iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.comk – Cakkkkk…kehebohan akan lahirnya Kawasaki new Ninja 250 4 silinder menjadi topik yang cukup menarik dikalangan para bikers. Bahkan owner Moge kondang cak Ubay yang bertemu IWB saat kopdar juga tertarik membahas perkara ini. Penunggang Ducati Hypermotard tersebut sepertinya lumayan tertarik karena akan menjadi sejarah baru kelas seperempat liter modern. Dan dilalah tiba-tiba doi melontarkan pertanyaan yang membuat IWB tergelitik..” Mungkin nggak mz Honda nyusul mengeluarkan CBR250RR dengan mesin 4 silinder ?? ” tukasnya membuat IWB tertegun. Honda CBR250RR dengan mesin 4 silinder ??….

Menarik banget pertanyaan ini. Sebuah pertanyaan yang sebenarnya nggak mengejutkan karena dengan resources yang sangat besar rasanya meracik mesin 4 silinder pada CBR250RR bukan hal sulit. Apalagi dimasa lalu Honda juga pernah memiliki produk dengan mesin 4 silinder yakni CBR250RR MC19 ataupun MC22. Sebagai informasi CBR250RR MC22 dirilis Honda pada kisaran tahun 1990-1994. Saat itu motor yang dijejali mesin DOHC 4 silinder inline 16 katup ini memiliki tenaga hingga 45HP dengan torsi 21,5Nm. Yup…ledakan atasnya nggegirisi namun torsi emang jauh dibandingkan inline 2. Itulah karakter 4 silinder cak…

Lalu untuk kecepatan puncak, CBR250RR MC22 dimasanya mampu meraih top speed dikisaran 205 km/jam. So…mesin era modern 250cc sekarang dipastikan bertekuk lutut melawan CBR250RR jadul ini. Apalagi bobot kosongnya hanya 143 kg. Nah, artinya tidak diragukan Honda sudah memiliki pengalaman luar biasa garap mesin 250cc 4 silinder. Tapi jika pertanyaannya, “ Mungkin nggak Honda nyusul mengeluarkan CBR250RR dengan mesin 4 silinder ??” jawabannya IMHO tergantung pasar. Yup…tergantung bagaimana penerimaan pasar terhadap kehadiran Kawasaki new Ninja 250 4 silinder nanti. Jika booming dan laris manis, bukan tidak mungkin Honda akan melirik kesana….

iklan iwb
” CBR250RR MC22 4 silinder…..”
” Kawasaki Ninja ZX2R 4 silinder….”

Tapi kalau penjualan “anyep” , jangan harap pakde. Sedang Kawasaki ? IWB melihat pabrikan ini tidak terlalu mengejar volume. Itulah kenapa geng ijo adalah satu-satunya pabrikan yang memiliki strategi unik. Jalan dulu, perkara laku atau nggak dipikir belakangan. Judule 1st mover. Nggak heran mereka berani menggunakan slogan LEAD DONT FOLLOW. Intip saja berapa produk yang ditelurkan mereka saat pabrikan lain enggan melirik. Dari mesin 250cc 2 silinder hingga motor trail. Sekarang 250cc 4 silinder…opo ora edian jal. Nggak heran dikalangan biker Kawasaki memiliki prestige tersendiri. Gengsi yang cukup tinggi dan gaya ini terefleksikan dari para owner saat menghadiri pesta akbar Kawasaki bike Week. Yang datang rata-rata pada tajir cak….edian tenan !

Last….sebelum lahir K64A, sebenarnya Honda sudah memasukkan opsi mesin 250cc 4 silinder saat masuk RND. Namun setelah dilakukan survei mendalam, menurut AHM mesin 2 silinder adalah spek yang cocok untuk CBR250RR. Konfirmasi ini dilayangkan Toshiyuki Inuma (Presdir AHM) saat interview peluncuran CBR250RR beberapa tahun lalu. ” Ya, kami sempat mempertimbangkan mesin 250cc 4 silinder saat RND CBR250RR. Termasuk sasis model parimeter. Tapi kami memilih 2 silinder karena lebih efisien serta tetap powerfull. Sebab kami juga harus melihat dari sisi pricing agar tetap terjangkau. Dan iini adalah paket terbaik dari Honda untuk para konsumen…” tukasnya saat itu. Honda CBR250RR dengan mesin 4 silinder ?? jawabannya bukan hal sulit bagi Honda namun semua tergantung pasar cak. Makanya para FBH, doain Ninja 250 4 silinder laris biar Honda gatel juga….bener oraaa :mrgreen: …..(iwb)

iklan iwb
Previous articleWSBK Race 2 Portugal, Bautista akhirnya kalahkan Rea !!
Next articleSunmori museum gedung juang 45, Bikers harus tahu ini !!!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!