iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….kehadiran Yamaha XSR-155 tak lepas dari pengamatan para followers Iwanbanaran. Mereka-mereka yang siap bethok celengan kalau memang produk terus pas dikantong dan selera. Termasuk Yamaha XSR-155. Motor retro modern ini ternyata mulai menjangkiti salah satu penunggang Honda CB150R yang mengaku mulai kesengsem dengan XSR-155. Namun sebagai biker yang biasa nunggang motor Honda, doi tidak serta merta 100 persen bertekad mengganti dan masih berharap ada pergerakan dari AHM untuk melawan Yamaha XSR155. Bukan menggunakan Xmotion Thailand. Namun produk lain. Apa itu ?…

Sebelumnya IWB ngeracik artikel tentang tanggapan AHM terhadap kehadiran Yamaha XSR155. Pak Thomas Wijaya saat itu mengungkapkan bahwa mereka sedang mempelajari segmen tersebut dan sepertinya tidak akan memasukkan CB150R Exmotion yang dianggap memiliki desain terlalu sporty. Ungkapan tersebut memancing cak Grenaldi untuk memuntahkan unek-uneknya, judule saran yang pas supaya AHM sudi mempertimbangkan harapan doi yang mungkin bisa saja mewakili keinginan hampir semua biker. Dan inilah surel [Tanggapan Artikel] Respon Honda terhadap Yamaha XSR155…

iklan iwb

Assalamualaikum mas IWB,

Semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan, rezeki & umur yang penuh berkah untuk mas Iwan sekeluarga. Aamiin YRA.

Saya Grenaldi, follower mas Iwan dari Depok, beberapa hari ini sedang terkena demam oleh berita akan hadirnya Yamaha XSR155 di Indonesia.

Jujur saya sangat tertarik dengan desain XSR155, & sudah berniat untuk mengganti New CB150R (2018) saya dengan XSR155 (kalau sudah dijual di Indonesia, ambrol celengan kii).

Namun karena artikel mas Iwan hari ini, tentang adanya kemungkinan AHM untuk menghadirkan kompetitor bagi XSR155, membuat saya jadi berharap lagi kepada Honda (hehehe).

Mas Iwan sampaikan dalam artikel tersebut, bahwa kecil kemungkinan CB150 Exmotion yang menjadi kompetitor XSR155 di Indonesia, & saya termasuk yang setuju — karena secara pribadi saya akan tetap memilih XSR155 dari segi desain. Menurut saya desain Exmotion terlalu futuristik.

Lalu saya browsing2 & menemukan desain motor Honda yang — dari kacamata saya sebagai calon pembeli — akan lebih saya pilih (serta saya nanti, azzeegg) dibanding XSR155. Desain motor — yang jika saja seandainya AHM dapat mengaplikasikannya kepada rangka & mesin 150cc-nya — tersebut adalah desain Honda CB1100RS (mohon maaf jika harapan ini terlalu muluk2, hehehe)…

” CB1100…..”

Namun dari tampilan gaya desain CB1100RS, saya melihat gaya yang berada di tengah2 antara desain XSR155 (yang retro modern) dengan W175 (yang retro klasik murni). Jadi — menurut analisa bodo2an saya hehehe — jika AHM bisa mewujudkan desain CB1100RS menjadi versi 150cc, maka produk tersebut akan memiliki diferensiasi desain tersendiri. Jadi tidak terlalu klasik & tidak terlalu modern — yang sedang2 saja.

Harapan ini mungkin timbul dari memori saya sebagai ABG di tahun ’90-an, yang saat itu memimpikan untuk dapat memiliki Honda Tiger (namun tidak kesampaian, hiks). Semoga AHM juga dapat segera mengeluarkan lagi motor sport dengan headlamp bulat di kelas 150cc maupun 250cc.

Demikian sekedar pemikiran yang ingin saya sampaikan kepada mas Iwan, terima kasih banyak atas waktu & perhatiannya. Semoga celengan sampeyan senantiasa bertambah terus sampai penuh luber2, huehehe, Aamiin YRA.

Salam Juoz Gandoz,
Wassalam,

Grenaldi

Waallikumsalam wr.wb. Aminn YRA…suwun atas semua support dan doanya…juozz gandozz tenan. Nah, semua yang diutarakan dan masukan yang diberikan jelas memberikan gambaran bahwa keinginan bikers tanah air bukanlah model Neo Sport namun lebih kepada motor yang bener-bener mengusung basis konsep retro tulen. IWB sendiri paling menyukai bentuk seperti CB400 ataupun CB1100RS diatas. Apik tenan jeee…asliii…..

Last..sebenarnya bukan hal sulit bagi AHM untuk mewujudkan sebuah motor klasik layaknya CB400 ataupun CB1100RS. Namun tergantung para RND mereka, apakah Honda sudi memberikan keleluasan pada AHM untuk melakukannya mengingat basis desain tersebut rata-rata sudah dipatenkan untuk big bike bukan sport 150cc. Padahal jika di Acc IWB yakin CB150 klasik akan membuat kantong dan celengan klepek-klepek. So…monggo AHM, semoga coretan dari surel diatas bisa menjadi bahan masukan untuk para tim RND selanjutnya. Jika berandai-andai…Yamaha XSR155 vs desain CB1100 diatas untuk retro CB150? pilih mana cak sampeyan ? (iwb)

Advertisements

49 COMMENTS

  1. Nah sama cak pendapat saya juga gitu, mungkin honda bisa ambil ruang ditengah kalo klasik ya oke tapi yang bener2 honda banget ya CB itu desainnya

  2. dengerin tuch…permintaan konsumen…jgn BUDEEEEXXXXX….!!! pelajari kok terus dari taon alip sampai yak jwbannya dipelajari terrruuuuuzzzzzz.. lu kira bocah sekolah??? 😬😬😬😬😬😬😬

  3. Banyak maunya beli kagak.. dulu zaman motor fairing masih jarang, pengen fairing. dah dibikin lokal mtor fairing,banyak yang produksi, ganti maunya yang retro style.. zaman motor pake pelek ruji, mau yang pelek casting.. dah dibikinin bawaan pelek casting bawaan pabrik malah dimodif ganti ruji.. zaman pelek standar.. pengen pelek lebar.. dibuatin pelek lebar bawaan motor malah diganti pelek cacing..pengen motor kencang. Dikasih produk kencang tapi skr dibilang boros bensin..dikasih produk motor irit dibilang sopan.. πŸ˜…πŸ˜…

  4. Kl anda paham desain, maka cbr exmotion bukan lawan xsr. Bahkan CB pun jg begitu.
    Desain CB cenderung jadul konservatif. Sedangkan xsr cenderung retro modern.

  5. Pilih cb150 dengan model cb1100 tentunya dg harga kompetitif dg kompetitor. Klau cb150 exmotion buritan blkng mirip xabre, bukan ke retro.

  6. CB1100 tentu kompetitor yg sepadan dari segi desain yang alirannya sama adalah XJR1300, tentunya mudah juga bagi yamahmud kalo ingin mewujudkannya, desain CB1000 & XJR1300 sama2 lebih condong ke klassik ketimbang retro modern.

  7. sudah berniat untuk mengganti New CB150R (2018) saya dengan XSR155

    baru beli tahun lalu beli motor baru eh sudah langsung mau ganti. beli sih beli bos, tapi ga ababil juga lah…

    contoh nyata orang yang hidupnya penuh pemborosan.

    keinginan di atas kebutuhan

  8. Mending basic Verza di retroin.

    Harus Murmer. Modifable. Lampu bulet.

    Buat bapak2 naik motor santai kayak guwe. Exmotion kagak gw lirik sama sekali…

    Nanggung. Mending punya Ninja (atau teman2 sekelasnya) Sekalian.

  9. Honda yg bikin klepek2 cb400f cak… Everlasting.coba ahm bikin yg 200-250cc .. Masih menunggu juga suzuki vanvan 200 dari suzuki,gak tau sampai kapan, hihihihi…

  10. Generasi yg minta2 sperti itu sd kadung bergelar alm. Kang… klo gak gitu usianya boyoknya sd g memungkinkan πŸ˜…

  11. CB1100 Cak. Desain klan cb masuk Indonesia modelnya bulat2 klasik macam cb100 dsb. Dan tak sedikit pula akhirnya yg beli GL hingga verza yg memodifikasi tunggangannya menjadi cb klasik. Desain cb klasik sudah tertanam di pikiran masyarakat Indonesia.

  12. Tiwas wis tak mbongkar celengan, tibak’e durung metu. Wis kesuen cak, sing disik’an metu iku sing tak tuku. Kanggo dodolan.

  13. πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£
    Bener mas, yg salahnya itu nafsu sesaat
    Dulu waktu kecil saya selalu bermimpi pake motor berfairing, skarang udah punya malah suka yg klasik malah ngidam C70 udah ga mikirin kegantengan berkurang, ini masalah jati diri munkin ya wkwkw

  14. Motor itu lebih menyasar pada yang berjiwa muda..dalam artian, persentase lebih banyak pada kawula muda , millenial istilah jonggolnya , nah …si Mt saja yang modern nasibnya gimana πŸ˜‚

  15. Berhubung xsr udah dihadapkan dg Verza.. maka H hidupin lagi aj Honda phantom nya , pastinya phantom moderen.millenial.full led.injeksi dllπŸ˜‚πŸ‘

  16. Setuju kalo model CB 1100 yg di bikin di indonesia ..lewih klasik kalo exmotion buat lawan MT 15 saja …πŸ“’πŸ“’πŸ“’πŸ“’

  17. CB Neo Tiger XXXcc…itu udah masuk, tapi msh ada matic yg harus brojol..jadinya blm urgent! ingat honda tidak akan nanggung deh pokonya, 60-70jt denga matrial joss gandozz di tambah tampang jadul klasik maskulin…obat ganteng bukan untuk kaum mending pokonya! kali ini honda tidak mau di dikte…hahahaha

  18. XMo dan XSR jelas beda aliran desain meski Honda nyebut XMo motor retro modern. Tp mata konsumen gak buta utk bisa bedain keduanya. So, saran fbh di atas emang masuk akal. Honda hrs buat motor yg desainnya bnar2 retro

  19. AHM pinter dan emg bner, knp mereka ga ngeluarin CB Exmo nya,
    Pdhl kl mau dgn mudah mreka bikin si Exmo versi indo,
    Tp AHM tau, cb exmo bukan selera kebanyakan masyarakat indo, cuma mengejutkan di awal tp ga akan bertahan lama, mereka pinter dgn mau meracik ulang motor retro klasik versi mereka, dan gw yakin hasil nya bakal bkin surprise kaya yg AHM lakuin skrg2,
    Mulai dr CB150R, CBR150R, CBR250RR, PCX Lokal, dan yg terakhir si ADV, semua udah sangat ngertiin keinginan konsumen indo,
    Tinggal tunggu AHM nelorin nih produk retro aja,
    Yg mau ambil XSR bkl galau ketika AHM bilang mau ngeluarin saingan XSR ini, hmmmm,

  20. Padahal si exmotion sudah jadi standar clan CB terbaru (bentuknya mirip mirip sama cb125 dan cb250)
    Sayang sekali kalau indonesia tidak bisa memasukan ikon yang satu ini
    Masalah pure retro clasik bisa di bikin versi berbeda

  21. Cukup yg turun verza aja kang,pelk almu ring 17 ky pelk crf150 supermoto,sock blkng tabung punya adv150, body set tinggal tiru gen cb jadul dipermak kekinian kang…

  22. Honda KAGAK BAKAL BERANI GARAP KECUALI ADA YG TEST PASAR

    Macem Kasus NMAX, Segmen Pasarnya Bagus baru ikutan ALIAS NGEKOR

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama