iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sepertinya artikel IWB berjudul ” Honda CBR250RR dengan mesin 4 silinder ??” banyak dijadikan acuan artikel beberapa media luar termasuk Bloggers bahkan para followers. Mereka cukup yakin Honda akan melahirnya Honda CBR250RR bermesin 4 silinder. Apalagi seperti yang kita tahu resources Honda sangat besar dan sangat mumpuni untuk melakukannya. Pertanyaannya….mungkinkah Honda CBR250RR bermesin 4 silinder akan dirilis ditanah air? atau produk ini akan menjadi global produk untuk mengganjal Kawasaki new Ninja 250 4 silinder nantinya ? berikut analisa IWB…

Kehebohan CBR250RR 4 silinder cukup terasa pasca IWB menelurkan artikel berjudul Honda CBR250RR bermesin 4 silinder? artikel yang IWB rilis pada tanggal 9 September tersebut bahkan di ping dan dijadikan acuan referensi beberapa media lokal bahkan luar. Nggak berlebihan cak karena siapa sih yang nggak kenal Honda. Pabrikan ini kalau sudah serius garap mesin, nggak usah ditanya superiotasnya. Pengalamana bertahun-tahun garap mesin 4 Tak menjadi modal penting yang tidak bisa ditampik…

iklan iwb iklan iwb

Apalagi dimasa lalu Honda juga pernah memiliki produk dengan mesin 4 silinder yakni CBR250RR MC19 ataupun MC22. Sebagai informasi CBR250RR MC22 dirilis Honda pada kisaran tahun 1990-1994. Saat itu motor yang dijejali mesin DOHC 4 silinder inline 16 katup ini memiliki tenaga hingga 45HP dengan torsi 21,5Nm. Yup…ledakan atasnya nggegirisi namun torsi emang jauh dibandingkan inline 2. Itulah karakter 4 silinder cak…

CBR250RR MC22 dimasanya mampu meraih top speed dikisaran 205 km/jam. So…mesin era modern 250cc sekarang dipastikan bertekuk lutut melawan CBR250RR jadul ini. Apalagi bobot kosongnya hanya 143 kg. Nah, artinya tidak diragukan Honda sudah memiliki pengalaman luar biasa garap mesin 250cc 4 silinder. Tapi jika pertanyaannya, “ Mungkin nggak Honda nyusul mengeluarkan CBR250RR dengan mesin 4 silinder ?? Diartikel sebelumnya IWB sudah memberikan sedikit informasi bahwa sebelum lahir K64A, sebenarnya Honda sudah memasukkan opsi mesin 250cc 4 silinder saat masuk RND.

Namun setelah dilakukan survei mendalam, menurut AHM mesin 2 silinder adalah spek yang cocok untuk CBR250RR. Konfirmasi ini dilayangkan Toshiyuki Inuma (Presdir AHM) saat interview peluncuran CBR250RR beberapa tahun lalu. ” Ya, kami sempat mempertimbangkan mesin 250cc 4 silinder saat RND CBR250RR. Termasuk sasis model parimeter. Tapi kami memilih 2 silinder karena lebih efisien serta tetap powerfull. Sebab kami juga harus melihat dari sisi pricing agar tetap terjangkau. Dan iini adalah paket terbaik dari Honda untuk para konsumen…” tukasnya saat itu….

Dari sana cukup banyak pertanyaan mampir ke warung IWB, apakah Honda CBR250RR bermesin 4 silinder akan lahir ? apakah setelah Ninja 250 4 silinder Honda akan nyusul dengan mesin konfigurasi yang sama ? ……

Menurut IWB jangan berharap banyak. Betul cak, saran IWB jangan berharap banyak. Setidaknya untuk saat ini, buang dulu harapan tersebut karena IWB belum menemukan sama sekali indikasi kearah sana. Artikel sebelumnya bukan lantas merupakan penegas bahwa Honda akan merilis Honda CBR250RR bermesin 4 silinder, bukan pakde. Namun hanya memberikan gambaran bahwa pabrikan Honda memiliki sumberdaya dan kemampuan yang sangat besar jika ingin melakukannya. Tapi biasanya mereka melihat seberapa urgent untuk garap Honda CBR250RR bermesin 4 silinder. Dengan pasar seperempat liter yang megap-megap rasanya Honda tidak akan tertarik terjun kesana…setidaknya belum tertarik….

Last….itulah jawaban IWB atas beberapa pertanyaan atas gosip CBR250RR 4 silinder. Jawaban ini berdasarkan terawangan ilmu lampah lumpuh serat jiwa dengan hasil “negatif”. Btw….strategi bersifat dinamis. Begitu juga market yang terus berubah. Disini pabrikan biasanya akan menyesuaikan, mana jalan terbaik yang akan ditempuh. Dan hingga detik ini pokoke masih negatif cak, IWB belum menemukan indikasi kesana. Entah 1-2 tahun kedepan, sik kudu diterawang ulang. Apalagi Ninja 250 4 silinder wae belum turun, iyo ora. So….Honda CBR250RR bermesin 4 silinder?? wis ora usah ngarep…..adoh pakdeeee sik annn, lek ora malah nggak ono kiiiiieee :mrgreen: ……(iwb)

Advertisements

86 COMMENTS

      • Karena lemot makanya 155 cc + vva..
        Untuk 250 gg bisa lagi plus 5 cc jadi 255 cc..
        Amsyong kena pajak moge..

      • Kawasaki aman kok klau mengeluarkan 4 silinder, krn honda sdh terlalu sibuk dgn varian mereka yg ada, selain itu menunggu reaksi pasar. Lihat saja kawasaki ninja 250, Honda menyusul mengeluarkan produk setelah diatas 5 tahun

    • BOOOZEEEENNNNNNNN…. BAAAAHHHAAASSSS 250CC 4SILINDEERRR..
      KAWASAKI KLO MAU BIKIN 4 SILINDER BROJOLIN AJA JANGAN BANYAK CINCONG..

      • TIBANG MOTOR AJA PADA BACOT BANGET ABANG2 INI KAYA ORANG NGGA BERPENDIDIKAN MOTOR SAMA AJA KOK BUAT JALAN2 JUGA.UDAH CUKUP MALU2IN SAMA ORG INDONESIA YANG OVERPROUD

    • cebong 2 silinder aja diobral, apalagi 4 silinder.
      udahlah. ente cocoknya main di kelas jongos 150cc aja
      jadi penguasa di situ, kelas receh.

      jangan main di kelas elite.
      KAGAK KUAT ENTE.

    • H cuma berpatokan pada Grafik…jika perlu diluncurkan atau emang masanya untuk diluncurkan..klik..maka motor tsb langsung ada .
      H hadir hanya untuk menyeimbangkan..sebagai Penyeimbang pasar, walaupun pada akhirnya selalu jadi ‘ penguasa ‘
      Gak kek sebelah ,lahir ini ono itu ..makan saudara sesama merk.. tindih yang ini nginjek yang itu..kacaaau ,yg 1 laku yang lain modyarrrrr…
      H ? H gak segegabah itu..H selalu mateng dalam sbuah keputusan.
      So …4 cyl ? Meremmm Leeeekkj..gak oerku krasa krusu..
      Saiki nikmati Adv150 dan menyambut si Adv250..
      Wuzzzzzzzz…..Buanterrrr Reeekk

      • penguasa apaan cuy?
        penguasa kelas receh, kelas jongos iya. maklum cuma modal ktp langsung bawa plg
        begitu main di kelas 250cc yang ada apa?

        DIOBRAL MEN WKWKWKWWKWK

        KAGAK LAKU.

        padahal harga udah dimurahin

        KAGAK LAKU

      • hhah kyak jualan punya nte yah r25?
        mana ada d jalanann bro, makin nyungsepppp…

        cbr masih banyak d jalanan.. wkwkwkw

  1. Kl mengacu pada regulasi pajak kita + potensi demografi kita (middle class yg melimpah), kedepan nya pabrikan akan fokus pada cc kecil dengan fitur yg melimpah (tidak menutup kemungkinan juga skema produksi cc besar maupun insentif terhadap nya). Karena sbg user motor terbesar ke-3 di dunia, Indonesia pasti dijadikan tolak ukur di beberapa sektor.

      • katanya smartttt..semua soal bisnis cungg..ingat itu..smartlahhh..jangan cima label doang smartmya..ekekek..keliatan donhpnya kan???

    • Dan H Ngahaem khususnya emang punya strategi khusus bahkan siluman..
      Selama kanvaz rem beat masih keras…selama itu juga H leluasa mempermainkan lawan wkwkwkwk

  2. Saat itu pertimbangannya adalah Harga karena yang mau di lawan Ninja 250 2 silinder,.. kalau bener kawasaki ngeluarin ninjna 250 4silinder besar kemungkinan cbr juga pasti ngeluarin cbr250 4silinder karena udh ngga mikir soal harga

    • H hanya berkaca pada minat dunia , dunia berminat? H tetap wait n see sampe ada signal terakhir dimana memang diperlukan untuk Terjun..
      So..jikaH gk berbuat- belum berbuat dalam beberapa tahun..walaupun udah ada lawan bermain beberapa tahun d sana ,itu artinya hasilnya belum seberapa dubanding jualan kanvaz rem beat .
      Melahirkan kembali 4 cyl ? Yakin..H bakal melahirkan jija memang lawan ada bermain- punya pridux di kelas tsb…namun sementara waktu ( bisa beberapa tahun ) mengamati dan menghitung ..apakah keuntungan yg semisal didapat Kawak tsb layak diperebutkan?..
      Jika layak..maka booomm…H bisa seketika masuk dipermainan tsb

      • dan BOOOOOMMMM seketika masuk di kelas itu ternyata. . . . . .

        DIOBRAL. padahal udah dimurahin. tetep aja

        KAGAK LAKU..

        ngoahahahahaha…

        yang laku cuma kelas receh, 150cc. kelas jongos, modal KTP langsung bawa pulang.

        ngoahahaha

        jangan ngimpi 4 silinder deh, 2 silinder aj numpuk di gudang.

  3. Iso mu mung mbuntut ndaa ngonda

    Mio lahir ngonda mbuntut mbeet
    Nmax lahir ngonda mbuntut picex
    Klx lahir ngonda mbuntut crf
    Ninja 2cyl lahir ngonda mbuntut ceboker
    Saiki ninja 4cyl mau brojol ngonda ws pecicilan

    Pabrik radue prinsip leading inovation, isone mung ngiri

    • Meong d hajar mbit,, modar
      Namek d jegal piciex,, ngap2n,, po mneh d tambah adv,,,
      Klx d rusui crf wes ketinggalan,,
      Ninja d rusui cbr,, mending iso 11 12,, timbang er er er,, ntah kemana,,

      • miong dihajar mbit
        piksen dihajar cebong
        klx disusul crf
        namek dijegal piciex

        TAPI INI NINJA LUR.
        motor 250cc ya NINJA.

        terbukti ngonda ikut ikutan main 2 silinder hasilnya apa?
        motornya DIOBRAL cuy. KAGAK LAKU.

        ngah ngah.

      • Bagi H pioneer itu punya arti lain bro..dalam kasus ini, H menjadikan Y pioneer ,asisten atau jeleknya dijadikan kelinci percobaan.
        Y diberikan waktu dan keleluasaan mengeluarkan produx hingga membuka pasar.. ibarat kate..H memberikan Y cangkul arit golox dsb untuk menebas semak – membuka jalan.. jika jakan tsb memang membuat orang rame berlalu lalang..maka H nimbrung dg enak disana..yah, H itu jahat? Gak juga…Begitulah hukum alam..yang Kuat memanfaatkan yang lemah..yang lemah harus jungkir balik cari celah buat bertahan hidup. Kenapa H gak bisa dibilang jahat? Karena H masih memberikan bagian ,dimana tetangga masih dapat punya kans..kesempatan dari hasil keringatnya.

    • H itu sultan dimana mana..jangan iri ,
      Kelas 250 udah dipegang H tahun ini..walaupun yang banyak lakunya versi harga 59 dan 61 jt ..bukan tipe tertinggi..tapi mirip dg ninja jg ,tipe tingginya susah bergerak.
      Bisa kita lihat.. H dan K punya harga tinggi dg produknya ,namun yg pegang penjualan adalah 2 pabrikan ini..truz Y kemana ? Reject250 kemana? Harga murah dari semua ,kok kaga ada yg beli ?
      .

      • HOAX.

        buktinya

        DIOBRAL

        ngah ngah ngah

        laku kok diobral? kalau laku ya pasang harga tinggi, bukan diobral.
        sales macem ente kagak tahu logika ya.

      • [email protected]
        sales macam nte juga ngaku ngakuin aja, padahal produk nte semdiri belom laku, jadi biasakan komensesuai produk nte cungg..

        malu yah produk bte ga laris hanya r25 d gudang… wkwkwkwkw

    • @hohe: udah sebar brosur dulu sana yang bener…ntar target ga kecapai ga bisa bayar listrik lagi…😜

      Jangan lupa minum kiranti, biar ga bawel kalo lagi datang bulan 🤪

      • Ada noh cbexmo 250 keren malah , untuk indo napa belum? Karena cukup berkaca pada tetangga.
        Tetangga dibiarkan bermain sendiri…lepas gak dibayangin oleh H ..hasilnya? Mangkrak Total…
        So, apa guna ditandingi..yg ada H laris sendiri dan tetangga koit sendiri.
        Y Dibiarkan saja..lowh , mekenggang sendiri….kurang baik apalagi coba H ?

      • laris cuma kelas receh, kelas jongos modal KTP macam mbit.
        begitu main di kelas 2 silinder yang ada.

        DIOBRAL.

      • perbaiki dulu mesin nte cung, masa terlemot dikelasnya.. katanya raja king ARRC..

        ahh ngomong doang nte,,,

    • Coba sebutkan kelas receh hingga kelas suoer Premium yqng mana H itu kaga laku . hnd Cub aja jauuuh lebih larisss dri vixonh yg 3 unit sebulan..tau harga cub? 60 jeti , mau naik yg kelas berapa ..mari sebutin..bandingkan dg jualan Y .
      Mau produk apapun diadu antara H dan Y ..tetap..Y itu kasta rendah .wkwkk
      Owhh xmax kebih laris dari forza..karwna belum ditandingi tong .. dilokalin coba..langsung masuk gudang noh si Max wkwjjw.
      Xmax sekarang 60 jt
      Ngilangin suara ngorox khas Y butuh 3 jt agar bisa silent kek forza.
      Kasih keyless butuh 2 jt +-
      Kasih elektrik winshield butuh 2 jt +-
      Kasih fitur komplit di speedo butuh 2 jt +-
      Kasih shock kyb ori butuh 3 jt
      Masih banyak lainnya.
      Nah xmax sekarang dikasih item diatas akan menjadi 72 juta wkwwkjwj..
      Kebayang gak..Firza dilokalin? 11 12 harganya..bisa semaput si xmax..auti masux gudang wkwjwj

  4. Menurute inyong sing wong awam,
    AHM/Honda akan wait and see terhadap kiprah si Kawak 4 silin.
    Nek lariz maniz,
    (setidaknya menurut ilmu kanuragan terawangan tengkureb mlumah ngesot dan ndodok,
    1WB dan Kang Tauf1k juga nunggu Kawak 4 silin ini),
    maka AHM/Honda akan menelurkan produk 4 silin.

    Sultan mah bebas.
    Nek produk lariz, ya dikejar terus,
    nek produk sepi peminat, ya rasah dipikir.

  5. kebiasaan nih iwb, goreng sendiri terus dibuang, konsumen jadi melongo…terus maksudnya apa, opooooo iki…..
    bilang aja kawasaki musti buru buru keluarin 4 cylinder, daripada di tikung sama honda..gitu ya…

    • Kang iwb ini sebenarnya FBY loh mas, cuma YIMM nya aja sering ngecewain, jdi plariannya ke Kawak, tagline the firs movernya itu yg ga ada di Hondiah, klopun ada itu cuma sedikit sisanya ya ngekor, klo di Hondiah cuma cari makan dsmping hondiahpun membutuhkan jdilah muncul simbiosis Mutualisme yg saling mengntungkan, munafik rasanya jika para blogger ato vlogger ga nyari duit, tah ujung2 nya jga perut itu lumrah dan normal selama ga keluar dri koridor
      Bila berlebihan macam [email protected] pasti udah sepi ini blog
      Kang iwb sejauh ini cukup netral kok, sindiran iwb ke YIMM itu buat menegur jika memang ada yg salah dalam melakukan strategi,tpi bnyak sales Y pada kelojotan salah paham, yaudahhh dstu H masuk seakan2 jdi obat kekecewaan kang iwb, beda dngn beha ketika iwb sindir hondiah mereka cendrung santuy, tah masih jdi pemimpin championshipkan hehe

      Piss kang ini hanya opini pribadi aja ya no counter attack
      Salam satu aspal

      • vloger atau bloger seperti tanaman angrek, indah . Simbiosis Komensalisme, menguntungkan bloger,tapi tidak merugikan pabrikan
        mereka jembatan informasi buat pabrikan dan konsumen

        mas iwb, maaf kalo saya salah opini

  6. “Tapi kami memilih 2 silinder karena lebih efisien serta tetap powerfull. Sebab kami juga harus melihat dari sisi pricing agar tetap terjangkau….” Dulu jawaban Kawasaki jg gini ekt IWB wawancara setahun yg lalu… Tp ternyata muncul beneran 4 cylinder… Prediksi sy malah kebalikannya lik, Honda ingin sapu besih market share di semua segmen, toh resources nya paling mumpuni, gampanglah, paling lama 2-3 tahun R&D sebentar langaung brojol yg lebih keren, kaya fitur, & powerfull, yg bakal menjadi benchmark baru di segmen nya… Honda selalu gt deh… Emangnya Y selalu serba nanggung & sok logis akhirnya ketingfalan kereta?

    • Menelurkan 4cyl namun tidak memghapus 2 cyl..karena 2 cyl ..memiliki power tersendiri dikelasnya dalam penjualan ,250Rr bakal makin leluasa melenggang..disaat oabrikan lain harus berlari dan berlari dalam Pelarian dari tekanan.
      Sementara..gua masih menikmati 250RR repsok gua..cukup dg mode sport…ediaaaan luar biasa , faceliftnya nanti? Aaaah bisa menggoyahkan iman wkwkwkwj.

      • melenggang di gudang dan diobral. karena kagak laku. ngoahahaha
        udah harga paling murah,paling ganteng (kata FBH) tapi tetep kagak laku
        udah ngonda main di kelas kroco aja
        kelas 250cc terlalu tinggi buat ente.

  7. smaa di masanya semua parrikan nelurin 4 cyl..tidak menutup kemungkinan H dan Y bamgun kembali 4 cyl…nahh..bagaimana gonggonhan para kiriker kalo itu terjadi??? ekekwk

  8. Masalahnya yg mampu beli itu siapa, honda pasti bisalah toh dulu juga udah pernah buat. Tembus 100jt up apa biker indo semua punya duit ??? Itulah pertanyaan sebenarnya yg perlu dipikir.
    Toh motor sport 250cc 60jt aja udah pada teriak mahal bla2. Matic 20an juta aja masih kredit.
    Sadar diri aja, kalo mau motor kenceng ya siap2 keluarin duit lebih, kalo gk ada duit ya cukup motor sewajarnya yg penting buat kendaraan sehari2 cukup.

  9. Kalo Honda mau ngeluarin 250CC 4cyl, otomatiis pasar yg harus ditarget itu pasar global, alias pasar premium dengan produksi yg limited, jd bukan khusus utk Indonesia aja.

  10. Tetap 2 silinder 250cc, tapi yg beneran spec superbike, pasti bisa di atas 50hp. Lha 1000cc, 4 silinder bisa 200HP, single silinder 250cc masak gak bisa 50HP, apalagi 2 silinder mesti bisa 55-60HP dengan material ala literbike. Pasti bobot bisa dipangkas di bawah 140kg, lha motor jadoel 4 silinder 30tahun lalu aja bisa masak 2 silinder 2020 gak bisa lebih ringan, harga pasti di bawah 600cc 4 silinder yg sekitar 11k USD, kalau gak kena pajak pasti lebih murah drpd 4 silinder 250cc yg cuma pakai trellis frame.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here