iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Horaaa umum cak…jaman sekarang gerak dikit perasaan arahnya model retro. Seperti yang dilakukan Honda. Setelah mereka sukses merilis line up CB190 series, kini yang terbaru mereka kembali menggebrak pasar dengan meluncurkan Honda CBF190TR. Yang menarik beda dengan varian Honda sebelumnya, Honda CBF190TR ini mengusung desain Retro tracker modern yang memiliki tampang kental klasik. Apakah motor ini bakal menjadi lawan Yamaha XSR155?

Kemarin atau tepatnya pada tanggal 27 Agustus 2019 sundiro Honda Cina resmi meluncurkan varian terbaru sempalan dari Street bike lain seperti CBF190R, CB190R, CB190X ataupun CB190X Tourism. Nah… ternyata jumlah varian motor yang cukup banyak dengan satu mesin tidak membuat Honda Cina puas. Seakan ingin mengoptimalkan mesin yang ada mereka kembali meluncurkan model Retro Tracker modern dengan mengusung label CBF190TR…

Sedikit berbeda dengan varian lain, Honda CBF150TR ini lebih menyerupai bentuk tracker dengan nuansa retro modern. Intip saja dari samping yang bahkan mirip dengan Husqvarna Vitpilen lengkap dengan mud guard belakang. Kemudian di bagian depan, lampu sudah menganut model LED dua tumpuk. Dan yang paling membuat mata ijo adalah suspensi depan yang sudah menganut model Invert telescopic atau biasa kita sebut sebagai Upside Down. Tidak hanya itu, motor ini juga memiliki pemanis di bagian Fender atau spatbpr. Ada mounting yang yang Sekilas seperti bahan die cast padahal bukan….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Untuk perangkat rem mengandalkan 2 piston dengan fitur anti lock brake system atau ABS. Piringan cakram sendiri memiliki desain wave untuk memudahkan melepas panas….iki wis double disk brake cak. Lalu di bagian shroud nongol air scoope dengan kisi-kisi di bagian kanan. Inilah yang unik karena jika kita melihat dari depan ternyata bentuk shroud tidak simetris sebab antara kiri dan kanan berbeda. Nuansa Retro juga diperkuat oleh bentuk jok berulir dibagian tengah. Betul cak… jaitan jok tahu dengan sabuk di bagian belakang sehingga karakter dari tracker Retro modern terekspos kuat…

Last…. tidak ada perbedaan dari sisi dapur pacu dibandingkan dengan varian lain karena motor ini masih mengusung mesin SOHC 184cc berpendingin udara. Dengan spek tersebut ternyata Honda CBF190TR hanya mampu memuntahkan tenaga hingga 15,6 HP pada 8000 RPM dan torsi 15Nm di 7000 RPM. Sejauh ini belum ada keterangan pasti berapa banderol sang kuda besi akan dipasang. Namun jika pertanyaan sampeyan Apakah motor ini diracik untuk melawan Yamaha XSR155? Jelas bukan karena CBF190TR diracik dengan Fokus utama hanya untuk pasar Tiongkok. Sebagai gambaran berikut Mega gallery dari Honda CBF190TR….piye cak? Keren oraaaaa ? (Iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!