iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeeee….buanyakkkkk yang berkomentar dan cukup penasaran dengan beberapa ungkapan perihal keinginan IWB untuk meminang salah satu motor “Khayalan” . Yesss kuwi sebutan untuk motor yang hingga detik ini memang belum nongol di pasaran. Sebutan yang dilontarkan oleh para Bikers yang merasa bahwa semua berita atau isu perihal kelahiran Kawasaki Ninja 250 4 silinder hanyalah hoax belaka. Tapi tenang cak….kalo hoax mosok IWB tertarik untuk meminangnya. Nah…. pada artikel ini IWB akan membeberkan ke sampeyan Kenapa jika motor ini sudah mengaspal, IWB tertarik untuk memboyong ?

Isu perkara Kawasaki New Ninja 250 4 silinder Memang luar biasa cukup lama. Mungkin kalau sampeyan kalkulasi rentang waktunya sudah berkisar 3 tahunan. Kondisi inilah yang membuat kembali mencuatnya Kawasaki Ninja 250 4 silinder kepermukaan dicibir oleh mayoritas netizen. Padahal tidak ada yang salah dengan Kawasaki. Untuk Project tetap berjalan sesuai dengan porsinya…maksudnya time framenya cak. Justru yang kurang ajar para Blogger karena mampu mengendus pergerakan Project rahasia yang sebenarnya memang tidak untuk konsumsi publik. Sejak awal Kawasaki bergerak sudah tercium. Alhasil selama nyaris 3 tahun project ini terus dipantau secara seksama….

IWB salah satu Blogger yang sangat antusias menunggu kedatangan sang kuda besi. Alasannya simple sebab mesin 4 silinder dengan kapasitas 250 cc sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikan mana pun. Mesin ini stop produksi secara global oleh pabrikan Jepang di awal 2000an. Oleh karena itu tidak heran ketika Kawasaki tercium ingin membangkitkan kembali engine tersebut banyak yang ragu namun tidak dengan IWB. Lhawong telik sandinya ngeri cak…..ilmune sadizzz. Setelah mempelajari secara seksama IWB tertarik dengan motor ini. Mungkin harganya di atas 100 jutaan, tapi tetap cak…IWB sangat penasaran dan jika memang cocok di hati Ninja 250 4 silinder bakal IWB boyong sebagai koleksi. Dari sinilah banyak komentar serta pertanyaan mampir ke warung IWB….kenapa IWB tidak membeli moge ketimbang motor 250cc?

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Di luar sana sangat banyak motor 4 silinder di bandrol 100-120 jutaan namun tentu saja berstatus no paper (NP) alias tanpa surat-surat. Atau mesin 600 cc dua silinder yang saat ini sudah sangat murah harga bekasnya. Contoh adalah Kawasaki ER6N yang bisa sampeyan Boyong di harga 55 hingga 65 jutaan. Logis sih…tapi IWB bukanlah tipe blogger yang keranjingan dengan moge. Seringnya melakukan pengetesan big bike juga menjadi alasan utama bahwa motor ini memang hanya cocok untuk para Bikers yang suka prestige. Lawong ora iso dipakai harian pakde. Belum lagi banderol anyar full papernya, mesin 4 silinder 600cc dikisaran 260-290 jutaan….beighhhh luarangggg puoll. IWB masih realistis karena beli barang untuk dipakai…..

IWB memboyong sebuah motor berdasarkan dari hati. Ketika sampeyan sreg, boyong. Judule wegah ngoyo pakde. Status Kawasaki Ninja 250 4 silinderpun juga masih dalam pantauan. IWB akan melihat seberapa ganteng desain yang ditawarkan. Yang kedua mesin 4 silinder selalu berbeda sensasinya. Dengan konfigurasi Inline 4 akan membuat raungan knalpot jauh berbeda dibandingkan dengan mesin 600 cc 2 silinder sekalipun. IWB sudah pernah jajal Suzuki Bandit 400 ataupun Honda CB 400. Letupannya cak…jiann bikin rambut njenggrik. Walau tentu bukanlah tanpa kelemahan….

Mesin 4 silinder biasanya memiliki torsi bawah kurang njambak. Apalagi mesin 250 cc, siap-siap sampeyan harus merasakan kelembutan akselerasi bawah yang tidak intimidatif. Tapi jangan bertanya soal ledakan atas. Konfigurasi ini mampu melengking diatas 16.000RPM tanpa kendala. Bahkan di beberapa sejarah masa lalu mesin 250cc 4 silinder bisa melengking hingga 20,000 RPM. Opo ora Sadizz jal. Selain itu mesin 4 silinder secara getaran biasanya juga jauh lebih minim dibandingkan dengan mesin 2 silinder. Hal ini karena ukuran seher yang sangat mungil sehingga gerak piston tidak memberikan vibrasi berlebih pada engine. Apakah itu yang membuat IWB condong memilih Ninja 250  4 silinder dibandingkan dengan mobil seharga 150 jutaan?

Nggak juga karena direntang harga tersebut sampeyan sebenarnya juga sudah mendapatkan Kawasaki Z800 bekas yang notabene memiliki konfigurasi mesin sama yakni Inline 4. So….. alasan utama IWB justru karena ukuran mesin yang lebih mungil. Lhoo maksude? Betul cak… kalau sampeyan nunggang moge 600 cc atau 1000 cc panas yang menyengat pada saat menggunakan di Jalan Raya ibukota bisa membuat sampeyan stres. Dengan ukuran mesin yang cukup besar Hawa panas 2 kali lipat dibandingkan dengan mesin 250 cc. IWB pernah nunggang MV Agusta brutale dan harus berhenti di jalan karena tidak mampu menahan panasnya mesin ketika terjebak di kemacetan ibukota. IWB juga pernah harus ngangkang ketika oper gigi karena melewati rute yang memaksa Hayabusa 1300 melaju pada kecepatan 20 km per jam. Lha piye, panasnya mesin juga menjalar kesasis bukan hanya engine. Semua moge memang demikian….

Pengalaman lain, Vandra monkeymotoblog sempat melontarkan kegelisahan pada saat bonceng IWB menggunakan Fazer 600 di daerah Ancol. Hanya karena lalu lintas padat, doi nyeletuk…”wah tahu gini pakai Scoopy aja mz…panasss euyyy…” tukasnya membuat IWB terkekeh. Yup….. memang itulah moge. Mesin besar akan memberikan Hawa yang lebih panas dibandingkan dengan mesin kecil. Oleh karena itu kelahiran Kawasaki Ninja 250cc 4 silinder seakan memberikan IWB opsi lain untuk memiliki mesin konfigurasi 4 silinder yang lebih ramah terhadap kondisi ibukota jika kita ingin menggunakan sebagai daily use. Engine kecil akan memberikan hawa panas yang lebih adem namun raungan 4 silinder tetap dapat. Kira-kira begitu cak….

Last… kita tetap akan melihat seperti apa Kawasaki Ninja 250 4 silinder. Biarlah hati yang berbicara nanti untuk memutuskan ambil atau tidak. Setelah melihat secara langsung dan menunggu kelahirannya tidak lama lagi. Yang pasti untuk saat ini IWB sangat tertarik cak. Btw…. Kawasaki New Ninja 250 4 silinder diprediksi akan lahir di ajang Tokyo Motor Show pada tanggal 24 Oktober 2019 dan dilanjutkan di tanah air di awal tahun 2020. Untuk harga sendiri diperkirakan tembus sekitar 100 hingga 140 jutaan. Kita tunggu saja. Nahh wis tahu kan kenapa IWB tertarik dengan new Ninja 250 4 silinder?? kalau sampeyan sendiri piye cak, monggo berikan opininya….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!