iklan iwb
” Megapro…desain sport Honda di era 2000-an..”

Iwanbanaran – Cakkkk….banyak yang mengatakan AHM adalah pabrikan yang cukup sukses akhir-akhir ini. Market share yang terus merangkak dengan perbaikan produk yang sangat signifikan siapa menyangka pabrikan ini sebenarnya kenyang mendapatkan bullyan. Pedas cak….wiss pokoke entek tenan. Kalau sampeyan mengikuti dunia perbloggeran sejak 2008 pasti tahu banget kondisi AHM. Gara-gara bulliyan netizen ternyata sukses membuat mereka seperti sekarang. Betul cak….AHM adalah pabrikan yang kenyang bullyan !

Dari sejarah masa lalu, Honda sebenarnya adalah pabrikan yang kenyang dibully. Brand besar yang bernaung dibawah Astra group ini sempat menjadi bulan-bulanan netizen ketika Yamaha mengeluarkan motor 150cc ter-advance dikelasnya jaman itu. Tahun 2007 Vixion muncul, seluruh motorsport Honda anjlok. Megapro dan Tiger penjualan drop karena tekanan Vixion yang memiliki engine jauh lebih maju dengan sasis deltabox. Mesin SOHC 2 katup sasis double cradle vs SOHC 4 katup sasis deltabox, entek cak. Habis bener dibully. ” Desain culun motor jadul…! “ seru para netizen saat itu. ” Ngapain beli Megapro, motor teknologi 1980-an masih dijual..” cetus mereka seringkali nongol diberanda FB ataupun kolom komentar FB. Hebatnya semua bullian terserbut direspon positif bukan baper. Kalimat yang pedas namun sukses menjadi pencambuk hingga Astra Honda pun akhirnya bangkit…

Mereka melakukan resuffle “kabinet” besar-besaran. Pelan namun pasti, geliat mereka begitu masif. Para pejabat tinggi saat itu sering meminta masukan para Blogger. RND AHM seperti pak Ferry Firman contohnya. Beliau seringkali mendengarkan celotehan IWB. Sering cak sharing….lalu beliau tampung masukan tersebut dikombinasikan dengan hasil survei internal. Tidak ada baper ketika kita kritik…kedewasaan tim AHM terlihat jelas ketika menyikapi bullyan produk tanpa pernah sekalipun reaktif. Sebab itu kunci sesungguhnya. ” No Defense but wide open if any advice..”....itu kuncinya cak. Listening….dan jangan arogan. Sekalinya arogansi menjangkiti sampeyan, selesai sudah….

iklan iwb

Gebrakan mereka nggak berlangsung mulus. Melahirkan Honda K15A yang kita kenal sebagai sport dengan sasis teralis waktu itu, K15A dipandang kurang gagah dibandingkan rival mereka. Tapi kondisi tersebut direspon sigap dengan kelahiran next produk lewat K15G. Disegmen skutik, mereka juga terus membenahi desain dan fitur. Honda Beat yang awalnya nggak dilirik, produk ini pelan-pelan mulai mencuri perhatian. Padahal cak, IWB ingat betul, di pasar motkas…Mio menjadi favorit. Beat ? dianggap aneh desainnya. Tapi menawarkan akselerasi spontan dan marketing yang terus konsisten, Mio pun akhirnya tumbang. Prediksi saat itu mengatakan Yamaha lambat merespon setelah Mio didgaya hampir selama satu dekade. Sedang AHM terus bergerak termasuk baik produk, marketing hingga RND. Puncaknya lahir CBR250RR dan disusul produk fenomenal diskutik 150cc lewat kelahiran ADV-150..

Last….ambil intisari bullyan secara positif karena itu tanda sayang bikers terhadap brand itu sendiri. Jangan sikapi dengan baper lantas reaktif apalagi melakukan black list yang dianggap tidak menguntungkan dan berseberangan karena ketika itu terjadi sama saja pabrikan menggali kubur sendiri. Pendekatan personal dengan menjunjung rasa menghargai adalah utama. Contohlah AHM yang mampu menerima bulliyan menjadi pemompa semangat untuk berkembang hingga bisa sampai level sekarang. Kenyang bulliyan dan tidak budeg, kuwi yang penting. Jangan dibully terus ngambek lalu budeg…weihhh kuwi sing ciloko. Nahhh….menurut sampeyan, sekarang pabrikan mana yang kencang sering kena bully cak ?? monggo tumpahkan uneg-uneg sampeyan tapi yang sopan yo. Sampluk sandal swallow lek ora :mrgreen: … (iwb)

122 COMMENTS

  1. Harus ada resuffle ?kabinet? jg di kubu Y & S,, dipusatnya tapi.. karena disini ktnya cuma menunggu keputusan dr pusat, jd g bs bergerak bebas & masukan g didengar sama pusatnya..

  2. Apakah lek iwan lg curhat. Jgn2 sampean seng diblacklist cak ? Gegara koleksinya didominasi honda. Hehehe..

  3. emang Honda gak Budeg?.. gua saksi, Honda itu Budeg!!..sama saja mereka disini tuh cuman dagang!!..
    2011 gua se bulan tinggal di Jepang, dan diskusi langsung dengan mereka ( pake bahasa Inggris) dan lu tau, kalian itu apa? aset!!.. hahahaaa…
    blogger ngasih masukan? didengerin?.. keluarga gua wartawan!!..
    hahahaaa…

    • tinggal cuman sebulan ngerasa dah kayak tahu segalanya.
      yang nikah dapet orang sana trus pindah ke sana bertahun2 aja nggak sesotoy ente.

      lagian di jepang ente ngobrol ama siapa? Kalo sama orang2 Y, S, K yah gitu dapetnya. kalo ngobrol ama H beda paradigmanya. bahkan di india aja, H mau bantu berdirinya Hero ( nomor satunya India ). di indonesia H mau kasih AHM 50% andil penentuan manajemen. di dalamnya ada keuntungan transfer iptek, keterdukungan balap, lapangan perkerjaan di indonesia, peningkatan ekspor, dll.
      sama2 dibuat di indonesia, kalo nyebut CBR250RR ama R25 tetap beda bangganya

      Itu yang disebut perbedaan “budeg” dan “denger”.
      “Aset” makmu akrobat kuwi

  4. ya gimana ga di bully…
    1. chassis megapro 160 miring dari lahir sampe edisi terakhir
    2. dudukan shock belakang di swingarm varian bebek kalau diperhatikan (dan diukur) ternyata miring (terakhir cek di varian revo 2012)
    3. dudukan shock belakang tiger juga rada miring klo diperhatiin
    4. lom lagi tensioner rantai mesin yg pernya cepet lemah
    5. kemaren mounting shock kanan-kiri pcx batch awal bisa ga sama posisinya (miring pula), trus ga mau ngaku. alasan ini itu, trus pake alasan klasik jaman megapro (salah pas diangkut ditruk)

    banyak sih bahan klo mau bully honda (AHM)

    • Miring karena ente ngukurnya pake waterpas. Konyol sodara2, teknologi computer designed kok ngukurnya pake meteran penjahit.
      Yg dikatain shock mleyot sampe skrg juga gak ada pengaruh apa2, justru yg ngatain malah shocknya buocoooorr.
      Blooooo6 6oblo6

  5. terimakasih yamaha, berkat yamaha, konsumen motor indonesia jadi melek… ga mau dikasih yg itu-itu aja tombak sejarahnya di vixion 3C1 untuk komuter…desain cakep harga worthed….

  6. terimakasih yamaha, karena vixion 3c1 dan jupiter mx..konsumen motor lokal jadi melek… desain dan teknologi dengan harga yg worthed…..

  7. Suzuku.. eh.. Suzuki..
    katanya mau berbenah, kok malah fokus di segmen sport.. ada kritik soal desain skutik ditolak mentah2.. gimana mau balik sukses kayak dulu..

  8. ADV itu ibarat super model cantik yang kelaminnya longgar.. Pertama dapet bangganya setengah mati tapi giliran dipake rasanya gak enak..

  9. dulu buat ngecounter vixion ahm ngeluarin all new megapro. julukan dari internal ahm waktu itu kl gasalah vixion killer. apadaya teryata masih ke bapak2an hehe. sekarang kebalik malah yamaha yg dibully . mudah2an gak baper dan terus berinovasi ya kan kita2 jg yg untung

  10. Lek mantep tenan to cak? Kandani HONDA SELALU TERDEPAN walaupun merk sebelah bilang SEMAKIN DI DEPAN.. hehehe

  11. saya H tegak hater…lebih ke epbeye
    tapi malah kena tulah.
    kenyataannya malah punya 2 mobil dan 2 motor H tegak.
    sedangkan letter Y cuma 1 BPKB.
    ya saya pehape si letter Y,ngaku epbeye malah beli H tegak.

Comments are closed.