iklan iwb
iklan iwb
” Megapro…desain sport Honda di era 2000-an..”

Iwanbanaran – Cakkkk….banyak yang mengatakan AHM adalah pabrikan yang cukup sukses akhir-akhir ini. Market share yang terus merangkak dengan perbaikan produk yang sangat signifikan siapa menyangka pabrikan ini sebenarnya kenyang mendapatkan bullyan. Pedas cak….wiss pokoke entek tenan. Kalau sampeyan mengikuti dunia perbloggeran sejak 2008 pasti tahu banget kondisi AHM. Gara-gara bulliyan netizen ternyata sukses membuat mereka seperti sekarang. Betul cak….AHM adalah pabrikan yang kenyang bullyan !

Dari sejarah masa lalu, Honda sebenarnya adalah pabrikan yang kenyang dibully. Brand besar yang bernaung dibawah Astra group ini sempat menjadi bulan-bulanan netizen ketika Yamaha mengeluarkan motor 150cc ter-advance dikelasnya jaman itu. Tahun 2007 Vixion muncul, seluruh motorsport Honda anjlok. Megapro dan Tiger penjualan drop karena tekanan Vixion yang memiliki engine jauh lebih maju dengan sasis deltabox. Mesin SOHC 2 katup sasis double cradle vs SOHC 4 katup sasis deltabox, entek cak. Habis bener dibully. ” Desain culun motor jadul…! “ seru para netizen saat itu. ” Ngapain beli Megapro, motor teknologi 1980-an masih dijual..” cetus mereka seringkali nongol diberanda FB ataupun kolom komentar FB. Hebatnya semua bullian terserbut direspon positif bukan baper. Kalimat yang pedas namun sukses menjadi pencambuk hingga Astra Honda pun akhirnya bangkit…

Mereka melakukan resuffle “kabinet” besar-besaran. Pelan namun pasti, geliat mereka begitu masif. Para pejabat tinggi saat itu sering meminta masukan para Blogger. RND AHM seperti pak Ferry Firman contohnya. Beliau seringkali mendengarkan celotehan IWB. Sering cak sharing….lalu beliau tampung masukan tersebut dikombinasikan dengan hasil survei internal. Tidak ada baper ketika kita kritik…kedewasaan tim AHM terlihat jelas ketika menyikapi bullyan produk tanpa pernah sekalipun reaktif. Sebab itu kunci sesungguhnya. ” No Defense but wide open if any advice..”....itu kuncinya cak. Listening….dan jangan arogan. Sekalinya arogansi menjangkiti sampeyan, selesai sudah….

iklan iwb

Gebrakan mereka nggak berlangsung mulus. Melahirkan Honda K15A yang kita kenal sebagai sport dengan sasis teralis waktu itu, K15A dipandang kurang gagah dibandingkan rival mereka. Tapi kondisi tersebut direspon sigap dengan kelahiran next produk lewat K15G. Disegmen skutik, mereka juga terus membenahi desain dan fitur. Honda Beat yang awalnya nggak dilirik, produk ini pelan-pelan mulai mencuri perhatian. Padahal cak, IWB ingat betul, di pasar motkas…Mio menjadi favorit. Beat ? dianggap aneh desainnya. Tapi menawarkan akselerasi spontan dan marketing yang terus konsisten, Mio pun akhirnya tumbang. Prediksi saat itu mengatakan Yamaha lambat merespon setelah Mio didgaya hampir selama satu dekade. Sedang AHM terus bergerak termasuk baik produk, marketing hingga RND. Puncaknya lahir CBR250RR dan disusul produk fenomenal diskutik 150cc lewat kelahiran ADV-150..

Last….ambil intisari bullyan secara positif karena itu tanda sayang bikers terhadap brand itu sendiri. Jangan sikapi dengan baper lantas reaktif apalagi melakukan black list yang dianggap tidak menguntungkan dan berseberangan karena ketika itu terjadi sama saja pabrikan menggali kubur sendiri. Pendekatan personal dengan menjunjung rasa menghargai adalah utama. Contohlah AHM yang mampu menerima bulliyan menjadi pemompa semangat untuk berkembang hingga bisa sampai level sekarang. Kenyang bulliyan dan tidak budeg, kuwi yang penting. Jangan dibully terus ngambek lalu budeg…weihhh kuwi sing ciloko. Nahhh….menurut sampeyan, sekarang pabrikan mana yang kencang sering kena bully cak ?? monggo tumpahkan uneg-uneg sampeyan tapi yang sopan yo. Sampluk sandal swallow lek ora :mrgreen: … (iwb)

iklan iwb
Previous articleMarc Marquez kembali sabet pole, aromanya membosankan neh !!
Next articleRace 2 AP250 Cina : Honda CBR250RR mendominasi, merah putih berkibar !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!