iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – “ Asyemm…perasaan dulu nggak geblodak, sekarang koq nggak beda jauh dengan pabrikan X, wis mahal casing tipis..” celoteh ucup yang menggerutu karena fairing yang gampang kendor pasca dikencengin. ” Area depan ini juga sering bunyi rattle, area speedomer nehhh…sampai frustasi. Gua pilih merk ini karena casing terkenal tebel. Tapi cak Iwan intip neh, cover kondom tanki aja tipis bener. Kenapa ya material motor sekarang cenderung turun…” celotehnya menahan kesel. IWB hanya tersenyum. Tapi jujur cak, omelan doi memang menarik untuk dibahas. Sebab suka atau tidak hanya ada brand tertentu yang mampu mempertahankan kualitas material dari dulu hingga sekarang. Tetap beda sih…cuma nggak signifikan. Pertanyaannya….Kenapa kualitas material motor sekarang cenderung turun?

Tidak mudah  membuat produk yang sesuai dengan pasar. Juga tidak gampang pabrikan melahirkan produk yang sempurna. Karena diakui atau tidak Kita sebagai biker maunya mendapatkan harga yang murah namun fitur lengkap. Padahal dua hal tersebut tidak bisa jalan beriringan. Yup….dalam meracik sebuah produk pabrikan dituntut mampu menekan harga jual. Oleh karena itu dipilih balancing atau keseimbangan yang paling pas supaya harga motor masih tetap wajar namun fitur yang diberikan juga ora ngisin-ngisinin. Apalagi era sekarang cak….

Perubahan selera atau tren berlangsung sangat cepat. Motor berusia 5 tahun dianggap basi dan ketinggalan model. Gak heran sekarang tiap tahun banyak produk baru yang kemudian diiringi dengan facelift. Jadwal revisi total biasanya dilakukan per tiga hingga empat tahun sekali. Beberapa poin tersebut tentu menjadi pertimbangan yang tidak bisa dikesampingkan pabrikan sehingga pada titiknya…. akan muncul keputusan yang lebih logis yakni memberikan fitur berlimpah namun secara pricing masih tetap bisa ditekan.  Konswensinya, material dikurangin. Bukan berarti buruk sebab ada standart yang harus diikutin namun jangan berharap seperti masa lalu. Ibarat makanan, porsi gula yang 3 sendok jadi hanya satu sendok. Atau sambel terasi, maka terasinya diganti ulekan racikan daun lain…kira-kira demikian…

iklan iwb
iklan iwb

Jadi kalau sampeyan perhatikan, sekarang bahkan pabrikan yang sudah terkenal dengan material dan kualitas casing pun kini mulai melipir dengan mengurangi ketebalan. Tapi sebagai kompensasinya sampeyan mendapatkan fitur berlimpah serta harga yang lebih terjangkau. So… kalau sudah demikian jangan komplain cak. Maunya sempurna tapi mahal dikit ngeluh…kan biasane ngono. Kondisi ini berbeda dibandingkan dengan masa lalu. Dan memang harus diakui motor-motor yang dibuat di bawah tahun 2012 rata-rata masih memiliki casing yang tebal. Sekarang ? Sami mawon cak. Yahhh beda cuma sak incrit. Untungnya kondisi ini tidak semua dan lebih kepada motorsport….

Last…. kualitas material cenderung turun karena tuntutan pasar yang sangat cepat terhadap tren. Ditambah fitur yang juga semakin melimpah sehingga membuat cost production juga semakin bertambah. Judule yang penting sekarang model keren, fitur lengkap toh sampeyan juga ngiler. Lha piye dikasih casing dan material tebal fitur standart dibully pakde, jadi nggak ada yang sempurna didunia. Kira-kira ngono. Nah, adakah yang merasakan perbedaan tersebut cak ? monggo berikan opininya….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

124 COMMENTS

    • Artikelnya berkesan melindungi downgrade… pertanyaannya kenapa susuki dengan fitur bersaing kualitas stabil dari dulu, harganya bisa lebih rendah? Klo alasannya biar untung dikit yg penting bisa bangkit, otomatis pabrikan2 yg dikeluhkan ini UNTUNGNYA BANYAK dong!

      • Nexll cuma body tebal minim sekali fitur, emang harus murah..
        Gsx hampir seluruh rangka sama dengan fu fi, klo harga ga murah ya kebangetan, fitur S yg mana yg bisa buat bersaing?

    • Ondah om.. Xaxa.. Eehh tapi itu namanya cinta lingkungan om.. Kan plastik kresek yg g terpakai di daur ulang di jadikan barang yg berguna.. Itu namanya perusahaan yg cerdas.. Jualan laris dan juga membantu menjaga lungkungan untuk masa depan.. Bukannya begitu mbah..?? Xixi

    • Kandungan plastik pp terbanyak masih dipegang xmax wkwkwkwjwjw..
      Ternyata…Y juga mengolah limbah plastix ,barangkali ini usaha terapan sampingan..mana tau next pailit lagi wkwkwkw

    • Bener mbah parsh Yamaha

      Klo body dari plastik sih nasih wajar ya mbah

      Nhah ini Yamaha bikin motor mesinnya dari plastik.

      Ya rompal berjamaah.

      Recall berjilid2 wa wajar

    • 2 mini market motor ditempat gua bersebrangan.
      H bisa bawa motor 15 sampe 25 pickup sehari, ada beat hingga sport ..isinya rerata komplit
      Y bisa bawa motor 2 sampe 5 biji sehari paling top walaupun jarang ya bawa ngoroxx rerata leci dan pinoh
      Wkwkwkk jauh puooollll bedanya Reeeek…

    • Konsumen H gak mau pusing, ini pecah ..rusak ,patah..beli lagi .
      Motor yang gak menarik dipelihara? Itu spesialis Y
      Wkwkwkwk

  1. klo ini sy setuju bro. contoh NVA sy skrg 26rb km terasa kampas kopling mulai tipis. sedang bapak sy dulu 1997 punya King selama 5 tahun kampas kopling gak prnh ganti, pdhl jarak tempuhnya lebih jauhh (perkiraan sekitar 35-40rb km) soalnya sering jalan luar kota

    • klo kampas kopling sih semakin sering ditarik (misal kena macet atau dalkot) itu bakal lebih cepet abis.
      kalau 26rb uda mulai terasa tipis sih sepertinya cara berkendaranya yang kurang ok ya (no offense), motor ane 2012 (odo 65rb-an) 2014 (30rb-an) koplingnya masih mantep2 aja tuh.

    • Motor harian ayas sudag 96000 om.. Kanpas kopling sek ok belum pernah ganti.. Tapi ya sudah mulai nabung buat ganti sih.. Xixi..

  2. Wkwkwk..kovlak zekali era now ini wak.
    Dari odometemer yg udah digital malah dibalikin model putaran..
    Kabel spedo yg sudah mapan di mesin malah dibalikin ke roda depan.
    Kan kovet

  3. Saya paham maksud pabrikan yang lek iwan bilang masih mempertahankan kualitas dari dulu hingga sekarang walaupun tentunya berbeda namun sangat tipis perbedaannya yaitu.. jeng jeng jeng.. wuuzzz.. who is the real DOHC..

  4. FBH sama Sales ini gak ada yang komen kah??
    masih buta produk???

    jangan begok lah jadi orang wkwkwkw
    Kawak dan Yahaha dan Sijuki masih Oke

    Kalo Honda udah daridulu sampe sekarang tetep jelek,,,
    bukan asal ngomong ya,, aku dulu checker di gudang MPM
    jadi udah tau kualitasnya

      • Salahnya kenapa lu beli,, gua tahu produk honda kyk gt gua udah ogah,, jadi koleksi rumah cuma ada ninja mono sama r15 dirumah

        lu belum pernah liat kan kalo unit motor dari ekspedisi yang barang cacat?

    • Orang beli fitur.tekh..dan kenyamanan ,bukan beli Murah apalagi ‘ Murahan ‘
      Wkwjwk.
      Plastik pecah? Beli lagi kaga pusing..apalagi kudu nge Dempul kek kaum Y wkwjjw

      • wkwkwk om kalo nyales yang realistis dikit,, noh lu tau di gudang mpm produk yang cat nya ngelupas cuma modal di pilox sama mekanik gudang,,

    • Gua punya 110 250Rr 3 mode dan dan adv..walaupun dulu pernah punya 600Rr semuanya nyuaman mantap tokcer buanter .
      Gua sadar..sedari duku gua kaga mau belu Gimmick
      Wuzzzzzz… Buanterrr Reeek

    • (Hmmmm..mm., sdh kuduga) Oh jadi dendam pribadi toh ceritanya…, kenapa kena phk dan tak dapat uang pesangon kaaahh….!!!., makanya klw kerja itu yang bener, jangan waktunya jam kerja malah sibuk mainin hp ya jd ketahuan dech……!!!!!

  5. Motor2 jaman dulu body, spion, spakbor, dll masih dari besi. mungkin cuma ban aja yg karet.

    Sekarang semua udah pada ganti pakai plastik.

    Yg keterlaluan Yamaha, mesin aja dari plastik.

    Ga heran klo rompal berjamaah.

    Recall berjilid2 ya wajar

    • Yamaha mesin pakai plastik situ kalau bego jangan sampe mendarah daging wkwkwk… Semua body motor mau dr 2jt sampe 1miliar semua pakai plastik goblok!!!.. yg gak pake plastik itu cuman vespa.. sekali2 kalau komen tuh otaknya dipake buat mikir, jgn bacot doang kek perek!!!

  6. Gampang aja, motor jaman dulu lebih mahal daripada sekarang kalo di hitung dgn metode inflasi. Coba aja hitung harga motor tahun awal 2000an kalo di konversi ke nilai sekarang (2019). Pasti bakalan kaget, motor gitu doang harganya mahal kalo dibeli sekarang.
    Belum lagi di tambah harus punya fitur ini itu dan biaya produksi/gaji karyawan yg lebih gede (angkanya) daripada jaman pak Habibie misalnya, jadi mikir2 apa yg harus di downgrade biar gak makin mahal.

  7. Artikel ini menjawab kenapa bandrol harley davidson mahal. Bahkan di negeri asalnya. Padahal mesin dan motornya ya gitu-gitu aja.

    Itu karena hd meracik motor dengan adonan, rumus dan hitungan metalurgi yang sama plek dari dulu hingga sekarang.
    Tidak ada penurunan atau pengurangan. Walaupun harga bahan baku bikin motor dan engine selalu naik pada setiap masa.

    • akhirnya HD mau bikin harley davi mini di china 338cc soalnya gada lg yg mau beli nama bsr HD. sampai mau bikin motor touring pan america sma streetfighter itu tandanya resep motor harley yg dr dlu sudah basi.

  8. orang indonesia emang lucu katanya beli motor buat di jual lagi ,ya udah bener dong di kasi part yang kemrosak biar cepet di jual lagi,….nikmatin aja ……………klo mau awet noh beli suzuki

    • Padakke wong tipis ae cuk.. customer silaris itu only mikirin jual lagi harga bagus. Mau ngorok mau plastik ember mau klotok mau rembes yaa dinikmatin sazaaa.. hhh itu fakta

  9. seketika tim FBH dan Sales honda membombardir blog lek iwan,,,

    Indikasi jualanya gak cuan,, meski laris manis..
    wkwkwkkwkw

  10. Ada lagi yg didowngrade, kualitas spare part, oli motor semua didowngrade, kampas rem apalagi mesti sebulan sekali harus ganti, oli zaman now juga mudah menguap alias habis , filter oli juga downgrade , yg dulu servis 2 bulan sekali cuma ganti oli skrg sebulan sekali harus ganti part macem2 , termasuk oli , udah gitu common part motor lama sama dgn part motor baru harganya jauh lebih mahal dr harga common part lama yg sudah hilang dr peredaran yg notabene kualitasnya jauh lebih bagus part lama.

  11. Kasian Y mau jualan apalagi coba..wkwkwk ,jualan gimmick plus kw pluz helem kaga bisa moncer2..akhir2 ini jualannya ditambahin bentuk2 suoer hero..semaccam ultraman gtu dah wkwkj..eh malah ada yang nyasar jdi Tayo wkwkwk .
    Akhirnya pusing mangkrak reject numpux berdebu wkwk

  12. ojo su’udzon lik… ini kan demi keselamatan pengendara & pengguna lalu lintas… istilah teknis dr salesnya crumple zone…

  13. namanya juga motor murah kang. jaman dulu bapak gue beli alfa 2r saja jual sapi 2 ekor. kalo di pikr sapi sekarang 25 jt per ekor, harga motor seharusnya 50jt’an lebih.. kalo harga segitu kan cocok sama harga super cub125 cbu. kualitas top. trus kalo semua produk d label dgn harga segitu (50jt) apa bisa laris seperti sampai saat ini?

    • Sebenernya tinggal komparasi dengan harga emas tahun segitu berapa, motor tahun segitu berapa..
      Dapet lah harga motor itu seberapa gram emas.. Tinggal sekarang konversi jadi harga sekarang berapa..
      Kayaknya emang sebanding harga dgn material dulu..

    • Jangan lupa volume produksi motor dulu sama sekarang, kalo motor jaman sekarang diproduksi pake material yg sama plek keq jaman dulu tapi volumenya keq jaman sekarang, yaa mahal juga jatohnya

      Kalo ada yg punya pendapat lebih lengkap silahkan

  14. semua yang menghujat dan mengucapkan perkataan sia sia disini akan dihakimi sesuai perkataanya di akhirat nanti… jadi silahkan beropini yang positif di blog ini

  15. Jamannya udah beda, nilai tukar rupiah terhadap dolar tidak serendah sekarang, dulu jual motor dgn kualitas material bagus ttp untung. Faktor efisiensi bahan jg

  16. Wkkk… Beli motor kok pertimbangan utama di plastik dan cat. Aneh saja.
    Harusnya pertimbangan utama di mesin. Jika palstik bunyi, kusam, pecah, stidaknya motor masih jalan.
    Nah kalau mesin kepanasan harus berhenti sejenak, harus buka busi, dll. Kan malah menyusahkan.
    Belum lg getaran mesin yg kasar lebih menyiksa daripada getaran plastik tedeng yg menganggu telinga… Wkkk

    Kalau maunya kita ya mesin halus/bandel, plastik bagus, nyari part mudah. Cuma kalau gk ada ya terpaksa nyari pertimbangan yg penting dulu.

  17. Sama lek di rumah. Baru pake 2 bulan udah getar sana sini ga karuan, standar tengah udah sering melorot ke bawah .. .Tadinya ga niat beli gra gra kemakan omongan sales DP ga make. … Sialan.

    Kapok beli merek ini lagi, laris iya tp kwalitas payah.

  18. Saya kebetulan punya motor Matik entry level antara H dan Y. Matik H lebih tua 1 tahun dari metik H. Plastik motor matik Y emang lebih tebel, cat bagus, sedangkan matik H Plastik body lebih tipis, cat juga tipis.
    Untuk mesin matik H masih terasa halus getaran nya, sedangkan matik Y mesin walau lebih muda 1 tahun sudah mulai kurang halus. Kedua matik tersebut rutin service. Kalau handling saya prefee matik Y daripada matik H, nyaman lebih prefer matik H daripada Y.
    Simpulan nya ada plus dan minus masing2. Untuk motor merk S saya blm tau krn blm punya. Satu saar hrs punya
    Sekian.

  19. Ya wajar lh minta plastik tebal dan presisi, apa lg motor matic atau sport 150cc ngga ada harga baru nya di bawah 20 juta. Aplgi sekarang tembus 30 jutaan lebih. Wajar donk minta bulid quality yg oke

  20. ” Untungnya kondisi ini tidak semua dan lebih kepada motorsporT” Nganu lek, bukannya pasar sport skrg malah lagi turun2nya? umur motor tipe ini jd cenderung lebih panjang drpd matic. alias lebih lelet nongol tipe barunya

  21. nek jaluk apik?? ojo jaluk murah??
    nek jaluk murah ojo jaluk apik??
    nek jaluk murah lan apik?? gaweo dewe!!
    gt aja repot!!

  22. Yaelah, kalian masih aja membela masing masing pabrikan yg jelas jelas sudah ditetapkan bersalah oleh pengadilan karna kasus kartel. Ayolah mikir..

  23. Seles H sama Y cuma bisa jas jes jos doang banyak congor nya beli kaga, mending gua punya vespa aman” saja ga perlu jas jes jos

    • Yap. Bener dibilang kang Iwan Banaran. Motor sekarang dg motor 15-20 tahun lalu beda banget kualitas materialny. Misalny Honda supra 125 2015 kesenggol dikit di stangny dah bengkok. Klo supra x 100 cc tahun 2001 malah disenggol dikit Stangny ato bahkan agak keras nyenggolny stangny ndak bengkok. Itu dah menunjukkan kualitas material motor lama dg motor baru ya dah beda jauh. Dr cover casing2 motor dah beda kualitas. Apalagi juga rangkany dah beda kualitas.

  24. Itulah yg bikin pulsar 220 msh gw simpen, belum lama beli nmp fi seken,,beh kualitas material ky baja, cat, dan lainnya jauh..ringkih bener ni nmp fi. Tapi plusnya nmp fi duduknya nyaman, duduk tegak, bensin irit bs 50km/ltr

  25. Saya kurang sependapat mas kalau masalah harga jual – biaya = profit, memang sudah betul rumusnya, tapi biaya selain dari fitur melimpah, masih ada biaya lain seperti sdm, yang kita semua tahu jauh lebih tinggi dibanding biaya produksi material. Salah satunya bukti, tvs, bajaj, suzuki bisa memberikan perbandingan harga mereka lebih miring dengan kualitas material yang lebih baik, bahkan dengan fitur yang sama dengan pesaingnya sekalipun. Ditambah lagi kalau merek merek pemegang podium penjualan punya tendensi “ogah” tekan harga, baik roda 2 maupun roda 4. Istilahnya, kondisi material rapuh, harga tinggi, toh tetap yang paling laku, lanjut saja….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here