tak ada lagi perbedaan waktu antara negara ,percuma emang s terangin Lek ..kalau yg ngotot itu ..berasa dia yg paling bener…
      Kek beyek Lek..udah tau kasta rendahan..masih ngaku2 sultan ?

    • Bukane sing luwih anyar malah enek teori bumi kui koyo donat cak ?
      Asli gur nyawang judul berita tok gak moco …

      Alhamdulillah konco2 ku jik waras kabeh cak, dadi rung ngerti rasane eyel eyelan karo wong koyo ngono …

  1. Yang percaya bahwa bumi itu datar tentunya berpatokan pada kitab. (Terlepas dari tafsir).
    Keyakinan memang bisa membutakan,bahkan disodori fakta kaya apapun,matanya sudah buta. Itulah mengapa iptek tak akan berkembang pada bangsa yang mabok agama,tanpa sedikitpun mau melihat fakta.

  2. Sebenarnya titik utama kaum bumi datar bukan bentuk buminya cak, tapi mempermasalahkan dunia yg sudah diatur oleh elite global yg mengendalikan dgn cara dzolim

  3. Memang benar bumi itu datar cak, karena banyak bukti bahwa bumi itu datar, waktu ane dipesawat itu lihat kebawah cuma putih awan semua, tapi mau bumi datar atau bulat itu ga penting, yg penting saling menghargai pendapat masing2.

  4. Lah cak iwan kemana aja, perdebatan ini kn udh dari 2011 mencuat kok baru tau sekarang. Kalo mau jelas di youtube ada channelnya bossdarling flatearth101.

  5. FE 101, pemaparannya sangat jelas, terlepas bumi itu bulat/datar yg jadi consern adalah kezoliman yg dibuat oleh elite global. Salam people power

  6. Bukan berarti orang yg percaya bumi itu datar gak pernah sekolah, namun mereka tau banyak kekeliruan yg diajarkan pada ilmu disekolah yg sudah berlangsung bertahun-tahun. Coba dah cak, kalo anda telaah isi Al-Qur’an di Al-Qur’an surah Yasin Lupa ayat berapa, jelas sekali bahwa matahari mengelilingi bumi bukan bumi mengelilingi matahari sebagaimana yg banyak kita diajari di sekolah, dan pahami juga elit global cak. Ana lebih percaya Al-Qur’an cak, daripada akal , karena Al-Qur’an dari Allah , gak akan salah, otak kita kemampuannya terbatas, nanti cak Iwan bakal njelimet sendiri, namun tetap cak, Allah maha tau tentang apa yg ia ciptakan, dan Allah beri tau di Al-Qur’an. Kalo masalah bentuk bumi, para ulama ahlusunnah juga berbeda pendapat, namun untuk bumi bergerak atau tidak , jawabannya adalah diam gak bergerak dan tidak mengelilingi matahari, nanti akan paham banyak propaganda dibelakang kita.

    • Sama seperti evolusi manusia dari monyet, ini hal yg keliru, manusia sudah diciptakan dalam bentuk manusia, bukan dari kera, jika manusia dari kera, kok masih ada kera zaman sekarang..? Yang berbeda dengan manusia sekarang dan dahulu adalah hanya pada tinggi badan dan usia, namun jika bentuknya, sudah bentuk manusia , bukan dari monyet/kera. Dan di Al-Qur’an juga jelas bahwa Allah menciptakan Adam dalam bentuk manusia bukan monyet. Semoga bermanfaat cak.

      • Pemahanmu aja yg salah,, ente kenal dr ZAKIR NAIK.??
        dia penghafal alquran +terjemahannya dan kitab agama lain.
        Dr zakir naik pernh menjelaskan bahwa didalam alquran telah tertulis bahwa bumi itu bulat.
        Dan soal evolusi dr zakir naik jg menolaknya,, krna itu cuma TEORI darwin dan tdak ada du alquran.

      • @RHP Share
        ane cuman bisa bilang kalau pendapat anda begitu karena memang pengetahuan anda yang cetek… sebagaimana inti postingan di instagram tadi, percuma debat dengan orang seperti anda. saya cuman bisa kasih anda petunjuk “jangan percaya dengan apa yang anda baca / dengar tanpa anda lihat dengan mata kepala sendiri”. kalau masih ga ngerti juga, ya sudahlah itu memang nasib anda.

      • Aduh…. Evolusi itu perjalanannya bercabang bukan seiring…
        Kenapa masih ada kera ya karena yang berevolusi bukan jenis A tapi B. Dan dari B juga berevolusi lagi jadi C dan D dan yang survive belum tentu keduanya untuk melanjutkan evolusi. Lu kira kingdom animalia itu seuprit doang

      • Harusnya saya bisa liat Burj Khalifa kalau bumi itu datar..
        Teori Flat Erath itu bukan Science, perhatikan semua teorinya lebih ke Politik Global (lagipula apapun politik global bakal kalah sama ekonomi Tiongkok ko cak).
        Jadi kalau didebat masalah ilmiah ga akan nyambung.

        wong internet aja mereka ga percaya itu dari perpanjangan gelombang satelit

    • Kalo ada yg percaya manusia terbuat dari tanah berarti dia keturunan kendi,genteng,gerabah,pot,lumpur comberan…
      MuuuuUUUuuuueheheheheee….

    • Di surat yasin itu tdk mnjelaskan matahari mengelilingi bumi tapi matahari berjalan pada tmpt orbitny .bulan juga brjln pada orbit. Jgn langsung tergesa ambil kesimpulan . ada yg berpendapat matahari.bumi.bulan brjln pd orbitny di alam ini

  7. .
    Fifteen hundred years ago everybody knew the Earth was the center of the universe.

    Five hundred years ago, everybody knew the Earth was flat,

    and fifteen minutes ago, you knew that humans were alone on this planet.

    Imagine what you’ll know tomorrow.
    .

  8. Sama kayak satelit, bnyak yang gak percaya satelit itu ad, padahal klaimnya di ruang angkasa terdapat ribuan satelit. Tp gek pernah kliatan pake teleskop dr bumi.? Trus jika satelit ada yg di peruntukan teknologi internet, knp masih ada jaur fiber optic bawah laut antar negara. Ahh sudah lah, mikir untuk dapur saja..

  9. Dah ambil yang menurut ente2 semua masuk akal di pikiran masing2, contoh gw percaya bentuk bumi bulat, tapi gw ngga percaya teori Darwin yg bilang manusia itu evolusi monyet

  10. Dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa bentuk bumi itu bulat seperti telur, bumi berotasi pada porosnya sendiri, matahari mengelilingi bumi dan bulan juga mengelilingi bumi tpi bulan tidak berotasi. semua sudah jelas dalam Al-Qur’an. dihamparkan bukan berarti datar, sesuatu itu bisa dihamparkan ditempat yg datar tp jg bisa ditempat yg bulat.

  11. Pemahaman tentang bumi datarnya yg salah cak.. Ilustrasi gambarnya pembodohan publik.. byk2 baca sebelum buat artikel & bikin ilustrasi.

    • Setidaknya mereka ga asal ikut2tan & percaya para pembohong.. Sekali perbohong akan diikuti dengan bohong2 yg lain. Researc flat earth

  12. dan masih aj ada yg percaya manusia pernah ke bulan. Kalau ada yg pertama kenapa tidak ada yg kedua dan seterusnya, apalagi dengan teknologi yg lebih canggih sekarang.

  13. percuma sampeyan terangin cak, mereka udah telanjur percaya sama keyakinan mereka. meskipun dibawa ke luar angkasa sekalipun mereka bakalan nuduh kalo bumi bulat itu cuma rekayasa hologram.

  14. Kl mmng bumi itu bulat dan berputar pada garis edarnya. Knp saat terjadi gempa porak poranda dan terjadi sunami. Gempa sja porak poranda apa lg berputar. Getaran nya sperti apa. Nyiprat smua air di lautan. . . . .

  15. ban kendaraan aja boleh jadi mereka bilang kotak.

    bisa jadi juga sangat fobia melihat hal yg bulat2. meski tetap saja mereka sangat perlu melihat bulan & matahari yg berbentuk bulat sebagai pengingat waktu.

  16. Gue lebih Percaya Bumi Datar. banyak kok buktinya. tapi saya juga menghormati yang percaya Bumi Bulat. yang perlu kita waspadai adalah Elit Global dan Penyembah dajjal. !!

  17. yg bilang bumi itu datar mungkin itu orang lumpuh kali ya? yg tiap harinya tidur dikamar..kgk pernah lihat bulan..matahari..kgk pernah naek pesawat kgk pernah sekolah…contoh gampang saja! kapal semakin jauh dari daratan kekihatan smakin tenggelam dan hilang ditengah tengah lautan. itu bukti klu bumi itu bulat. ?

    • contoh juga terjadinya pasang surut air laut.
      klu otak kalian maksud dari coment saya…pasti pernah sekolah…??

      • faktanya kapalnya ilang. coba lo beli teleskop terus lo zoom ke arah pulau kalimantan, kelihatan nggak?
        MuuuuUUUuuuueheheheheee….

      • Sebelum merasa paling tau pelajari dulu apa itu perspective & curvature.. Praktek simpelnya mudah kok kalo ga bs beli teleskop liat aja gunung yg jauh harusnya kamu cuma bisa liat puncaknya aja.. Nyatanya seluruh badan gunung ttp nampak.. Saya ada di wilayah purwokerto bisa liat gunung sindoro, sumbing, merbabu (tertutup sumbing) merapi. coba cek sendiri jarak antar kota trsebut.

  18. Hargai aja pendapat masing2 toh cakk…
    Mau yang percaya bumi bulat, ya silahkan
    Ada yang percaya bumi datar, ya silahkan…
    Masing2 punya keyakinan, pendapat & bukti
    Gak akan habisnya ber adu argument, Malah bisa2 jadi permusuhan nantinya.
    Urusi aja kehidupan masing2 toh, Kerja keras, ibadah di perbanyak, persiapkan amal Soleh.
    Usia gak ada yang tau ampe kapan.
    Toh nanti ketika di hisab, yang di tanya amal soleh mu, bukan Percaya bumi bulat atau bumi datar.

  19. Klu bumi bulat n berotasi dengan kecepatan 1670 km/jam, aku dari Medan ke Jakarta naik pesawat yg kecepatannya 900 km/jam gak nyampek2 la leeek wan

    • lah.. lu kalau naik bis kecepatan 100km/jam, terus mau balik ke kursi depan dari toilet belakang dg kecepatan jalan 0.3km/jam, gak sampe2 kursi depan donk…
      koplak… sekolah dulu banyakan bolos lu ye..?

  20. Bukan bumi yg mengelilingi matahari tapi matahari yg mengelilingi bumi

    لَّذِي خَلَقَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

    “Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” [Al-Anbiya’/21 : 33]

  21. dari artikel ini kelihatan kalo sekitar 70% penduduk indonesia percaya bumi datar cak. tapi nggak perlu kawatir, di luar negri yg negaranya maju sekalipun banyak juga yg percaya bumi datar. bahkan flat earth society mengklaim kalo mereka punya anggota “all around the globe”.
    MuuuuUUUuuuueheheheheee……

  22. Dimanapun ada artikel tentang apakah bumi itu datar atau bulat, gue selalu sukak baca komentar para netijen Indonesia.

    Seru! Hahaha

    • pahami dulu konsepnya jadi pelajari bukan berarti kita menutup diri untuk bisa lebih tahu dan apa yang sudah kita pelajari dari jaman sekolah dulu, jadi di bumi datar itu bumi itu sangat luas dan dikelilingi oleh apa yg kita kenal sebagai kutub selatan dan di balik kutub selatan itu yg masih misteri dan manusia di perkenankan untuk mencari tahu dengan berbagai macam keilmuan, dan konsep bumi datar itu kita dikelilingi apa yg disebut kubah di langit dan dalam konsep bumi datar bulan dan matahari tidak sejauh seperti yang kita pelajari di sekolah. dan bulan dan matahari berputar dengan memiliki sifat sinar cahaya yg bersifat lokal…makany bisa terjadi siang dan malam, mungkin simplenya coba aja lihat seperti logo yin dan yang yg artinya keseimbangan jadi matahari panas bulan dingin. masih banyak yang kita harus pelajari, dan kita jangan menutup mata dan telan mentah2 apa yang sudah kita terima dan pelajari dari jaman sekolah, karena semua itu sudah sistem yang diatur sedemikian rupa, kita bisa berpegang kepada kitab suci dan sekaligus melakukan penelitian serta pembuktian2, nanti dengan sendirinya akan menemukan sesuatu yg menurut kita bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

  23. Bumi itu BULAT.
    Di topang Kutub Utara Dan Kutub Selatan untuk berRotasi.
    2 dataran ini yg paling sulit untuk di Exsplorasi karena cuaca yg ekstrim…
    Banyak Dokumentasi untuk Exsplorasi Kutub Utara tp sebaliknya sangat sedikit Dokumentasi untuk Exsplorasi Kutub Selatan…
    Ketemu Video Dokumentasi yg ANEH tentang Kutub Selatan (https://youtu.be/wl2BGl3DpQs) Tolong di tonton sampe habis (Klo nggk punya kuota bisa cari WiFi gratisan… Wkwkwkkk)
    Bis liat tuh video langsung Tepok Jidat Sampe Merah Cak!!!!

  24. Kentekan bahan ta cak..?
    Blog tentang motor kok bahas ginian.
    Saplok sandal lily kapok?

    Kiro² onok sing jek ero sandal lily ta?

  25. Klo pemikiran ane bumi bulat dan datar kesimpulananya dari sains bumi bulat, bumi berputar matahari karna dia pusat tata surya atau bisa di sebut pemimpin tata surya nya matahari, klo bumi datar, bumi yg menjadi pusat tata surya, krna unsur tanah dan air seperti manusia. Jd kepikiran knp bangsa jin tdk mau bersujud kepada manusia krn dia dari api sedang kan Manusia tanah. Bgi bangsa jin unsur api itu lebih baik dari tanah. Padahal yg tau lebih baik itu yg menciptakan nya krna dia yg membuatnya langsung dengan kekuasaannya. Dan disini kita berpikir bila matahari lebih besar dari bumi berarti bumi hrs tunduk pd matahari, padahal bertolak belakang pd hakikat penciptaan manusia yg unsurnya dari tanah.

  26. Gni ajh. Sebutin ap yg buat lo yakin bumi itu bulat.

    Dan sebutin ajh aph yg lo yakin klo bumi itu datar

    Biar orang baca. Yakin mau pilih yang mana..

  27. Lek menarik pembahasan nya,, tp coba lek bandingkan data saintifik antara bumi bulat vs bumi datar,, klo bumi bulat kan banyak pembahasan nya, klo flat earth dulu saya liat d channel youtube Flath earth101,, cukup menarik juga lek pembahasan nya,, cuma ga tau benar atau engga, masalah naik pesawat yg lek iwb bahas d atas pun mereka bahas juga dengan data,,,
    Skrng ga tau channel youtube nya masih ada atau enggak,, tp klo lek iwb tertarik dengan kekonyolan pemikiran flat earth ga ada salah nya mampir ke channel itu,, subs nya dah lumayan loh lek di atas 200k , dan channel nya ga di monitize,, ga tau apa yg mereka cari

  28. Akun yusuf nya Flath earth 101 menarik buat di jelajahi lek,, sebelum kena banned yusup kek nya ga ada salah nya nonton buat hiburan lek

  29. Kalangan flat earth mengemukakan argumen mereka dengan data, angka, dan sebagainya. Tapi elu membantahnya hanya dengan opini dan argumen dangkal. Otak elu bro yang datar…

    Ohya, kalangan flat earth juga gak maksa elu mau percaya bumi bulat atau datar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here