iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….sebagai Blogger tuwo yang bekerja keras memberikan yang terbaik untuk para pembaca dengan dibantu followers setia, IWB sangat prihatin terhadap etika jurnalistik yang sudah dicabik-cabik sendiri. Gambar spyshot eksklusif Yamaha NMax 155. Artikel yang IWB rilis dengan foto special yang insyaallah hanya hadir di Iwanbanaran ternyata diambil dan dicrop dengan tujuan menghilangkan watermark. Tidak secara langsung, disengaja atau tidak…namun tetap sebuah tindakan yang tidak terpuji. Kondisi ini sudah mirip dengan blogger asal Vietnam yang juga enggan mengakui gambar asal asli….

IWB sangat kecewa ketika mendapatkan sharing informasi dari para followers atas nongolnya gambar spyshot Yamaha NMax 155 yang seperti sengaja dicrop dan menjadi thumbnail artikel dua media besar Otomotif tanah air yang selama ini IWB segani. Edian lho cak…ini master atau biangnya otomotif, role model kita semua. Opo ora bengong sampeyan. Kalau media abal-abal sih IWB maklum banget. Entah sengaja atau tidak, motif membuang watermark kelihatan jelas ketika mencantumkan asal gambar dengan ketikan “Istimewa” . Apakah mereka tidak tahu bahwa spyshot ada watermark Iwanbanaran.com? Terus kenapa posisi cropingan seakan menghilangkan Watermark iwanbanaran.com yang nempel pada foto ? Foto eksklusif yang dishare oleh followers setia yakni cak Agus untuk warung ini ??…

” Gambar spyshot hasil cropingan yang tayang dimedia besar……”

Betul cak….tindakan meng-cropping dan membuang watermark serta memberikan kredit asal foto spyshot dengan tulisan ” istimewa ” seakan ingin membuang identitas asli asal foto. Tindakan ini juga sontak membuang rasa segan IWB terhadap media besar yang IWB yakin dikelola orang-orang profesional. Orang-orang yang secara edukasi pasti lebih tinggi dan sadar betul etika jurnalis dibanding IWB. Lha IWB ki opo cak…boso artikel wae pathing pecothot, adohlah dibanding para penulis pro media besar. Sayang….pada akhirnya etika tetap menjadi PR dinegeri ini. Btw…Kenapa IWB yakin kuwi foto IWB yang dicrop ? Karena IWB pastikan foto spyshot NMax 155 hanya berasal dari satu sumber yakni Iwanbanaran.com…nggak ada yang lain. Yah…kalau ogah menyebut asal gambar dari iwanbanaran, ketik aja foto asli dari cak Agus bukan “istimewa”. Hargai doi yang harus berjuang menjepret foto mengejar NMax dengan Mio tunggangannya. Angel lho pakde ngono kuwi :mrgreen: ….

iklan iwb

Alangkah tidak terpujinya meng-crop image dengan tujuan membuang watermark digunakan untuk kepentingan bisnis. Apalagi ada nama sang pengirim asli yang ikut terbuang yakni cak Agus asal Lampung. ” Betul, gambar hanya saya kirim ke cak IWB..” tegas doi saat IWB tanya perihal status spyshot. Nah…kan sayang cak. Contohlah Youngmachine. Media besar kondang Jepang aja nggak gengsi kontak ke IWB kalau ingin pakai image Iwanbanaran. Padahal nggak usah ijin, monggo pakai saja bebas selama diberikan kredit asal foto dengan jelas. Horaa masalah, kaku bener pakai ijin-ijinan, iyo oraaa. Etika yang seharusnya dijunjung tinggi apalagi sebuah media besar yang tentunya bisa menjadi panutan untuk semua penulis dinegeri ini….

” Salah satu contoh email Youngmachine yang sering kontak juga ke IWB perihal gambar…”
” Foto asli sebelum di crop…..”

Last….tidak membuang watermark dan membiarkan foto asli tercantum nama cak Agus adalah bentuk penghargaan atas susah payah cak Agus (pemilik gambar) yang sudah extra effort membantu teman-teman dari Sabang sampai Merauke untuk mendapatkan gambar spyshot. Apalagi IWB nempelin Watermark bukan asal tempel karena pasti atas seijin sang pemilik gambar. Kenapa IWB sampai membuat artikel ? supaya kita semua saling menghargai dan tidak terulang kejadian yang sama untuk kedua kalinya. Dan ini adalah kejadian pertama kali yang dilakukan media besar. Sebelumnya mereka selalu mencantumkan sumber secara profesional. Kenapa hal bagus itu ditinggalkan?? So…dengan kejadian ini, jangan salahkan jika ke depan foto spyshot semakin banyak watermarknya. Kalau udah gitu monggo wae dicrop sesukanya biar mumet ndase. So…menghargai dan bekerja profesional itu indah cak….bener oraaaa? ………(iwb)

Note : Case closed, perwakilan media bersangkutan sudah meminta maaf !

96 COMMENTS

    • Edian kok miong bisa ngejar nemex yg katanya 155cc + vva
      Terus yg katanya nemex powerful di mananya
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

      • mbah dulu saya sempat nimbrung di sini pas artikel ini baru lahir. jujur saya tidak nyangka bahwa yang main crop itu dari m+ medianya kampas…. sekarang saya jadi ngalami mbah, walau yang diambil bukan gambar tapi artikel yang isinya gak seberapa. Sempet mikir, m+ itu biasanya artikel soal jurnalis dan artikelnya banyak ngutip sumber.. tapi kenapa giliran blog saya ndak kasih rujukan? apa karena saya blogger kecil??? jadi tulisan receh saya bisa asal copas dan ubah sana sini??? terus apa pas kejadian mbah IWB, mereka anggap IWB blog kecil??? jadi dengan santainya ambil foto dari IWB???? benar-benar ini mbah, kadang yang membunuh blogger kecil itu bukan sesama blog, tapi portal media besar yang kadang tidak beretika…… saya sependapat dengan mbah iwb, respect saya pada media tersebut menghilang…

    • @Iwakbeneran says:
      5 August, 2019 at 08:25
      Edian kok miong bisa ngejar nemex yg katanya 155cc + vva
      Terus yg katanya nemex powerful di mananya
      MuuuuUUUuuuuehehehe??

      Nah mata lu sowekkk ya, kerjaan nyampah mulu setiap hari??? Ga ada bedanya sama otak udang di kepala. Idiot permanen

    • Temvelin aj watermark iwb iwb iwb disemua bagian secara zigzag Lek ? kalau masih saja dicrop..lemparin ae sendal Swallownya Lek … Ntar Tak bantuin ?

    • urusan etika, org jepang memang jempolan cak,, ga usah di ragukan…
      politisi terlibat korupsi dan belum terbukti pun bahkan udah ngundurin diri, lha disini udh tervonis pun masih bisa haha hehe di media kayak merasa tak bersalah…..

    • Ada banyak cara ngilangin watermark. Lebih baik iklasin aja. Lumayan pahalanya. Kalo foto tsb bikin warung sebelah laris, dapet pahala jariyah. Mengalir terus ga berhenti

    • piye maneh, yang jualan software untuk copi paste, nyepin artikel orang dan sejenis pun menggila dan dengan janji-janji menggiurkan.
      padahal itu MERUSAK karya orang.

      yo weslah enake piye,” FOKUS Nganggur ae ta”
      nunggu selembar kartu tunjangan.

      mayan, ngrokeok ngupi sambil leyeh-leyeh+nge-game di warkop fri wifi 🙂

    • Yg jdi pertanyaan kok 155cc + vva bisa di kejar miong cak…..
      Opo ora kentir iku….
      Apa nemex nya yg powerful kibulan..?
      MuuuuUUUuuuuehehehe……

    • itu kompas.com .emg berita otomotifnya bagus2 .tapi syng sekali mereka kaga menghargai karya iwb ,,

    • ooh.. di web otomotif yg isinya Klik Bait melulu itu ya Bro Iwanbanaran?.. udah biasa kali dia mah pada..
      sing tabah yo Bro, aku tetep Fans berat mu Bro Iwan..
      untungnya kalo saya nulis artikel selalu saya tulis sumbernya. Apalagi kalo sumbernya dari Om Iwanbanaran sing ngganteng meluluhlantakan angkasa dan dunia dengan sendal swallownya ini..
      heheheee…

    • Berarti mending an beli miong lebih murah bisa ngejar yg katanya 155cc + vva
      Bebebebeh…….salut sma MIONG nya

  1. Jan, asli kurang toto kromo cak.. hidup di Indonesia saat ini seakan kehilangan budaya luhur “unggah ungguh, kulo nuwun” terhadap sesuatu yang diupayakan oranglain.
    Mending sampean kontak wae cak ke redaksinya/perwakilan medianya.
    Tabayun, sembari menanyakan “Karepmu opo?!”

  2. Sekarang mah etika nomer sekian cak.
    Tinggal copot sana sini pasang sana sini tanpa permisi dah jadi bahan berita.
    Yg penting dpt duit. ???

  3. Dengan curhatan cak IWB ini mudah2an kedepan jurnalis semakin propesional dan beretika,dan tidak merugikan org lain.

    • Intinya semua demi uang walau merugikan pembaca yg akan jadi konsumen asal tranferan lancar semua jadi halal

  4. Karena mereka sekarang para jurnalis baru yg masih bau kencur dan kebanyakan micin
    Makanya etika minta ijin mereka ga punya cak…

  5. wis diupdate gambare cak, watermark IWB dilihatkna, tp sayang yg cak agus masih nihil….
    kemarin pas baca media tsb sy juga mbatin cak, lho iki foto asal comot kok tanpa watermark…
    wkwkwk…mungkin lg khilaf cak…

  6. M+ emang payah…
    Kayak komentatornya di T7…si joni…
    Gak mnguasai arena motojipi sok2an jdi komentator..
    Lebih bagus wak kaji taufik….secara dia punya lisensi official blogger motojipi..

    • Sabar. .ga usah adudomba. Mending tingkatkan kualitas diri masing2. .klo hbs mandi sekali2 ngaca. .asal sradak sruduk wae kaya baby alien.

  7. Hare gene maen crop. Itu watermark kang IWB masih sederhana lho, tinggal dihapus bentar pake sotosop. Belajar dunk olah gambar kalo mau jadi blogger keren.

  8. besok2 nulisnya di itu lek,, bagian plat nomor aja kan minimal susah tuh diilangin hehehe semangat lek

  9. M+ merasa gede jd semena2…susah emang kalau jurnalisnya…kaleng2an…hargai karya orang itu kudu hukum nya…Suruh minta maaf tertulis aja lek…di 7 media Nasional…biar kapok…

    Tenang lek iwan saya di belakang lek iwan…kalau lek iwan kalah…baru saya….kabur…hahhaa
    Maaf jd esmosi….wakakkaka

    • Haha..komen ringan santai ku kena filter… yowis rapopo.. cek lagi filtere cakk.. masih wuakeh kerak piston sing lolos.. salam, p*220

  10. kalau tidak biasanya pasti ada yg kelewat mass, dan saya berpikir itu bukan kesengajaan..
    Memang sedang waktunya salah medianya.. mungkin akan lebih baik jika ada komunikasi dua arah terkait hal ini..!!

  11. Yang penting launching dan harganya nya Kang Iwan. Mudah2an nggak overprice. Kalau urusan crop atau apalah gak penting kr fitur dan basic mesin sudah diulas diartikel Kang Iwan sebelumnya.

  12. Media otomotif.net dan grup nya memang paling anti mengakui sumber berita dari blog,saya amat sangat sering nemuin berita yg mengutip dari blog tp ga pernah mencantumkan sumber, soal gambar nyomot dari blogger dan di crop itu bkn cm kali ini aja mas,saya sering banget liat gambar yg sngaja di crop untuk menghilangkan watermark,..

  13. Bukti kalau persaingan media digital makin keras?.
    Bikin pake watermark yang banyak full picture saja cak, tapi mohon agak transparan biar gambar Spyshot nya masih kelihatan,?

  14. itu media otomotif yg jd pionir di media roda dua kok sekarang jadi begitu ya, isi beritanya jg kebanyakan click bait doang

  15. Mungkin untuk foto spyshot berikutnya lokasi watermarknya ditaruh dibagian motornya aja cak, jd klo pun dicrop harusnya masih ada watermark, mosok yg mau dicrop motore

  16. Sangat disayangkan sekali mas. Lain kali diwatermak ala MCN atau IWB dulu waktu hebohnya MT15.

    FYI,blog IWB menjadi rujukan saya untuk informasi spyshots motor baru di Indonesia.

    bmspeed7.com/2019/08/03/spyshots-yamaha-nmax-155-terbaru/

  17. Yaelah wan wan

    Baper amat

    Itu media para taipan cino, kalo masalah etika. Jangan samain cino sama jepang, jauh wan. Cino sama malayshit aja masih punya etikaan malayshit

    Salah elu juga wan. Napa mengagung agungkan proxi cino dengan membiarkan para buzzer cino sesukanya ngacak ngacak warung lu wan wan

    Baper boleh. Tapi itu resiko karya lu di malingin cino

    • Sabar. .org terkenal wajar badai menghadang. Stdak nya ambil positif. Klo bs watermark yg bagus biar kesulitan yg main2 crop. .
      Semangat. .

  18. Di Gridoto juga ada tuh….pakai gambar dicrop. artikel gridoto sering tidak bermutu. Asal nebeng popularitas

  19. Media2 kondang tapi jurnalis nya tdk bisa bikin artikel berbobot. Isinya jurnalisme sampah. Media TV paling parah

  20. Hehe.. sampeyan salah posisi watermarknya.. ?
    plus..mesti ono watermark gambar sandal swallow cakk??

  21. Uda dewasa, disikapi dengan dewasa dengan artikel yg kata2nya lebih mendidik bkn artikel esmosi yg dipake bt nembak oknum donk mas IWB.

  22. wes media besar nang +62 saiki wes ra ono etika, sing ngapusi pesti dibela sing penting iso bayar cak…mangkane aq wocone sing blog ngen iki luwih jujur cak

    • Mereka memang sering meliput bareng,tp saat di lokasi mereka sprti membuat tembok pembatas, mereka paling anti sama blogger, bahkan berita yg jelas? ngutip dari berita blogger mereka ga mau nyebut sumber nya.. ga usah di berita nya dag, bahkan di status? facebook pun media otomotif dari kompas group sama skali ga pernah mau nyebut nama blogger meskipun yang lagi di bahas pertama viral dari blogger…

  23. Mplus,gridOto dan grupnya itu jauh dari kata profesional cak,kompas group ga hanya soal otomotif, soal berita lain pun sering asal bikin berita,.. kl lek iwan mereka lbh profesional sya rasa itu salah lek,terbukti kompas group terlalu sering meralat berita nya sendiri, banyak fitna, ambil sumber dari mana jg ga jelas, satu berita di biki 3 artikel cm beda judul tp isinya sama, satu berita harus klik 3x..
    Saya udah lama ngga pernah baca berita? dari media? nya kompas group,jelas banget mereka cm ngejar duit,etika jurnalis udah di buang jauh?, bahkan saya yakin sebagian banyak jurnalisnya ga tau etika jurnalis..

  24. LOL ada yg sok” komen sudahlah dewasa dikit, ngapain ditanggapi secara nafsu, dll…
    Lah gmn to, masalah sprti ini itu inti dari jurnalistis/berita, kalau gk ditanggapi serius nanti seenaknya sendiri…
    Yg bilang sprti itu pas kalian pny istri menarik dan kalian perkenalkan ini lo istri saya, tiba” pas kesempatan lain ada orang bilang ini lo istri saya, kan kacau.

Comments are closed.