iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..coding kode dan produk baru memang melelahkan namun juga mengasyikkan. Setelah kelar beberapa motor dengan status official rilis, kini kita alihkan pada produk lain yang sudah menunggu didepan mata. Jika sebelumnya IWB sukses posting spyshot New NMax 155, tahukah sampeyan perkara isu sport retro Yamaha XSR155 yang sempat mencuat dari Thailand ? dan ternyata setelah melakukan penyelidikan intensif, isu tersebut bukan omong kosong karena IWB menemukan satu project misterius dengan label Yamaha B1V dengan ciri milik kakaknya XSR700 ataupun XSR900. Wihhhhh bakal seruu kiiiii….

Seperti yang kita tahu beberapa minggu terakhir kita disodori berita yang cukup membuat para fans Yamaha khususnya dan juga bikers pada umumnya begitu antusias. Berita yang memuat isu bahwa Yamaha konon diduga sedang menyiapkan generasi terbaru motor Retro XSR family small diplacement. Berita ini lahir pertama kali di beberapa blog Thailand yang memprediksi bahwa pabrikan garputala akan menyiapkan versi kecil dari XSR900 ataupun XSR700 berlabel XSR155. Model yang diduga sebagai Global produk tersebut dikembangkan oleh Yamaha untuk menjawab Kerinduan para bikers khususnya fans Yamaha terhadap motor Retro…..

Dari isu dipercaya Yamaha akan menggunakan basis mesin ataupun frame Vixion series yang kini sudah digunakan pada 4 motor sekaligus yakni Vixion itu sendiri, R15, Xabre ataupun MT 15. Artinya jika isu ini benar maka bakal ada 5 varian yang mengusung mesin dan frame sama. Dari prediksi sementara Yamaha XSR 155 menggunakan sasis model deltabox serta mesin 15 VVA atau Valve variable actuation 6 speed yang mampu memuntahkan tenaga hingga 19,3 PS dengan torsi 14,7 nm. Yahhhh identik mesin R15 ataupun Vixion R cak. Kuwii isuneeee. Tapi piye kenyataannya ??

Nahh….diawal IWB memang sudah pernah mencium kode mencurigakan namun sangat minim info. Hingga polapun terbentuk. Berawal dari Thailand tersebut kita coba telusuri beberapa ciri kode project dan akhirnya mengerucut pada kode dengan label B1V. Nahhhh beneran berarti, bukan isapan jempol cak. Beberapa ciri komponen memiliki kemiripan yang luar biasa dengan sosok sport retro yang arahnya memiliki desain begitu identik dengan big bike mereka XSR700/900. Wiss to cak…mirip tenan. Sampai bentuk speedometer juga bulat ora slewah. Model full digital, semua keterengan dalam satu wadah display. Hal ini didukung penjabaran wak haji yang menyebut kode MTM155. So…seharusnya basisnya nyomot dari MT 15 dengan kata lain suspensi sudah menganut model USD. Wahhh ikiiii…

Keputusan Yamaha meracik XSR155 sudah sangat tepat karena rivalnya saat ini belum bergerak secara serius khususnya di Indonesia. Mungkin di Thailand sudah nongol CB150R Exmotion, namun di Indonesia belum terendus cak. Dengan makin ngetrennya desain retro akan membuat sport Yamaha kembali dilirik. Maklum segmen naked selain retro sekarang lagi seret. Intip saja beberapa sport naked 150cc Yamaha seperti Vixion, Xabre ataupun MT15 yang kurang cemerlang. So…dengan kehadiran XSR155 jelas akan membuat pabrikan ini kembali menjadi pusat perhatian. Apalagi jika project bisa dipush atau dipercepat….

Last….kode project B1V masih jalan dengan status yang seharusnya belum akan lahir tahun ini (kemungkinan tahun depan). Makanya IWB lumayan bingung jika Thailand disebut akan merilis XSR155 berbarengan dengan New NMax 155 ataupun MX King VVA tahun ini. Yahh apapun itu kita pantau saja. Yang pasti, dengan artikel ini IWB bisa pastikan bahwa project retro sport XSR155 memang jalan. So…bagus neh buat kita pantau dengan seksama. Apalagi dari terawangan IWB, desainnya konon tidak akan melenceng dari gen XSR family yang berkarakter kuat. XSR155?? Juozzz tenan kiiiiiiiiieee….(iwb)

 

Advertisements

47 COMMENTS

  1. Kok sepertinya aneh ya retro pake deltabox..tapi kalo liat aslinya mungkin beda dari poto..kalo verii ini lebih keliat vixion modif kang..semoga keluarnya beda

    • Berhubung H dah punya cb exmo..maka baiknya tar brojolin Rebel 150 ( cruiser ) ..kalau bisa pasang Showa 41 mm tsb ?? 45 jt? Sikaaat..

  2. Dulu di blog juragan rondo mendewakan fitur keyless, sekarang adv vs nmax fitur keyless di anggap biasa aja… Awokwokwok

  3. Pake motor kopling tangan sering kesemutan karena macet Dmn mn..niatnya pengen ganti pk metik..ngeliat desain xsr jd bimbang nih…metik apa sportklasik..

  4. Sini lah fbh, sok ngatain mesin salome,, ngaca dong dari sesembahan lu sendiri ,, mesin buat gankbank,, sebelum ngomen ngaca dulu ya mbing,, biar gak malu diliat se indonesia

  5. Coba ger CB EXMOTION di lebokna indonesia rakitan indonesia wess bubar wes retro retro laine …mumett wes pabrikan liane ..CB exmotion melbu indonesia gegwr dunia kaya ADV wingi likkk …

    • Gak perlu dijabani bro..dibiarin aja juga bakal jadi pemain bayangan jilid berikutnya ? ( lirix xaber atau mete )

    • Kalau harganya CB ex…atau apalah overprice saya jamin CB exmot…nya yg bubar BrO!
      Coba tengok angka penjualan forza yg overprice atau pcx hybrid.

    • Gak da kamus operpris bagi konsumen H ? dan buka pikiran..selama itu masih builtup impor tentu harga jadi tinggi..bicaralah secara head to head..lokal vees lokal ?

  6. Suka monggo dibeli, kaga suka cukup senyum aja.
    ditawarin ADV cukup bilang sory kaga suka, masih bagusan PCX CBU dibanding ADV sama PCX Lokal, kesan Premiumnya dapet (Motor motor mahal yang jadi Impian FBH, tidak semua FBH mampu beli PCX CBU loh).
    untuk sekarang lebihbaik terus nabung buat minang Forza.

  7. Masih njengking kayak sodara2nya dong? Motor retro itu enaknya yg gak bikin tangan kesemutan, leher kaku, punggung pegel, kaki nekuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here