iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Berkecimpung di Ajang Motogp tentu membutuhkan Biaya yang sangat Mahal, termasuk pihak Sponsorship yang rela menaruh banyak uang demi Logo/Nama perusahaan maupun Produknya untuk berada di Tim Papan atas MotoGP. Dari mulai 20.000 Euro Hingga lebih dari 12.000.000 Euro, kira kira jika dirupiahkan menjadi berapa? Mari kita kupas sedikit mengenai Hal ini cakkk…

Untuk masuk dalan Kejuaraan Dunia seperti MotoGP, tidak harus menjadi rider,teknisi ataupun crew. Yuppp… Cara lain yang tepat ialah cukup dengan menggandeng rider papan atas / Tim papan atas yang untuk menjadi Sponsor mereka. Permintaan akan Investasi sponsor sedikit meningkat dalam akhir-akhir ini, Mulai dari Sponsor Utama Pabrikan MotoGP hingga beberapa setiker dengan ukuran kecil dikelas Moto3, tentu saja sebagian dari sampeyan – sampeyan pasti penasaran berapakah biaya yang mereka keluarkan untuk menjadi Sponsor dalam satu musim?

RTR Sport Marketing sedikit memberikan gambaran dengan kalkulasi versi mereka, walaupun tidak sepenuhnya real namun hampir mendekati kebenaran cakkk. RTR Sponsor Marketing sendiri adalah salah satu agensi yang berspesialisasi dalam bidang sponsor pada sektor olahraga, mereka mencoba membeberkan jumlah dana yang dihabiskan masing-masing perusahaan untuk menjadi Sponsor diAjang MotoGP.

iklan iwb

Ada banyak parameter yang bisa mereka tentukan dalam memahami bagaimana dan dimana tiap perusahaan itu menginvestasikan uangnya, seperti pemilihan kelas (Moto3-Motogp), penempatan logo/merek, ukuran logo/merek, prestise tim, hingga opsi eksternal lainnya yang melibatkan rider dan juga tim, faktor tersebut tentu akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan oleh tiap Perusahaan.

Gambaran pertama adalah dari kelas Moto3 Setiap Perusahaan yang masuk sebagai sponsor rata – rata menghabiskan Uang sekitar 20.000 Euro atau setara dengan 310,6 Juta Rupiah untuk Tim papan tengah Moto3 disetiap musimnya, sedangkan Tim papan atas Moto3 biasanya mematok 1.200.000 Euro atau setara 18,6 Milyar Rupiah. Sedangkan dikelas Moto2 untuk berduet dengan Tim papan atas setidaknya perlu mengeluarkan dana sebesar 3.000.000 Euro setara 46,5 Milyar Rupiah. Meski angka tersebut terbilang cukup mahal, namun jumlah itu tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk menggandeng Tim dikelas MotoGP pakdeee. Setidaknya mereka butuh 12.000.000 Euro (Minimal) atau setara 186,3 Milyar Rupiah dalam satu musimnya. Edan tenann rekk..

Dari angka fantastis diatas bisa disimpulkan jika dipecah maka nilai Kontrak sponsor 1 Seri saja dikelas MotoGP bisa setara dengan kontrak 1 musim dikelas Moto2, bahkan 2 musim untuk kelas Moto3.

Last..Hal tersebut sedikit menjelaskan bagaimana tiap Perusahan menghabiskan banyak uang mereka yang dipertaruhkan dalam ajang paling bergensi yaitu MotoGP. Namun yang patut disoroti adalah Perusahaan Terbesar asal Malaysia, Yupss…Petronas adalah satu satunya Perusahaan Minyak dan gas yang mensponsori satu tim dalam semua ajang di MotoGP (MotoE, Moto3, Moto2 dan MotoGP). Kebayang ora cakk Berapa banyak yang dikeluarkan Datuk Razlan Razali selaku CEO Tim Petronas? Wiss pokok e uakehh?…..(Cc for iwb)

29 COMMENTS

  1. Koment pada gak jelas..tinggal berdoa z semoga +62 ada yg sanggup sponsori di motoGP siapa yang bangga?kita juga kan…?jangan merendahkan negara kita sendiri guys..

    • Bener. .jng mrndahkan negara sendiri. Komen asal2an aja nih akun ternakan. Bikin sampah diblog papan atas aja.

  2. Eh dablek semua ini.

    Kalian tau ga?

    Sebagian Margin Penjualan Honda BeAT yang laris manis itu selama ini AHm kasih buat Trans7 buat siarin MotoGP.

    Pake Logika aja, Yamaha itu di Indonesia di ambang kehancuran. Motor Yamaha apa sih yang laku? Ora Ono…Jossss Gandossss

    Udah ga usah mikir yang aneh-aneh, pilih motor ya Honda. Teknologi Nicasil Cylinder dengan perpaduan Elemen Oli AHm yang ada kandungan Molybendenum itu sudah paling tinggi di dunia teknik.

    Honda makin panas makin Jossss Gandossss….mlumah mlurep ilmu Jossss Gandossss.

  3. Ayooooo KAWAZAKI ikutt MOTO GP lagi ,jare pabrikan bukan folowerr ….kuatt pow ra melu moto GP masa kalahh sama SUZUKI !!! CEMENNNN…

    • Kaoskaki mau ikut motogp takut keok mulu takut produknya di buli terus
      Gk nyangka klo jiwanya CEMEN
      MuuuUUUuuuehehe…….

  4. Berarti Suzuki kaya dong ya? Mereka kan sponsorin diri sendiri dgn tulisan Suzuki segede body (motor, mobil, atv, mesin kapal, oli ecstar). Sisanya cuma sponsor kecil2an.

  5. Setidaknya mereka butuh 12.000.000 Euro (Minimal) atau setara 186,3 Milyar Rupiah dalam satu musimnya. Edan tenann rekk.. LHA KWI BAYARANE MAMAKES WES 15JT EURO LIK. DURUNG GAJINE KRU??

  6. dan sultan nya sultan adalah si REPSOL…dah dari taun brp dia masih setia nguntit di honda? yach…itu smua karena motor honda dari dulu banyak jurdunnya…makannya si repsol ogah berpaling dg yg laen…??

Comments are closed.