iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkkk……buanyakkk ilmu cak, asli banyak oleh-oleh yang bisa IWB bawa dan share kesampeyan setelah Bloggers diundang AHM untuk melihat secara langsung perakitan motor Honda di Plant Cikarang. Pabrik motor yang ternyata memiliki kekuatan produksi cukup besar setelah plant Karawang tersebut membuka mata kita semua betapa besarnya konstribusi AHM dalam menyerap tenaga kerja dan betapa luar biasa kencangnya produksi motor Honda. Lha piyee cak…Hanya 22 detik brojol 1 motor Honda yang siap didistribusikan keseluruh Indonesia, ediannn !!!!

Kemarin (11/09/2019) kita diundang AHM untuk melihat secara langsung produksi motor Honda di Pabrik AHM kawasan MM2100 Cikarang Jabar. Pabrik ini fokus memproduksi skutik low entry seperti Beat, Scoopy, Genio serta Vario series. Nah, beruntung pakde…kita digelandang untuk tour dalam pabrik…..setiap detil pembuatan motor dari awal hingga akhir. Ternyata sistem yang dimiliki AHM ini memang canggih dan presisi serta mandiri. Nahhh kuwi yang bikin kita ngowoh cak…

Hampir semua part inti diproduksi langsung AHM mulai dari engine, casing, sasis, tanki, pelk dan banyak lagi lainnya.? Menurut cak Adi salah satu leader di pabrik Cikarang, plant ini mampu memproduksi sekitar 6700 unit motor hanya dalam waktu 24 jam. ” Kami mampu memproduksi 1 motor dalam 22 detik. Jadi dengan kalkukasi kasar setelah jam istirahat dll, plant Cikarang bisa memproduksi 6700 unit motor dalam 24 jam. Semuanya langsung di distribusikan ke seluruh main dealer Honda di Indonesia…” serunya. Weeihhh ediann cakkk…kuwi hanya Cikarang lho..

iklan iwb

Sebagai informasi AHM saat ini memiliki 4 pabrik yang aktif memproduksi motor yakni di Sunter yang merupakan kantor pusat dan perakitan. Yang kedua di Pegangsaan Kelapa Gading….ketiga Cikarang dan yang paling besar adalah Karawang. Nggak heran AHM saat ini mampu memproduksi sekitar 5,8 juta unit motor pertahun. Dengan kekuatan produksi tersebut Astra Honda Motor bisa menyerap tidak kurang 25 ribu karyawan. ” Astra selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak bangsa dan semua…” seru bu Istiyani Susriyati (GM Honda Customer Care)…

” Gaya IWB wis meyakinkan belum cak wkwkwk…”

” Setiap engine assy yang sudah jadi akan dites langsung dengan alat khusus (kompresor angin) untuk memastikan tidak ada kebocoran. Dengan sensor tersebut nyaris tidak mungkin ada mesin yang kurang sempurna lolos. Alat akan memberikan tanda merah jika ada kebocoran..” ujar cak Adi lagi. Yang membuat IWB terpana adalah alat untuk ngepres sasis eSAF cak. Sasis terbaru dari Honda yang dicangkokkan ke Genio ini ternyata dari lembaran plat yang dipress menggunakan alat super raksasa. Gileee gedenya sampai keatap pabrik. Menurut informasi yang IWB terima, alat ini hanya ada di Indonesia (setidaknya untuk saat ini). Nggak heran saat IWB dilokasi ada beberapa karyawan Honda Jepang dan Thailand ataupun Vietnam dilokasi…

” Lhooo kuwi nyapo mz, koq mereka disini? “ tanya IWB. “ Mereka training, karena alat dan teknologi ini baru ada di AHM. Makanya mereka dikirim kesini untuk belajar..” tambahnya. Weksss keren ya Indonesia berarti. First mover cakkk. Dilokasi yang memang sangat ketat ini IWB melihat langsung proses pembuatan sasis eSAF. Frame singkatan dari Enhanced Smart Architecture Frame ini terdiri dari dua lempeng plat dengan ketebalan berkisar 1,4-1,8mm. Plat ini dimasukkan ke mesin pres robotic yang mampu ngepress dengan kekuatan beberapa ton. Sadizzzzzzz…

” Untuk pengelasan tiap lempengan dikerjakan dengan laser. Jauh lebih presisi dan kuat. Kecuali untuk “Stay” dibeberapa titik tetap welding biasa..” tukasnya lagi. “ Frame eSAF ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki model tube biasa yakni ringan dan kuat. Dengan model ini bobot frame lebih ringan 8 %. Jika sebelumnya untuk matic sekelas 13kg maka di eSAF bobot berkisar 10,5kg..” tambahnya lagi. Ini mah teknologi sasis mobil cak. Lempengan-lempengan plat kemudian di press dan welding kemudian jadi sasis utama. Pertanyaannya, jika memang lebih maju kenapa sasis ini nggak digunakan pada semua motor Honda ? jawaban mereka hanya senyuman. Yup…tanpa sepatah kata keluar namun senyuman sudah cukup bagi IWB untuk menyimpulkan. Iyooo oraaaa :mrgreen:

Last….teknologi terus bergulir kearah yang lebih maju. Dengan sodoran yang diberikan AHM terhadap terknologi terbarunya IWB jadi berpikir, seandainya motorsport Honda menggunakan sasis ini pasti handling makin mantap. Apalagi dari sisi kekuatan Honda memastikan eSAF sudah diperhitungan sedemikian rupa dengan fokus pada agility yang lebih baik. Akhir kata, maturnuwun atas undangan yang diberikan pada IWB sehingga jadi nambah ilmu. Walau nggak bisa diabadikan setidaknya IWB jadi tahu betapa besarnya pabrik AHM serta canggihnya peralatan untuk meracik sasis eSAF yang digunakan pada Genio saat ini. Hanya 22 detik brojol 1 motor Honda?? ediannn tenan laris pakdeeeee !!!! (iwb)

52 COMMENTS

  1. kang, ijin tanya ,dan tanyakan atau ulas lengkap.. gimana caranya agar nama Honda di AHM bisa hilang. sehingga nama produk yang beredar menjadi Astra Motor saja dan efeknya agar Indonesia punya motor nasional. mirip peristiwa Hero-Honda India. sekarang perakitan dan produk yang diluncurkan kebanyakan kandungan lokal. namun karena nama Honda dan pemilik AHM adalah mayoritas luar negeri jadi duit Indonesia lebih banyak keluar negeri jadinya. ulas bang…

    • Gimana klo AHM jadi AYM/ astra yamaha motor cak….
      Biar Yahaha lebih maju dari keterpurukan ini
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    • Suatu saat bisa sept itu jika dilihat dari kekuatan modal dan saham serta pasar yang dimiliki Ngahaem, namun jika dilihat dari sejarah H di indo yang sangat berbeda..maka kemungkinan itu Gak diwujudkan , ngahaem dg japan akan selalu lebih baik jika tetap berkolaborasi , saling memajukan diri saling menguntungkan.

    • Makanya ngahaem mengembangkan sayapnya dibanyak bagian2 raksasa lainnya..termasuk yang kecil juga , salah 1 nya memasok kebutuhan/part untuk tetangga ..dan bahkan hanya ada sebagai Makelar saja ?
      Ente ambil barang gua ini , sebagai bagian dari pembayaran cicilan hutang ? lirix sebelah.

  2. kalo semua produk honda termasuk tipe sport pakai eSAF ini, kemungkinan ga model turbular lagi, jadi kaya model twin spar a.k.a deltabox nih.. semoga ada inovasi

  3. Duh masukan kayaknya motor jg udh terlalu banyak deh kalo produksi terus di gembor2 populasi motor jg bakal tambah banyak. Fyi penyumbang kemacetan juga karna dr terlalu banyaknya motor juga

    • Penyumbang kemacetan ya krn populasi manusia membesar.
      Manusia butuh alat transportasi. Solusinya ya jangan bikin anak banyak2.

  4. Hebatnya ngahaem itu adalah, produk dg model lokal bisa eksport ??
    Mana ada sih penjualan 1 tipe sampe 1 juta unit pertahun ? Cuma beat yang bisa di dunia ini ? dan hasil 1 juta unit dari beat ini..masih tinggi dari jualan semua motor dari 4 pabrikan lainnya ?
    Cukup d beat..belum lainnya .
    Rangking 5 besar sekarang sudah ditangan H ?
    Disaat Y-ang lain sibuk jualan untuk membayar Hutang…H sibuk dengan menghitung keuntungan2 dan duit yang semakin menumpuk dalam rekeningnya.

    Kanvaz rem beat? Bukan kaleng2..bisa membeli semua Pabrikan tetangga ?

  5. Cak Iwan, 1 motor = 22 detik itu atar ngitungnya dr mana ? Mhngkin ga sih dr awal materialnya dicetak smp jd motor 22 detik…??

    • Sebenarnya 22 detik 1unit motor ga surprise lah… untuk peralatan sekarang yang lebih canggih.
      waktu ke plan Sunter jamannya Honda Grand Th 1997 itu 33 detik 1 unit motor keluar..

  6. Kenapa dimotor lain belum pake tekhnologi sasis terbaru?? Jawabane simpel lek, karna larang segala sesuatu yang lebih baik pasti mahal di awal produksi, mereka berani mengambil langkah ini karna sudah balik modal bahkan tumpeh tumpeh dari jualan beat,vario,dan scoopy.
    tapi yang saya salut karna jadi yang pertama pake ni tekhnologi, jadi ga ngekor mulu sama pabrik honda di negara lain.
    Semoga kedepannya semua motor honda pake ni tekhnologi eSAF.

  7. Wah.iku mah neng gedung baru yo Cak, ko ra mampir mring gedung casting cak neng sebelahe. Ben aku iso ketemu ??

  8. Dalam setaun ada 2.455.500 motor baru honda,belum merk lain,belum mobil,dll…penambahan infrastruktur jalan baru dlm setaun gmn angkanya ya? Gk abis pikir kalo suatu saat mobil motor gk bisa gerak…hoho.
    Ada regulasinya gak sih?

  9. Susah loo melbu kerjo pabrik iki saingane okehh ..ndisit dadi kontraktor ning kayaba …beh lumayan gede juga
    Sebulan sa lemburan lumayan iso 7 juta lewihh

    • Kapasitas produksi bisa ditingkatkan, namun terkendala juga dg pabrik / plant yang terbatas. Soalnya..semua produk H itu larisss manisss..barangkali nyomot pabrik tetangga yang nganggur bisa jd solusi ?
      Paling tidak bisa tukar pakai ,H pake pabrik Y..dan Y pake Gudang H ?

  10. Terjawab sudah pertanyaan ay di blog mang vandra (monkeymotoblog), di artikel mas iwan

    Cuman pertanyaan saya adalah tetap sama, apakah yang dulu menjuluki deltabox milik sebelah dengan nama deltaseng, akan berani komen demikian lagi??
    mengingat AHM aja pake pelat untuk rangkanya.?

  11. Semakin maju teknologi…semakin canggih pula teknologi sasis motor,
    maka kamipun tak mau kalah pak… di masa depan nanti produk sendal swallow kami akan menggunakan frame jepitan kaki yg tidak lagi berbahan karet… tp menggunakan bahan material canggih yg merupakan perpaduan bijih uranium yg dicampur ke dalam adonan tepung tapioka

  12. Sebenarnya 22 detik 1unit motor ga surprise lah? untuk peralatan sekarang yang lebih canggih.
    waktu ke plan Sunter jamannya Honda Grand Th 1997 itu 33 detik 1 unit motor keluar..

Comments are closed.