iklan iwb
iklan iwb
Polisi menunjukkan kartu Smart SIM (Surat Izin Mengemudi) di Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) dan gerai SIM di Kabupaten Bekasi, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019). Kartu Smart SIM berfungsi sebagai alat pembayaran e-tilang, jalan tol dan transportasi umum dengan saldo maksimal Rp 2 juta . ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/hp.

Iwanbanaran.com – Jiannn cak….ono-ono wae terobosan yang dilakukan Polri untuk membuat SIM lebih berwarna dan multi fungsi. Lha piye cak, tidak banyak isu dilalah dipastikan kita akan memiliki SIM cerdas yang sekaligus juga bisa buat belanja. Sik-sik maksude?? bettul cak…Surat Izin Mengemudi (SIM) sampeyan nantinya bisa digunakan sebagai uang elektronik termasuk E-Money. Wihhhh seriusan kiii ?? simak artikelnya dibawah ini…

Zaman memang sudah berubah cak. Teknologi sudah semakin maju. Jadi jangan heran jika semua sekarang dilakukan secara digital ataupun elektronik. Intip saja seluruh transaksi mayoritas saat ini sudah berlangsung secara elektronik. Baik pada saat kita membeli barang bahkan untuk melintas ke jalan tol pun uang kontan tidak lagi berlaku. Itu hanya salah satu contoh Bagaimana melesatnya teknologi. Agar semuanya ringkas. Nah… sepertinya itulah yang mengilhami pihak kepolisian. Mereka memastikan sudah mempersiapkan Surat Izin Mengemudi pintar yang disebut sebagai Smart (SiM)..

Yup…. betul cak, menurut informasi korps lalu lintas Korlantas Kepolisian RI, mereka akan merilis Smart SIM yang bisa sekaligus sebagai uang elektronik sehingga bisa ngirit dompet. Tidak banyak kartu… satu kartu bisa buat apa saja. Seperti dilansir Kompas, SIM generasi terbaru ini bakal dirilis pada tanggal 22 September 2019 bertepatan dengan perayaan hari lalu lintas Bhayangkara. Dari konfirmasi yang diberikan oleh kepala Korlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri, smart SIM tersebut bisa melakukan transaksi elektronik karena ada chip yang ditanamkan….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Chip tersebut memuat berbagai data diri seperti identitas data forensik bahkan kontak atau nomor telepon orang terdekat owner termasuk histori tentang pelanggaran yang dilakukan oleh pemegang SIM. Bahkan smart SIM terbaru ini juga bisa digunakan untuk transaksi pembayaran elektronik karena sampeyan bisa mengisi SIM ini dengan uang Elektronik hingga 2 juta rupiah. Weleeehhhh…..canggih juga euy. Apakah aman ? sejauh ini dari informasi koordinator konsultan Satpas Prototype dan FIFO Korlantas Polri, smart SIM tersebut sudah di uji coba untuk pembayaran MRT dan jalan tol. Hasilnya…. berjalan dengan sangat baik…

” Bisa untuk melakukan transaksi apa saja. Kita bekerjasama dengan 3 bank yakni BRI, BNI, Mandiri dan Bank Swasta lain masih dijajaki. Ini masih soft launching dan yang pasti 3 bank tersebut sudah bekerja sama….” seru Refdi. Di tempat terpisah seperti dilansir Kontan, direktur hubungan kelembagaan BNI Adi Sulistyowati membenarkan kerjasama mereka dan kepolisian dalam proyek di atas. ” Benar segera akan diluncurkan smart SIM yang terintegrasi dengan uang elektronik kami yakni tap cash….” serunya. Namun berbeda dengan bank BNI, Bank Mandiri menyatakan masih belum ada rencana kearah sana. “ saat ini belum ada rencana demikian..” seru SEVP consumer and transaction PT Bank Mandiri Tbk Jasmin…

Last…. apapun itu jika tujuannya memang untuk kebaikan tentu akan kita dukung. Walau kalau boleh jujur secara pribadi IWB lebih suka menggunakan kartu terpisah mengingat daya tahan SIM pastinya akan menurun. Sekarang aja dengan hanya disimpan di dalam dompet, seringkali laminating ngeletek sendiri dan harus kita laminating ulang untuk keawetan. Nggak bisa membayangkan jika SIM kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari…sayang tenan cak. Lima tahun lho soale. Diluar itu tetap…gebrakannya keren dan sebuah terobosan luar biasa yang patut kita apresiasi dan tunggu. Smart SIM? Piye cak menurut sampeyan, setuju ora menggantikan model SIM lama?….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!