iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Saat ini dua rider MotoGP selalu menjadi buah bibir banyak orang, siapa lagi kalau bukan Marc Marquez (Repsol Honda Team) dan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP). Yupss…kedua nama tersebut sangat berpengaruh terhadap kejuaraan paling bergengsi didunia ini pakdeee. Nahh IWB Akan mencoba membahas statistik mereka setelah melakoni Start Ke-200nya diajang MotoGP. Monggo disimak cakk…

Marc Marquez baru saja menjalani start ke-200 tepat disirkuit Aragon, Spanyol Minggu kemarin. Marquez sempurnakan start istimewanya dengan sabet kemenangan didepan publiknya sendiri. Perjalanannya dalam mencapai angka 200 bisa dikatakan penuh perjuangan cakkk.

Ia menjalani debut dikelas 125cc pada tahun 2008 silam diumurnya yang masih 15 Tahun. Dengan membesut KTM FFR 125 dan dalam 2 tahun pertamanya bisa dikatakan tidak mulus lantaran belum bisa mencetak kemenangan. Kemudian di tahun 2010 prestasinya langsung melejit, bocah asal Spanyol tersebut sukses raih gelar juara dunia pertamanya dengan total 10 Kemenangan dan 14 Podium yang ia kumpulkan dalam 3 Musim.

iklan iwb

Atas kesuksesan tersebut, pada tahun 2011 ia naik kelas menuju Moto2 memakai Sasis Suter, tentunya pemasok tunggal Honda CBR600RR. Marc Marquez tampil cemerlang dengan meraih gelar juara dunia ditahun keduanya yaitu 2012 dengan total 16 Kemenangan dan 25 Podium.

Kemudian Nama Marc Marquez kian melejitt setelah ia naik kelas MotoGP pada tahun 2013 bersama Honda dengan mewarisi Kursi dari Casey Stoner (Repsol Honda Team) yang menyatakan pensiun dari dunia MotoGP dengan beberapa alasan tertentu. Nunggang Honda RC213V Sejak itu prestasi Marquez terus membaik dan langsung menyegel juara dunia ditahun pertamanya ketika ia bersaing ketat melawan Jorge Lorenzo (Yamaha Factory Racing Team). Kemudian dominasinya berlanjut pada tahun 2014, 2016, 2017 dan 2018 dimana Gelar selalu berada ditangan The Baby Alien. Ia catatkan 52 Kemenangan dan 90 Podium.

Nahhh…secara data keseluruhan Maka Marc Marquez meraih 7 Gelar, 78 Kemenangan, 129 Podium, 89 Pole Position dan 69 Fastest Lap dalam 200 Grand Prix yang telah ia lalui.

Lantas bagaimana dengan Valentino Rossi?

Valentino Rossi terjun ke ajang MotoGP pada kelas 125cc pada tahun 1996 diumur 17 Tahun. Rossi menggunakan Aprilia RS 125 Selama dua musim, dimusim debutnya ia meraih 1 kemenangan dan 2 Podium. Dan Tahun keduanya meningkat dengan meraih gelar juara dunia pertama dikelas 125cc. Total dalam dua musim Rossi mengoleksi 12 Kemenangan dan 15 Podium.

Kemudian ditahun berikutnya ia naik kelas menuju 250cc dengan membesut Aprilia RS250, meski gagal meraih gelar juara dunia ditahun pertamanya, namun Rossi tampil cukup baik dengan Hasil yang ia raih selama dua musim mencakup 14 Kemenangan dan 21 Podium.

Atas capaiannya tersebut Rossi naik menuju kelas Premier pada tahun 2000, dan bisa dibilang ditahun debutnya menggunakan Honda Satelit NSR500 cukup baik dengan menjadi penantang Rider senior Yaitu Kenny Roberts Jr. Motor yang liar dan minim intervensi elektronik. Ditahun pertamanya Vale harus rela menunda meraih gelar perdananya dikelas Premier karena Roberts tampil lebih konsisten dibanding dirinya. Nggak mengejutkan karena mesin 2Tak 500cc merupakan mesin yang sulit dikontrol pada masanya….

” Honda – Rossi kembangkan generasi 4 tak RC211V gantikan NSR500 ditahun 2002. Ditangan Rossi generasi RCV lahir…”

Barulah di tahun berikutnya Rossi sukses sabet gelar juara dunianya dengan total mengumpulkan 13 Kemenangan dan 23 Podium dalam dua musim. Selanjutnya ditahun 2002 Rossi naik pangkat dengan menggeber Pabrikan Honda RC211V Sekaligus menandai Era baru dengan sebutan MotoGP. Ia sukses raih dua gelar juara dunia secara back to back (2002-2003) dengan total 20 Kemenangan dan 31 Podium selama dua musim. Sayang hubungan Rossi dan Honda memburuk hingga pada tahun 2004 Rossi tinggalkan HRC….

Tantangan Baru Rossi dimulai tahun 2004 yaitu kepindahannya menuju Yamaha. Dengan Menggeber YZR-M1 generasi big bang pertama meninggalkan screamer yang dikembangkan bersama bapak M1 Masao Furusawa dan Vale, Rossi langsung persembahkan gelar secara back to back lagi (2004-2005). Namun dua tahun berikutnya ia gagal mempertahan gelarnya yang lepas ditangan Nicky Hayden (Repsol Honda Team) dan Casey Stoner (Ducati Team). Di tahun 2008 Prestasinya secara perlahan kembali meningkat sekaligus menandai start ke-200nya tepat di sirkuit Donington Park, Inggris. Total ia meraih 32 kemenangan dan 52 Podium selama bersama Yamaha hingga Donington Park 2008.

Jadi…secara keseluruhan Valentino Rossi meraih 7 Gelar, 91 Kemenangan, 144 Podium, 51 Pole Position dan 74 Fastest Lap dalam 200 Grand Prix yang sudah dilalui.

Last…dari uraian dan data diatas bisa disimpulkan dalam 200 grand prix pertama disaat muda ternyata Vale mampu tampil lebih baik dibandingkan Marc dengan 91 kemenangan disaat Marc mengoleksi 78 kemenangan…….podium Rossi 144 dan Marc 129…..fastest lap Rossi 74 kali dan Marc 69 kali. Namun Marc unggul soal torehan pole dengan 89 Pole Position dan Rossi hanya 51. Yup….sunday rider sejak muda cak. Vale memang kondang soal gaya balap dari belakang lalu overtake rider didepannya satu persatu. Nggak heran Vale saat itu disebut sebagai The Doctor dan langsung membuat Motogp melejit akibat tontonan yang diberikan. Apapun itu baik Marquez maupun Rossi sama-sama memiliki catatan Fantastis selama berkarir diajang MotoGP, dan tidak bisa dipungkiri lagi cakk Jika kedua rider tersebut masih menjadi yang terbaik dalam grid saat ini. Nah, menurut sampeyan siapakah yang lebih baik diantara mereka berdua?? (Cc for iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

128 COMMENTS

      • Simbah itu pembalapa hebat, asal lawan2nya pembalap2 KW.
        setelah masuk stoner dan Hohe aja udah mulai empot2an.
        Setelah masuk marquez simbah cuma jadi badut sirkuit.

      • 200gp rossi umur berapa, marc umur berapa? Jika dicapai dengan tenggang waktu yang sama, siapa yang paling banyak juaranya? Taruh Rossi dari 1996- 2008 untuk gp 200. Marc dari 2008-2019 untuk gp 200

      • @wow: justru dengan banyaknya seri permusim tropi jurdun menjadi lebih lama untuk diraih…contoh giacomo pembalap yang paling banyak raihan jurdunnya…!!!!., kenapa bisa begitu…???, karena dulu permusimnya ga nyampe 12 seri?..!!!

    • Ya pastinya bagusan MM93 lah
      MM93 dah mengalahkan VR 5x
      Sedangkan VR belom pernah mengalahkan MM93 sekalipun
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

      • betulll… jd suatu saat corong sales hon2, akan diam seribu kata. tdk ada yg abadi. semua ini hanya hiburan

    • Jauh moncer Marc ? di sama2 balapan k 200 marc masih muda daripada rosi dulu.. digenap balapan k 200 ..koleksi rekor2 marc sangat jauh melebihi rosi ?

    • Zaman rosi ..rosi gak bisa bikin perubahan besar sebuah regulasi ?.
      Zaman Marc ..terjadi Regulasi besar.. Single ecu ? efek beringasnya kolaborasi Marc feat H ?

      • Justru tim yamaha menderita karena singel ECU, saat pakai ECU sendiri Yamaha selalu didepan fight.
        Rossi bisa menang saat masih 500cc 2 tak tanpa elektronik. Paham

    • Bmw award Marc lebih banyak dri rosi digenap balapan k 200 ?

      Tapi yaitulah..Rekor2 didalamnya , Marc jauh diatas ?
      Dan yang paling penting..
      Digenap balapan k 200.. Marc torehkan Pendapatan – gaji terbesar dimotogp ?

      Ada yang balapan nya mpe lumutan ..gajinya juga mulai lumutan ?

    • Makanya, kalo cari kerja..sekarang ini gak bisa lagi andalkan pengalaman dan umur ( senior ) ataupun Gelar…itu era dan zamannya LekWanBanaran ? v ..
      Yang dibutuhkan adalah Skill..kemauan ,kerja keras ..dan motivasi ?

      • kliatan baru nonton gp ne orang…..lupa apa 2015 klasemen Rossi diatas Marques…tiap batle 1 lawan 1 Marques kalah terus …Qatar,Argentina, Assen. Sepang,…..dan itu Rossi Umur 35 Tahun vs Marques 22 Tahun………yakin klo di posisi umur sebaliknya MArques masih bisa menang kaya Rossi?

      • Thailancung Jualan aja di pinggir jalan sambil nyebar2 brosur
        Ga usah nonton Moto GP segala
        Makan yg bergizi, jangan cuma minum air comberan + makan bangkai doank….

      • Rossi sama Marques kan sama-sama pembalap. 7 tahun balapan di trek yang sama. Cek aja, siapa yang sering finish di depannya, itu yang lebih baik.

      • Mnang & juara y? ?
        Ykin klw saat ni Rossi msh muda bs mnorehkn pncapaian 9 gelar jurdun? Bs mlampaui kmmpuan pmbalap2 zaman now? Lupakn dl soal Stoner ato Lorenzo, nglawan Dovi ja empot2an… ?

        Balapan hgg 70th sklipun y prcma klw g bs mlewati Agostini ?

      • Simbah bisa juara karena lawannya kroco2
        masuk Hohe, Stoner, Pedrosa udah mulai empot2an.
        Setelah Marquez masuk langsung jadi badut sirkuit

  1. Jgn bandingkan ke 2nya secara head to head, karena udh beda jaman. Secara regulasi, kekuatan antar pabrikan, kekuatan antar rider dll masih lbh kompleks dan seimbang di jamannya marquez dibanding rossi! Jamnnya marquez banyak banget rider2 alien dengan skill mumpuni seperti dovi, rins, quartararo, vinales dll, blm rider kuda hitam yg kadang menjadi pengrecok barisan depan seperti miller, crutchlow. Sedangkan jamannya rossi ? Bisa diitung siapa rider2 aliennya. Tp yg jelas ke 2 nya sama2 bagus di jamannya masing2 dengan regulasi di jamannya masing2! Dan diakui atau tidak di era motogp sekarang marquez lah yg terbaik

    • yg ente sebutin itu blum alien..alien itu mendominasi total kaya stoner, lorenzo, pedrosa. mreka kalo udah touring sendirian didpn, rossi atau marquez pun sulit ngejar..5 alien era motogp modern masih sulit digeser oleh dovi,rins maupun quartararo…

    • Terserah lah sama data.. saya cuma pengen MotoGP ini punya tontonan yang nggak monoton.. kembali seperti tahun 2000an yang bikin orang terpaku didepan tv, was was n deg degan
      Sekarang mah kalo udah ada yang didepan.. di tinggal pipis aja ga berubah tu posisi

      • Ya deg degan karena jagoannya dari belakang startnya, coba dari belakang ngejarnya bukan jagoan kita, ya biasa aja kaya Dovi kemarin start dari tengah merangsek ke posisi 2 biasa aja, coba kalo MM ato VR pasti heboh

  2. TETEP ajalah kedua emang rider hebat dan legenda Motogp.
    setiap jaman ada pelakunya
    setiap jaman pun selalu ada orang-orang hebat di sana.

    kapan ada jurdun dari negeri ini, itu yang kita tunggu-tunggu đŸ™‚

  3. Dari awal rossi ke kelas motogp gue fans rossi,, dari 2015 ane langsung pindah ke mm.. miris gue ngeliat kelakuan aki2, makin tua bukanx makin dewasa, malah kaya anak kecil.

    • iya, dari awal rossi nyentul sekitar 1997 klo gak salah di gp 125 udah keliatan ini bakatnya n mulai suka sama dia. namun semenjak pundung sama stoner di 2007 karena pilihan ban yang beda jadi kurang respek padahal dia juara dunia beberapa kali lhoo apalagi dengan berbagai kejadian kontroversial tahun 2015 sampai ke sini pola berpikirnya malah jadi kaya anak2.

  4. Menurut saya yg keren adalah Honda, pembibitan marq udah d pegang repsol honda, di usia muda vale juga d hunda.

    KTM di redbull race joss didikan nya.
    Zamaha, duklati terlihat minim edukasi maklum minim gelars,

    Kerja keras tak pernah bohongi hasil

  5. Saya bukan penggemar vale,tapi saya sangat menghormati dia..
    Di jaman vale motor masih murni liar tanpa ada tempelan dan tambahan sana sini..
    Itulah murni motor motogp yang aslinya.
    Salut buat rosi.

  6. Marc lebih hebat dari Vale, buktinya sekarang disaat mereka ada di lintasan…

    Mending Vale pensiun deh ato pindah ke balap lain dan bisa juara baru dia lebih hebat…

  7. Tantangan di zaman Rossi lebih berat kr dia harus berjibaku dengan NSR yg notabene motor 2 tak dengan power besar dg karakter liar dan dia juga punya andil dlm pengembangan yamaha M1 4 tak yg dikala itu kurang kompetitif hingga menjadi motor yg mampu bersaing dengan honda dan ducati. Rossi Juara dunia di 2 era 2tak dan 4 tak. Kala itu ada juga juara dunia 2tak ( kenny robert jr dan alex criville spanyol) namun blm mampu menorehkan juara dunia diera 4 tak.
    Rossi vs marq. Jelas Rossi.

    • Udah bukan eranya rosy om..
      Semua ada masanya, next pasti ada alien lagi yg akan mengalahkan marq,
      Orang speri rosy marq ada di masa yg berbeda
      Walaupun di era mereka ada yg di hembuskan akan ada persaingan sengit.. nyatanya ya dilihat sendiri lah
      Wkakakakak

      • Brandalz bener ,jika ada cerita tentang Rosi..yang berhubungan atau dikait kaitkan dg Marc..maka pantas disebut bukan eranya rosi ? kecuali sedikitpun TIDAK menyinggung Marc ?
        Karena Marc itu era sekarang.

    • Lho kan disitu disebutkan era rosi 2t dan 4t, skrg kan emang era 4t..
      Dan perlu diinget, era rosi pindah dr hodna ke yamama jangn lupa sosok mekanik handal yg bisa ngerti maunya rider spt apa dengn pengalaman di hodna sekian tahun serta campur tangan darno, dan juga special tire buat mbah ocy, sama juga era marq dia punya santi hernandez dan team yg luar biasa riset dll
      @valeban (dom) udah biasa bro minum comberan, benci boleh bego jangan lah… cinta juga boleh.. buta jangan lah

  8. G fanatik ma pembalap siapa, tapi MotoGP th 2000an lebih enak. Banyak selap selip. Enggak kayak sekarang malah kayak Turing… Makanya skrng g pernah nonton MotoGP lagi..

    • Sama om, ane sekarang juga jarang liat live, cukup cari informasi di blognya lek IWB saja, males aja liat orang touring, coba MM93 punya gaya balap “sunday rider” seperti VR46, pasti seru…

    • Saya selalu menikmati motogp sejak awal aku lihat di tahun 2003 sampai sekarang..
      Suka lihat gmn pembalap melibas tikungan sambil miring2.. Adu speed dan juga senggolan di track..
      Yg aku g suka itu.. Drama2 yg dibuat oleh aktor2 yg sudah tak mampu bersaing namun berkoar di micropon seolah dia yg terhebat..
      Knapa aku benci itu.. Karena ini balapan motor di sircuit.. Bukan adu bacot..
      Pengen menang.. Ya buktikan di sircuit..

      • Y msak Marq kudu nungguin biar yg lemot bs nyusul gtu? ?
        Balap tuh spa yg cpat finish dluan, klw sm2 cepat y battle…. Tp jgn pke kaki ato ? ?

  9. Dua duanya sama sama yang terbaik pada zamannya VR pernah jadi yg terbaik pada zaman nya dengan sikon pembalap, team, regulasi yang berbeda dibanding dengan zaman MM sekarang, kecuali jika mereka berdua muncul di waktu yg hampir bersamaan okelah kita bisa bandingkan mereka head to head, btw semoga mbah vale bisa juara sekali lg biar genap sesuai nomor keramat nya, 4+6 = 10….wes cak ngono walah ngomong opo iki walah….. ??

  10. Beda zaman, di era VR motor minim electronic jadi pure skill rider yang berperan sedangkn di zamn sekarang rider lebih terbantu dengan teknologi semisal traction control bayangin aja naik motor CC besar liar tanpa traction control, . . .
    Kalo di suruhmilih saya pilih Rossi perpaduan skill dan nyalinya sangat baik, era sekarang dimana MM venales dan lainnya ada VR juga ada sama2 nerasakan tapi di era VR meraka tidak merasakannya benar tidak.

    • bandingin nih:
      1. Jaman pra eletronik, bobot motor 138 kg, tenaga 180 hp
      2. Jaman elektronik, bobot motor 164 kg, tenaga 260 ++ hp
      Tinggal lu itung aja power to weight ratio. Jelas bedalah, gak pake elektronik, rossi dan yg laen bakal terbang gara2 hi side, bolak balik masuk rumah sakit. Mikir!!!

    • Emang sekarang rossi ga pake elektronik ya, harusnya kalo skillnya hebat ketambahan elektronik bisa menang senegara donk bro, bukan malah dikentutin neng april

    • Seneng banget gua liat salah satu VALEBAN GOBLOG VALEBAN GOBLOG, UDAH NGAKU AJA RIDER LO SKRG DAH UZUR GA KUAT BERSAING UTK PODIUM
      TOGOG KOK DIPELIHARA

  11. Memang suka atau tidak Rossi adalah the Goat. Saya bukan fans boy ya. Saya nonton dia saat versus Biaggi yang paling seru. Memang dia yg bkin motogp melejit dan dornapun mengakui. Yang ngefans juga pembalap yang jadi lawannya saat ini kok dan itu fakta. Gaya balap yang sengaja dari belakang lalu nyalip satu satu bahkan sengaja nunggu pembalap lain nyalip lalu salip balik itu ibarat entertainer dilintasan balap. Perayaan podium yang spektakuler yang akhir akhir ini pesta podium berasa biasa biasa saja. Cuma pendapat saja,bukan fansboy ya. Sekali lagi.

  12. klo diatas keras emang menang rosi, tp kan beda zaman. zaman berubah, teknologi berubah, banyak pemabalap2 top lahir di jaman sekarang, mungkin klo rossi mengawali karir di era marquez blm ada jaminan rossi mencapai capain yg sekarang ia peroleh.

  13. Keduanya emang legend dijamannya masing2
    Disini sarangnya FBR, termasuk pemilik warung.
    komenanya ikut bahasa penulis yg kdng bar bar..
    Sebelah sarangnya FBM, komen pake data, hoax bully bareng2..
    Jadi sama sama lah.. kalo mau kopdar tinggal pilih warung.. ???

  14. Dua2nya bagus PADA MASANYA…

    Ya masanya ROSSI sudah lewat, tapi dengan masih mampu tampil kompetitif di beberapa race sudah merupakan pencapaian bagus…

    Sekarang masanya MARQUEZ, dengan kemampuannya bisa membawa motor Honda juara dunia (nyaris beruntun, kecuali 2015) dari 2013 sampe sekarang…

    Nanti juga ada masanya dimana Marquez akan mengalami apa yang dialami Rossi sekarang, dan ada bintang baru lagi…

    • Betul itu,bisa saja next fabio quartararo dan jak miller krn msh muda. Jgn lupa jg vinales dan alex marquez dan joan mir. Mreka pembalap msh bs potensi kedepan.

  15. Susah membandingkan siapa yg lbh hebat…krn 200 jaman rossi msh minim campur tangan elektronik sdgkn skrg serba elektronik. Yg jelas rossi pembalap hebat dijamanya dan marc pembalap hebat dijamanya.
    Tp fakta menunjukkan kl usia rossi diatas 30 th prestasinya mulai turun, sdh ga pernah juara dunia. Kita lihat marc diatas 30 th nanti sprti apa….

  16. Intinya rossi pembalap aktif ketika marquez juara dunia, sedangkan marquez tidak pernah d bawah ketika rossi juara dunia. Ketika dtang pembalap yg lbh bagus cukup akui saja jangan banyak alasan. Tahun 2010-2014 rossi belum tua. Tapi nyata nya sudah tidak mampu untuk gelar jurdun karena kalah bagus. Terlepas dr semua alasan, bgtulah kenyataannya

  17. Dulu jadi fans x Rossi. sekarang ya fans x Marc dong. ga munafik gaya balap marq lebih mantap. Rossi tetap jd sejarah mtgp.Ga usah jadi fans yang buta lah

  18. Diartikel ditulis dieranya vr mesin rc211v sangat cepat berkembang karena kritik membangun vr.. intinya apa ? Mm tinggal menyempurnakan saja utk menjadi yg terbaik diera saat ini. Dua2 nya pembalap yang terbaik pada masanya. Susah untuk mencari yg terbaik karena berbeda masanya.

  19. Argentina n Assen 2015 fumiyem pd jingkrakan liat rossi ngalahin Marquez. Tapi race Valencia 2015 fumiyem pd nangis darag krn junjungannya gagal juara dunia, mereka pd nyalahin Marquez.
    Sukurin loh, arogan sih !

  20. Hedeh, gausah bawa bawa pekerjaan mas, apa sebegitu salah dan hinanya jadi sales sampek kerjaan sales dibawa bawa dikomenan kaya gini??
    Apakahbanda gapernah terbantu dengan adanya sales, ketika anda mau ngambil motor tanya ini dan itu yang ngejelasin dengan sabar juga sales, anda mau masuk diler dicuekin, ga ada 6ang nyambut?? Mau nanya siapa? Mekanik?? Ga risih nanya mekanik yang lagi kerja?
    Komen sesuka anda tanpa menyinggung suku ras agama dan pekerjaan, .

  21. Dua duanya hebat.
    Tapi rossi juara saat tidak ada markes.
    Sebaliknya markes tetep juara walaupun ada rossi đŸ˜€
    Dan rossi ngga pernah juara saat bersama markes

    • Sama2 jago lah wak… Yang bikin ribut kan kalau mau merasa jago sendiri dan fans yg bela buta, yg penting abr atau abm ?.

      Tapi kalau mau bicara data yg paling jago sampai saat ini, 1 agostini (15), 2 rossi (9), 3 mike holiwood (9), 4 marq (7*) inipun bisa debatebel karna jaman agostini bisa main di 2 kelas berbeda waktu itu dalam semusim.

      Bisa juga hitung kelas utama aja, 1 agostini (8), 2 rossi (7), 3 marq (5**)
      Bedanya rossi dan marq masih aktif, hanya waktu yg akan menjawab yg aktif ini siapa yg bisa menambah gelarnya.

      *menuju 8 (2019)
      *menuju 6 (2019)

  22. kalau motor tidak ada intervensi elektronik, ane ga yakin MM bisa masuk 10 besar.
    stoner mengatakan : “tanpa elektronik, vale akan selalu juara”

    • Jaman Agostini beda lagi, saat itu motor benar-benar minim.
      Saya waktu jaman Doohan belum pernah pakai handphone, masih ingat lagu rap syairnya …. tit..tit…pagerku berbunyi, tit..tit…begitu bunyinya.
      Jaman Rossi baru beli handphone, itupun layarnya masih seperti kalkulator, tulisannya minim banget…

      Walaupun kini makin maju, tetapi roda masih tetap bundar.
      Dan orangnya juga tetap sama, cuma ilmu & kemampuan adaptasi dengan teknologinya yg harus berkembang mengikuti jaman.

  23. Kalo bicara data dan fakta Marquez jelas masih kalah dibanding Vale Cak Iwan, tapi kalo bicara level persaingan antara Moto GP era dulu dan sekarang jelas berbeda jauh sekali Cak. Kalo kita sudi menilik akan hal itu menurut saya Marquezlah yang terbaik…

  24. Gak usahlah bandingin ama marc93 sama taro aja si mbah keok, komplain mulu kurang grip lah, ban abis lah, katanya the doctor kok gak bisa sembuhin motornya…

  25. Masih bagus masa yang berbeda,kalau satu angkatan dengan marquez potensi dapet poin ampas nya buat vr46 akan lebih besar.

  26. Yg special dari MM93 itu adalah dia meraih sebagian besar gelar juara dunia beserta rekor-rekor-nya dimulai saat masih benar-benar baru belajar pegang stang kemudi & rem MotoGP dan langsung berduel dengan legenda besar MotoGP dan juga para pembalap hebat (para allien MotoGP) yg namanya masuk dalam daftar peraih kemenangan terbanyak seri MotoGP.
    Coba cek daftar peraih kemenangan seri MotoGP deh…

    VR46 mulai berbagi kemenangan sejak munculnya Pedroza, Stoner & Lorenzo. Jadilah 4 pembalap itu bergantian secara berimbang memenangi balapan MotoGP, sesuatu yg tidak bias dilakukan oleh Max Biaggi, Sete Giberneau, Nicky Hayden, Loris Capirossi, ataupun Marco Melandri saat menjadi pesaing VR46.
    Nama-nama tsb tidak bisa spt Stoner, Lorenzo ataupun Pedroza.

    Jika tidak ada MM93, jelas gelar juara duniamotoGP atau juara seri akan bergantian diperebutkan oleh 4 pembalap allien di atas (VR46, Pedroza, Lorenzo dan Stoner).

    VR46 kini memang usianya sudah tua, tetapi tahun 2013 dan 2014 masih belum tua. Apalagi Lorenzo dan Pedroza, masih muda, dan yg dihadapi seorang MM93 yg masih rookie bau bawang.

    KENYATAANYA :
    VR46 saat masih muda perkasa saja tetap kesulitan menghadapi Pedroza, Stoner dan Lorenzo, bahkan lebih banyak kalahnya, apalagi jika VR46 harus melawan pembalap yg berkali-kali mengalahkan Pedroza dan Lorenzo, kan…?

    Catatan :
    MM93 sudah mulai jengkel dan kurang respect pada VR46 semenjak kontroversi Assen-Belanda 2015. Disitulah MM93 tidak bisa menerima di kadalin seperti itu. Dia gondok berat….tapi dia sadar saat itu dia masih bukan siapa-siapa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here