iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..moncrottt cak. Sepertinya dimasa depan kita tidak akan lagi bisa leluasa menggunakan knalpot racing dijalanan. Sebab yang kita hadapi bukan hanya razia polisi namun alat yang ditebar untuk menjaring knalpot bising dengan db tertentu. Sensor ini bahkan sekarang sudah mulai diuji coba dijalan raya. Byuhhhh, apakah ini akan menjadi kiamat bagi knalpot free flow ???

Memang harus kita akui, knalpot dengan tingkat kebisingan tertentu membuat kita mumet. Namun ada juga knalpot racing yang adem dan enak didengar dibandingkan knalpot standart yang anyep bener. Itulah kenapa dijalanan banyak biker yang kucing-kucingan. Selama tidak ada razia, knalpot racing merajalela. Dilalah kondisi tersebut membuat petugas kepolisian Perancis geram…

iklan iwb iklan iwb

Dengan mengandalkan teknologi dan sensor canggih, alat ini mampu mendeteksi suara yang masuk kategori ambang batas. Di Perancis sendiri alat masih di uji coba disalah satu kota Villeneuve-le-Roi sebuah kota dekat bandara Paris Orly. Target yang dibidik adalah suara keras yang dihasilkan motor dan mobil. Jika kita perhatikan alatnya cukup unik…

Seperti radar, sensor suara ini terdapat 4 microphone yang mampu menangkap suara secara komprehensif. Lalu kamera membantu untuk mencari kendaraan yang menimbulkan suara bising lalu merekam atau memotret plat nomer yang nantinya akan diproses untuk penindakan tilang. Semua alat tersebut disebar dan saat ini masih tahap uji coba. Weihhhh gileee canggih benerrrr ki cakkk…

Memang, semua alat tersebut sekarang masih ada di Perancis. Namun tidak menutup kemungkinan jika alat berhasil dan bekerja sempurna….negara lain akan mengikuti. Termasuk Asia mungkin ? intip saja bagaimana pertama kali emisi gas buang berlaku. Mulai dari Euro 2 hingga Euro 4 Eropa menjadi 1st mover dan lainnya mengikuti. Yang menarik cak, petugas kepolisian di Perancis tidak akan memandang bulu terhadap ambang batas suara…

Walau knalpot bawaan pabrikan jika melebihi db yang dipatok tetap akan ditilang. “Kami tidak menentang motor Ferrari atau Harley Davidson, tetapi pemiliknya terkadang suka mendemonstrasikan kekuatan kendaraan mereka dan suara itu benar-benar mengganggu penduduk,” kata pejabat Villeneuve-le-Roi, Remy Jourdan via Reuters. Nahhh moncrotttt tenan toooo….

Last…jika alat canggih ini betul-betul digunakan di seluruh dunia khususnya tanah air jelas akan membuat eksistensi knalpot racing usai karena pasar terbesar free flow exhaust adalah para biker harian. Kondisi yang bisa saja terjadi dimasa depan. So…sensor kebisingan knalpot ? piye menurut sampeyan cak, ada komen soal ini? (iwb)

Advertisements

49 COMMENTS

  1. Mau punya motor knalpot berisik tapi bebas tilang?
    Beli harley davidson….
    Gak percaya?
    Coba lihat nanti kalo ini sudah diterapkan…
    Sing digaruk cuma montor cilik2….

  2. Jan jane…… pemerintah sisan wae ngumpulke product sample dari produsen knalpot lokal. Di test pake db meter. Trus dibuat list model dan merk yang lolos uji db meter. Jadi yg lolos boleh dijual dan dipake di jalan, yang gak lolos ya dilarang…… ngono wae to Cak Iwan….

    • susah cak lolos emisi suara tapi ga lolos emisi gas buang, solusi lain nya knalpot racing diperbolehkan tapi bayar pajak tinggi, 2 juta misalnya pertahun, dana yg terkumpul digunakan untuk penanaman pohon di daerah tersebut. sisanya masuk kantung pemerintah. manufaktur knalpot racing kaya r9, prospeed dan proliner bisa jalan terus, konsumen yg ngoto pangen pakai knalpot racing juga bisa jalan tp bayar pajak tinggi, kalau harley yg ribut banget pajak knalpotnya 6 juta aja wkwkwk.

  3. Setuju saja, demi ketertiban. Bahkan kalau perlu sensor arah lampu dan warna lampu diperhitungkan pula. Akhir2 ini semakin banyak kendaraan pakai lampu warba tidak standar bahkan menyilaukan atau malah blitz untuk rem, sein, macam disko. Untuk drl warna warni gk masalah, klo rem dan sein? Apalagi nyalanya macam hazard,

  4. cocok dipasang di daerah dieng, kota Malang………… disini banyak berkeliaran (sebagian besar) oknum2 mahasiswa pakai motor bodong & knalpot brong ….. tipikal mahasiswa2 njancuki, klo ditegur biasanya emosi dan sukanya ngancam2 kekerasan fisik, tapi yaa gitu dehh, beraninya maen keroyok, ditantang duel satu lawan satu pada kabur ……. keat hebak

      • Yo wes sama2 paham broo, golongane sopo sing wanine keroyokan ……digetak sepisan mlayu, maringono mbalik maneh rombongan 😀

    • Nek tonggoku kakak adik oknum tentara polisi keat kabeh urip ndek gang sempit motore king dibrong .. Yo ngono iku ditegur apik” malah tambah di pol polno ngegase.. ancen keat obek

  5. Dilematis cak, diindo orang ingin pingin punya suara knalpot terdengar besar dan ngebas tapi motornya 1 silinder bahkan 2 silinder pun ada jenis yang suara memekakkan telinga saat disebelah geber. Sedangkan moge harusnya dapat pengecualian karena dasarnya dah beda multisilinder dan cc besar. Atau mungkin dijual moge lokal bakal lebih mantul.

  6. Setuju banget. Banyak motor pasang knalpot racing asal2an dan pakai sembarangan. Masih mending kalo moge yg pakai knalpot….lha mio & beat pakai knalpot racing….hadeuh…

  7. Selamat tinggal 4 silinder, 3 silinder, 2 silinder. Yg membedakan kan salah satunya suara itu…. Hiks..hiks…
    Kalau gitu suatu saat nanti, utk jalanan (trutama indonesia) motor gk usah cc gede, dan cukup 1 silinder (torsi), krn dijalan raya gk terlalu guna di speed (keburu jalan belok/rusak/rame/banyak pemberhentian).

    Atau nanti motor listrik yg akan berjaya.

  8. Kemarin waktu ada operasi patuh,, smua jenis knalpot aftermarket kena cak,, mau suara adem ky gimana, petugas tau itu g bawaan pabrik, auto tilang..

  9. Setuju batt dahhh.. Nyang kaya gini ni musti diterapin.. Pada gak takut dosa apa ente pake knalpot berisik.. Doa orang terdzolimi oleh pengguna knalpot berisik manjurr.. Camkan ituu..

  10. Setuju 1000%, tidak usah tunggu alat canggih, sekarang langsung aja, copot di tempat, terutama mesin2 kecil yg memekakan telinga, kalo mesin besar memang lain suaranya berat, asal knalpotnya juga gak diganti aftermarket, tapi sebenernya lihat waktu dan tempat, kalau misal di jalur luar kota jauh pemukiman ya masih toleran

  11. Bikin peraturan semua motor yg kena razia knalpot bising dikandangin. Disita polisi. Kemudian ganti knalpot standar lagi dan dijadikan motor operasional pak polisi.

  12. harus ada tolak.ukurnya si cak bukan cuma sekedar berisik. kyk knlpot std saya berisik banget gara2 sering motornya diajak njerit di rpm diatas 10rb hahahaaaaa

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama