iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – “ Asyemm…perasaan dulu nggak geblodak, sekarang koq nggak beda jauh dengan pabrikan X, wis mahal casing tipis..” celoteh ucup yang menggerutu karena fairing yang gampang kendor pasca dikencengin. ” Area depan ini juga sering bunyi rattle, area speedomer nehhh…sampai frustasi. Gua pilih merk ini karena casing terkenal tebel. Tapi cak Iwan intip neh, cover kondom tanki aja tipis bener. Kenapa ya material motor sekarang cenderung turun…” celotehnya menahan kesel. IWB hanya tersenyum. Tapi jujur cak, omelan doi memang menarik untuk dibahas. Sebab suka atau tidak hanya ada brand tertentu yang mampu mempertahankan kualitas material dari dulu hingga sekarang. Tetap beda sih…cuma nggak signifikan. Pertanyaannya….Kenapa kualitas material motor sekarang cenderung turun?

Tidak mudah¬† membuat produk yang sesuai dengan pasar. Juga tidak gampang pabrikan melahirkan produk yang sempurna. Karena diakui atau tidak Kita sebagai biker maunya mendapatkan harga yang murah namun fitur lengkap. Padahal dua hal tersebut tidak bisa jalan beriringan. Yup….dalam meracik sebuah produk pabrikan dituntut mampu menekan harga jual. Oleh karena itu dipilih balancing atau keseimbangan yang paling pas supaya harga motor masih tetap wajar namun fitur yang diberikan juga ora ngisin-ngisinin. Apalagi era sekarang cak….

Perubahan selera atau tren berlangsung sangat cepat. Motor berusia 5 tahun dianggap basi dan ketinggalan model. Gak heran sekarang tiap tahun banyak produk baru yang kemudian diiringi dengan facelift. Jadwal revisi total biasanya dilakukan per tiga hingga empat tahun sekali. Beberapa poin tersebut tentu menjadi pertimbangan yang tidak bisa dikesampingkan pabrikan sehingga pada titiknya…. akan muncul keputusan yang lebih logis yakni memberikan fitur berlimpah namun secara pricing masih tetap bisa ditekan.¬† Konswensinya, material dikurangin. Bukan berarti buruk sebab ada standart yang harus diikutin namun jangan berharap seperti masa lalu. Ibarat makanan, porsi gula yang 3 sendok jadi hanya satu sendok. Atau sambel terasi, maka terasinya diganti ulekan racikan daun lain…kira-kira demikian…

iklan iwb

Jadi kalau sampeyan perhatikan, sekarang bahkan pabrikan yang sudah terkenal dengan material dan kualitas casing pun kini mulai melipir dengan mengurangi ketebalan. Tapi sebagai kompensasinya sampeyan mendapatkan fitur berlimpah serta harga yang lebih terjangkau. So… kalau sudah demikian jangan komplain cak. Maunya sempurna tapi mahal dikit ngeluh…kan biasane ngono. Kondisi ini berbeda dibandingkan dengan masa lalu. Dan memang harus diakui motor-motor yang dibuat di bawah tahun 2012 rata-rata masih memiliki casing yang tebal. Sekarang ? Sami mawon cak. Yahhh beda cuma sak incrit. Untungnya kondisi ini tidak semua dan lebih kepada motorsport….

Last…. kualitas material cenderung turun karena tuntutan pasar yang sangat cepat terhadap tren. Ditambah fitur yang juga semakin melimpah sehingga membuat cost production juga semakin bertambah. Judule yang penting sekarang model keren, fitur lengkap toh sampeyan juga ngiler. Lha piye dikasih casing dan material tebal fitur standart dibully pakde, jadi nggak ada yang sempurna didunia. Kira-kira ngono. Nah, adakah yang merasakan perbedaan tersebut cak ? monggo berikan opininya….(iwb)

iklan iwb
Previous articleHonda CBR250RR panaskan Sentul, buanyakkk benerrr cakkkk !!
Next article[Breaking News] Tanpa ceremony MT25 resmi dirilis, klop dengan bocoran !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!