iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…Suzuki tahun ini memang nggak banyak menelurkan produk baru. Beda dengan tahun 2018 yang masih bergerak untuk 2019 ini nampaknya mereka sedang menyusun tenaga guna attacking ditahun 2020. Kuwi analisa IWB cak. Termasuk skutik maxi yang sudah kita bahas nyaris setahun lalu. Isu perkara skutik ini terkesan diam dan nggak ada kabar. Namun bukan berarti berhenti, sebab progress sang skutik yang kemungkinan mengusung nama Burgman 180 ini tetap jalan. Pertanyaannya sampai sejauh mana project ini ???

Memang cukup lama nggak ada suara perkara maxi skuter Suzuki Burgman. Maxi skuter yang pernah IWB bocorin dibeberapa artikel sebelumnya ini tenggelam bak ditelan bumi. Banyak yang bertanya ke IWB….sebenarnya jadi nggak sih maxi skuter Suzuki tersebut? apakah bakal lahir tahun ini atau gimana statusnya ? Dari terawangan IWB masa lalu, Maxi skuter Suzuki ini nantinya tidak akan mengusung mesin 150cc. Namun melompat ke mesin 175-180cc. Nah….ini artinya, Suzuki harus membangun mesin baru. Mesin yang mereka miliki sekarang belum ada satupun yang mengusung mesin skutik 180cc. Riset dan development tidak semudah membalikkan telapak tangan. Proses panjang dan butuh waktu bertahun-tahun…

iklan iwb iklan iwb

Tapi tentu saja tetap menarik dan sangat penasaran untuk mengetahui sejauh ini progresnya seperti apa ? apakah Suzuki benar-benar akan merilis maxi skuter atau mereka hanya melemparkan isu belaka? jelas tidak cak. Mereka tetap jalan. Masalahnya adalah, Suzuki Burgman ini banyak dikembangkan di Jepang. Mayoritas RND langsung dikerjakan di SMC (Suzuki Motor Corps) sehingga sulit bagi kita untuk mantau dengan jelas. Apalagi rumornya Burgman 180 akan menjadi skutik dengan status global product sehingga proses penggarapannya nggak sembarangan. Pelan dan pasti…kira-kira demikian. Konswensinya rada lelet wae cak. Maklum resources nggak sebesar dua pabrikan lain…

Last….maxi skuter 180cc Suzuki isunya akan mengambil basis konsep dari Suzuki Burgman 400. Harapan IWB fascia muka dirombak agar lebih agresif khususnya dibagian headlap, tidak terlalu membulat seperti current model. Bolehlah dibuat tipis dan tajam. Untuk detil fitur dll, hingga detik ini Suzuki isunya masih terus mengembangkan dengan melihat market ditahun depan. Jadi disesuaikan cak. Kapan akan lahir? lupakan tahun karena dipastikan di 2019 tidak akan ada all new product lahir dari Suzuki. So…kita pantau lagi tahun depan. Bersabarlah cak…sabar suburrrr :mrgreen: …..(iwb)

Advertisements

77 COMMENTS

  1. Mesakke tenan liat Suzuki ini …. Yg lain dah puluhan produk , dia masih itu itu aja, paling ganti warna dan stripping aja . Ini yg membuat konsumen jg jenuh… Kyky lambat bgt inovasinya…

    • Nmax kebanyakan teaser&spyshoot2 an , udah launching belum lamanya masuk ke diler2.

      Adv ngga pake teaser & spyshoot , Launching – barang didiler uda siap.

      konsumen sekarang jangan dibuat terlalu lama menunggu.

  2. Kayaknya sih sekalian sama all new burgman 125/200 karena udah dari 2014 belum pernah ganti model, dan nanti 1 Januari 2020 emisi motor baru di Eropa harus euro 5, jadi ya wajar aja agak lama krn yg 150/180(?) termasuk pengembangan produk global.

  3. Suzuki buatnya pakai hati, makanya walau murah tapi kualitas Suzuki paling nomer satu walau kadang blunder di design dan marketing, tapi bagi gw kualitas tetep nomer satu, produk Suzuki kualitas terbaik disemua lini

  4. Takutnya keburu pasar maxi scooter disini anyep dan pindah trend ke segmen lain ini mah
    Tapi karena targetnya global ya mau ga mau nunggu

  5. Opini jujur seorang fansboy, mengenai urutan quaitas motor matic enrty level di indonesia:

    Suzuki Address
    TVS Dazz
    Honda Beat
    Yamaha Mio M3

    Ururan quitas big scoot:

    Yamaha Nmax
    Yamaha Aerox
    Yamaha Lexy
    Vario 150

    • Ada fbs halu…
      Adress yang ga pernah keliatan dijalan itu terbaik ya?
      Sekalinya keliatan, nyangkut di polisi tidur wkwkwk

      Buat motor kok gasruk poldur. Niat jualan ga sih…

  6. Kelamaan mikir.. mending ga usah main di segmen yg Honda n Yamaha main. Mending jadi Kawasaki aja lah, buat segmen baru.
    DR 150 aja ga jelas…mau ngarep maxi scutic.
    ???
    Mending hadirin VanVan..

    • Van van itu mesinnya thunder bro ? secara disain juga sangat2 biasa ,malah ini menimbulkan versi ‘ mending’ nantinya..karena kita lihat diIndo sinipun dah banyak mesin H yang dimodif gituan. Keknya …dilahirkan pun S akan merugi. ?

    • nah kalo ini ane setuju! perasaan dulu vanvan 125 daftar di kemeperindag bareng burgman 200 tp kok gak jadi nongol ya? konsumen minta vanvan dia malah mu masukin dr150 yg bentuknya gak jelas juntrungannya. akhirnya mati sebelum brojol tuh si dr150. ayo dong sujuki! niat jualan gak?

  7. Beruntung udah punya Shogun FL 125 edisi Night Rider. Motor bebek terganteng yang pernah dibuat Suzuki Indonesia sampai saat ini menurut saya.

  8. Kapok gua nunggu suzuki buang” waktu…
    Beli yg cakep sekarang aja Adv 150 udah….

    Suzuki,, gk lahh 2 x di tunggu, pas brojol aura nya bikin calon konsumen elus dada

  9. mesin bisa diSPEC-DOWN dari burgman 200. kalo suzuki tak mampu SPEC-DOWN begitu, serahkan saja ke tukang bubut lokal.

    • FBH pada kepanasan ,, kalo Adepe mesin kacangan,, body tipis,,,
      nggak ada ceritanya build quality honda bagus,,, finishing cor mesin, sampe kualitas plastik dan cat yang alakadar
      udah berapa tahun jadi checker digudang distribusi honda

      makanya ogah punya motor honda,, mending kawak,, ato suzuki ato yamaha

      percuma lu berbusa2 pada bakal tau belangnya si ADePe
      Tunggu aja brugman,, bakal.tau mana yang kualitas bagus,, mana yang kualitas ampass

      Mana nih sales2 honda kumpul dong

    • Fakta ada di tangan masyarakat
      Di jalanan penuh dengan HONDA
      DI parkiran penuh dengan HONDA
      Di pasar ramai dg motor HONDA

      Masih ngibul honda numpuk di gudang…..?????

      Kasihan lu sales gara2 ADV lu mewek2

  10. halah,udah telanjur indent adv cak….
    lagian berukmen lebih cupu dari nemek, mending adv kemana2….
    ???????

  11. Wes lah, ga usa berharap sama Suzi…desain motor jaminan nyeleneh, khas selera indihe…….ga niat jualan

  12. Ketika si Burkman muncul,
    Pasar sudah jenuh dan para kompetitor sudah bermain di segmen lain.
    Akhirnya S bermain sendirian menanti dalam kesuraman. Akibat telat merespon pasar dan kurang cekatan mengeluarkan produk.
    Contohnya ketika merevisi tampang GSX-S ke GSX Bandit.
    Dan konsumen mereka pun hanya mengambil apa yang ada di hadapan mereka. Yang cantik, yang menarik, walau sedikit lebih mahal. Ketika brand kompetitor mulai mengakar di hati konsumen loyalis S, seketika itu pula S kehilangan pasar. Bahkan mungkin akan kalah oleh para pemain baru yang dulunya kecil dan di abaikan (the underestimated contender). Misalnya; V, B, dll

  13. Gw pernah punya Juki Burukmen 400cc dan Burukmen 650cc Executive dan Memetic ini sgt luar binasa… lama menunggu hadirnya Juki Burukmen di Indo akhirnya nongol cuman knp malah dibuat cc kecil dgn body yg mungil pula jauh dr kakaknya burukmen 400cc sangat disesalkan pdhl yg masyarakat indo tunggu itu memetic yg dgn cc besar dan body gajah bkn yg mungil amit amit…. semoga saja yg 400cc bisa diproduksi utk masyarakat indo… (tapi kapan yah)

  14. YAMAHA sebagai pelopor teknologi canggih dan modern memang luar biasa…! dengan mesin 4valve + vva/vvt-i yang halus dan powerfull sekaligus irit bahan bakar dan baunya harum memang funtastik banget ya, sensasi ridinganya luar biasa

    mesin 2 katup bau gosong sudah sangat ketinggalan bro…

  15. njir atas gua clone…komen pake beda nama tapi menit nya beda semenit dua menit..komen nya juga mirip2…sales nih pasti

  16. Salut sm Suzuki Fans.. kalian hebat.

    Salut sm Suzuki,,dengan risetnya yg sangat teliti,, penuh perhitungan untuk mengeluarkan sebuah produk, tidak seperti yg lain dengan mudah mengeluarkan produk..
    Suzuki mengejar kualitas, kuantitas nomor dua..

    Piss

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here