iklan iwb
” Project leader Tsuji….”

Iwanbanaran.com – Mengejutkan cak…..hari ini Presiden Yamaha Racing, Kouichi Tsuji menyatakan mundur dari Jabatannya. Sosok legendaris yang banyak memberikan konstribusi luar biasa untuk Yamaha racing khususnya di Motogp. Project Leader yang sudah memberikan seluruh tenaga dan pikiran akhirnya menyerah. Cukup disayangkan disaat Yamaha mulai menunjukkan Progresnya musim ini, justru Tsuji memilih mundur dari Yamaha….

Yamaha terus melakukan beberapa perombakan dalam struktur organisasi mereka sejak musim 2018 berjalan karena performa mereka tak kunjung membaik, yang ditandai dengan paceklik kemenangan selama 24 Seri sejak Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) terakhir menang pada Assen, Belanda 2017. Kemudian Rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales memecah paceklik tersebut dengan memenangi Race Phillip Island, Australia 2018….

Puncak dari sekelumit dari perubahan Yamaha pertama datang pasca Qualifiying Redbull Ring, Austria. Dimana Duo Yamaha Factory gagal menembus 10 besar, kala itu Maverick Vinales hanya mampu bertengger diposisi 11 dan Valentino Rossi posisi 14. Catatan tersebut menandai hasil terburuk Duet Vinales dan Rossi. Kemudian Kouji Tsuya yang menjabat sebagai kepala teknis Yamaha sejak 2017 mengadakan Konferensi Pers untuk menceritakan masa-masa sulit yang terjadi pada Yamaha dan secara terang-terangan meminta maaf kepada kedua Rider Yamaha Factory atas hasil buruk yang terus menimpa mereka berdua….

iklan iwb
” Tsuya….”

Atas hasil yang jauh dari Harapan, akhirnya Kouji Tsuya memilih mundur pada awal tahun ini dan perannya diambil alih oleh Takahiro Sumi yang sebelumnya menangai setiap Test ketika melibatkan Squad Yamaha. Nahh Dari sinilah Yamaha mulai mengambil langkah lain untuk berbenah, mulai dari restrukturisasi Yamaha selama musim dingin, mereka telah mengubah filosofi kerjanya, dengan mendatangkan Test Rider Eropa, Jonas Folger dan tidak tanggung-tanggung Yamaha memberi Fasilitas layaknya Pabrikan kepada tim Satelit Mereka Yaitu Petronas Yamaha SRT. Hal ini belum pernah terjadi karena Yamaha selalu menjatah Tim Satelitnya dengan Spec Mesin satu tahun lebih tua dibandingkan Pabrikan….

Step by step Hasil Yamaha mulai membaik selama 2019 musim ini, dengan satu kemenangan lewat Maverick Vinales dan beberapa podium lainnya Lewat Valentino Rossi dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT). Jjika dikumulasi Yamaha Telah mengumpulkan 11 Podium dari total 13 Seri yang telah berlalu. Jumlah tersebut sedikit meningkat dibandingkan Musim lalu dimana Yamaha mengumpulkan 10 Podium namun tanpa kemenangan hingga Seri Misano, San Marino….

” Takahiro Sumi…..dialah yang sekarang memegang leader teknis Yamaha Motogp…”

Langkah maju Yamaha mulai terlihat musim ini dengan menghadirkan Prototype 2020 yang sudah mereka siapkan pada Test Brno, Ceko. Hal tersebut menandai kali pertamanya Yamaha menurunkan Next Project mereka pada pertengahan musim. Baik Rossi dan Vinales punya tanggapan berbeda mengenai M1.20 namun Rossi lebih mengarah kepositif dan Vinales dengan gamblang menyatakan jika M1.20 belum selevel dengan Honda dan juga Ducati.

Disisi lain Rossi juga terus memuji Yamaha dengan kesigapan mereka untuk bergerak maju dalam pengembangan Motor, dan menuji kinerja Yamaha selama akhir pekan Race Misano. “Aku pikir kami memiliki lebih banyak hal menarik untuk dicoba dalam beberapa pekan terakhir dibanding tiga tahun sebelumnya,” tutur Rossi….

Dan Maverick Vinales memuji kecekatan dalam kominikasi diYamaha yanh lebih baik dibanding musim lalu.. “Komunikasi antara kami telah meningkat dibandingkan tahun lalu. Sekarang aku bisa berbicara langsung dengan Sumi dan memberitahunya apa yang kupikirkan, banyak hal telah berubah dan Yamaha harus berevolusi dengan cepat...” Kata Vinales..

Last…Dengan kemajuan Yamaha musim ini justru kabar kurang baik datang dari Presiden Yamaha, Kouichi Tsuji yang mememilih mundur dari jabatannya tersebut. Tsuji sendiri sudah bergabung dalam Squad Yamaha sejak 2011. Dan untuk Sementara waktu Yamaha belum mengumumkan Siapa yang akan menggantikan posisi Tsuji namun disinyalir kuat General Manager Yamaha saat ini, Hiroshi Ito akan mengambil alih Posisi Tsuji….(Cc for iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!