iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….bungah cak ketika Yamaha akhirnya memutuskan merilis model retro modern dengan mengusung XSR family. Yamaha XSR155 adalah produk yang patut ditunggu namun dengan satu catatan. Opo kuwiiii ??

Market Retro modern memang sangat menggiurkan khususnya di kelas 150cc. Hal ini karena pasar di segmen ini terus berkembang dan tidak lekang oleh waktu. Dimulai dari Honda dengan melahirkan Honda CB150R exmotion di Thailand yang kemudian disusul oleh Kawasaki dengan kemunculan W175 di tanah air. Namun beda pendekatan dengan Honda, Kawasaki lebih memilih motor yang benar-benar Retro bahkan untuk pengabut bahan bakar serta perangkat yang ditempel merupakan klasik tulen….

Penjualan motor retro lumayan bagus. Kondisi yang ternyata dipantau secara seksama oleh Yamaha. Pelan dan pasti mereka mempelajari dan pada akhirnya lahirlah generasi motor sport retro yang menjadi turunan dari XSR family lewat XSR155. Beda dengan Kawasaki Yamaha ternyata mengikuti jejak Honda. Jika geng ijo mengembangkan konsep motor Retro tulen maka Yamaha lebih suka dengan karakter Retro modern. Intip saja mesin serta perangkat pengabut bahan bakar yang disandang. Termasuk sasis yang menggunakan model parimeter frame…

iklan iwb

Tindakan tepat karena hal ini juga bisa menekan ongkos produksi mengingat basis mesin serta frame merupakan komponen part dengan produk yang sudah ada. So…RND hanya tinggal mencangkokkan beberapa komponen disesuaikan dengan target retro. Tindakan ini memang sedikit beda dengan Honda yang sudah sejak pertama meracik sebuah desain yang dikembangkan khusus untuk neo sport mereka. Intip saja frame yang beda dengan beberapa Motor Sport 150 cc Honda di seantero dunia…..

Yamaha XSR155 akan menjadi Kuda hitam bagi Yamaha untuk kembali berusaha merebut dan mendapatkan perhatian dari para Bikers di kelas 150cc. Sebab seperti yang kita tahu market Retro ini memang selalu ada dan terus berkembang. Menurut pandangan IWB, Yamaha bakal sukses jika mereka mempertimbangkan dengan matang pada saat membawa motor ini ke tanah air khususnya dari sisi pricing. Sebab jika kita mengintip harga XSR155 di Thailand, seharusnya sang Retro bisa dipasang jauh lebih rendah dibandingkan dengan MT 15 di tanah air….

Yup…betul cak, Kendati di Thailand motor ini tembus 41 jutaan namun jika kita kalkulasi berdasarkan persentase, motor ini masih lebih murah dari MT 15 yang di Thailand tembus 45 jutaan. Sementara seperti yang kita tahu Yamaha Indonesia memasang MT 15 di Kisaran 36 jutaan. Artinya apa? Gap lebih murah 3 juta seharusnya bisa juga diikuti ditanah air. Dan jika dilakukan bukan tidak mungkin Yamaha XSR155 akan ganggu serius pasar retro dikelas 150cc. Kawasaki saat ini membandrol W175 di angka 30 juta. Kendati jujur nggak mudah sebab jika sudah membicarakan hobby, built quality serta nama besar Kawasaki disegmen sport memang sulit untuk dikalahkan…

Yang kedua Honda CB150R exmotion. Yamaha tidak boleh gegabah memasang harga tanpa melakukan kalkulasi secara seksama karena bagaimanapun Honda memiliki gacoan yang tidak bisa dipandang sebelah mata di segmen tersebut.¬† Sopo ora ngiler terhadap CB150R Exmotion? IWB yang pernah ke Thailand wae mumet cak. Bukan hal sulit bagi AHM untuk melokalkan jika mereka mau kemudian memasang motor ini dibawah 40 jutaan seperti bandrol MT 15 mungkin? Apalagi harga Honda CB150R exmotion di Thailand identik dengan MT 15 yakni di Kisaran 46 jutaan (99,800 bath). Itulah kenapa Yamaha harus hati-hati….

Last… kehadiran Yamaha XSR155 ke tanah air tinggal masalah waktu. Sementara untuk Astra Honda Motor sejauh ini belum termonitor ingin membawa Honda CB150R exmotion ke tanah air. Justru dari keterangan Pak Thomas Wijaya direktur marketing PT AHM saat berbincang dengan IWB, mereka kemungkinan akan meracik sendiri konsep motor sport Retro yang mereka inginkan. Tapi kuwi kan rencana cak… jika ke depan ternyata market XSR155 betul-betul meroket, bisa saja strategi tersebut berubah. Melokalkan CB Exmotion ? tergantung pasar pastinya. Nah…kalau berandai-andai cak, XSR155 dijual Yamaha diangka 34 jutaan sedang CB150R Exmotion 36 jutaan, sampeyan pilih mana ? monggo berikan opininya…gazzzz (iwb)

Gimana reaksi mu cakkk!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

120 COMMENTS

      • Tapi lakunya bener2 katro loeh si verza ? gak usah ditandingin lakunya dg vixong..wong simon6ki aj yg 65 jt jauh lebih banyak terjual daripada motor murah vixong ?

  1. Waduh…tak kira all new engine.,.mesine vixion jebule….yah moga moga ada pembenahan di engine..biar gak haus oli..katanya begitu..hehehehe

    • emang gitu, bukan katanya. krna VVA maka oli dibutuhkan apalagi RPM tinggi kan,, wajar lah boros oli. cepat menguap krna saat vva aktif ya mesin otomatis jg makin makan krna main rpm atas.

  2. Modern dan eye catching ex motion, karena xsr kayak dari bengkel custom…tapi kalo spek mesin r15…pasti luweh maknyus josgandos mendoan gethuk gendar karak peyek rengginang xsr tumpakane, Lek…

  3. honda kan dah ada lek…cuma masih ragu di model, coba ilmu mlumah dlosornya lebih dalam…apa sakjane sampeyan wes reti wae, makane nulis ngene iki..hayooooo

    • Udah ada di ngahaem, cuman belum dikeluarkan saja ilmu silumannya ? nunggu si xsr dulu…apakah nanti ikut jagain gudang kek si mt atau bisa keluar .. turun ke jalan alias laku ?

  4. Klo selisih gk lebih dari 5jt mending pilih CB150 Exmotion, benar2 retro modern dan after sales yg udh terkenal baik. Sedangkan XSR155 serba nanggu, imo, belakangnya cenderung retro tulen tp depannya gk terlalu retro modern dan juga pembelian cash kdang lebih dipersulit daripada kredit

  5. Kalau saya pilih
    Yamaha xsr tapi yg murah kalau ada spesifikasi nya seperti ini
    Swing arm model kotak kayak vixion, shock depan teleskopik aja gak usah USD, pelek jari” Di lebur warna hitam, lampu depan bohlam aja. Saya rasa ini bisa menekan harga biar jauh lebih kompetitif. Dan bisa membuka pasar baru, bila perlu di buat dual Porvous untuk tipe bannya.
    Ini cuma pilihan saya lo mas, jika YIMM mau.

    • mending w175. mana ada retro sasis delta box. spakbor nya gitu lagi wkwk ga nyambung, lebih baik ilang itu spakbor belakang merusak model.

  6. Wkwk…uelekkk pool lek… jangan di bandingkan dengan CB 150 exmotion.. beda kasta lek…semisal bison fi vs cb 150r haduh yamaha ya…kok skr desainnya juelek2… untung desain matic aerox nya ciamikkk buanget…

  7. Kalo yg cb menurut saya bukan motor retro, jd ga head to head. Yg bisa disebut retro cm lampu buletnya aja.

  8. Kalo saya alias inyongg …lik iwan pilih CB exmotion retro modern XSR apik juga cuman masih agak kekunoan dri tengah ke belakang XSR nya t3ngah ke depan okee sii XSR ????????????

    • PREEETTTT lahhhhh sapa sih yg ga tau.. Mulut2 FBY Kaya loe..
      Jas jes joss klo suruh beli plonga-plongo..
      FBY itu gede diB*cot doang belinya BEAT.

  9. Wah ini menggoda, oalah sebenarnya dah ga terlalu minta di motor motor karena balung tuwir kok muncul montor iki jadi ngiler meneh.
    Mulai nabung ki……

  10. HONDA KAGAK BAKALAN BERANI ,KENAPA ? SOALNYA MESINNYA MASIH TURUNAN CB150R, TAU KAN MESINNYA KEK GMN wkwkwkwk

    • Itu cc offside dengan vevea cuma tekhnologi abal2 ? lihat gsx cuma 147 cc dg redline dibikin naik jadi 13 ribu saja dah mampu ngembosin mesin vevea cc offside ? bayangkan ..jika cb yang dikebiri ,dengan 149 cc nya dinaikkan juga redlinenya di angka 13 ribu.. bisa jualan apa Y ? Ban dalam? ?

      • betul, beda 5 cc itu lumayan loh. palagi VVA wkwkwk itu aja penjualan masih kalah, gmna honda menggenapi 150cc lalu v tech? yg cbr1000rr ny aja akan jdi inline 4 terkencang sampe 220 hp ( pake v tech).. wkwkwk mau jualan apa Yamaha

    • Apa bedanya sama xmotian? Yakin lah fb di sini jg blm ada yg ngeliat batang “hidungnyanya”…eh batang sasisnya mungkin yg lbh pas, fb garis keras ya begitu cuma bisa komen secara subjektif ??

  11. Cak iwb,kok b’berapa jam td IWB ga bs d’akses ya? Trs kolom komentar di opera Mobile ga bs muncul. Ini pke Chrome!
    Note: Hp S9+,Browser Chrome and Opera mobile

  12. Kalo desain pilih exmotion lek, tapi karena jok honda mayoritas kaya batu, jadinya pilih xsr. Handling nurut khas yamaha, mesin vva juga powerful diatas mesin 150 honda tapi dibawah performa mesin gsx150

    • entah knapa jok keras honda ada maksudnya. gua klo pake produk yamaha yg joknya empuk klo di pake lama lebih dri 30 menit pantat mulai ga enak. tp klo produk honda yg empuk kan suspensinya, jdi pntat ttp enak aja gitu. mungkin itu alasan honda ngempukin suspensi tpi kerasin jok, biar klo di bawa lama pantat kgk sakit apalagi tulang ekornya

  13. Jauh bagusan exmotion lah… (beda dgn aerox vs adv150 yg sy pribadi nilai desain 1112).

    Desain nanggung. Mau klasik skalian ya w175 (dan kbnyakan real konsumen utk segment ini gk gubris mesin jadul, teknologi jadul, dll).
    Kbnyakan mereka dah tua/pns… Jd bukan kaum nanggung/remaja, yg biasanya jago koment, tp jrang beli.

    Kalau desain exmotion, anak muda/remaja masih masuk, muda yg mapan seneng, yg tua nah ini masih abu”. Kmngkinan mereka masih lbih seneng desain w175.

    Utk xrs desain nanggung (sprti ada yg gk pas/custom-an, bahkan yg belakang aneh).

  14. LekWan kadang bercanda ? moso dibandingkan Showa original 41 mm dg kyb Kw 37 mm ? Selisih 2-3 juta ? Pasti larisss Manis cb Exmo lah ?

  15. Ini kolom komentar lagi error atau emang modelnya dah berubah Lek? ? Gak enak dilihat dilayar hp.
    Trims juga LekWan.

    • Makanya ditandingi sama si Mangkrak Total alias si Mt ? jadi..sebenarnya bukan si cb neo tandingan si xsr

    • tau ga arti neo sport cafe??? neo = modern, sport cafe = style motor cafe. neo sport cafe? memoderkan style sport cafe. jdi dia bukan menonjolkan retro ya.. klo ga paham jgn sok tau wkwkwkwk istilahnya memoderkan yg tradisional,, kayak batik jaman dulu, skrng sudah jadi moda fashion yg modelnya mirip kayak baju” victoria secret dll.

      klo yamaha jelas dibilang retro herritage,, dia tonjolin kesan retro tpi fail ! sasis delta box, tangki plastik condom, spakbor masa kini, mnding w175 kemana” klo disesuaian sama moto produknya, w175 pure retro classic malah sampe mesin”ya karbu
      masih blom paham?

  16. Pilih Xmotion Cak desain lebih enak dilihat dan proporsional, kalo XSR desain agak maksa kalo mau disebut “retro” malah seperti (sorry to say) vixion modifan.
    Tapi semua sih tergantung selera dan celengan?

  17. Cb 150 exmotion vs xsr155, biasanya motor honda overprice. Case forza vs xmax dan pcx vs nmax.
    Tinggal skrg yg lebih value for money nya yg mana?

    • Kakau beda 3 jt saja? ?
      Cb exmo 41 mm Showa original.
      Xsr 37 mm kyb Kw poloss ? pilih mana?

      Makanya si mt jagain gudang..apa si xsr mau ikut jagain gudang?

      • Mending pilh xabre scond harga 17juta. Tinggal ganti lampu depannya aja. Sudah sama2 USD.
        EXMOTION dengan harga 36 jutaan apalagi 40jutaan Overprice Bro!

  18. Selama ini sebagai pengguna honda bisa bilang kalo motor ini cakep bener…apalagi di bagian lampu ma tangki. Ya meski kalo liat rangka kurang cocok menurut sya pribafdi. Tapi overall goodjob buat yamaha.

  19. Culun bamget si kurus XSR15 pas dibandingin si Xmo15..ekekeke…ga nahan liat jok nya yg bagikan roti bulukan
    .eh roti sobek…

  20. Asli yg cb keren..memang honda gk nanggung untuk urusan R&D, maaf utk yamaha frame nya nanggung banget..gk kekiri gk kekanan

  21. Secara visual sih saya suka Exmotion. Tapi kalo disuruh make saya prefer XSR, kayaknya lebih nyaman utk daily use daripada Exmotion yang ketinggian utk ukuran saya.

  22. Cb ex sebenernya sudah lama ada ada di sunter mas,cari¬≤ info dari orang sunter kapan di bawa ke Indonesia jawabnya hanya “ada deh, nunggu temen dulu biar asik”..

  23. Yang bilan CB Xmo itu retro matanya rabun. Itu motor sport biasa. Cuma headlamp dibuletin. Retro kok nungging.

    XSR itu baru retro. Cuma sasis deltaboxnya itu yg bikin aura retronya jadi berkurang.

    Buat orang tua macam saya, lbih pas ambil XSR. Retro dapat teknologi dapat.

Comments are closed.