iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…MotoGP secara Resmi mengumumkan Jadwal Test untuk musim 2019 hingga 2020 serta rencana lain ditahun 2021 mendatang, dan serangkaian test akan dimulai Pasca Race Valencia, Spanyol bulan depan. Ada beberapa perubahan pakdee. Seperti apa ? Monggo dicatat, inilah jadwal tes Motogp 2019-2020 !!

Sebelum berita ini dirilis oleh Motogp.com, Squad Komisi Grand Prix Komisi Grand Prix, yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA), telah mengadakan Meeting secara online yang diadakan setelah putaran kelima belas MotoGP Chang, Thailand. Lebih tepatnya tanggal 7 Oktober. Dimana Meeting tersebut dikhususkan membahas terkait Jadwal test MotoGP musim 2019, 2020 dan 2021.

Test pertama yang dimulai sebagai awalan untuk persiapan musim 2020 akan berlangsung di sirkuit Valencia pada tanggal 19 dan 20 November. Hanya berselang tiga hari saja setelah seri Pamungkas yang juga berlangsung disirkuit Valencia. Selang lima hari kemudian Test kembali dijadwalkan plus menandai penutupan segala macam kegiatan Motogp di tahun 2019, test ini digelar disirkuit Jerez, Spanyol pada tanggal 25 – 26 November.

Berbeda dengan test Valencia yang memang bersifat Official dimana seluruh Tim dan Rider wajib mengikutinya, namun test Jerez ditetapkan sebagai Test Private dengan tetap dibawah kendali pihak MotoGP. Artinya tiap tim dan Rider bisa memilih ambil bagian ataupun memilih skip, biasanya tim Satelitlah yang absen jika ada jadwal Test Privat semacam ini demi menghemat biaya pengeluaran pakdeee..

Kemudian Test pra – musim kembali dilaksanakan pada awal bulan Februari 2020. Dimana akan ada jatah 3 Hari Shakedown Test disirkuit Sepang, Malaysia pada tanggal 2 hingga tanggal 4 yang dikhususkan untuk Para Test Rider tiap masing masing pabrikan, dan berlanjut Official Test yang juga digelar diSepang pada tanggal 7 Hingga tanggal 9. Dan test Pra musim 2020 ditutup dengan Official Test yang digelar pada sirkuit Losail, Qatar di tanggal 22 Hingga tanggal 24 Februari, dalam artian lain 2 Pekan sebelum Kick Off Seri pertama.

Nahh…Test selama Musim berjalan inilah yang alami perubahan cakkk, mengingat tidak ada Jadwal Test yang digelar pada sirkuit Brno, Ceko. Dan digantikan Test sirkuit Baru Kymi Ring, Finlandia. Kemudian ada juga perubahan lain yaitu penghapusan test Pasca Musim Valencia dan langsung meloncat Menuju Test Jerez ditanggal 19 dan 20 November. Selengkapnya bisa sampeyan Cek list dibawah ini cakkk…

•Pra Musim•
(2019-2020)
-Valencia Test, 19-20 November (Official)
– Jerez Test, 25-26 November (Private)
-Sepang Test, 2-4 Februari (Shakdown – Test Rider)
-Sepang Test, 7-9 Februari (Official)
-Losail Test, 22-24 Februari (Official)

•Musim Berjalan•
(2020)
-Jerez Test, 4 Mei (Official)
-Catalunya Test, 8 Juni (Official)
-Kymi Ring Test, 15-16 Juni (Test Michelin & Hanya Test Rider)
-Misano Test, 15-16 September (Private)

Last…Komisi Grand Prix juga sedikit merencanakan Test lainnya yang akan berlangsung pada tahun 2021 mendatang, Tahun tersebut Juga akan mengalami perubahan jadwal Test walaupun belum ditetapkan secara pasti. Mereka mengatakan jika harus menunggu perilisan jadwal Resmi Motogp mudim 2021. Namun Komisi Grand Prix menyebutkan bahwa sirkuit Mandalika direncakan akan menggelar Test Pra Musim selama tiga hari jika benar benar masuk dalam kalender 2021,cukup menarik iki cakk. Terlebih Pihak ITDC Juga mengkonfirmasi via akun Instagram Resmi mereka dalam bentuk Video Pendek yang menyatakan Mandalika siap menggelar test Pada bulan Februari 2021. Kita nantikan saja kelanjutannya….(Cc for iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here