iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…sugeng enjing pakdeeee? IWB sekarang wis balik lagi ke Jakarta setelah 3 hari menjelajahi Medan. Asliii cak, pulang dari Medan badan makin mekar karena kebanyakan makanan enak. Maut tenan panganan Sumatera kiiii…semua enakkkkk. Soal makanan Melayu emang jagonya euy. Jiahh malah khutbah. Btw, pulang dari Medan dan meneliti banyak pertanyaan yang mampir ataupun nyolek IWB, dilalah rata-rata dihebohkan oleh salah satu postingan teman kita yang sebenarnya IWB juga kenal doi. Dari postingan tersebut, banyak yang mempertanyakan…kenapa ulasannya beda dengan Blogger saat ngetes ADV-150 beberapa hari lalu? kenapa Blogger nggak jujur kayak yang dikatakan cak IS (sebut saja demikian) sebagai user langsung. Nahhh iki menarik cak komen-komennya. So…Betulkah suspensi Honda ADV-150 jeduk-jeduk dan mesin lemot ???

Beberapa hari terakhir kita dibuat heboh oleh ulasan salah satu user yang sebenarnya juga IWB kenal yakni cak IS (sebut saja demikian). Dari ulasan tersebut ada beberapa poin yang membuat Honda ADV-150 jadi bahan bully yakni…

1. Suspensi depan jeduk-jeduk khususnya ketika melewati polisi tidur
2. Material banyak dari plastik padahal harga tidak murah
3. Build quality payah
4. Mesin lemot nggak lari

Nahhh….beberapa poin tersebut konon membuat sang owner langsung menjual ADV150 karena merasa tidak puas. Dan karena ulasan doi pula, IWB banyak dihujani pertanyaan untuk mengkonfirmasikan kebenarannya mengingat IWB adalah tester langsung ketika pertama kali motor ini dibuka untuk Blogger dan media. Dan inilah menurut IWB setelah meneliti videonya (sekarang kayaknya ditaken down)…

  1. Supensi jeduk-jeduk

Yang pertama dan bisa IWB pastikan, IWB tidak menemukan jeduk-jeduk seperti dalam video. Bahkan suspensi ADV-150 menurut IWB adalah the “best suspension skutik 150cc” setelah Yamaha X-Ride generasi pertama. Catat cak…generasi pertama ya. Kelemahannya X-Ride 1st gen memang lebih empuk namun limbung ketika digunakan high speed. Sedang ADV-150 jauh lebih balance, soft namun tidak berlebihan dan efeknya high speed ataupun cornering pas. Terus kenapa dalam video ada suara njeduk ?

Sampeyan harus jeli melototin jangan langsung mengambil kesimpulan. Dari analisa IWB (base on video), IWB menemukan bentuk dari poldur kecil dan njendul yang apapun motornya (khususnya skutik) pasti bakal mendapatkan benturan diluar wajar ketika melaju pada kecepatan tinggi. IWB sendiri paling benci bentuk poldur asal buat seperti dalam video. Ngrusakin komstir cak kalau sampeyan gasak tanpa ngerem melaju pelan. Yang kedua bobot….

Harus kita lihat berat badan joki. Dengan bobot diatas rata-rata ditambah speed dan kontur poldur, jelas apapun motornya bakal njeduk cak (kecuali motor trail). Jarak main suspensi kan ada toleransinya pakde. So…intinya kalau mau fair kudu dites dengan skutik lain pada speed, tempat dan pengendara yang sama untuk memastikan. IMHO IWB pastikan ADV memang tidak mudah jeduk dibandingkan matic lain, lawong IWB wis tes melintas poldur….

2. Material banyak dari plastik padahal harga tidak murah

Kalau ini sih IWB nggak usah komen karena semua motor tidak bisa dihindari menggunakan plastik. Bahkan para pabrikan sekarang berlomba-lomba menekan bobot dengan berbagai komponen unsur plastik ABS. Intip saja berapa pabrikan menggunakan tanki kondom untuk mengakali bentuk tanki yang kecil. Bahkan Ducati Panigali V4 atau Ninja H2R yang notebene motor mahal juga pakai plastik. Honda Gold Wing yang berharga milyaran juga menggunakan plastik…jadi nggak usah diributkan. Justru kalau sampeyan ribut dengan review ini, sampeyan ikut-ikutan pekok nggak iso mikir jernih. Wiss ta…jangan masuk dunia perpekokan bareng-bareng cak :mrgreen:

3. Build quality

IMHO cukup baik walau tidak sempurna. Jelas cak, mana ada produk yang sempurna. Dan dimata IWB satu kekurangan ADV-150 adalah kualitas plastik jeruknya yang perlu ditingkatkan yang kayaknya gampang scratch. Kemudian ketebalan cover jok juga demikian, IMHO terlalu tipis. Kita sih bisa ngakalin dengan menggunakan MBtech, tapi lebih baik dari pabrikan langsung…iyo ora. Selebihnya cukup baik. Untuk range harga segitu masih sangat wajar karena Honda juga memberikan fitur yang melimpah ruah. Mana ada matic sekelas hadir fitur kalender dan sensor suhu udara sekitar kayak mobil….saat ini hanya ada di ADV 150. Belum lagi lampu yang sudah full LED dari headlamp, stoplamp hingga winker…

4. Mesin lemot

Untuk mereview sebuah produk kita harus mampu menggali dengan detil karakter setiap produk. Bukannya meremehkan jam terbang, tapi kita harus memastikan secara teliti kemudian mencari padanan kata yang pas supaya tidak terjebak dalam kesimpulan yang justru menyesatkan…

Mesin lemot adalah mesin yang tidak bisa lari…dan ini tidak IWB temukan pada ADV-150. Reaksi mesin Honda ADV-150 responsif diputaran bawah hingga middle sesuai dengan karakternya. Jadi kalau sampeyan demen betot-betotan dikemacetan IWB pastikan Honda ADV-150 cocok cak. Lalu kelebihan dari Honda ADV-150 adalah halus…power delivery disalurkan ke CVT sangat halus minim vibrasi. Ini memang kelebihan mayoritas skutik Honda. IMHO yang mampu menyamai sensasi ini mungkin hanya Suzuki…seperti NEX II misalnya. Distang dan kaki minim getaran dan justru inilah yang sepertinya ingin dikedepankan Honda yakni comfort alias nyaman. Terus piye dibandingkan dengan mesin skutik Yamaha dengan VVA-nya ?

Yesss….mesin Yamaha memang istimewa untuk putaran atas. Ledakan atasnya melimpah sehingga akselerasi mid dan high memuaskan. Empat katup VVA dengan kubikasi lebih besar yakni 155cc ora ngapusi cak….secara spek emang kudu lebih njambak. Justru kalau nggak kita malah bingung. Hanya saja Yamaha memang perlu meningkatkan soal getaran yang kasar kurang halus. So..IMHO kedua produk diracik dengan konsep berbeda. Honda lebih mengedepankan kenyamanan pada skutik-skutiknya sedang Yamaha performa mesin, tinggal mana yang sesuai dengan hati sampeyan. Kalau Honda dibuat sama powerfullnya dengan VVA 4 katup, liyane dodolan opo ? :mrgreen:

Jika melihat rekam jejak, Honda sangat bisa membuat mesin skutiknya powerful. SDM dan dana resources yang luar biasa tidak bisa ditampik. Intip saja bagaimana ketika Honda menelurkan sport 250cc CBR250RR. Sekalinya ngracik serius performanya ngeri to. Tapi kembali lagi soal filosofi dan karakter yang ingin dibangun pabrikan…Honda sepertinya memang begitu konsen dengan kenyamanan bukan buat ajang kebut-kebutan yang sebenarnya lebih cocok buat motorsport ketimbang skutik. Trah DNA nya wae untuk Daily use cak. Dan IMHO ADV-150 bukanlah diracik untuk mencari top speed tertinggi namun lebih kepada balancing kenikmatan riding dan kenyamanan berkendara lewat ayunan suspensi yang lembut. So…Cari matic buat geber-geberan ? fix sampeyan bukan target market ADV-150 dan monggo cari motor lain pakde….

Last…itulah sekilas jawaban IWB ketimbang jawab satu persatu menjawab via email perkara ADV-150 yang konon langsung dijual pasca beli. Saran IWB, gunakan referensi dari banyak sumber. Dari sana sampeyan mapping..lalu simpulkan. Kuwi baru juozzzz. So….Betulkah suspensi Honda ADV-150 jeduk-jeduk dan mesin lemot ??? numpak Africa Twin wae dijamin ora jeduk cak walau polisi tidurnya nggilani menjulang. Pertanyaannya duwe duit oraaa ? :mrgreen: …..(iwb)

Video tes ride ADV 150

Advertisements

305 COMMENTS

    • Haiyyaaa betul waaa
      Beli motor 30jtan pgn sempurna
      Lu ouwlang ngimpi waaa
      Mending tu duit beliin beras buat makan waaa
      Owe beli ninja H2 1/2M gk bnyk protes waaa

    • ADV mesin halus elegan sekali cak….
      ADV fitur modern mewah sekali cak….
      Masak MAXI SKUTER piturnya serupa miong/ngembit
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    • Eyang banaran tega bilang yg beli adv mintanya kebanyakan kalo duwe duwit beli yg mahal
      Apa eyang mikir 35juta itu banyak untuk beli 150cc masak dikasih plastik saja

    • Klo kepengen besi semua
      Ya beli aja sepeda ontel
      Bisa aj iwb

      MuuuuUUUuuuuehehehe…….
      Sekali lagi
      MuuuuUUUuuuuehehehe…..

    • Mesin vario 20jutaan
      Casing 2jutaan
      Spedo 3jutaan
      Selisih 10 juta minta sok yg enak saja dibilang rewel
      Piye jal eyang ini
      Tak sawat sandal swalow kalau gak bela konsumen

    • Pantes blum sebulan brojol udah ada sekennya. Kata yg punyanya sih gk sesuai ekspektasi. Makanya dia jual cepat, biar gk rugi banyak. (baca di Otomotifnet)

    • Maklumin aja lads…
      2 hari langsung jual mungkin dana y dapet minjem ke bank online…
      Hitungan y masih untung, dapet transferan hasil BC…

    • sudah kena debunk di Gridoto :
      https://www.gridoto.com/read/221805162/viral-honda-adv150-ingin-dijual-lagiternyata-begini-kronologinya

      video yg dimaksud akhirnya di take down sendiri sama bung Ikhsan setelah ketahuan kalau motor yg -katanya- mau dijual itu ternyata motor orang lain yg dipinjam pakai sama yg bersangkutan untuk dibuat review -nya.
      jadi bukan dijual setelah 2 hari, melainkan dikembalikan lagi ke pemilik aslinya.

      dan kalau lihat video tentang shock yg katanya bunyi jeduk itu, seperti tidak konsisten.
      pada video pertama (yg khusus ngebahas shock jeduk), memang terdengar bunyi jeduk yg cukup keras ketika melewati polisi tidur,
      tapi pada video ketiga (yg tidak membahas shock), bunyi jeduk itu tidak terdengar lagi, padahal di video ketiga itu juga terlihat beberapa kali motornya melewati polisi tidur.
      jadi mungkin di video pertama memang sengaja dikondisikan supaya berbunyi jeduk dan bisa terdengar di video, tapi di video ketiga tidak/lupa dikondisikan lagi karena memang sedang tidak fokus ngebahas shock.

      satu lagi, di video yg lain, ybs terang-terangan mengakui kalau dia adalah fanboy Suzuki dan kurang suka merk Honda.

      sepertinya memang banyak pihak yg panik dengan munculnya ADV 150 ini, sampai harus bersusah payah bikin video semacam itu.

    • yang penasaran kualitas ADV layak atau tidak dibeli monggo pelototin Channel Youtube Ikhsan Jumaris
      atau Prolevo Channel… dikupas kenapa Suspensi depan ADV Jedak Jeduk dan Shock belakang keras..

      Salam Konsumen Cerdas

    • Dibeli adv seken seharga ymh airdirok baru, dicari, biar lu puas nunggangin sesembahan lu, klo masih jual mahal berarti emang niat bc saja
      Dibeli adv seken
      Kecewa dikit = harga nmx baru
      Kecewa bgt = airrok baru

    • Itu salah 1 anggota dari team Bc tetangga Lek ? dah biasa yang kayak gtu .
      Aslinya si Adv memang ediaaaan Lek… Nguacirrr puooll, makanya bikin iri

    • Kalau soal nyaman… Maxi yamaha adalah skutik tercepat sekaligus ternyaman di dunia ini. Bayangkan dengan harga adv yang selisih 10 juta lebih mahal dari aerox kita bisa beli helm fullface kyt/agv, beli jaket dan sepatu touring, beli gps tracker, beli handphone baru, dan sisanya buat modif aerox…! beli shock yss/ohlins, beli lampu fog/tembak,strobo, beli klakson keong ala bmw bisa merk bosch/fiam/denso… trus apalagi ya? pilih sendiri aja ehehehhe

    • agak aneh sih fitur kalender kok jadi fitur unggulan adv150, emangnya saat kita naik motor kita mikirin hari dan tanggal trus lihat speedo? klo cuma kalender dirumah saya ada banyak sob ada 5 kayanya barang kali ada yg mau hehehe… dapet hadiah dari toko besi, toko pakaian, dan warung sembako… isinya juga lebih lengkap dan kumplit, ada hari libur dan hari raya, tanggalan jawa jg ada seperti kamis kliwon, rebo wage dan lain lain

      Eheheheh

    • Akhirnya terungkap kan, cuma seorang fansboy sebelah yg segaja jelek2in ADV.
      Sampai segitunya ya belain merk pujaannya.

      ckckckk…

    • Yahhhh ada yg bilang selisih 10 juta dr aerox mending modif aerox?

      Beli suspensi belakang travel panjang berapa?
      Beli suspensi depan travel panjang berapa?
      Beli ban dual purpose berapa?
      Modif ban belakang biar bisa pake discbra berapa (jangan pake part abal2 demi keselamatan)
      Dek masih rata kayak xride
      Beli lampu sein LED (aerox masih bolham)
      Beli speedometer baru kalo mau banyak fitur kayak adv
      Beli stang fatbar + raiser biar sama kayak adv (kualitas harus setara pabrikan)
      Modif lampu biar ada alis DRL nya

    • Padahal body dah plastik paling ringan frame disunat bobot enteng mesin 2 klep kubikasi sudah 150cc, mengapa lemot? Jawaban hundo agar durabilitas mesin awet & irit makannya dibuat pelan agar konsumen nyaman, tapi jawaban konsumen beda tampang serem tenaga loyo harga mayan apakah motor bosok

    • Ada 2 kemungkinan:
      1. Cari sensasi
      2. Kompetitor yg segaja diblowup utk menjegal ADV.

      Klo cari power dan buat balapan jgn cari matik, cari motor sport murni seperti CBR250RR.

    • Setelah pake beberapakali bakal makin banyak lagi nih yang jual ADV150 nya,
      kecewa soalnya,
      Konsumen adalah juri paling jujur

    • Iya bro iwan sy juga sempet penasaran dengan pemberitaan di ig ini (beli br 2 hari di jual kembali yg kecewa dngan aksel adv terlalu sopannya dan suspensinya yang jedak jeduk..!!), setelah tak ubek ubek dan telusuri ternyata ownernya yang over weight…!!! Dalam hati bergumam owalllahhh..hh.h…!!!

    • Kayaknya ada yg panik ini lihat ADV.
      Seperti dulu waktu PCX brojol, berbagai isu digulirkan.
      Udah kayak pilpres kemaren aja.
      Toh konsumen makin cerdas.

    • kandani kok ngeyel honda itu terbukti dari jaman old sampai jaman NOW.
      pendirinya dudu wong kang ora ngerti mesin…
      mosok mesin klotok-klotok di dol, emang gawean ndi?

      dodolan yo dodolan tapi pake car ELEGAN untuk bersaing, gaik saling menjelekan, ntar MBALIK awak DEWE, baru tahu.
      paham le?

      nek gak ruh mesin, opo maneh cuman JARENE? weslah gak usah di UMBAR ning ndi-ndi.
      Belajr dulu kalau gak tahu, gak iso kuliah yo, otodida!
      BERSAING SECARA SEHAT!

      • Enak ko motornya.Gag ada yg kurang.kan beli kendaraan itu sesuai kebutuhan,toh kita milih sendiri di showroom-nya.Dan secara pribadi ati karep bondo cupet.iso nyicil wes slamet.bismillah semoga lancar

    • Setelah Adv ditangan, tiada rasa sept sekarang Lek..muantap tenan Adv ini , spontannya akselerasinya nggilani ..wuzzs??

  1. Josh gandhos, iki sing meh tak takoke cak… Lah wes di ulas….
    Saiki pertanyaaanya, ADV cak IWB dah dateng blm ?

  2. Menurut saya, kekurang ADV iki jok e duwur cak. Ukuran wong londo. Sikil ku ora tekan, nasib cak, mungkin dulu kurang dikasih susu waktu kecil. Ora ono sing dodolan lowering kit, mungkin isih nyar yo. Nasib cak.

  3. Mungkin agak kecewa krn gak sesuai perkiaraan dia yg dipikir ADV = adventure eh gak taunya advance (tau deh apanya yg advance?)

  4. Kemana uang mengalir disitu kita berpihak, kalau saya sendiri sih selaku tim independet jelas berpihak pada yamaha, karena penilaianku berdasarkan realita

    • Ngoahahahahaha tau arti independent?independent kok berpihak ke Yamaha ngoahahahahaha bilang aja terus terang kalo ente sales Yamaha dan lg puyeng krn target bulan kemaren ngga cukup jd bonus melayang..ngoahahahahahaha

    • Data tak terbantahkan ya Survey hasil jualan dilapangan sj bro dmn konsumen indonesia 75% nya lebih memilih produk H daripada Y, githu aja kok repot emang dari dulu fby sukanya jas jes jos doank tapi giliran beli mlipir ke sebelah…!!!! Wkwkwkkkk….!!

    • Adv ni bentar lagi posisinya bisa di bawah pcx menggeser cb150 ??
      Dan dah paten kayaknya..hingga 2 tahun kedepan rating 10 besar udah diisi H dg produk2nya ?

  5. Mengulas otomotif yang gw percaya independensi tanpa intervensi cuma 2 orang khusus untuk motor yang netral real sultan muda initial RH, untuk mobil senior mantan pembalap initial FE, yang lain mengulas produk otomotif hanya sebagai pencari uang tanda kutip you know lah

  6. Kalo pengen produk yg sempurna bikin sendiri aja… Nmanya jg produk massal bkn utk 1 org. Kkurangan mah wajar…

  7. Build Quality adv belum sempurna tapi jangan terlalu jauh dr sempurna Kang.
    Dan itu PR u AHM agar meningkatkan build Quality atas produknya
    Tks Kang Iwan.

  8. Review cak iwan kurang komplit, bahan plastik maksudnya kurang tebal terus sambungan panel-per panel kasar kurang rapi khas produk lokal tak seperti thai, gitu maksud si reviewer pembeli motor asli, bukan sebagai bloger icip icip

    • Nah tepat, namanya warung ya kudu di isiken dagangan cakk, apa sih dagangan aku cak ya iklan ya endorse ya adsense ya review positif (kata bloger)

  9. ADV 150 mau dikata apapun, motor plastik lah, daleman vario lah, lemot lah
    Tapi tetap menjadi motor yang menarik dan laku keras(berdasarkan data penjualan)
    Salam celengan ambrool cak?

  10. Gmn Ya…. Baru beli langsung dijual itu membuktikan kebodohannya… Jgn2 baru nikah langsung dicerai… Dgn alasan tdk seauai ekspektasi…. Mbok yo sebelum beli di timbang2 dulu… Sebelum nikah kenalan dulu… Main sosor aja… Kegoblokan yg HQQ namanya….
    Tp aku pernah sih mengalami seperti itu tp ya gak begitu jg kali beli motor matic 150cc minta akselerasi kayak CBR1000RR… Trus langsung jual gitu aja… Aneh aja sih…

    • Kan udah diterangin itu bro…yang nge Bc tsb cuma pinjem motornya ( karena nambahin dana sipembeli aski yang kurang ) ..bukan dia yg beli , dia mah anggota nmex club yang sirix..karena si Adv ini emang Buanterrrr ??

  11. Mas Iwan, tolong bilangin ke orang2..

    Kalo terlanjur beli motor (apapun) namun kurang sreg dengan segala kelebihan dan kekurangannya mah GAMPANG bin ECES.. Modifikasi adalah jalan keluar yang paling ampuh.

    Ini Indonesia, apa aja bisa dibikin di sini, modifikasi perihal mudah dan lumrah.
    Gak usah kebanyakan black campaign sana sini, kasian cuma nambah dosa manfaatnya gak ada. Hahaha

  12. jadi nggak usah diributkan. Justru kalau sampeyan ribut dengan review ini, sampeyan ikut-ikutan pekok nggak iso mikir jernih. Wiss ta…jangan masuk dunia perpekokan bareng-bareng cak…numpak Africa Twin wae dijamin ora jeduk cak walau polisi tidurnya nggilani menjulang. Pertanyaannya duwe duit oraaa ? :mrgreen: …..(iwb)

  13. inti nya tetap konsumen jadi kelinci percobaan, dan blogger banyak tidak mengulas kekurangan setelah ada yang protes baru buat liputan. seharusnya disampaikan ke konsumen jadi transparan.

  14. Itu menurut saya, mesin terasa lemot, karena diadu sebelahan sama pabrikan sebelah, macam adu balap.. padahal ADV150 jelas karakternya ada adventurenya.. itu ibarat adu motor macam Dtracker/KLX/CRF vs Ninja/CBR/R series..

    • Makanya bang adv 150 itu harus head to head sama freego mio m3 atau pun x ride, jangan sekali kali di adu sama mesin bba yamaha , yang ada malah kalah

    • Adv ya Adv bro…mitir berkekas dg genre elegan futurustix. Jija ada yang mengkompare dg produx tetangga..biasalah, karena tetangga akan selalu Nebeng keTenaran ??

  15. Jooss..
    Dwe duwit opo ora..??
    Lek g dwe yo ngunu jadine.. G di tuku.. G payu dodolane.. Malah nyinyiri tongo..

    Aku hanya tertawa melihatnya.
    Kasihan..
    Ternyata banyak orang yg iri..

  16. Motor miliyaran kayak R1M aja bodynya plastik kecuali bagian fairing yg carbon, motor matic pake body plastik aja diprotes, makanya besok beli motor bilang kesalesnya, nggak usah pake bodi sekalian aja, anti body plastik club

    • suspensi depan R1M mau dibuat jeduk2 juga gampang. pas poldur, direm keras aja. dijamin suspensi depannya rontok, komstirnya juga rontok.

  17. Kalo pengen puas naek motor model crossover harusnya jangan beli ADV 150. Sekalian aja beli X-ADV 750. Nah kalau yg itu lemot baru deh lu komplain noh sama Honda.

  18. kalo cak iwan punya temen dan temennya itu temen di pendor, pasti tau berapa mili ketebalan abs body sayap dan garpu sendok. sedikit info sayap itu nol koma lapan mili, garpu sendok satu koma dua mili. no satunya susu sebesalah dengan ketebalan diatas keduanya.

    wajar kalo kita yang jeli dengan perangkat coper badan yang dikatakan jauh di bawah kompetitor.

  19. Saya lama² kok greget yah sama ulah fansboy bayaran sebelah,mending tak bongkar sekalian di sini…
    Jadi gini lek,sejak ADV150 rilis di giias dan respon pengungnjung luar biasa terhadap ADV ini,malam nya para “sesepuh” sebelah langsung ngumpul di grup WA mereka merencanakan “tugas” yang di amanatkan kepada mereka,
    Beberapa rencana yang saya ingat adalah

    1 – cari tau kekurangan ADV150 lalu blow up di grup² motor,satu orang minimal ngeshare di satu grup facebook..

    2 – bikin isu sendiri di grup² fb..angkat masalah yg pernah muncul di beberapa produk honda,isu kan kalau itu juga muncul di ADV150..

    3 – share sebanyak²nya di grup fb dan kolom.komentar kalau mesin ADV150 sama persis dengan vario150 jangan pcx supaya kesan nya motor murah di jual mahal..

    4 – ini yang paling gila,beberapa pentolan fansboy sebelah justru udah banyak yang beli ADV150, mereka bukan berpindah hati,tapi memang ada tujuan jahat,cara yang sama di lakukan saat pcx terlihat mulai laris…

    Sebenernya ini cara lama mereka,. Mereka sudah sering menyerang produk² honda dengan cara yg sama,cuma untuk kali ini mereka harus “kerja” lebih keras lagi,.

    Waktu iwb bikin artikel liputan tentang ADV150 di giias saya sudah bilang, akan ada pergerakan dari fansboy dari kubu sebelah,kl saya lbh suka bilang orang bayaran,jadi jangan heran kalau tiap hari akan ada isu² kekurangan ADV150 di grup² motor,sasaran utama mereka adalah grup Honda ADV150,beberapa di antara orang² itu akan memposisikan dirinya sebagai pemilik ADV150 yang kecewa dengan ADV150…
    So.. saya hanya mau ngingetin kepada “petinggi'” pabrikan sebelah,hati² jangan terlalu fokus mencari kekurangan ADV150 karena produkmu ada yang sedang dalam kondisi mengkhawatirkan dan perlu di jaga,
    Lebih baik segera rilis motor baru mu untuk menjegal ADV makin menggila,eh iya lupa, mereka lagi dilema,produk baru sebenernya udah siap rilis sebelum ADV rilis,tapi berhubung mereka dapat bocoran desaian ADV akhirnya mereka tunda ngeluarin produk baru itu…

    Sampean2 punya otak,punya pemikiran, kalau ada isu yang sekiranya ga masuk akal dan terlihat sistematik sebaiknya pikir dua kali kalau mau percaya,semua kembali ke sampean masing,mau bodoh bareng² mereka atau mau pinter bareng² dengan orang yang bijak..

    • Udh ada yg komen, juri sebenernya nnt adalah konsumen.. tindakan sprti ini bukan ga bakal berhasil.. tp gak bakal berefek lama.. lama kelamaan konsumen yg tadinya ragu tp udh pengen bakal tetep beli, setelah:
      – nyobain punya orang yg udah beli
      – ga sengaja liat parkiran
      – dateng dan tes langsung ke dealer/pameran2 kecil
      – dll

    • Sabar Bro. Orang bijak akan selalu jadi pendengar yg baik , mau intropeksi dan memperbaiki.
      Saatnya AHM juga perbaiki build qualitynya atau menaikkan standar QC, jangan malah Salesanya Bully produk kompetitor.

    • Tim swat ahaem nyamar jadi komentator, Stop bodohin konsumen, stop membela produk yang apa adanya ada apanya, stop mengejar profit produk yang pokoknya untung juragan tapi konsumen mah bodo amat

    • Masuk akal, semua kayaknya udah terencana dan sistematis.
      KLO konsumen biasa mosok sebegitu niatnya review hanya untuk mencari kelemahan produk.
      Terus merasa kecewa dan di share ke berbagai media.
      KLO konsumen biasa niat jual motor ya pasang aja di olx.
      Ga ada orang jual motor dgn menjatuhkan dagangannya.
      KLO ini jelas banget…

    • Kalian berhak tidak percaya dengan saya, soal yg saya jelasin di atas sudah banyak yang tau,termasuk hampir semua blogger sudah tau, beberapa tahun lalu nyebar screnshoot obrolan orang2 bayaran dan yg bayar di grup WA, bahkan tmcblog di tuduh blogger amplor,termasuk iwb dan blogger² lain termasuk aripitstop yang notabene doi kerja di beres yamaha ikut kena tuduh oleh pasukan anti amplop,…
      Silahkan kalian ndak percaya,tp pesen saya kalian punya otak punya pikiran coba di pake,liat apa yang mereka lakukan sangat sistematik,sangat terorganisir tapi tidak profesional,daan sayangnya mereka ndak nyadar kalau ada satu orang di antara mereka ada yang bocor di luar ?..

    • Anti amplop teoat sekali ,ini memang sudah kebiasaan tetangga.. mencaru cari aoa yang bisa dibikin negatif ? namun..selama ini kita dah membuktikan, konsumen itu mengikuti kebutuhannya, apa yang dia lihat dan rasakan sudah tepat..hingga H jadi pinangan mereka ??

  20. Karakter manusianya harga standar maunya kualitas se. Belilah yang premium misal xadv kesannya malah mejatuhkan pabrikan.. padahal biaya research and development ,trial. Itu sangat tidak murah ahm pun bukan anak baru jam terbangnya udh puluhan taun.bikin produk gak asal cetak itupun ahm sudah berusaha memakai part2 lokal sampe ban.nya pun ahm punya pabrik sendiri dicileungsi. Coba kalo semua build up. Pasti ngomonge larang tenan 150cc?? padahal rego honda monkey setara cbr250rr tp kualitas gak bisa dibohongin..

  21. Biasa cak sales sebelah kojel2 ..sama kaya pcx pas awal keluar ada isu shock bengkok dll..buat ngejegal penjualan wkwkwk, saya pake sendiri produk dr kedua brand emang punya kelebihan masing2 soal speed ya Yamama enak tp geterrnya itu lhoo. .soal kenyamanan ya jelas honhon…

  22. Menurut saya kekurangan ADV ini adalah
    Saya tidak mampu membelinya
    Jadi kalo lu pada jual seken
    Karena anggapan mesin lemot
    Jual ke saya ya, 1 juta per bungkus,
    Ok salam warga +62

  23. Yang bully 18% yang beli 82%
    Dan saya harus bilang apa?
    Biarkan kaum minoritas membela apa yang mereka yakini, gausah dikucilkan kasian kan.

  24. Silahkan cek ttps://www.gridoto.com/read/221805075/video-review-hilang-tanpa-jejak-pemilik-yang-mau-langsung-jual-honda-adv150-ketahuan-bohong-soal-ini#!%2F

  25. setuju mas, saya udah pake ADV 3 hari ini, saya test semua yang banyak diributkan di sosmed soal jeduk2, ga terjadi sama punya saya, aman2 saja, bahkan tak coba di poldur yang kecil2 runcing, yo anteng wae, suaranya ga ada jedug2… mbuh mungkin yang di video kuwi di kendoni sek komstir nya…hahaha

    soal handling, ini kalo sama nmax (saya juga punya nmax), enak ini cak, buat nekuk2 lebih enak, herannya, di atas kertas ADV lebih berat, tapi perasaan pas dibawa trus dipindah2in (kondisi mesin mati) kok perasaan enteng ADV.

    Trus soal tenaga, bener juga, ini walus tenan, minim vibrasi, suara halus (tapi menurut saya kehalusen untuk motor aura adventure). Trus power pas tarikan awal nurut saya ga loyo, tapi emang pas tanjakan panjang, sama nmax ya belum bisa mengimbangi, masih lez-lez nmax lah kalau soal kecepatan. Tapi nek soal lemot, ya akhirnya kembali ke pengendara, nek buat ngejar speed, jelas ADV di bawah nmax, tapi nek buat harian, blusukan ringan, nurut saya masih OK dan mumpuni banget.

  26. *Power delivery disalurkan ke CVT sangat halus minim vibrasi. Ini memang kelebihan mayoritas skutik Honda*
    Statement terakhir kok aku nggak setuju ya lek @iwanbanaran, dari mulai pakai vario 125, terus ke pcx selalu masalah pas akselerasi awal selalu “gredek gredek” dan geter semua itu motor, padahal motor selalu service rutin ke beres ssi aturan manual book.
    Malah beat lawas yang 2009 dulu lebih smooth tarikannya…

  27. Setelah menjelajah jejak digital instagram, trnyata yang make OVERWEIGHT ditambah boncengan, begimana kagak ngeraung itu mesin wakkakakakak
    ehhh scroll-scroll instagramnye ternyata orang suzuki (ada foto yg di paddock, org yg bsa masuk paddock kan pasti bukan org biasa alias org pabrikan)..
    oalaahhhhh artinyaaa??

  28. Seng mbuly kon numpak jaran wae cak,,,, meski onok polisi tidur semeter aman terkandali tanpa jeduk jeduk….. Wkwkwkwk

  29. Bau2nya orang itu fby yg khilaf udah beli adv tp kemudian sadar kalo dia fby gembrot yg gak tau diri, akhirnya motor sendiri dibully kemudian diblow up dalam bentuk bc kemudian dijual. Kelihatan dari kata2nya sangat khas dg congor fby kalo lagi ngebc produk hondut. Atau mungkin orang itu dibayar sama sekelompok pasukan yg panik takut jualannya jadi tambah seret. Imho

  30. Iwb bilang, plastik adv memang ada yg kurang bgs, tp iwb ga berani bilang klo plastik di mtr honda emang paling jelek di banding kompetitor! Plastik honda kan paling tipis dan gampang Getar, plus cat nya cepat kusam.

  31. saya pas di giias tes adv-150……
    -pas di polisi tidur bukannya motornya yg ngejeduk,malah sayanya yang mental wkwk (bobot 57 KG)
    -mesin alus (gak obolok2)
    -material 11-12 kaya vario lah wkwkwk
    -tarikan lumayan oke….wlwpun gak njengat2 amat

    nah pas mau bandingin sama nmax…..eh baru inget di giias yamaha absen….wkwkwk
    malu lah sama suzuki

  32. Dinamika yg wajar sih,, si “nggak laku” pasti mencari cara supaya si “laku” jd gak laku.. si “laku” pasti cari cara jg supaya si “nggak laku” tetep nggak laku..
    Bener tuh konsumen adalah juri paling jujur dan kadang paling kejam.. kenyataan saat ini toh H tetep paling laku

  33. kalangan nonsales yang membully biasanya:
    1.pengen punya ADV150 tapi pelurune kurang?
    2.jadi buat menghibur diri bilang ADV ora penak,lemot,jedug2
    3.barusan akad kredit beli motor lain ndilalah kepincut ADV ?

  34. Kulit joknya ADV smi mawon sama PCX. Ikut mlorot kl badan ketarik ke depan. Pabrikan besar sekelas AHM kalah sama tukang pasang kulit jok pinggir jalan. Terlalu!

  35. Mana ada motor 30jt an rasa ratusan juta? Kadang suka ekspektasi berlebih, kalo mau suspensi enak, body/build quality bagus, lari kenceng ya ambil moge lah.

  36. Cak…gw baru beli nmax 2019 black matte CASH..!

    Dan gw akan beli ADV 150 HONDA dgn CASH juga tatkala barangnya sdh sampaindi SUMATRA..

    Dan lengkaplah koleksi di garasi , 3 honda 1 Yamaha hehehe

  37. Betulkah. .betul betul betul. .
    Divideo chanel yuotube ikhsan jumaris, mmg sprti itu adanya. .mungkin sj cm unit itu aja yg apes, kbtulan pula motor itu ditangan dia. Ya wajar. .yg laen ripyu motor digiass. .pasti 100% dipilih yg quality bagus. .mungkin. .tp bagus ripiyu nya. Bkin penasaran aja dan pengen beli. .mmuehheee. .
    Ammbbroollll celengan kiii. .
    Mmmuehhheeeggghh. . .

    • Udah terungkap om, cuma seorang fansboy sebelah yg segaja jelek2in ADV.
      Cuma barang pinjeman yg dipinjem buat review jelk buat jatuhin ADV.
      Sampai segitunya ya belain merk pujaannya.

      ckckckk…

  38. Dia sebelumnya review genio dan langsung dijual lagi. Orang kaya ini.. apakah fbs sekarang belajar dengan fby dan menjadi semakin keterbelakangan?

  39. @kang Iwanbanaran,, Sekarang ane percaya kang iwan menjadi blogger netral,,
    tetap review apa adanya,, biar konsumen bisa mempertimbangkan dengan baik kang.
    nggak asik kalau bahas kelebihannya aja
    tetep bahas kekuranganya juga,,

    TTD

    Kang Komen

  40. sudah kena debunk di Gridoto :
    http://www.gridoto.com/read/221805162/viral-honda-adv150-ingin-dijual-lagiternyata-begini-kronologinya

    video yg dimaksud akhirnya di take down sendiri sama bung Ikhsan setelah ketahuan kalau motor yg -katanya- mau dijual itu ternyata motor orang lain yg dipinjam pakai sama yg bersangkutan untuk dibuat review -nya.
    jadi bukan dijual setelah 2 hari, melainkan dikembalikan lagi ke pemilik aslinya.

    dan kalau lihat video tentang shock yg katanya bunyi jeduk itu, seperti tidak konsisten.
    pada video pertama (yg khusus ngebahas shock jeduk), memang terdengar bunyi jeduk yg cukup keras ketika melewati polisi tidur,
    tapi pada video ketiga (yg tidak membahas shock), bunyi jeduk itu tidak terdengar lagi, padahal di video ketiga itu juga terlihat beberapa kali motornya melewati polisi tidur.
    jadi mungkin di video pertama memang sengaja dikondisikan supaya berbunyi jeduk dan bisa terdengar di video, tapi di video ketiga tidak/lupa dikondisikan lagi karena memang sedang tidak fokus ngebahas shock.

    satu lagi, di video yg lain, ybs terang-terangan mengakui kalau dia adalah fanboy Suzuki dan kurang suka merk Honda.

    sepertinya memang banyak pihak yg panik dengan munculnya ADV 150 ini, sampai harus bersusah payah bikin video semacam itu.

  41. Lagian cak ngapain nanggepin…
    Biarin aja cak…

    Jgn tergoda viral cak. Huahahaha

  42. Biasa mbah, black campaign ala2 geng sebelah mulai dilancarkan
    Status2 WA sampe grup WA di hp saya juga disebar BC begini,, terutama oleh temen2 saya yg FBY

  43. Dari segi harga menurut saya mahal..
    Build quality palstik murahan,banyak sambungan yang ga rapet dan sempurna,untuk mesin 150cc harga 33 JT up,jelas overprice sekali….
    Sy rasa ini klarifikasi om Iwan,permintaan AHM mungkin ya…tapi kang Iwan masih realistis dengan menyebut masih ada kekurangan pada ADV 150 ini.

  44. daripada motor pabrikan Jepang spare-part China, mendingan motor pabrikan Jepang spare-part Indonesia. kalo bisa sih pabrikan Jepang spare-part Thailand apalagi pabrikan Jepang spare-part Jepang. suspensi jeduk-jeduk masih bisa distel lewat volume oli dan cat kurang merata masih bisa kita semprot sendiri. gimana dgn motor yg starternya ngadat, ga ada kick-starter lagi ? gimana dgn motor yg cacat desain tapi pabrikannya lepas tangan dan memilih suntik mati produksinya ?
    kalo mau aman dari error sih, belinya setahun setelah launching saja.

  45. @Alan: Coba cermati lagi videonya bro ikhsan bro Menurut sy ownernya sj yang kelewat overweight (=maaf gendut) ya cocoknya matic 250 cc keatas lah kaya forza apa xesemek dijamin aksel lebih nampol broo….!!!!

  46. Kalo dikasih mesin crf 150 sebenarnya lebih cocok, atau sekalian mesin cb150r biar sepadan dengan kompetitor, kan turunan mesin sport…. Tapi ternyata strateginya beda hodna vs yamaah…

  47. Setelah bersemangat dengan review yang terkesan “Natural”..
    Kok semua video di channel YT atau FB pada ngilang…
    #SETTINGAN.
    #RIP.

  48. berisik banget dh orang orang diluar sana..

    motor matic 150cc dikeluhkan lemot..

    brainnya ditaruh dimana bos kuuuuu…

    ini motor matic kmu mw expect larinya yg seperti apa? sama kaya cbr? sama kaya r15?

    laki bahas motor perempuan tapi berisiknya ngalah ngalahin perempuan

  49. Produk baru itu terkadang belum sempurna…? Tunggu 1 atau 2 tahun lagi baru beli.
    Kendala dan masalah pasti ada aja..? Yg akan di rugikan itu konsumen. Klo di claim gampang mah ga papa tp klo di claim tp ga di tanggapi gimana……
    Kaya ga tau produk H aja klo ada produk cacat konsumen yg tanggung sndri…..
    Seharus’a dengan bobot sebesar itu jangan menggunkan mesin Salome…? Wajib 4 klep. Lexy aja yg cc q15 udh 4 klep masa yg body lebih bsar bgni d pasang mesin variem……? Roker udah pasti cepet abis ini.

    • @tak ada yang bisa : kelebihan mesin 2klep emang untuk d jalan tanjakan..? Tp dengan bobot sebesar itu dengan mesin yang sama dengan vario apa akan bisa sekencang vario bila di tanjakan.
      Vario yg kecil begitu aja sering ganti roller apalagi yg segede gaban begini….

  50. Mw kenceng mah beli motor sport bos…gak mw mantul2 ya jgn dijalanin,dijamin diem original…mw body non plastik beli beli vespa jadul. Nyari kurangnya mah,gak jadi2 punya lah bos

  51. sebagai orang yg masih waras, emang benar adv itu lemot…apalagi bodynya se gajah….jauh dg rx king yg cuma 135 cc….wusshh

  52. Kesimpulane……dg pengendara Segede itu, semua skutik akan jeduk. Pengendara biasa dengan mesin kasar….saat menggunakan mesin halus serasa lemot. Terakhir….saya curiga ada agenda tersembunyi dari testimoni itu….

  53. hidayah:

    “azab blogger/vlogger penyebar berita bohong/berita tidak benar/fitnah”

    ketika meninggal, lubang galian kubur dipenuhi genangan cairan oli shockbreaker. setiap kali hendak digali dan dikuras ulang, cairan oli shockbreaker kembali memenuhi lubang kuburannya.

  54. Wajar kalau protes body plastik peting pecotot bro…wong temen beli vespa lansiran tahun 1974 aja body sudah full plat neli seken cuma 5jt sudah full plat terbukti keawetan dan kebandelan mesinnya tuh vespa, coba adv bisa ora bertahan sampai 20 tahun saja, hayoo ?

  55. Si ss ngomongin part plastik wkkk,yamaha nmax,lexi, cover cvt nya plastik ,gk malu apa,mau bli mtor matic ymaha yg klo blm lma velg blkang oleng,bunyi suara tikus,apa ada build quality yamaha yg bisa ngalahin build quality honda contoh aja pcx yg klihatan tanpa baut,tp ymha bait mlh dmn mn

  56. Wkkk… LOL
    Makin banyak komen yg singkat dan tendensius gk jelas. (Tebakan saya, krn motor ini bener” bnyk yg indent/beli secara real, bukan penduduk abal” a.k.a. nitizen… Wkkk)
    Kalau saya gk sengaja baca di salah satu forum yg punya adv150. Kemngkinan utk kasus jeduk ada 2.
    1. Ngepas dia dapat barang cacat (krn menurut yg pnya gk ada jeduk”, testimoni yg lain dah dpt jg sprti itu, malah utk shock depan lebih enak ini drpd forza dia)
    2. Yg bilang fansboy merek tertentu.

    Kalau saya cuma sbgai penonton saja, sambil menunggu kawasaki gimana… Hahaha…

  57. Setuju sama Argumen nya bang iwan….itu orang yg bilang Lemoot..itu cuma Pekok..ya iyalah..skutik di mana2 buat nyantai..kl kamu bilang skutik lemot..kamu salah beli..harisnya belinya motor sport atau Harley sekalian….Dasar itu Pekok masih di pelihara..oh iya..jika orang nya benar2 kecewa dan jual adv nya..harusnya jualnya murah jngn mahal…..jangan2 orangnya beli dan di jual lagi buat cari untung….maklum cak..Lg booming pasti di jln keren to bawa motor yg blm ada yg bawa…..iyo pora???

  58. yg jelas pk matic honda itu irit….dan kl bosen harga jual kembali..lbh baik….yg bilang lemoot itu..lm pake motor tp gak faham peruntukan tuh motor buat apaan….maklum cak..orang goblok itu kdng sering menggonggong yg gak jelas.

  59. Mmmmhh.. Kalau yamaha, kawasaki, suzuki, bajaj, dukati, vespa bikin artikelnya di “iya” kan tp kalau honbul, langsung di protes dan dibikin artikel untuk menolak kelemahannya.. Apalagi parabeha mbeat mbeot ga mau tahu apalagi tempe, yg penting merknya sayap protol.. Hadeuuuuhh.. Sadar dong, jgn membodohi masyarakat demi sesuap rupiah.. Semua jg bisa bikin yg super, ga hanya honbul doang.. Parabehanya hobinya nyinyir, maling teriak maling..

  60. ada beberapa foto pemasangan bodi2 plastik ADV 150 tidak rapat,

    kalau poldur kita harus liat dulu poldurnya. landai atau cukup tegak. nah yang tegak ini yang bikin jeduk-jeduk. komstir jadi korban.

  61. Artikel pesanan y om ?
    Jelas bnget haya penulisan berubah
    Keliatan kalem aslinya menggiring opini pembaca
    Kenapa sampek segitunya y
    Pdahal kalau d akui clon pembeli macem saya justrus respek bnget sama ahm
    Tp kalau dah jels2 kwalitas no.3 tp ngeles terus y pengen tawa jalah

  62. Ada harga ada rupa Lek, kalo kaum misqueen emang mahal sedikit tapi nuntutnya banyak karena gak sanggup beli sehingga ekspektasinya terlalu tinggi.

  63. ketika ancaman mengebul atau tidaknya periuk nasi di dapur sudah mencapai ubun ubun, mau tidak mau seluruh sales yahaha berikut efbeyek harus turun tangan.

    terimakasih adv, terimakasih honda, telah membuat fby bersatu padu dan bersemangat bc.

  64. video yg dimaksud akhirnya di take down sendiri sama bung Ikhsan setelah ketahuan kalau motor yg -katanya- mau dijual itu ternyata motor orang lain yg dipinjam pakai sama yg bersangkutan untuk dibuat review -nya.
    jadi bukan dijual setelah 2 hari, melainkan dikembalikan lagi ke pemilik aslinya.

    dan kalau lihat video tentang shock yg katanya bunyi jeduk itu, seperti tidak konsisten.
    pada video pertama (yg khusus ngebahas shock jeduk), memang terdengar bunyi jeduk yg cukup keras ketika melewati polisi tidur,
    tapi pada video ketiga (yg tidak membahas shock), bunyi jeduk itu tidak terdengar lagi, padahal di video ketiga itu juga terlihat beberapa kali motornya melewati polisi tidur.
    jadi mungkin di video pertama memang sengaja dikondisikan supaya berbunyi jeduk dan bisa terdengar di video, tapi di video ketiga tidak/lupa dikondisikan lagi karena memang sedang tidak fokus ngebahas shock.

    satu lagi, di video yg lain, ybs terang-terangan mengakui kalau dia adalah fanboy Suzuki dan kurang suka merk Honda.

    sepertinya memang banyak pihak yg panik dengan munculnya ADV 150 ini, sampai harus bersusah payah bikin video semacam itu.

    • Yang ane tau katanya sih, belinya pake duit si om ikhsan (talangin) tapi kepemilikan atas nama orang lain(lupa namanya), setelah itu bukan dijual tapi ditebus,

  65. Cek gridoto

    Ternyata bener cuma seorang fans boy yg panik sampai rela upload review jeleknya di berbagai media.

    Bilang mau dijual, eh ternyata cuma barang pinjeman dan dikembalikan ke pemiliknya.

    Sengaja pinjem buat review jelek dan diupload ke berbagai media…

    fansboy sekarang sampai segitunya ya ya…

    ckckckkk….

    • Dari yang ane tau, ceritanya pemilik aslinya beli namun ditalangin sama si om ikhsan (orang yang mereview adv), setelahnyam ditebus oleh pemilik aslinya

  66. Kalau ini adalah respon dari youtubenya si ikhsan.
    Dia itu beratnya 120kg.

    Mungkin. Buat si adv. Beban segitu didepan saja. Auto jeduk. Dan manusia yanh bbnya 120kg. Ga banyak populasinya.

    Tetapi. Mengingat harganya 33.jt. buat matic bermesin sama dengan vario 150 yang cuma 22jt.
    (Mending lexi) hehehe 155 vva. 20jt.an.

    Kemanakah 11jtnya untuk kualitas suspensi depan. Katanya advanture. Baru beban 120kg jeduk.

  67. “” Terus kenapa dalam video ada suara njeduk ?

    Sampeyan harus jeli melototin jangan langsung mengambil kesimpulan.””

    Baru tau kalau mau mendengarkan suara review youtube dengan melototin.. Bukan mendengar…

    Btw satu lagi nich bahasa yg ane suka dari si bloger,, yaitu ” Pekookkkk…”” ini TS Sedang menyampaikan kebaikan atas prodak yg di review loh.. Tp jangan meng PEKOK kan pembaca yg berbeda argumen juga lah.

    • Udah terungkap om, cuma seorang fansboy sebelah yg segaja jelek2in ADV.
      Cuma barang pinjeman yg dipinjem buat review jelek buat jatuhin ADV.
      Sampai segitunya ya belain merk pujaannya.

      ckckckk…

  68. Alhamdulillah di Aceh Barat udah mendarat kang iwan, saya Pemilik pertama dan yg paling penting sensasinya mantappp???

  69. Bosen melihara NVL, walaupun ada ADV150, malah kepengen Aerox S, tempelin shock R version. Oh iya, yang udah punya Vario 150 2017, pake shock belakang punya apaan yak yang lebih enak gitu? Shock bawaan keras bet, dah lama gak main honda sejak 5 tahun lalu, vario nya aja bekas ?

    • Mantap om. Tp emg beda karakter sih aerox sama adv. Kalo ane sih uda puas aerox (soalnya duit kagak ada klo buat beli adv wkwk). Mending nyesel beli drpd gk beli hhaha. Btw shock bawaan vario kalo keras bisa pake ride it tipe tabung / yss hybrid uda cukup kok om

    • Gak ngerti sih dugaan saya bener apa gak, blogger rata2 mengidentifikasikan shock belakang adv empuk itu yang mental mentul gitu, sedangkan aerox s yang pernah saya coba, itu reboundnya sekali dan gak terlalu cepat. Karakternya dewasa kalo kata om fitra eri

  70. Komen org tsb (user dr Adv yg akan dijual) jdi terbentuk polarisasi user, cb ditelisik org model tsb, utk motor biasanya ultra fansboy berat merk tertentu, bukan penikmat berkendara, gak penting bgi sy dgr ulasannya, minim value. Lebih berbobot komen spt Cak IWB, objektif gak terkesan bias msh bs dpt ilmu.

    Sy user motor Jepang & non-Jepang, penikmat berkendara, bukan penikmat merk.

  71. Jawaban cerdas caak,
    Hahaha biarkan pd pekok berjamaah ???
    Suruh pd bkin motor sendiri tu yg mesine kenceng koyok mesin jet, body serat carbon ?

  72. IWB harusnya menyadari kalo dirimu itu terlalu Honda. Catet itu…!!!
    Kelemahan merk sebelah kesan nya terlalu dicari cari. Sedangkan honda terlalu ente agung agungkan. Ada apa ini??? Mungkin pemirsa sekalian sdh menjawabnya tohhh…
    Kelemahan PCX yang kemaren kemaren koq ente bahas. Ada apa ini???….

    • IWB harusnya menyadari kalo dirimu itu terlalu Honda. Catet itu…!!!
      Kelemahan merk sebelah kesan nya terlalu dicari cari. Sedangkan honda terlalu ente agung agungkan. Ada apa ini??? Mungkin pemirsa sekalian sdh bisa menjawabnya tohhh…
      Kelemahan PCX yang kemaren kemaren koq gak ente bahas. Ada apa ini???….

  73. Yang fanatik merk silakan aja hak2 anda,di garasi ada cbr k45 repsol n aerox tipe R moto gp,noh akur di garasi kagak berantem n cakar2 an,mo pake motor apaan jg selera masing2

    • ADV saya baru saja tiba, setelah saya coba2 kemana mana aman, namun pas di jalan bebatuan ada suara aneh di belakang, apakah itu jeduk shock blakang atau bukan saya gk tau. Yang jelas pas saya buka helm suara terasa jelas. Saya coba lepas cover plat. Suara tetep ada, saya kurangi tekanan angin ban, tetep ada. Dan memang suaranya dari belakang. Kecurigaan saya juga pada shock nya, karena saya raba2 si per shock nya kendor gitu. Kalo gk percaya saya bisa buktikan, dan kalo pun ada yg ngalamin sama, mohon solusinya.

  74. ADV saya baru saja tiba, setelah saya coba2 kemana mana aman, namun pas di jalan bebatuan ada suara aneh di belakang, apakah itu jeduk shock blakang atau bukan saya gk tau. Yang jelas pas saya buka helm suara terasa jelas. Saya coba lepas cover plat. Suara tetep ada, saya kurangi tekanan angin ban, tetep ada. Dan memang suaranya dari belakang. Kecurigaan saya juga pada shock nya, karena saya raba2 si per shock nya kendor gitu. Kalo gk percaya saya bisa buktikan, dan kalo pun ada yg ngalamin sama, mohon solusinya. My number 085777617701

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here