iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Regulasi baru mengenai hukuman Jump Start mulai musim depan akan berbeda dari biasanya pakdee, Yups setelah menimbulkan banyak kontroversi diawal musim terkait beratnya sanksi yang didapatkan rider jika melakukan Jumps Start…

Beberapa hari lalu Komisi Grand Prix yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) and Takanao Tsubouchi (MSMA), Jorge Viegas (FIM President), Carlos Ezpeleta (Vice Dorna), Mike Trimby (IRTA, Secretary of the meeting) dan Corrado Cecchinelli (Director of Technology) telah melakukan rapat yang difokuskan untuk membahas Perihal Pelanggaran Jump Start.

iklan iwb iklan iwb

Musim ini MotoGP memperketat gerak gerik tiap rider ketika start dengan menempatkan beberapa kamera disekitaran grid dengan tujuan yang baik pastinya cakkk. Namun hal tersebut cukup memberatkan beberapa rider yang secara tidak sengaja melakukan pergerakan yang membuat motor sedikit maju melintasi grid sebelum lampu merah start padam.

Kasus ini pertama kali dialami Cal Crutchlow (LCR Honda Team) pada putaran kedua MotoGP Termas De Rio Hondo, Argentina. Dimana kala itu Crutchlow melakukan sedikit gerakan yang secara tidak langsung membuatnya diganjar Ride Through Penalty alias rider harus melintasi Pit untuk menghapus kesalahan yang telah diperbuat. Kasus lainnya juga dialami Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar Team) diseri selanjutnya yaitu Austin, Amerika. Mereka juga melakukan sedikit gerakan yang mengakibatkan Motor sedikit maju dari posisi semula, kurang lebih sama seperti apa yang telah dilakukan Cal Crutchlow.

Baik Crutchlow, Vinales dan Mir jelas keberatan terhadap ketatnya aturan semacam ini, namun yang lebih memberatkan mereka adalah hukuman yang diperoleh. Pantas saja mereka mengeluh lantaran hanya membuat kesalahan kecil namun harus membuang banyak waktu ketika masuk Pit. Dengan berbagai macam pertimbangan akhirnya Komisi Grand Prix memutuskan untuk mengganti Hukuman Ride Through menjadi dua kali Long Lap Penalty dengan batasan lima Lap saja setelah rider dinyatakan Jump Start.

Last…Dengan perubahan hukuman ini maka sedikit meringankan rider jika tidak sengaja melakukan Jump Start. Namun untuk Regulasi inti Jump start tidak ada perubahan cakk dan segala pergerakan apapun yang membuat motor bergerak kedepan tetap dinyatakan sebagai Jump Start. So….Jangan coba-coba jump start, hukuman makin berat cak !! (Cc for iwb)

Advertisements

18 COMMENTS

    • Smakin ketat smakin bosenin..

      Weess nonton balap karung wae..

      GUA CUMA MAU NANYA.

      KAPAN ROSSI PENSI

      Neg gua ngeliat aki2 mewekan.

    • Sama bro gua ajuga bingung.. Kapan pembalao honhaa selain marc bisa kejar aki aki itu….
      Uda di kasi motor bagus kata FBnya kok masi memble juga…

      Jadi bingung Marc kelewatan jago apa motor nya yg bagus ( kok bagus pembalap lain memble semua sampai lawan aki aki + motor lemotnya tak mampu)

  1. Mungkin yg masbro maksud…
    Di lampu merah org indonesia sering banget jumpstart.. Bahkan lebih dari itu… Huahaha…

  2. Mau dihukum pa gak atau disuruh pulang ! Ma bodo amat.. Yg penting seru aja.. Nonton di tipi kan gak bayar…kecuali tipi kabel… Yo Wan yo…hehe.. Hapus yo komenku neh ngko ya… Muheee hehe

  3. Lek IWB, dijudul artikel hukuman jumpstart makin ringan, tapi di akir artikel malah kesimpulan hukuman jumpsatart makin berat. Sing bener tambah berat apa ringan lek?

  4. Setelah ane baca ga ada pernyataan atau komentar dari pembalap yang menyatakan mereka sumringah sesuai dengan judul yang dibuat kang iwb..hehe

  5. lah piye cak … katanya hukuman makin ringan dan bikin rider sumringah, lah di kalimat terakhir “jangan coba² junp start hukuman makin berat ” lah iki makin ringan opo makij berat hukumane ?? sing awale ride trough lewat pit dan diubah jadi 2x long lap, makin berat opo makin ringan ?? hihiihi ….

  6. Laa siii kepriweee hukumane diganti long lap kepriwe 5 lap ??? kie nu tambahh berattt pavtambah ringan kesimpulanee likk iwannn inyong esih urung mudeng yakinnn

  7. Magsude kang iwan, paling bgini…
    Saat ini hukuman diperingan… Lha tapi, jika penunggang mnyepelekan yg ringan tsb (jd dinggo dolanan malahan), bisa2 hukuman ringan imu balek ke asal mula…
    Pp g ngoten nggih kang… Hehe…
    Salam sak aspal…

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama