iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk……jiannn semangat cak. Lhaaa piyee…hari ini saat artikel brojol IWB sedang bersiap-siap berangkat ke negeri matahari terbit. Betul pakde….ngacir ke Jepang demi mendapatkan liputan terbaik untuk sampeyan agar mengetahui kiprah para putra putri terbaik bangsa dalam rangka berkompetisi melawan para peserta Instruktur Safety riding Honda seluruh Asia dan Australia termasuk Turki. Kompetisi yang akan digelar disirkuit Suzuka ini akan menjadi penentu terakhir siapa yang terbaik. Karena akan berangkat dan meninggalkan tanah air selama satu minggu, praktis warung pada kondisi autopilot. Jadi mohon dimaafkan jika artikel tidak sekenceng biasanya….

Lima instruktur safety riding Honda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) siap menguji keterampilan berkendara dalam gelaran kompetisi The 20th Safety Japan Instructors Competition 2019 di Suzuka Circuit Traffic Education Center, Jepang pada 3-4 Oktober 2019. Pada kompetisi ini, perwakilan Indonesia akan turun di 3 kelas bergengsi yakni kelas 750cc, 400cc dan 125cc.

iklan iwb iklan iwb

Para peserta perwakilan Indonesia ini merupakan pemenang kompetisi Astra Honda Safety riding Instructor Competition (AH-SRIC). Bersama mereka juga akan turut berlaga dua instruktur safety riding AHM. Samsul Falah dari main dealer PT Wahana Makmur Sejati yang merupakan jawara di kategori Safety riding Center Main Dealer Honda pada AH-SRIC siap berkompetisi di Jepang pada kelas 125cc dengan menggunakan Honda MSX125. Sementara itu, pemenang pertama kategori Big Bike AH-SRIC yakni I Gusti Ngurah Agung Iswahyudi dari Astra Motor Denpasar, serta Ibnu Fachrizal asal Astra Motor Samarinda yang merupakan juara pertama kelas 400cc pada ajang Safety Japan Instructors Competition 2018 siap mempertahankan gelar juaranya di kelas 400cc dengan motor Honda CB400SF. Pada kelas tertinggi yakni 750cc yang menggunakan Honda NC750, Indonesia akan diwakili oleh Hendrik Ferianto dan Deni Surahman dari Safety riding AHM.

Untuk meningkatkan skill para peserta, instruktur Honda mengikuti berbagai program pelatihan selama sebulan di Bandung. Pada pemusatan pelatihan ini, para peserta mempersiapkan berbagai hal seperti skill berkendara, mental, serta berlatih fisik untuk menjaga kebugaran. Setelah menjalani pelatihan di Indonesia, para peserta juga akan berlatih secara intensif di Traffic Education Rainbow Center (TERC) Hamanako dan Suzuka Circuit Traffic Education Center (SETC) Jepang pada periode 26 September – 1 Oktober 2019. Dalam pemusatan pelatihan di Jepang ini, berbagai materi pelatihan keselamatan berkendara dijalani para instruktur, termasuk pembekalan motivasi untuk siap bertarung pada ajang kompetisi safety riding tingkat International.

Deputy General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan sebelum berkompetisi, berbagai persiapan telah dilakukan oleh para peserta guna memberikan hasil yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Selain berlatih, salah satu bekal terbesar yakni para instruktur telah terbiasa dengan mengimplementasikan teknik berkendara yang aman dan nyaman di jalan raya dalam beraktivitas sehari-hari.

Kami berharap melalui berbagai persiapan yang matang selama 2 bulan, para instruktur binaan AHM mampu mengikuti kompetisi bertaraf International sehingga dapat memberikan hasil yang positif pada ajang The 20th Safety Japan Instructor Competition 2019. Kami juga berharap, setibanya di ke Tanah Air para instruktur ini akan menjadi garda terdepan dalam memberikan edukasi serta berkampanye keselamatan berkendara di tengah masyarakat Indonesia,” ujar Andy.

Kompetisi the 20th Safety Japan Instructors Competition 2019 juga diikuti para instruktur terbaik dari 9 negara lainnya yakni Singapore, Malaysia, Thailand, Philippines, Vietnam, India, Taiwan, Australia dan Turki. Para peserta akan diuji mengenai pengetahun terkait keselamatan dan keterampilan berkendara dalam ujian praktik serta ujian melakukan edukasi keselamatan berkendara. Pada ujian edukasi, para peserta dituntut untuk memiliki kemampuan untuk mengajar dalam berbagai kasus yang diberikan oleh tim juri.

Sedangkan pada uji praktik, para peserta akan diuji kemampuannya melalui uji dalam keterampilan berkendara mencakup teknik pengereman, kestabilan diatas motor, pengoperasian sepeda motor dan posisi berkendara yang baik dan benar dalam berbagai kondisi dalam sesi praktik braking, slalom course dan low speed balance…

Last….IWB akan berusaha keras melaporkan setiap jengkal berita dari Jepang. Opo wae cak biar sampeyan puasss. Btw keberangkatan IWB ini merupakan ritual tahunan dan undangan khusus yang diatur sepenuhnya oleh AHM. Artinya IWB budal mung “bondo kolor” cak, lak yo semangat pakdeee. So….sampai ketemu di Jepang dan tunggu report IWB di negeri matahari terbit. Oh ya…jangan lupa follow IG dan Youtube IWB karena live report akan sering IWB lakukan didua kanal tersebut. Salam juozz gandozz sampe ngowozzzzzzz :mrgreen: …..(iwb)

Advertisements

15 COMMENTS

  1. Gondol 1 cewek jepang cosplayer ke Indonesia Lek
    Tp yg imut & tidak sombong ya
    Siapa tahu ada yg mau “tinggal” di Indonesia
    Hehehe……

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama