iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…Regulasi baru mengenai hukuman Jump Start mulai musim depan akan berbeda dari biasanya pakdee, Yups setelah menimbulkan banyak kontroversi diawal musim terkait beratnya sanksi yang didapatkan rider jika melakukan Jumps Start…

Beberapa hari lalu Komisi Grand Prix yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) and Takanao Tsubouchi (MSMA), Jorge Viegas (FIM President), Carlos Ezpeleta (Vice Dorna), Mike Trimby (IRTA, Secretary of the meeting) dan Corrado Cecchinelli (Director of Technology) telah melakukan rapat yang difokuskan untuk membahas Perihal Pelanggaran Jump Start.

Musim ini MotoGP memperketat gerak gerik tiap rider ketika start dengan menempatkan beberapa kamera disekitaran grid dengan tujuan yang baik pastinya cakkk. Namun hal tersebut cukup memberatkan beberapa rider yang secara tidak sengaja melakukan pergerakan yang membuat motor sedikit maju melintasi grid sebelum lampu merah start padam.

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Kasus ini pertama kali dialami Cal Crutchlow (LCR Honda Team) pada putaran kedua MotoGP Termas De Rio Hondo, Argentina. Dimana kala itu Crutchlow melakukan sedikit gerakan yang secara tidak langsung membuatnya diganjar Ride Through Penalty alias rider harus melintasi Pit untuk menghapus kesalahan yang telah diperbuat. Kasus lainnya juga dialami Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar Team) diseri selanjutnya yaitu Austin, Amerika. Mereka juga melakukan sedikit gerakan yang mengakibatkan Motor sedikit maju dari posisi semula, kurang lebih sama seperti apa yang telah dilakukan Cal Crutchlow.

Baik Crutchlow, Vinales dan Mir jelas keberatan terhadap ketatnya aturan semacam ini, namun yang lebih memberatkan mereka adalah hukuman yang diperoleh. Pantas saja mereka mengeluh lantaran hanya membuat kesalahan kecil namun harus membuang banyak waktu ketika masuk Pit. Dengan berbagai macam pertimbangan akhirnya Komisi Grand Prix memutuskan untuk mengganti Hukuman Ride Through menjadi dua kali Long Lap Penalty dengan batasan lima Lap saja setelah rider dinyatakan Jump Start.

Last…Dengan perubahan hukuman ini maka sedikit meringankan rider jika tidak sengaja melakukan Jump Start. Namun untuk Regulasi inti Jump start tidak ada perubahan cakk dan segala pergerakan apapun yang membuat motor bergerak kedepan tetap dinyatakan sebagai Jump Start. So….Jangan coba-coba jump start, hukuman makin berat cak !! (Cc for iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!