iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….beda dengan Indonesia yang sudah murni tidak memberikan subsidi pada BBM (kecuali solar) dinegeri jiran Malaysia tidak. Negeri upin ipin ini masih tetap memberikan subsidi yang diberikan pada rakyatnya dengan jumlah yang cukup besar untuk BBM. Namun tahun depan, pemerintah Malaysia akan sedikit merubah skema dengan mencabut subsidi tersebut untuk para biker moge serta mobil berkapasitas 1600cc keatas !!

Seperti dilansir The Star Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Dan Hal Ehwal Pengguna Malaysia memastikan akan menggunakan skema baru subsidi BBM. Skema ini tidak lagi memberikan beberapa hak kepada pengendara yang memiliki moge serta mobil bermesin 1600cc keatas. Dan yang menarik cak, subsidi ini hanya diberikan pada kendaraan dengan mesin 1600cc kebawah serta pengendara motor bermesin 150cc. Kecuali motor tua diatas 10 tahun baru bisa cak…

Dengan keputusan tersebut, subsidi BBM yang kini sudah beralih menjadi uang kontan yang disebut sebagai penerima Bantuan Sara Hidup (BSH) akan menerima uang kontan sebesar RM120 untuk kendaraan roda 4 dan RM48 untuk motor perempat bulan sekali. Jika dirupiahkan maka jatuhnya 405 ribu rupiah serta 162 ribu rupiah. Seluruh uang tersebut akan ditransfer kerekening masing-masing. Yahhh nggak gede-gede amat tapi lumayan cak. Yang menarik skema baru berlaku hanya untuk Semenanjung Malaysia. Artinya apa ?

iklan iwb

Skema ini belum berlaku secara nasional dan hanya didaerah tertentu. Sementara untuk daerah lain negara masih akan memberikan subsidi secara full untuk bensin oktan RON 95 yang kini dijual pemerintah Malaysia dikisaran RM2.08/liter atau jika dikonversi kerupiah maka jatuhnya sekitar 7 ribuan rupiah. Sedang untuk bensin non subsidi dengan RON 97 dengan banderol RM 2.60 atau jika dikonversi kerupiah sekitar 8700 rupiah. Weeihh non subsidi wae RON 97 cuma 8 ribuan……(iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

35 COMMENTS

    • Mantab PETRONAS YAMAHA SRT…. Patut diapresiasi, malaysia sudah masuk kategori negara muslim yang maju… seperti qatar, turki, arab, dan lain lain.. kita doakan bersama agar negara kita juga ikut maju, terutama maju dalam hal moral, akidah, syariat, dan ekonomi dan sumber daya manusianya ikut maju….
      Yamaha semakin didepan. Amin

  1. Premium sulit dapat d’spbu, antriannya pling pnjang, habis diembat pengecer smua.. Grand tua pun hrs minum pertalite setiap k’SPBU krna ga mau antri pnjang..

  2. Malaysia = Nilai mata uang tinggi, BBM murah, Sembako murah, infrastruktur baik, politik stabil, nikmat mana lagi yg kau dustakan ??? Sayang pilihan motor dsna ga banyak kyk disini, cuma bebek aja yg laku,,, itupun selalu lebih mahal dan jauh lebih kecil pasarnya drpd Indonesia,, org sana lebih memilih mobil sbg kendaraan pribadi,

    • iya rata rata kereta / mobil lulus sekolah SMA / SMK klo dah bekerja ada slip gajih bisa tuh kridit mobil di sesuaikan dgn penghasilan perbulan klo mau ambil mobil yg murah ,sedangatau yg mahal .

    • Krn.. Pemimpin negara nye org Melayu… Semua negara melayu kaya ” sampai mampu ambil buruh kasar dari negara lain.. hebat tak..

      Makannya kami melayu sumatera pengen…
      Dulu kami kaya di bawah kesultanan, uang kami pun emas dan perak,, Emas monas, pesawat pertama, uang pemerintahan pertame dari leluhur kami melayu Sumatera….

      Anak anak melayu dari kesultanan Abdul Hamid 2… Kelak bersatu, Sumatera, malaysia,brunai, thailand selatan..

      • dibawah kesultanan apa emang melayu kaya2?? dari mana duitnya??apa bisa sultan ngerubah daun jadi emas??mikirrrrr…..

    • yg bikin masalah di Indo sini itu pejabatnya pada korupsi dan masyarakatnya susah diajak disiplin.
      coba kalau minimal dua hal itu bisa diperbaiki, pasti Indonesia bisa lebih maju.

    • Ah yg benul tetangga lebih maju, bkanny kmren negarany ampir kolaps, gara” eks pmny korup wwkwkwksk negara tak punya kebudayaan asli itu kau puja”, enyah kau dari NKRI TERCINTA INI

  3. Jumlah penduduk cuma 25jt..ngasih subsidi ga bikin kering kas negara..lagian motor yg laku cuma 500rb pertahun..bedalah dgn indonesia..setahun motor yg laku 7jt mobil satu juta …sekarang yg menikmati subsidi ke balik…anggota dpr yg gajinya guede….iuran bpjs naek 100%,gaji dirut pun naek 100%…kek sinetron dunia terbalik

  4. Malaysia ini contoh negara kaya rakyat nya di subsidi ga kaya negara kita gembar gembor negara kaya rakyat nya boro boro dapat subsidi yang ada suruh bayar BPJS yang di naikan seratus persen yang ga bayar ancamannya susah ngurus SIM dll bilang nya BPJS gotong royong yang ada bikin rakyat pusing. Yang aneh nya lagi dalam undang undang fakir miskin dan anak terlantar di pelihara negara. Hehehe ternyata makin banyak di jalan.

    • Anggaran subsidi BBM Malaysia untuk 2020 itu rencananya 2,2 milyar RM, alias sekitar 7,5 trilyun rupiah dari total anggaran 4.000 trilyun… untuk jumlah penduduk 32 juta doank..

      Di Indonesia anggaran subsidi BBM-nya 33 trilyun dari total anggaran 2.000 trilyun.. untuk jumlah penduduk 260 juta..

      Ya tinggal banding-bandingkan aja.. cuma pertanyaannya duit negara yg terbatas itu mau kita bakar jadi asep apa untuk anak cucu kita untuk pembangunan jangka panjang..

      • Joss gandossss…. Baru kali ini komentarnya adem gak ada perang merk. Dan ternyata masih banyak yg cinta Endonesaaa….

  5. Perbandingannya ga apple to apple kalo vs Indonesia.

    Terlebih malaysia cuma 2 wilayah beda pulau. Sedang indonesia lebih dari 5 pulau. Dan kultur masyarakat yang lebih teratur. Dan juga jumlah penduduk yang sedikit.

    Di indonseia sda dibanggain tapi lupa sdm cuma segelintir yang bagus2. Sdm yang buruk2 banyak.

  6. cak, shell kan ada juga di indonesia, ko harganya lebih mahal, ga kaya di malaysia, apa beda masalah pajak2nya ya (PPN dll)?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here