iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…wacana Motogp di sirkuit Mandalika terus bergulir. Walau kabar perkara ini naik turun, tidak ada salahnya kita coba gali lebih dalam profile dan melihat sekilas geliat sirkuit. Yup…dalam rangka menyambut #MandalikaGP (rencananya) pada tahun 2021 mendatang, alangkah baiknya kita kupas sedikit bagaimana seluk beluk sirkuit yang akan dibangun di pulau Lombok tersebut. Apa kabar sirkuit Motogp Mandalika?

Pada tanggal 23 Februari 2019, Carmelo Ezpeleta (Dorna) sepakat menandatangani dengan Abdulbar M. Mansoer (CEO Indonesia Tourism Development Corporation ‘ITDC’), untuk Proyek baru Sirkuit Mandalika yang akan di jadwalkan menggelar MotoGP dan World Superbike pada tahun 2021 mendatang. Kemudian pada Awal maret bertepatan dengan Seri pembuka Losail, Qatar. Konferensi Press MotoGP Indonesia berlangsung di Losail, yang dihadiri pembalap Indonesia Dimas Ekky Pratama, Carmello Ezpeleta (Dorna), Ricky Baheramsjah (Head of Investment & Marketing ITDC dan Mark Hughes (Managing Director of Mrk1consulting).

Dalam konferensi press tersebut muncul beberapa poin penting seperti durasi kontrak yang disepakati selama lima tahun, kemudian penetapan Mandalika sebagai Street Sirkuit pertama yang menyelenggarakan MotoGP, dan Fasilitas lain seperti kapasitas Tribun yang bisa menampung lebih dari 50 Penonton. Panjang Sirkuit Mandalika sendiri mencapai 4,32 KM dengan Total 19 Tikungan. Selain itu pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan Mall dan pusat pameran serta tak ketinggalan Hotel yang cukup dekat dengan sirkuit.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Sementara itu Pembangunan infrastruktur sudah mulai dikerjakan dalam beberapa bulan terakhir ini, namun pembangunan sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok bagian Selatan, Nusa Tenggara Barat dengan lahan tanah 131 Hektar akan dikerjakan mulai bulan Oktober tahun ini dengan harapan bisa rampung dipertengahan 2020 sehingga Mandalika bisa langsung digunakan untuk Test layaknya Sirkuit Kymi Ring musim ini. Dan kabarnya dana sebesar 3,6 Triliun sudah dipersiapkan untuk proyek pembangunan tersebut.

GP Mania Indonesia jelas menantikan kehadiran Sirkuit Mandalika di tahun 2021 mendatang mengingat sudah lama sekali cakk Indonesia tidak masuk dalam kalender MotoGP, lebih dari 20 Tahun lamanya sejak Grand Prix Sentul yang diselenggarakan pada tahun 1996 dan 1997, Nahhh di tahun pertamanya Sentul masuk masuk seri kedua setelah Shah Alam,Malaysia. Memunculkan Mick Doohan sebagai Juara dikelas 500cc, Tetsuya Harada dikelas 250cc dan Masaki Tokudome dikelas 125cc. Kemudian di tahun kedua, Sentul masuk seri keempat belas sebelum Final Round Phillip Island, Australia. Yang memunculkan Tadayuki Okada sebagai Juara dikelas 500cc, Max Biaggi dikelas 250cc dan Valentino Rossi dikelas 125cc.

Last…Dengan masuknya Sirkuit Mandalika menjadi Tuan rumah MotoGP selama lima musim, maka akan berdampak juga terhadap hasil yang didapatkan. Diprediksi sekitar 10.000 Wisatawan mancanegara akan meningkatkan perekonomian daerah hingga 30% setiap tahunnya dan berpeluang terus meningkat Josss gandosss iki rekkk. Kuwi kalau gollll cakkkk. So…mari kita pantengin wae perkembangan project ini, semoga lancarrrrrrrrr..(Cc for iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!