iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Hari ini secara resmi sirkuit Kymi Ring, Finlandia telah digunakan test oleh 6 Pabrikan berbeda dengan Test Rider masing – masing. Pihak Kymi Ring mengaku senang Karena Finlandia akhirnya kembali menyelenggarakan MotoGP Musim depan setelah sekian Lama absen dalam Kalender MotoGP. Mimpi jadi kenyataan pakdee. Terus Indonesia kapan ???

Kesigapan Kymi Ring dalam mencapai impiannya untuk bisa masuk dalam Salah satu seri MotoGP musim depan patut diacungi jempoll pakdeee, proyek yang berlangsung dalam beberapa bulan terakhir kini telah mencapai tahap Finishing, meski begitu Kymi Ring sudah menjalani debutnya hari ini dengan kondisi Wet Track. 6 Test Rider turun dengan bendera pabrikan masing masing yaitu Tuan Rumah Mika Kallio (KTM), Jonas Folger (Yamaha), Stefan Bradl (Honda), Sylvain Guintoli (Suzuki), Michele Pirro (Ducati) dan Bradley Smith (Aprilia).

iklan iwb

Sementara itu Koferensi Pers diadakan Hari ini di Sirkuit Kymi Ring yang dihadiri Jorge Viegas (Presiden FIM), Timo Pohjola (Direktur Sirkuit KymiRing), Tapio Nevala (Presiden Federasi Motor Finlandia), Aki Ajo (Manager Ajo Motorsport KTM) dan Carlos Ezpeleta (Perwakilan Dorna Sports).

Presiden FIM, Jorge Viegas memulai Konferensi Pers dengan mengakui hak istimewanya untuk hadir dalam kunjungan pertama MotoGP di sirkuit Kymi Ring hari ini. โ€œFinlandia adalah salah satu negara dengan tradisi olahraga motorsport yang paling tradisional. Aku telah berada di posisi ini, dam aku telah mengelola sirkuit dinegaraku 20 tahun lalu, jadi aku tahu bagaimana rasanya mendapat tekanan yang datang dari Dorna dan FIM kala itu. Aku berterima kasih kepada pihak Kymi Ring atas hak istimewa untuk berada di sini untuk pertama kalinya.” Tukas Viegas.

Presiden Federasi Motor Finlandia, Tapio Nevala, menggambarkan kegembiraannya karena telah berhasil memasukkan Finlandia untuk kembali berkiprah diajang MotoGP. “Akhirnya Mimpi menjadi kenyataan. Benar-benar mimpi besar untuk memiliki Sirkuit MotoGP di Finlandia. Ini sangat penting bagi motorsport Finlandia dan tentu saja untuk MotoGP.” Ujar Nevala dengan sumringah..

Direktur Sirkuit KymiRing, Timo Pohjola menguraikan kerja keras yang telah dilakukan tim guna memastikan test berjalan sesuai rencana dalam beberapa bulan terakhir. โ€œKami akan melanjutkan pekerjaan yang telah kami lakukan. Kami memiliki satu tahun untuk melakukan segalanya tetapi yang paling penting adalah keamanan sirkuit untuk melakukan test disini. Jadi, ini sangat penting juga untuk tim kami. Secara keseluruhan aku sangat senang dalam menempuh Perjalanan yang panjang ini.โ€ Ucap Timo..

Sementara itu pihak Dorna, Carlos Ezpeleta menyatakan belum bisa menentukan dengan tepat tanggal Grand Prix Finlandia 2020 dan memuji Kerja keras yang telah dilakukan Pihak Kymi Ring sejauh ini..

โ€œKami bekerja sama dengan FIM untuk menerbitkan kalender MotoGP musim depan, aku pikir dalam minggu-minggu berikutnya kami akan menentukan, tapi saat ini terlalu dini untuk mengatakannya. Kemungkinan akan diselenggarakan dimusim panas karena tidak ada pilihan lain. Aku mengunjungi tempat ini untuk pertama kalinya dengan Franco Uncini mungkin tiga tahun yang lalu, dan sekarang telah menjadi tempat yang hebat. Aku harus memberi selamat kepada Timo dan Federasi Finlandia untuk pekerjaan yang telah mereka lakukan karena benar-benar mengesankan bahwa kami bisa mengadakan test hari ini. Kami sangat senang Finlandia kembali hadir dalam kalender MotoGP.” ucap Carlos.

Perwakilan KTM, Aki Ajo Cukup emosional dalam menjelaskan kegembiraannya menyambut Kymi Ring yang akan hadir di MotoGP musim depan. “Aku telah bermimpi selama bertahun-tahun tentang hal ini, memiliki trek seperti ini dan race MotoGP di Finlandia. Rasanya istimewa bagiku pagi ini untuk bangun dari tempat tidur sebelum tes MotoGP hari ini, ini adalah sesuatu yang belum pernah kurasakan sebelumnya. Sekarang saatnya untuk melihat apa yang harus mereka lakukan untuk menyelesaikan pekerjaan ini dan kemudian kami akan memiliki race hebat di masa depan.” Tutup Ajo…

Last…Menarik iki cakkk akan ada Sirkuit baru untuk musim depan, dan masih menunggu sirkuit mana yang akan keluar dalam kalender MotoGP musim depan. Atau mungkin akan ada 20 Seri dalam satu musim? Patut kita nantikan cakkkk. Yang jelas hingga detik ini aroma sirkuit Motogp ditanah air belum ada titik terang. Semoga segera menyusul cak. Sebagai gambaran seperti apa sirkuit Finlandia? intip saja video sight seeing lap Mika kallio berikut ini…..(Cc for iwb)

Advertisements

24 COMMENTS

  1. Edaaannn..
    Abis liat videonya mika kalio, pas trek lurusan bener2 puanjaaangg.. bisa banget tuh buay darstin pesawat jenis ATR wkwkwk saking panjangnya..

    Bisa2 ini jadi teritorial honda vs ducati lg nih..
    Untuk trek Indonesia? Hmmm harap sabar subur nunggu ada pilkades aja wes daripada nunggu pilpres kelamaan digarapnya..

    Btw lek Iwan, tolong sampeyan cek lek pakai UC browser aku ra iso ndelok komenan.. atau software hp saya ada masalah ya.. udah 3 harian gk bisa baca komenan apalagi mau komen. Terimakasih

  2. rausah ngarep indonesia gelar moto gp.
    gelar balap karung wae. isane mung koar2 ra kodak gawe sircuit…metune crroootttt

  3. Indoneisa kapan? nunggu tahun politik lah… sekarang bukan waktunya bahas apalagi bangun sirkuit. JAUUUUHHHH..

    salam planga-plongo

  4. Tradisi Finlandia banyak melahirkan pembalap R2 & R4 dari dulu. Mulai balap really,F1,MotoGP dll
    Sangat jelas target membuat sirkuit oleh petinggi2 Finlandia, fasion balap sudah kental dari dulu.

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama