iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeeee….buanyakkkkk yang berkomentar dan cukup penasaran dengan beberapa ungkapan perihal keinginan IWB untuk meminang salah satu motor “Khayalan” . Yesss kuwi sebutan untuk motor yang hingga detik ini memang belum nongol di pasaran. Sebutan yang dilontarkan oleh para Bikers yang merasa bahwa semua berita atau isu perihal kelahiran Kawasaki Ninja 250 4 silinder hanyalah hoax belaka. Tapi tenang cak….kalo hoax mosok IWB tertarik untuk meminangnya. Nah…. pada artikel ini IWB akan membeberkan ke sampeyan Kenapa jika motor ini sudah mengaspal, IWB tertarik untuk memboyong ?

Isu perkara Kawasaki New Ninja 250 4 silinder Memang luar biasa cukup lama. Mungkin kalau sampeyan kalkulasi rentang waktunya sudah berkisar 3 tahunan. Kondisi inilah yang membuat kembali mencuatnya Kawasaki Ninja 250 4 silinder kepermukaan dicibir oleh mayoritas netizen. Padahal tidak ada yang salah dengan Kawasaki. Untuk Project tetap berjalan sesuai dengan porsinya…maksudnya time framenya cak. Justru yang kurang ajar para Blogger karena mampu mengendus pergerakan Project rahasia yang sebenarnya memang tidak untuk konsumsi publik. Sejak awal Kawasaki bergerak sudah tercium. Alhasil selama nyaris 3 tahun project ini terus dipantau secara seksama….

IWB salah satu Blogger yang sangat antusias menunggu kedatangan sang kuda besi. Alasannya simple sebab mesin 4 silinder dengan kapasitas 250 cc sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikan mana pun. Mesin ini stop produksi secara global oleh pabrikan Jepang di awal 2000an. Oleh karena itu tidak heran ketika Kawasaki tercium ingin membangkitkan kembali engine tersebut banyak yang ragu namun tidak dengan IWB. Lhawong telik sandinya ngeri cak…..ilmune sadizzz. Setelah mempelajari secara seksama IWB tertarik dengan motor ini. Mungkin harganya di atas 100 jutaan, tapi tetap cak…IWB sangat penasaran dan jika memang cocok di hati Ninja 250 4 silinder bakal IWB boyong sebagai koleksi. Dari sinilah banyak komentar serta pertanyaan mampir ke warung IWB….kenapa IWB tidak membeli moge ketimbang motor 250cc?

Di luar sana sangat banyak motor 4 silinder di bandrol 100-120 jutaan namun tentu saja berstatus no paper (NP) alias tanpa surat-surat. Atau mesin 600 cc dua silinder yang saat ini sudah sangat murah harga bekasnya. Contoh adalah Kawasaki ER6N yang bisa sampeyan Boyong di harga 55 hingga 65 jutaan. Logis sih…tapi IWB bukanlah tipe blogger yang keranjingan dengan moge. Seringnya melakukan pengetesan big bike juga menjadi alasan utama bahwa motor ini memang hanya cocok untuk para Bikers yang suka prestige. Lawong ora iso dipakai harian pakde. Belum lagi banderol anyar full papernya, mesin 4 silinder 600cc dikisaran 260-290 jutaan….beighhhh luarangggg puoll. IWB masih realistis karena beli barang untuk dipakai…..

IWB memboyong sebuah motor berdasarkan dari hati. Ketika sampeyan sreg, boyong. Judule wegah ngoyo pakde. Status Kawasaki Ninja 250 4 silinderpun juga masih dalam pantauan. IWB akan melihat seberapa ganteng desain yang ditawarkan. Yang kedua mesin 4 silinder selalu berbeda sensasinya. Dengan konfigurasi Inline 4 akan membuat raungan knalpot jauh berbeda dibandingkan dengan mesin 600 cc 2 silinder sekalipun. IWB sudah pernah jajal Suzuki Bandit 400 ataupun Honda CB 400. Letupannya cak…jiann bikin rambut njenggrik. Walau tentu bukanlah tanpa kelemahan….

Mesin 4 silinder biasanya memiliki torsi bawah kurang njambak. Apalagi mesin 250 cc, siap-siap sampeyan harus merasakan kelembutan akselerasi bawah yang tidak intimidatif. Tapi jangan bertanya soal ledakan atas. Konfigurasi ini mampu melengking diatas 16.000RPM tanpa kendala. Bahkan di beberapa sejarah masa lalu mesin 250cc 4 silinder bisa melengking hingga 20,000 RPM. Opo ora Sadizz jal. Selain itu mesin 4 silinder secara getaran biasanya juga jauh lebih minim dibandingkan dengan mesin 2 silinder. Hal ini karena ukuran seher yang sangat mungil sehingga gerak piston tidak memberikan vibrasi berlebih pada engine. Apakah itu yang membuat IWB condong memilih Ninja 250  4 silinder dibandingkan dengan mobil seharga 150 jutaan?

Nggak juga karena direntang harga tersebut sampeyan sebenarnya juga sudah mendapatkan Kawasaki Z800 bekas yang notabene memiliki konfigurasi mesin sama yakni Inline 4. So….. alasan utama IWB justru karena ukuran mesin yang lebih mungil. Lhoo maksude? Betul cak… kalau sampeyan nunggang moge 600 cc atau 1000 cc panas yang menyengat pada saat menggunakan di Jalan Raya ibukota bisa membuat sampeyan stres. Dengan ukuran mesin yang cukup besar Hawa panas 2 kali lipat dibandingkan dengan mesin 250 cc. IWB pernah nunggang MV Agusta brutale dan harus berhenti di jalan karena tidak mampu menahan panasnya mesin ketika terjebak di kemacetan ibukota. IWB juga pernah harus ngangkang ketika oper gigi karena melewati rute yang memaksa Hayabusa 1300 melaju pada kecepatan 20 km per jam. Lha piye, panasnya mesin juga menjalar kesasis bukan hanya engine. Semua moge memang demikian….

Pengalaman lain, Vandra monkeymotoblog sempat melontarkan kegelisahan pada saat bonceng IWB menggunakan Fazer 600 di daerah Ancol. Hanya karena lalu lintas padat, doi nyeletuk…”wah tahu gini pakai Scoopy aja mz…panasss euyyy…” tukasnya membuat IWB terkekeh. Yup….. memang itulah moge. Mesin besar akan memberikan Hawa yang lebih panas dibandingkan dengan mesin kecil. Oleh karena itu kelahiran Kawasaki Ninja 250cc 4 silinder seakan memberikan IWB opsi lain untuk memiliki mesin konfigurasi 4 silinder yang lebih ramah terhadap kondisi ibukota jika kita ingin menggunakan sebagai daily use. Engine kecil akan memberikan hawa panas yang lebih adem namun raungan 4 silinder tetap dapat. Kira-kira begitu cak….

Last… kita tetap akan melihat seperti apa Kawasaki Ninja 250 4 silinder. Biarlah hati yang berbicara nanti untuk memutuskan ambil atau tidak. Setelah melihat secara langsung dan menunggu kelahirannya tidak lama lagi. Yang pasti untuk saat ini IWB sangat tertarik cak. Btw…. Kawasaki New Ninja 250 4 silinder diprediksi akan lahir di ajang Tokyo Motor Show pada tanggal 24 Oktober 2019 dan dilanjutkan di tanah air di awal tahun 2020. Untuk harga sendiri diperkirakan tembus sekitar 100 hingga 140 jutaan. Kita tunggu saja. Nahh wis tahu kan kenapa IWB tertarik dengan new Ninja 250 4 silinder?? kalau sampeyan sendiri piye cak, monggo berikan opininya….(iwb)

Advertisements

111 COMMENTS

    • Apik
      Tapi sayang duite.
      Buat kaum mending seperti saya ya jelas mending ambil LCGC.
      Panas ga kepanasan, hujan ga kehujanan.

      • @salome: Oh motor 300 cc yg cacat produksi perihal handle remnya yang rapuh itu toh….!!!, yang sdh dikapalin mau di exsport tapi dibalikin lagi..,padahal jangan di balikin buang” bensin sj. sekalian buang sj di lautan lepas….!!! Ekekekekkk.

      • Cie bc buta ya tong??? nggak malu ama body tipis Vario sama Ngadeve?
        fakta cung
        lom lagi mesin ngorok

      • kalau ninja 250 4 slinder keluar ya lek iwan beli kalau vfr250rr v4 keluar ya lek iwan beli lagi, gitoe aja kok repot. lagipula jangka waktu nya motor kaya gini keluar itu lama, ga saling terkam di awal penjualan.

      • Lebih tertarik sama r25 silinder 3 crossplane… Torsinya akan jauh lebih nendang dan karakter suara juga unik seperti mt09 yg anteb dan njerit vruummmmm… hehehe

    • r25 dengan 3 silinder crossplane power maximum bisa didapat pd rpm lebih rendah krna mesin bisa dibuat strokenya lebih panjang jadi lebih irit bbm juga mesin lebih dingin dibanding 4 silinder, jadi lebih cocok buat daily use yg macet hehehe, buat touring juga pastinya lebih asik lagi, so Yamaha dengan teknologi crossplane adalah langkah cerdas dan brilian ehehehe

    • Ada bener nya lek iwan, 250cc 4cyln untuk yg mau pnya motor 4 cyln tp tdk terlalu panas dan berat. Tp klau untuk perawatan, apakah bakal beda sedikit dri moge 600cc??secara pergantian oli sj 4ltr, busi 4 pcs.

      • @arnavat , untuk itulah 3 silinder crossplane r25 paling worth it, torsi jelas nampol sperti mt09, maintance/perawatan jauh lebih ekonomic, dah gitu mesih 3silinder crossplane ga perlu ngitir sampai 16ribu rpm… la wong 1000 cc aja main di 13-14 ribu rpm, masa yg 250cc sampai 16ribu rpm. Kan jelas kerja ekstra itu mesin, torsinya jelas lambat… bukankah fell sebuah moge ada di torsinya? Jadi 3 silinder crossplane adalah pilihan cerdas

    • betoel adanja, dulu nunggang r6 2012 rasio gigi nya tinggi sekali cuman kepakai gigi tiga saja, terus gnti z800 berat nya nggilani 230 kg full tank. mungkin menarik kali kalau 250cx 4 silinder, semoga nnt honda kedepan nya tertarik v4 250cc juga, jadi konsumen banyak pilihan.

      • Motor dengan konfigurasi mesin yg legenda di jaman thn 90, dan di lahirkan kembali, tentu saya tertarik. Mudah2 an ad rezeki dan kesempatan untuk di boyong kerumah.

  1. Buat yg punya ilmu ndog baja, beli 1200 cc 8 silinder pun nggk masalah…
    Tp buat yg ndog-nya masih natural tanpa pemanis buatan memang disarankan cc kecil 4 silinder aja kalo pgn icip moge-mogean.
    Maksud lek iwan begitu….

      • sejarah laris dan laku untuk kelas jongos,
        kelas Elite cuma jadi keset.
        coba liat motor 250cc sport, yg banyak di jalanan motor apa?

        NINJA!

        bukan cebong er er knalpot tumpuk berdebu di gudang

        wakakakakaaaa…

      • fanboy buta ya gini neh
        motor massal disamain sama motor prototipe.
        emang situ beli cebong250 er er dapat pneumatic valve?? rem carbon fiber? hahaha..

        salam knalpot tumpuk, hora payu.
        dijual murah juga hora payuuu

        cocoknya main di kelas murah, kelas modal ktp, kelas jongos 150cc hiyaniyaniyaaa….

  2. Haiyyaaa owe pake NINJA H2 tetap.nyaman biarpun macet waaaa
    Teralis nya dipasang evaporator jd dingin menggigil waaaa

  3. Paling desain sama cuma beda mesinnya, shockbreaker depan usd dan swingarm banana, bisa juga udah tbw sama underyoke

  4. Sayah mah nunggu 150cc 3 silinder sajah,nunggu sesuatu yg gk mungkin,adalah alasan baku kaum mendingan kaya sayah

  5. Semoga orang Indonesia gak ngomong doang beli, taunya gak jadi. Kan kasian Kawasaki berharap banget penjualan terbesar di Indonesia krn gak kena aturan pajak di atas 250cc. Luar negri berat krn moge gak semahal disini.

    Para pabrikan stop 250cc 4 silinder krn kurang laku di banding yg lebih gede, lah bedanya cuma 1000-2000 dollar dapet yg lebih gede 4 silinder juga (400-750cc) dan sama2 baru juga.

  6. Wah wah mirip seperti testimoni dari para penduduk planet bumi yg tertarik memboyong produk sendal swallow kami nih,

    Menurut mereka sendal jepit kami relatif tidak terasa panas saat dipakai berjalan2 di keramaian pak…apalagi kalo sambil hujan2an

    • Mohon utk alas tapak sendalny diganti bahan yg tidak licin karna sendal sualow sngat lycyn kalau dipake hujan dan tmpt berloempoer

    • mending jaman orang tua saya dlu 2008 berangkat haji nunggu 3 bulan cak, sekarang jaman kakak saya nunggu 25 tahun. apa ora rengkot dluan cak? baikan duite buat umroh dan kasih makan anak yatim. karena naik haji skrng sudah kelamaan

    • Makjlebbb komen mu brohh..
      Semoga bisa menyadarkan yg punya warung & kita yg muslim berduid tp blm berhaji/umroh dg alasan klise : belum terpanggil
      Ekekeke

    • @njos markojos : pernah denger haji plus gak tong? Berapa duid? Ntu tinja 4 silitnder harga berapa?
      Rp 180jt daftar taon ini besok taon depan bisa berangkat, tong…
      Kalo reguler emang murah Rp 37jt nunggu berangkat 25-30 taon lagi.
      Ono rego ono rupo
      Kalo gak kaya / punya duid / gak mampu, gak wajib haji/umroh
      Ketauan ente males daftar haji dg alasan : kelamaan nunggu. Pake alasan sedekah segala. Basi.
      Ekekekeke

    • siapa tahu kang iwan + ibu negara sudah daftar dari kemarin2, tinggal nunggu giliran berangkatnya… semoga ini juga jadi doa buat kang iwan dan kita semua

    • Itu urusan yg punya warung, biaya haji express langsung berangkat buat 1 orang bisa buat 2-3 orang kalo ngantri. Tinggal pilih mau sendirian atau bareng yg tercinta.

    • Kocak ini bung linou, memangnya lek IWB harus laporan atau bikin artikel kalau beliau dan istri bakal naik haji? Mana kita tahu mungkin ternyata lek IWB dan istri sudah naik haji dari jauh hari, cuma beliau tetap lebih suka dipanggil tanpa panggilan haji, sama seperti atasan saya di kantor, jadi seakan akan belum pernah naik haji. Mungkin begitu.

  7. Kenapa Mas Iwan tidak tertarik dengan alasan kami?
    Kenapa mayoritas kami tidak tertarik beli motor 250cc 4 silinder?
    alasannya karena ekonomi kami lemah, pajaknya tinggi, dan iuran wajib tahun depan akan dinaikkan, biaya perawatan yang tinggi, serta kemungkinan kenaikan harga BBM & spare part sebagai akibat potensi kenaikan harga minyak

    Jadi sangat tidak logis untuk memilikinya
    Mungkin kami hanya akan memilikinya secara gratis. Ya, walau hanya download brosur, ato paling banter dudukin motornya di dealer untuk uji statis

    Hehehe ….

    • Setahu nyonge Pajak 250cc blm kena ppnbm deh . Jado masih wajar aja lah dan itu normal ..tp kl untuk biaya perawatan memang 4 silinder lebih mahal.

    • katakanlah ganti oli sama kaya ninja skrng 12 bulan sekali atau 10.000km oli shell kawasaki 75.000×4 =300.000, biaya servis ganti oli + filter :62.000+ 100.000
      itupun ganti filter 3x ganti oli. ya lumayan terjangkau lah. busi ganti 15.000an km.
      jadi tahun pertama kedua cuman keluar 724.000
      masa masih dibilang mahal. setiap tahun perawatan 362.000, kecuali spare part dll memang mahal tp miantenance sbnrnya murah karena servis interval makin jauh 12 bulan sekali. yg mahal itu modif nya.

      • Serius bung JosMarkonjos ganti oli jedanya 12 bulan sekali? Itu oli apa kampas rem eh minyak rem?

  8. Kang IWB sebenernya mampu beli moge 600cc up, tp kang IWB lebih memilih CC kecil karena moge “membunuh” feel berkendara mocil. Sebagai review yang sudah “mbalung” di mocil tentu saja jangan sampai tumpul feelnya.

    Kata blog sebelah juga ada hal logis yg ane simpulkan. Buat apa beli 600cc up kalo gak bisa menikmati potensi penuh dari mesin karena keterbatasan jalan dan power terlalu besar (harus ke sirkuit). Dengan adanya Ninja 250 4 silinder, kita bisa merasakan feel moge tanpa harus kekurangan jalan dan power yang tidak intimidatif

    Nih kang ane udah komen sehat, jangan di jaring yak wkwkwk

    #IMHO

    • Setuju bung, ane pake 948cc 4cyl gk bisa nikmati power yg berlimpah dan torsi badak kecuali di sentul dan jalan2 tertentu. saja selain berat, mesin juga lumayan panas. 250cc sebenernya power kurang ya, paling pas 400cc jalanan indo menurut ane

  9. Kalau daily use gak recomend sih di saya sepengalaman saya utk 4 cyl
    Waktu saya SD tahun 2003 bapak sya beli honda mc22 second dari temennya ketika smp sya coba pakai utk pp ke sekolah seingat saya ni motor udah pasti konsumsi BBM rakus, lebih rakus ketimbang vespa bagong punya tetangga wkwkwk, terus lengkingan suaranya suka bikin khilaf utk bejek gasnya lebih dalam, akselerasi udah pasti lebih lemot ketimbang motor bebek sekalipun (bsa d akalin lewat ratio rantai). Kalau panas udah pasti tapi kalau d bandingin er6n 2007 lebih panas mc22 tapi ya gak head 2 head sih perbandingannya soalnya teknologi pendingin motor dlu gak secanggih sekarang, tp kalau sering kejebak macet nih motor memang panas + konsumsi BBMnya gila amat, kopling nya udah d modif hidrolik kata bapak yg std gak sekeras gsx 400 tp kalau sering di pencet d macet bsa bikin capek tangan, sisanya oke. Motornya udah d lego sma org tetangga negeri jiran, karena melihara unit ini utk daily use d kota yang sering macet agak worth it, kecuali utk kopdar ya worth it lah, tp utk ninja ini sya gatau kita tunggu brojol aja. Kalau cocok sya jga angkut tp utk kopdar aja alias lebih sering jd pajangan rumah wkwkw utk daily use kantor saya pakai motor batang 150 cc aja wkwkwkw

  10. 250cc juga udah over power buat harian.
    Berat dan dimensi masih worthed lah dipake buat harian, dan plus nya dapat SUARA moge
    Saya rasa ini pikiran mas iwb buat minang ninin 4sl

    • Wohh itu pasti cak, pasti cenderung lebih panas dan berat dibandingkan mesin 2 silinder sekapasitas. Tapi dibandingkan engine 600cc pasti lebih adem (sama2 fairing bike ya)

      • yang 250 cc 2 selinder beratnya kurang lebih 180 kg, sekarang kalo yang 4 selinder, mungkin nambah 20 kgs, 200 kgs…aboot…bisa bisa nangis di jalan wkwkwkw
        tapi kalo buat bro iwan sih, cocok, dhuwur gedhe

      • Ini buat 250 cc 2 silinder yang mana bung jodi rinaldi yang bobotnya lebih kurang 180 Kg? Mungkin bobot kotor sama bahan bakar kali maksudnya bukan bobot kering.

      • iya bro, itu termasuk bensin, kalo kapasitas si ijo 14 liter, dan di isi full berarti berat nambah 12,5 kg lah….
        si ijo sendiri berat 172 kgs + bensin 12.5 kgs =184,6 kgs,
        tapi biarin aja lah, biarin bro iwan yang ngerasain panas panasan and berat beratan

        btw, sebenarnya pihak pabrikan males bikin motor 4 cylinder, masalahnya , 2 cylinder aja orang orang males beli, apalagi 4 celinder…tapi karena kekuatan bloger Sakti Iwan yang membahana…termakanlah pihak pabrikan wkwkwkwkwk.

      • bengsin sendiri berat 12.6 kgs, kalo full 14 liter, berat kawasaki f1 172 kgs, tinggal jumlah aja
        btw, aneh juga dengan kawasaki, mereka ga pake ilmu penjualan, yang laku dipasaran yang harus dibuat, tapi mereka beda mereka jalan sendiri, mau laku atau ga, tapi mereka tetep bikin, yang akhirnya nanti banyak folower2 pabrik pada ngikutin
        (itu kata blog sakti iwan membahana)
        sayangnya mereka ga bikin motor matic gambot untuk indonesia

  11. Kalo beli Ninja ZX25R ttp ngikutin peraturan pajak 250 cc kan kang IWB??. Insya Allah mau upgrade dari BYSON tahun 2012 ke Ninja ZX25R heheh

  12. kalau merk sih, g terlalu fan kawasaki, tapi kualitas motor kawasaki memang top..apalagi mo ada yang 4 silinder..kubikasi g besar, g panas, suara knalpot mantul..siap siap mbobol tabungan..

  13. asal jangan sakit hati saja sudah beli motor mahal2 TETAP HARUS parkir barengan motor bebek2 sampai cover body lecet2.

  14. Nah ini nih berita yg ditunggu tunggu,, akhirnya muncul juga.. jadi sudah pasti ya lek ? Ninja 250 4 silinder nya bakal di jual disini (Indo)

  15. hati hati FBH dan Sales dungunya lagi kelojotan,, cuma bisa ngluarin matik odong2 aka Ngadeve,, cuma bisa bengong liat kawak 4 silinder

    plis honda jangan bikin motor baru lagi,, kasian komsumen pertama jadi kelinci percobaan ,,,

    makanya budek kalo ada rekal

  16. Pertanyaanya mas. Yang namanya jika itu belum tentu terjadi (gak usah diajarin juga tau) nah ini wajar karena ada 4 pabrikan yg saling berkompetisi dalam produksi dan penjualan. Memilih merek mana nih jika sama2 antara H,Y,K, atau S punya 250cc 4 silinder?

  17. Enak lek bisa bela beli moge yg ptng anda suka ada uang langsung bungkus lek…boro2 ninja 4 silinder..yg 2 silinder saja gak sanggup beli….hehejeje

  18. suangar, bar tumbas adv150, tumbas neh sing luweh larang,,
    duite ra entek2,, amiiiiiin,,

    yo semoga saya juga bisa beli, yang 4 silinder rodane 4 juga, pintune minimal 4,, AMIIIIIIIIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here