iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…buanyakkk yang nanya ke IWB, cak Iwan kenapa Honda kalau rilis produk sebelumnya nggak pernah ada tes jalanan? kenapa nggak pernah nongol spyshot seperti halnya Yamaha, Suzuki ataupun Kawasaki ? kenapa tiba-tiba brojol beda dengan lainnya? pertanyaan tersebut deras masuk ke IWB mengingat AHM sukses meluncurkan ADV 150 tanpa terendus gamblang sebelumnya. Nah, ketimbang penasaran diartikel ini IWB akan coba kupas dari pengetahuan IWB agar sampeyan nggak penasaran. Kenapa Honda tidak pernah ada spyshot jalanan ??

Banyak yang percaya spyshot adalah salah satu cara marketing ampuh untuk membuat para bikers penasaran sehingga awareness terhadap produk ini melejit. Namun sebenarnya nggak sesimpel itu karena secara teknis test Ride uji jalanan dari beberapa informasi yang masuk ke IWB diperlukan guna mendapatkan data real secara lengkap Seperti apa reaksi komponen setelah digunakan selama Ribuan kilo meter. Mulai dari suspensi, mesin hingga elektronik bahkan casing sekalipun diperiksa ulang mulai dari 10.000…..20.000 hingga 30.000 km….

Biasanya pabrikan akan membuat 2-3 prototipe yang disebar dan digunakan para test Rider pilihan. Makanya jangan heran jika Kadangkala kita mergokin motor tersebut seperti dipasang racelogic yang sebenarnya adalah data Logger untuk mengetahui kinerja mesin setelah digunakan ribuan kilometer secara real-time di lapangan. Umumnya kita mergokin produk baru itu lalu lalang di jalanan Indramayu – Pantura baik dari Yamaha, Kawasaki ataupun Suzuki. Anehnya kita tidak pernah menemukan motor Honda menjadi korban spyshoot. Pertanyaannya Kenapa hal itu terjadi? Apakah Honda memang tidak pernah melakukan tes uji coba lapangan sebelum produk dirilis?

iklan iwb

Jawabannya tidak juga. IWB Tahu betul dari beberapa telik sandi bahwa sebenarnya Honda juga melakukan simulasi tes ride secara intensif sebelum produk dirilis ke pasar. Kenapa tidak pernah terlihat dijalanan? Nahhh ini yang beda cak. Astra Honda Motor memiliki sirkuit khusus yang cukup besar dan tertutup di pabrik mereka sehingga keamanan produk baru terjamin. Sirkuit tersebut disetting sedemikian rupa sehingga memberikan simulasi real time dibua seolah-olah seperti kondisi jalan biasa. Itulah yang membedakan antara keempat pabrikan Jepang….

Dengan sumber daya yang dimiliki Astra Honda Motor lebih mampu menjaga kerahasiaan produk yang akan dirilis karena mereka tidak perlu ngetes secara terbuka di jalanan umum yang rentan diabadikan oleh kamera. Semua yang IWB tuturkan bukanlah berdasarkan analisa karena sebenarnya jika sampeyan membuka artikel lawas, IWB sempat berhasil jepret testing Honda CB150R di sebuah lokasi tertutup yang disebut sebagai sirkuit tes AHM dimasa lalu sebelum aturan blokade informasi demikian ketat. Makanya sulit bocor cak…

Last… status Astra Honda Motor yang memiliki sirkuit pribadi tertutup sebenarnya juga terjadi di Jepang. IWB sempat diajak Suzuki Hamamatsu melihat sirkuit mereka di Ryoyu. Menurut informasi yang IWB terima, Suzuki menggunakan sirkuit tersebut untuk mengembangkan produk yang akan dirilis secara global. Karena di Jepang memang tidak diperkenankan testing produk baru lalu lalang di jalanan demi safety. Nahh…jadi kira-kira demikian cak. Kenapa Honda tidak pernah ada spyshot jalanan ?? Dari sini wis mudeng tooo. Lek durung mudeng mari kita celupin kepala ke bak mandi sama-sama dijamin nyantol setelah itu :mrgreen: ……(iwb)

iklan iwb
Previous articleFP2 Misano : Pasukan Yamaha kuasai 5 besar, Marquez nyempil ketiga !
Next articleMengintip modifikasi motor Honda (HMC) di Malang, membludak cak !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!