iklan iwb
iklan iwb
‘” Yamaha Fazer 250…”

Iwanbanaran.com – Cakkk….munculnya project Yamaha B9T yang muncul dalam radar IWB lengkap dengan NJKB ternyata nggak hanya membuat puyeng IWB namun juga berhasil membuat para follower urun rembug untuk memberikan analisanya. Seperti yang dilakukan cak HM (sebut saja demikian) yang secara khusus mengirim surel ke IWB. Doi memberikan opininya disertai dengan beberapa alasan penting. Dan yang sangat menarik cak HM juga menyebut sebuah nama yang tidak asing lagi yakni Fazer 250. Ahhh mosok ki….benarkah demikian? yuk intip surel lengkapnya dibawah ini…

Ditahun 2017 akhir atau tepatnya sekitar 1,5 tahun lalu IWB menemukan project Yamaha B9T. Saat itu sangat sulit mendapatkan titik terang karena status project memang masih mentah banget. Dan dari analisa beberapa bisikan kala itu, B9T sementara arahnya menjurus pada sport naked. IWB nggak bisa menjabarkan detil kenapa prediksi mengarah kesana…tapi untuk sementara demikian….

iklan iwb iklan iwb

Dilalah waktu terus berjalan. Ditahun 2018 tidak ada progress dan sekarang ditahun 2019 baru IWB menemukan kembali kode ini sudah terekam dalam daftar NJKB produk roda dua. Asli…dari sini IWB garuk-garuk alis cak. Kenapa ? karena NJKB produk yang terekam arahnya berstatus CBU. Dari sini IWB coba telusuri beberapa sport yang didatangkan secara CBU namun hasilnya nihil. Kenapa IWB yakin motorsport ?

Intip saja spek yang tertera dalam dokumen NJKB terlampir. Di sana jelas tertulis M/T yang berarti manual transmission. Artinya bisa dipastikan Yamaha B9T Bukanlah motor matic. Menggunakan nomor coding 714212 2949….IWB langsung melakukan kroscek atau cek silang pada beberapa produk Yamaha yang sudah eksis. Ternyata tidak satupun menggunakan kode produk di atas. Contohnya Yamaha Xabre 150  yang menggunakan kode Project BG72. Kemudian Yamaha MT 15 yang mengusung kode Project B8D. Apakah kemungkinan merupakan varian motor terbaru 250cc?

” TTR 230…”

Nah…kondisi ini ternyata menarik perhatian cak HM yang secara khusus mengirim surel ke IWB. Doi memberikan analisa yang cukup menarik siapa sebenarnya Yamaha B9T. Berikut surelnya…

Assalamu’alaykum, w.w.

Pagi kang IWB, moga sehat dan sukses slalu, menyambung artikel kang IWB soal Yamaha B9T kemungkinannya menurut saya ada 2 kang, Fazer 250 atau XTZ Lander 250, dua2nya pake mesin 1 silinder 250 cc pendingin udara, harganya di Brasil sekitar 54-59 jutaan, harusnya lebih murah kalau diimport dengan sistem CKD.

Kemungkinan satu lagi kang, Yamaha TTR 230, harganya di Brasil 47 jutaan loh. Pertama kodenya M/T kang, berarti sport atau bebek super. Kemungkinan bebek super kecil soalnya kemahalan. Kedua, harga NJKB 37 jutaan diatas mesin 155 cc VVA yang saat ini beredar, mesin 250 cc 2 cyl juga nggak masuk harga itu kan kang…

” XZT 250….”

Ketiga, segmen yang belum dimasukin Yamaha saat ini dan belum ada pabrikan lain masuk kecuali Kawasaki yaitu mesin diatas 230 cc 1 cyl air cooler, yang mana Yamaha punya mesin dan produk motornya. Yang paling mendekati secara harga mungkin TTR 230 buat ngerecokin KLX 230, tapi bisa juga kan ke Fazer 250 atau Lander 250. Gimana menurut kang Iwan?

Yup….pertanyaan yang sulit dijawab karena status B9T sendiri masih sangat samar. Apalagi status motor ini terbuka didatangkan CBU. Namun opini pribadi IMHO cukup kecil Yamaha membawa Fazer 250cc karena pasar naked 250cc yang berdarah-darah. Justru IWB merasa trail lebih logis. Apapun itu status B9T hingga sekarang masih misterius. Apalagi saat IWB coba konsult dengan beberapa kenalan, produk belum tentu rilis kendati NJKB-nya sudah keluar. Semakin mumet. So….apakah B9T adalah Fazer 250? make sense nggak menurut sampeyan cak? (iwb)

 

Advertisements

30 COMMENTS

  1. Buat apa yamaha keluarin motor batangan 250 cc? Lihat noh,mt 250,kawak zx,suzuki inazuma,scorpio,semua ga ada yg laku.
    Lebih baik otak yimm fokus benahin matic low dan medium aja dulu dech. Biar ga di kaplokin sama bit dan vario.

  2. Menurut saya kode misterius itu adl xsr250 bro…. mesin 2 silinder tampang xsr700 harga 45 jutaan saja worth it banget cakk…. Rusak dunia permotoran
    ambrolll celengane kabeh…

  3. Dengan basis xsr700 sepertinya bakal sangat menarik cak iwb, mengingat xsr700 adl motor naked terkeren dimuka bumi ini cak…!!! lihat aja desain nya benar2 sempurna, gagah, macho, ganteng dan gak lebay… Tahu lebay? kya desain motor sebelah itu lebay hehe… sempurna banget lah untuk xsr700 desain nya natural banget sempurna dan sempurna

  4. Ada yang belkah Bang.
    kayaknya sepi peminat nehhhh.
    kecuali kalau udah pindah ke KALTIM,
    bisa banter sak-udele dewek, kecuali jungkel baru berhenti.

    asikkk lah banyak pilihan.

  5. Koreksi kang, gambare sampeyan yang di atas itu bukan Fazer 250,…tapi FZ25

    Kalo FZ25 mnrtku punya segmennya sendiri,…para lelaki yg sdh matang, umur 35-50 th. Pasti laku, asal tdk kemahalan.

  6. fz250 dgn njkb harga segitu lucu juga jadinya. saingan dgn ninja SL250 ? sudah ketahuan, user bakalab pilih yg mana

  7. caaakkk ada kemungkinan ini yamaha serrow nggak sih??
    aku seneng serrow deh.
    semi turing semi dual purpose.
    insyallah wani nabung misal bneran.
    wkwkwkwkwk

    • Tapi tunggu dulu.. Bukan kebiasaan Yamaha jadi follower Honda atau masuk red ocean.. Jadi mungkin itu blue ocean atau naked sport bike modern retro.. Let’s see..

  8. Asal jangan pake garis desain dari India aja
    Bukan berarti desain dari India jelek sih. Contohnya TVS. Motor konsep nya punya desain yang cukup bagus. Tapi kalo Y & S setahu saya desainnya kalo mengikuti selera India kurang bagus.

    Tapi kalo mau buang-buang waktu dan uang untuk produk yang gak sesuai pasar Indonesia, ya silahkan saja kurang laris dimari.

  9. CBU auto mahal dan sulit diserap cak, kalau YIMM mau ambil resiko baiknya main di sport retro pake mesin FZ25 pasang harga 30jtan atau bisa masukin FZ25 secara CKD dengan harga yang sama dan liat penerimaan pasar untuk menentukan rilis produk kedepannya apa tetap naked, jadi retro, atau masuk ke segmen trail/dual sport

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here