iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk… Siapa sih yang tidak mengenal Suzuki Hayabusa. Hypersport yang sempat memegang sebagai motor terkencang di dunia versi Mass production tersebut kini kembali menarik perhatian publik karena di geber oleh pembalap isle Man of TT Guy Martin asal Inggris. Edannya….. Suzuki Hayabusa garapan dari Jarrod Jack ini mampu menembus angka 436km per jam. Namun menurut Guy Martin kecepatan tersebut belum cukup dan mereka akan coba untuk memperbaiki. Kenthirrrr…

Pembalap terkenal yang sukses meniti karir di ajang balap Jalan Raya Isle of Man TT memiliki hasrat untuk memecahkan top speed menggunakan motor produksi massal. Motor yang dipilih oleh pembalap Inggris ini adalah Suzuki Hayabusa 1300. Untuk mewujudkan hal itu tidak mudah karena secara basis desain motor ini tidak untuk melahap kecepatan diatas 400 km per jam. Oleh karena itu dari sisi aerodinamika Guy Martin dibantu oleh mekanik Jarrod Jack Frost akhirnya membuat cover casing fiber carbon baru….

Perombakan tersebut memungkinkan penambahan downforce agar motor tetap stabil saat melewati batas 400 km per jam. Sebuah kecepatan tergila yang pernah diraih oleh seorang pembalap Isle on Man TT. Dari sisi mesin juga tidak mudah. Walaupun basis engine sudah kencang namun tidak cukup mengandalkan versi standar pabrikan yang hanya bermain di angka 160-180HP. Oleh karena itu dilakukan beberapa perombakan meliputi jerohan dan penambahan komponen turbo sehingga mesin standar melejit. Ampuh cak !!

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Suzuki Hayabusa Ini akhirnya berhasil meraih power hingga 840 HP. Gileeee cakkk. Terus gimana saat pengetesan? Ledakan tenaga langsung mengerikan. Motor ini dengan mudah mampu tembus 400 km per jam bahkan kecepatan Puncak dikabarkan berhasil menabrak tembok 436km/jam. Sayang karena angin yang cukup kencang proses eksplorasi top speed terkendala. Guy kabarnya akan mencoba kembali dengan target kecepatan Puncak 300 mil atau setara dengan 482 km/jam. Ediannn tenan !!

” Rocky Robinson di bonneville, best top speed dengan 2 mesin Suzuki…”

Top speed 436 km per jam jelas tidak main-main dan cukup mengerikan. Namun kecepatan tersebut Bukankah rekor dunia karena jika kita melihat ke belakang ada beberapa motor yang justru berhasil menembus angka 600 km per jam. Sebagai informasi rekor saat ini dipegang oleh Rocky Robinson di bonneville yang menggunakan motor streamliner di tahun 2010….

Rocky mengandalkan dua mesin Suzuki dengan kapasitas total 2600 cc. Saat itu Doi menorehkan top speed terbaik 605,697 km/jam. Wihhh…opo ora mumbulll kuwiii. Hanya Rocky memang tidak sama dengan Guy. Jika Rocky menggunakan kendaraan darat yang mirip model kapsul dan tidak lagi mirip motor mass production, maka Guy Martin tidak. Desain Hayabusa masih kental terasa. So…apakah target 482km/jam akan tercapai? kita pantau saja cak….cadazzzz ! (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!