iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..Surat Ijin mengemudi memang nyawa penting dalam berkendara lalu lintas. Setiap tindakan apapun dijalanan dianggap ilegal jika tidak memiliki SIM. Nabrak blekok, nyenggol kucing atau nyolek pagerrr pasti yang disalahkan sampeyan. Kenapa ? karena ora duwe SIM. Makanya sampeyan kudu memiliki SIM kalau sudah memutuskan muntir gas dijalanan. Dan untuk yang sudah punya SIM, jangan pongah dulu sebab terlena sedikit bablas angine. Betul cak, perpanjangan SIM sekarang makin ketat !! waspadalah pakdeeee….

Kalau sampeyan lelah dan frustasi karena kantor, monggo pikniklah cak supaya otak adem. Praktis jika adem ingatan tetap tajam tidak kendor. Termasuk perihal SIM. Aturan baru sangat ketat terhadap SIM khususnya perihal perpanjangan. Walau sudah sering didengungkan, pihak kepolisian menghimbau agar sampeyan tidak lupa untuk memperpanjang SIM. Karena terlena alias kebablasan sehari saja ora bakal diterima. Maksude? kudu cari SIM dari awal alias ikut tes ulang. Weeeihhh moncrottttt…

iklan iwb
iklan iwb

TMC Polda Metro menegaskan bahwa memperpanjang SIM tidak boleh melewati dari masa berlaku. Sebab jika itu terjadi sampeyan kudu alias wajib mengikuti tes seperti pembuatan awal. Penegasan ini berdasarkan surat telegram dari Kapolri nomer ST/985/IV/2016. Lahhh berarti udah lama dong cak aturannya ? lha emang iya. Tapi nggak ada salahnya kita ulang terus supaya sampeyan awas dan waspada. Termasuk twitter TMCPoldaMetro yang juga secara simultan mengingatkan kita semua. Siapa tahu ada yang ngeh pakdeeee…

Last….dari aturan tersebut bisa dipastikan tidak ada kompromi bagi para pengendara soal surat Ijin mengemudi. Sampeyan telat sehari corettt alias kudu tes ulang. Oleh karena itu cak, monggo sampeyan intip sekarang juga SIM didompet dan pastikan agar tidak telat periode perpanjangan. Ketimbang tes ulang, biayaaaaa dan waktu rekkk. Waspadalah-waspadalah :mrgreen: ……(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

47 COMMENTS

    • Begitu pula yg punya cicilan nemex
      Jgn terlena dg fitur2 unggulannya ( rekal)
      Awas… Jgn sampai nunggak, mongtor bisa di tilang depkolektor
      Jenggot sariawan dah……

    • Bukannya ada lgi aturan baru Lek ?
      Sekarang..perpanjang sim tetap wajib uji praktek..sekalipun belum telst perpanjang.
      Tai..nelum semua samsat memberlakukannya, udah bertahap.

    • Sekarang malah ada aturan baru kan Lek..
      Perpanjang sim wajib ikuti tes Praktek..walaupun simnya perpanjang normal.
      Udah Wajib..namun masih bertahap belum semua samsat menerapkan.

  1. Sudah pulang dari jepang belum lek iwan?

    Terdampak topan Hagibis kah?
    Penerbangan aman? Tiket aman?

    Semoga selalu di beri keselamatan dan kesehatan.. amiin…

    • iya, ini aturan sudah lama, sudah lebih 5 tahun, kalau gak salah sejak institusi polisi & TNI dilarang bisnis.
      jadinya mereka cari uang dengan cara lain.

  2. Haiyyaaa harusnya diperjelas lebih detail waaa
    Perpanjangan bisa diproses itu H- berapa hari
    Jd bs diantisipasi gk sampe telat.

    Tau sendiri kan proses dpt sim baru itu cape pikiran dan korban waktu..
    Bisa lolos ujian praktek 2 hari jago bgt waaa
    Apalagi sehari lolos itu dewa.

    Dilapangan gk lulus test seminggu suruh balik
    Habis duit buat byr tilang waaa

  3. betul lek Iwan, saya kemarin perpanjang 2018 tdk boleh lebih 1 hr pun, klo syarat masuk 1 jam perpanjangan SIM selesai. Saran saja klo bisa punya SIM A dan C waktu perpanjangannya bareng jd ga ribet.

  4. Cara ingetnya gampang cak, sebelum ulang tahun cek sim aja, karena tanggal masa berlaku sim itu ngikut tanggal lahir cak ??

  5. Jaman digital kok masih saja tidak bawa SIM waktu berkendara di jalan ditilang. Harusnya database sudah disimpan di server polantas. Jadi kalau dijalan cukup bawa HP dan instal aplikasi khusus (harus dibuat pihak kepolisian) mengenai SIM. Jadi polisi tinggal scan barcode dan muncul data tentang pengendara, apakah SIM masih hidup atau sudah mati dan lain-lain yang relevan dengan aktivitas berkendara. Jadi tidak bawa fisik SIM pun harusnya tidak masalah. Toh ybs sudah membuat dan lulus ujian SIM.

  6. Kui aturan sg kliru lek, SIM ukurane ws pas, nak diperpanjang mengko malah ra isoh mlebu dompet. Repot sg nggowo nak dowo2

  7. Kata sapa wan? Ini wercok wan

    Gw kemaren perpanjang sim. Telat 4 bulan aja masih di layanin. Yg penting salam tempelnya wan, wercok itu mata duitan.

    Justru kalo lu pake jalur resmi, bisa di persulit wan. Di pangil telatan, idup susah wan kalo lu gak ngerti pintu belakang werxok.

    Inget wan 2 instasi yg paling bobrok di indonesia

    Instansi yg di isi para politisi, baik di eksekutif, legoslatif, yudikatif dan turun turunanya termasuk perusahaan yg kena imbas transaksi politik
    Instasi ke wereng coklatan

  8. Halah percuma ketat-ketat an, saya sudah mencoba taat aturan, datang 3 hari sebelum masa berlaku habis, apa katanya? besok aja mas H-2 baru dilayani, besoknya saya datang, apa katanya lagi? saya kesiangan, padahal jam masih menunjukkan jam 8 pagi, disuruh datang besoknya jam 7, gila woy mana rumah saya jauh nggak mungkin untuk sampai jam 7 karena harus antar anak sekolah dulu, apa iya anak disuruh bolos cuma gara-gara urus sim, wes semenjak itu saya kesel gak sim-sim an gak patek en lek!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here